Tumbuhan atau tanaman

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Manfaatnya

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI – Bumi merupakan satu-satunya planet yang terdapat kehidupan di dalamnya. Planet Bumi dapat dikelompokan menjadi 2 wilayah besar, yakni daratan dan lautan. Pada tiap kawasan terdapat bermacam-macam makhluk hidup yang membentuk ekosistem di dalamnya.

Ekosistem adalah bertemunya serta berinteraksinya unsur biotik dengan biotik dan unsur biotik dengan abiotik. Ekosistem di bumi terbagi menjadi 2, yakni ekosistem daratan dan ekosistem lautan. Ekosistem daratan adalah ekosistem yang habitatnya berada di daratan.

Ekosistem daratan contohnya adalah hutan hujan, hutan musim, ekosistem gurun, hutan taiga, ekosistem tundra, ekosistem padang rumput, dan hutan sabana. Sedangkan, ekosistem air terbagi menjadi dua jenis, yakni ekosistem air tawar dan ekosistem air laut.

Ekosistem air tawar adalah ekosistem yang berada di perairan air tawar. Ekosistem tersebut tersusun dari: ekosistem sungai, danau, dan rawa- rawa.

Sedangkan ekosistem air laut adalah ekosistem yang lokasinya berada di lautan. Ekosistem tersebut terdiri dari ekosistem pantai, terumbu karang, dan ekosistem laut dalam.

Pada setiap ekosistem terkandung berankea macam sumber daya alam yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Sumber daya alam dikelompokkan menjadi sumber daya alam yang tidak dapat dapat diperbaharui dan sumber kekuatan alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui artinya sumber daya tersebut dihasilkan dari sisa-sisa makhluk hidup atau fosil yang terkubur selama jutaan tahun yang lalu. Sedangkan, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dihasilkan dari proses alam yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui (geneticsociety.or.th)

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat diproduksi kembali secara terus-menerus atau memiliki kuantitas yang tidak terbatas sehingga dapat kita gunakan terus. Sumber daya alam tersebut bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif, ia juga bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

Artikel Terkait  Organ-Organ Pernapasan Pada Manusia Beserta Fungsinya

Terdapat berbagai jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hal itu membuktikan bahwa betapa luar biasanya Tuhan yang telah menciptakan Bumi dan menyediakan semuanya untuk makhluk ciptaannya. Agar lebih jelas berikut ini kami berikan 12 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Selamat membaca:)

1. Sumber Daya Alam Berupa Cahaya Matahari

Panel surya atau sel surya
Panel Surya (greentechnologyafrica.com)

Matahari atau sang surya adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena jumlahnya yang tidak terbatas. Matahari adalah pusat dari galaksi bima sakti. Panas sang surya, tak jarang di pakai oleh rumah- rumah sebagai sumber kekuatan untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan. Kecuali itu cahaya sang surya mulai di pakai sebagai kekuatan pembangkit listrik, karena jumlahnya yang tidak terbatas dan ramah lingkungan.

2. Sumber Daya Alam yang Berasal dari Angin

Turbin angin untuk menghasilkan listrik
Turbin Angin (wired.com)

Angin adalah udara yang bergerak. Angin sering dimanfaatkan sebagai kekuatan pilihan seperti pembangkit listrik kekuatan angin, serta alat untuk cara pengairan. Angin adalah salah satu sumber kekuatan alam yang memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Sehingga angin dianggap sebagai kekuatan pilihan yang murah dan ramah lingkungan.

3. Air Sebagai Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

sumber energi air
Bendungan Air (emaze.com)

Air adalah salah satu sumber kekuatan alam yang memiliki jumlah yang betul-betul banyak. Air di indonesia tak jarang diterapkan sebagai sumber pembangkit listrik. Air juga adalah kebutuhan yang betul-betul penting bagi kehidupan di bumi.

4. Tanah

tanah sebagai sumber daya alam
Tanah (emaze.com)

Tanah adalah salah satu sumber kekuatan alam yang juga memiliki jumlah yang betul-betul banyak. Tanah di pakai sebagai komponen dari pertanian, perkebunan, maupun pembangunan. Tanah atau pasir juga di pakai sebagai alat untuk memasak.

Di sebagian desa di Indonesia, tanah atau pasir dianggap sebagai substitusi minyak untuk menggoreng kerupuk. Kecuali itu oleh masyarakat di madura, tanah atau pasir diterapkan sebagai daerah tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.

5. Tumbuhan-tumbuhan

Tumbuhan atau tanaman
Tumbuhan (digital.vpr.net)

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup di bumi, dan dianggap sebagai salah satu sumber daya alam. Tumbuhan dapat berkembang biak maupun dikembangbiakkan oleh manusia. Tumbuhan adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena tumbuhan dapat berkembang biak. Binatang oleh usaha sendiri maupun oleh manusia.

Artikel Terkait  Jenis-jenis Dioda Lengkap Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

6. Binatang yang Hidup di Darat

Sapi (pixabay.com)

Binatang darat adalah hewan yang hidup di darat. Binatang darat adalah makhluk hidup yang ada di bumi. Binatang darat adalah salah satu dari sumber protein bagi manusia.

Kecuali itu, hewan darat juga dapat menjadi alat transportasi dan alat untuk membantu pekerjaan manusia, seperti sapi untuk membajak dan simpanse untuk memetik kelapa. Sama seperti tumbuhan, hewan darat mampu berkembang biak, sehingga menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

7. Binatang yang Hidup di Air

Ikan Punta
Memancing Ikan di Laut (islandroutes.com)

Binatang laut adalah hewan yang hidup di air. Binatang air terbagi menjadi hewan air tawar dan hewan air asin. Binatang air juga menjadi sumber protein bagi manusia. Binatang air juga dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Seperti hewan darat, hewan air juga bisa berkembang biak, sehingga dianggap sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

8. Ombak Laut

Ombak di Laut
Ombak (onehdwallpaper.com)

Ombak adalah aliran air laut yang bergulung- gulung pengaruh tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut. Ombak adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki jumlah yang betul-betul banyak. Ombak dapat diterapkan sebagai sumber pembangkit listrik. Kecuali itu ombak diterapkan untuk sumber listrik bagi mercusuar yang ada di tebing.

9. Pasang dan Surut Air Laut

energi listrik yang dihasilkan akibat proses pasang surut air laut
Energi Listrik dari Pasang Surut (energybc.ca)

Pasang surut air laut adalah naik dan turunnya permukaan air laut. Pasang surut air laut juga dapat diwujudkan sebagai sumber kekuatan listrik. Walau pengaplikasian cara ini belum banyak di ketahui dan diterapkan oleh negara- negara di dunia. Meskipun begitu cara ini dapat digunakan untuk membantu pasokan listrik di desa- desa nelayan di pinggir pantai yang belum terkena aliran listrik.

10. Biomassa

energi biogas
Biogas (mongabay.co.id)

Biomassa adalah sisa- sisa makhluk hidup yang telah mati, tapi jasadnya masih dapat di pakai oleh manusia. Biomassa antara lain sisa serbuk kayu dan sisa kulit kayu di pakai kembali dalam pembuatan mebel. Kecuali itu sisa rumput kering di pakai kembali untuk pupuk kompos. Sisa kotoran hewan juga di pakai sebagai energi pilihan substitusi bahan bakar dari gas alam, adalah biogas.

Artikel Terkait  23 Mainan dari Botol Bekas yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

11. Geothermal (Panas Bumi)

energi dari panas bumi
Energi Geothermal (www.punjtanenergy.com)

Geothermal adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang berasal dari panas bumi. Energi ini dianggap sebagai kekuatan pilihan sebagai pembangkit listrik, karena kekuatan ini adalah kekuatan yang bersih dan ramah lingkungan. Energi ini belum menjadi kekuatan yang umu di pakai, dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

12. Energi Nuklir

Pembangkit Listrik Tenaga Listrik
Pembangkit Listrik Tenaga Listrik (discovermagazine.com)

Nuklir adalah kekuatan buatan yang berasal dari pelaksanaan pemecahan atom. Nuklir banyak diterapkan sebagai sumber pembangkit listrik. Salah satu negara yang memakai kekuatan ini adalah jepang. Nuklir juga menjadi alasan stopnya perang dunia kedua, karena efek ledakan yang di timbulkan oleh nuklir betul-betul besar.

Itulah tadi 12 sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Walau dapat diperbaharui, sebagian sumber kekuatan, kalau diterapkan secara terus- menerus, tanpa memberikan peluang sumber kekuatan hal yang demikian berkembang biak, karenanya sumber kekuatan hal yang demikian makin lama akan habis.

Seperti punahnya sebagian hewan dan tumbuhan, pengaruh perburuan liar yang tidak melihat aspek keseimbangan ekosistem. Penggunaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui secara bijaksana, akan dapat menjaga bumi dari kerusakan akibat pengaruh ulah tangan manusia.

Selain sumber daya alam di atas, masih banyak lagi sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang telah disediakan oleh Tuhan yang Maha Esa untuk kita umat manusia. Namun, dikarenakan dibutuhkan biaya yang mahal, sehingga membuat tidak banyak orang yang menggunakannya.

Biaya tersebut biasanya digunakan untuk proses penelitian, pengembangan, dan pembuatan industri untuk mengolah sumber daya alam tersebut menjadi energi listrik dan sumber kekuatan lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan meningkatkan kepedulian Anda bahwa penting untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang kita punya secara baik. Salam

Tinggalkan komentar