10 Ciri-ciri Planet Merkurius Beserta Gambarnya

Ciri-ciri Planet Merkurius – Planet Merkurius termasuk salah satu planet yang menjadi bagian dari sistem tata surya. Sama seperti planet-planet di tata surya, planet merkurius juga bergerak mengellingi matahari (revolusi) dan berputar pada poronya (rotasi).

Salah satu ciri-ciri planet Merkurius adalah planet ini dapat dilihat langsung dari Bumi ketika ketika Matahari akan terbit. Karenanya  tidak dibutuhkan teknologi yang canggih untuk mengamati planet ini. Tercatat pengamatan pertama kali dilakukan oleh bangsa Sumeria yang hidup 2500 tahun sebelum masehi. Nama Merkurius sendiri diambil dari nama salah satu dewa bangsa Romawi yaitu Hermes yang juga dikenal sebagai Merkurius.

Ciri-ciri Planet Merkurius

Setidaknya terdapat 10 ciri-ciri planet Merkurius yang bisa berguna untuk membedakan planet ini dengan planet lainnya. Merkurius termasuk salah satu planet yang mesuk dalam kelompok planet dalam. Planet dalam terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Diantara ciri-ciri planet dalam adalah permukaannya padat, tidak memiliki cincin, dan atmosfernya tipis atau bahkan tidak ada. Ciri-ciri tersebut tentu juga dimiliki oleh planet Merkurius. Namun selain masih terdapat ciri-ciri planet Merkurius yang lain sebagai ciri khas dari planet itu sendiri. Langsung saja berikut 10 ciri-ciri yang dimiliki Merkurius.

1. Berwarna Abu-abu

ciri-ciri planet merkurius
Planet Merkurius (engadget.com)

Posisi Merkurius yang dekat dengan matahari menyulitkan manusia untuk mendapatkan gambar planet ini. Cara satu-satunya hanyalah dengan menggunakan wahana pesawat ruang angkasa. Dari foto yang diambil oleh NASA, terlihat bahwa warna planet ini berwarna abu-abu dan mirip seperti bulan.

Artikel Terkait  Ringkasan Ciri-ciri Planet dalam Tata Surya Disertai Gambarnya

2. Planet Terdekat dengan Matahari

Planet-planet dalam Tata Surya
Planet-planet dalam Tata Surya (cbsnews.com)

Jika Anda melihat gambar sistem tata surya di atas, terlihat bawha Merkurius menjadi planet yang berada paling dekat dengan Matahari. Jarak antara Merkurius dengan Matahari hanya sebesar 57 km atau 3 kali lebih dekat dibanding jarak Bumi dengan Matahari.

3. Planet Terkecil di Tata Surya

Planet-planet dalam Tata Surya
Planet-planet dalam Tata Surya (flickr.com)

Planet Merkurius juga dikenal sebagai planet terkecil dalam tata surya. Jika dibandingkan dengn bulan hanya berbeda 0,7 persen. Sehingga bisa dianggap planet ini ukurannya hampir sama seperti Bulan. Jika dibandingkan dengan Bumi maka besar planet Merkurius 2,7 kali lebih kecil dari Bumi. Karena ukurannya yang kecil membuat gravitasi planet hanya sepertiga kali graviatsi planet Bumi.

4. Diameter, Volume, dan Massa Planet Merkurius

ciri ciri planet merkurius
Merkurius dan Bumi (abyss.uoregon.edu)

Adapun ciri-ciri fisik planet Merkurius adalah sebagai berikut.

  • Diameter rata-rata sebesar 4.880 km  atau jari-jari rata-rata sebesar 2.440 km
  • Volume sebesar 6,083 x 1010 km3
  • Massa sebesar 3,302 x 1023 kg
  • Massa jenis rata-rata sebesar 5,43 g/cm3
  • Kemiringan sumbu sebesar 2,11º

5. Merupakan Planet Kebumian

planet kebumian
Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars (wikimedia.org)

Selain termasuk planet dalam, planet Merkurius juga termasuk dalam kelomp[ok planet kebumian. Planet kebumian merupakan planet yang memiliki permukaan padat dan terdiri dari batuan silikat. Hal ini berbeda dengan planet gas raksasa seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sedangkan yang termasuk planet kebumian atau terrestial adalah planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

6. Permukaannya Penuh Lembah dan Kawah

ciri ciri planet merkurius
Permukaan Planet Merkurius (space.com)

Jika dilihat pada gmabar tampak bahwa permukaan planet Merkurius banyak memiliki cekungan-cekungan sepertihalnya permukaan Bulan. Hal ini disebabkan oleh tidak lapisan atmosfer yang melindungi planet dari serangan meteor. Pada permukaan Merkurius juga terdapat perbukitan yang memanjang hingga mencapai ratusan kilometer panjangnya.

7. Suhu Permukaan Planet Merkurius

ciri ciri planet merkurius
Suhu Permukaan Planet Merkurius (keywordsuggest.com)

Sebagai planet yang berada paling dekat dengan Matahari, tentu kan membuat suhu permukaan planet ini menjadi sangat panas. Pada permukaan yang terkena sinar Matahari suhunya bisa mencapai 430 ºC dengan temperatur rata-rata sebesar 70 ºC.

Namun pada bagian yang tidak terkena sinar Matahari suhunya menjadi sangat dingin. Suhu pada bagian itu bisa mencapai -180 ºC dengan rata-rata sebesar -70 ºC. Karena suhu yang begitu ekstrim, sehingga tidak memungkinkan muncul sebuah kehidupan di planet Merkurius.

Artikel Terkait  Macam-macam Lampu yang Biasa Digunakan Sehari-hari

8. Periode Rotasi dan Revolusi Planet

ciri-ciri planet merkurius
Orbit Planet-planet (englishclub.com)

Adapun periode rotasi, kecepatan rotasi, dan periode revolusi planet adalah sebagai berikut.

  • Periode rotasi Merkurius adalah 59 hari bumi
  • Kecepatan rotasi Merkurius adalah 10,892 km/jam
  • Periode revolusi Merkurius adalah 88 hari bumi

9. Tidak Memiliki Satelit

Planet merkurius
Planet Merkurius (ffden-2.phys.uaf.edu)

Ciri-ciri planet Merkurius yang selanjutnya adalah pelanet ini tidak memiliki satelit. Terdapat sebuh hipotesa yang menjelaskan bagaimana sebuah planet bisa memiliki satelit. Hipotesa itu mengatakan bahwa satelit dihasilkan dari proses tabrakan antara planet dengan benda langit lainnya. Dari tubrukan tersebut diahsilkan pecahan-pecahan yang selanjutnya akan berubah menjadi satelit.

Dari hipotesa itu seharusnya planet Merkurius juga bisa memiliki satelit seperti halnya planet lainnya. Namun hal tersebut tidak bisa terjadi dikarenakan letak planet yang dekat dengan Matahari. Hal itu menyebabkan besarnya penagruh gaya gravitasi Matahari pada planet itu. Sehingga bukan malah berubah menjadi satelit, pecahan-pecahan tersebut ditarik dan dilahap oleh Matahari.

10. Tidak Memiliki Atmosfer

Struktur Planet Merkurius
Struktur Planet Merkurius (coolspacefacts.com)

Planet Merkurius merupakan satu-satunya planet di tata surya yang tidak memiliki atmosfer. Hal ini dikarenakan besarnya penagruh gaya gravitasi Matahari. Jika gravitasi Merkurius dibandingkan dengan garvitasi Matahri maka jelas gravitasi Merkurius terlihat sangat lemah. Karena lemahnya gaya tarik inilah yang menyebakan Merkurius tidak mampu memepertahankan lapisan atmosfernya.

Gambar Planet Merkurius

cir ciri planet merkurius
Planet Merkurius (pixabay.com)

Pada gambar di atas warna planet Merkurius disempurnakan menjadi sebuah gambar yang begitu menarik ini. Citra planet terdekat dengan matahari ini dibuat berdasarkan data citra global dari pesawat ruang angkasa MESSENGER yang mengorbit Merkurius. Mata manusia tidak akan bisa membedakan perbedaan warna dengan jelas namun tidak nyata, menunjukkan daerah kimia, mineralogi, dan fisik yang berbeda di permukaan kawah.

Seperti yang terlihat pada bagian kanan atas, fitur warna cokelat Mercury yang besar dan melingkar yang dikenal sebagai cekungan Caloris diciptakan oleh komet atau asteroid yang berdampak pada masa awal sistem tata surya. Cekungan kuno kemudian dibanjiri lahar dari aktivitas vulkanik, hal ini sama seperti pembentukan Mare atau Maria di Bulan.

Artikel Terkait  Isi Perjanjian Tordesillas, Latar Belakang, dan Dampaknya Bagi Indonesia

Warna yang kontras juga membuat kawah muda terlihat memancarkan cahaya biru muda dan putih.  Dikarenakan adanya sebuah material yang  keluar akibat dampak  ledakan baru-baru ini. Perluasan dari material yang keluar bisa diamati dengan mudah. Dengan pemebrian warna biru gelap unutk menggambarkan daerah perluasannya.

Gambar Planet Merkurius
Gambar Planet Merkurius (nasa.gov)

Gambar diatas juga dihasilkan dari foto merkurius yang diambil oleh pesawat ruang angkasa MESSENGER. Permberian warna pada gamabr didapatkan dari hasil analisa spektrum cahaya pada permukaan planet Merkurius. Dimana gambar tersebut diambil menggunakan Mercury Atmosphere and Surface Composition Spectrometer (MASCS). Sebuah alat yang berguna untuk menelusuri jejak mineral di Merkurius.

Gambar Permukaan Planet Merkurius

gambar Permukaan Planet Merkurius
Permukaan Planet Merkurius (skymarvel.com)

Pada gambar di atas memperlihatkan betapa tidak bersahabatnya lingkungan di permukaan planet Merkurius. Permukaan yang kering dan tidak didapati air sama sekali. Hal membuat planet ini mustahil untuk bisa dihuni oleh manusia.

Permukaan Kutub Utara Planet Merkurius
Permukaan Kutub Utara Planet Merkurius (photojournal.jpl.nasa.gov)
Gambar Permukaan Planet Merkurius
Gambar Permukaan Planet Merkurius (photojournal.jpl.nasa.gov)
gambar permukaan planet merkurius
Bukit dan Jurang pada Permukaan Planet Merkurius (nasa.gov)

Ketiga gmabr di atas merupakan gmabr yang diambil oleh pesawat ruang angkasa MESSENGER. Pada gambar telihat jelas bahwa permukaan planet dipenuhi dengan kawah-kawah yang memenuhi seluruh bagian planet. Pada permukaaan planet juga terdapat perbukitan serta lembah yang berbentuk memanjang.

Gambar Permukaan Planet Merkurius
Gambar Permukaan Planet Merkurius (solarsystem.nasa.gov)

Gmabar permukaan planet Merkurius di atas sangatlah unik. Karena bentuk kawah pada planet Merkurius itu tampak seperti tokoh kartun “Mickey Mouse”. Sebuah tokoh kartun yang menjadi ikon perusahaan hiburan terbesar di dunia.

Demikian artikel mengenai 10 ciri-ciri planet Merkurius yang dilengkapi dengan gambar planet Merkurius dan gambar permukaan planet Merkurius. Semoga bisa bermafaat dan menambah wawasan anda mengenai ciri-ciri planet Merkurius. Salam.

Satu pemikiran pada “10 Ciri-ciri Planet Merkurius Beserta Gambarnya

Tinggalkan komentar