Inilah! 10 Robot Tercanggih di Dunia yang Sudah Pernah Dibuat Umat Manusia

Robot Tercanggih di Dunia – Robot merupakan sebuah alat yang mampu membantu berbagai pekerjaan manusia. Sejak zaman dahulu manusia sudah menggunakan robot untuk mempermudah segala aktivitas. Dahulu bentuk robot tidak seperti saat ini, robot pada zaman dahulu tidak menggunakan sumber tenaga listrik dan menggunakan komputer sebagai otak untuk memproses data dan perintah.

Namun sekarang di era kemajuan teknologi ini, teknologi dalam pembuatan robot juga semakin maju dengan pesat. Terbukti dengan semakin mudahnya kita menemukan robot di dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai contoh pada industri mobil yang menggunakan robot berlengan untuk mempercepat proses merangkai bagian-bagian mobil.

Berikut InformaZone.com  sajikan informasi mengenai 10 robot tercanggih di dunia yang sudah ada sekarang. Selamat membaca dan semoga bisa menambah wawasanmu tentang betapa canggihnya dunia robotik pada zaman sekarang.

1. Robot Perang The Rip Saw MS1 UGV, Tank Super Tanpa Awak

robot tercanggih di dunia

defensereview.com

Robot perang The Ripsaw MS1 UGV merupakan robot militer yang dilengkapi mesin dengan kemampuan yang luar biasa hebat. Kendaraan raksasa ini merupakan robot taktis militer dengan kecepatan yang relatif tinggi dan bisa melewati semua medan dengan kekuatan dan kehebatan yang dimilikinya.

Robot ini berbentuk seperti tank dengan rangka berbentuk tabung. Semuanya di adaptasi dari konstruksi mobil NASCAR dan truk raksasa. Karena dibangun menggunakan teknologi yang sama dengan NASCAR, yaitu dengan menggunakan rangka tabung, memungkinkan berat robot ini menjadi lebih ringan dan rangkanya menjadi lebih kuat.

Robot ini didukung dengan mesin diesel V8 kapasitas 6,6 liter yang bisa menghasilkan tenaga setara dengan 650 horsepower dan mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 125 kilometer/jam. Dimana semuanya dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui sebuah stasiun remote command center. Sehingga membuat robot ini dapat dikendalikan dari mana saja karena mengunakan sinyal radio yang mampu menjangkau jarak yang jauh.

Yang mengagumkan, Ripsaw mampu dengan cepat mengisi ulang amunisinya sendiri secara otomatis dan menukar jenis amunisi hanya dalam hitungan detik. Kendaraan menakutkan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan massa ketika terjadi kericuhan yang tidak memungkinkan polisi untuk turun tangan. Inilah salah satu dari robot tercanggih di dunia yang dapat digunakan untuk multi-tujuan dan sudah ada di Amerika Serikat.

2. Robot Tempur Uran-9

robot tercanggih di dunia

en.wikipedia.org

Ketika robot pergi ke medan perang, tentu mereka tidak akan berperang seperti kita. Mereka akan mampu terbang di langit dengan menggunakan baling-baling atau mereka akan mengarungi lautan seperti torpedo besar. Atau mungkin seperti di Rusia, mereka berbentuk seperti tank yang mampu bergulir di medan pertempuran, tanpa seorang pun yang berada di dalamnya.

Uran 9 merupakan kendaraan tempur darat tanpa awak, atau sebuah robot berbentuk tank. Ini adalah sebuah akhir dari perjalanan panjang negara Rusia di dalam upaya membuat robot guna tujuan perang. Seperti robot-robot yang telah diciptakan sebelumnya, robot ini juga belum pernah turun dalam medan petempuran.

Dilengkapi dengan senapan mesin, sebuah meriam 30 mm, dan rudal-rudal. Robot ini dirancang dengan baik untuk menjadi sebuah robot pemandu dan didukung dengan lapisan anti api yang akan memungkinkan menemani prajurit turun ke medan perang.

3. Robot Canggih Alpha Dog

robot tercanggih di dunia

wired.co.uk

Alpha Dog merupakan robot yang berbentuk seperti seekor anjing besar, tidak peduli jika Anda mengabaikannya, robot ini telah berkembang sepenuhnya menjadi sebuah robot raksasa. Robot yang mampu berjalan dengan kaki dan mampu berdiri hingga setinggi dada orang dewasa ini dikembangkan oleh Boston Dynamics. Selain itu, juga mampu membawa muatan seberat 400 pound atau 181 kilogram dan mampu bertahan tanpa terjatuh meskipun ditendang dengan keras.

Saksikan prototipe Alpha Dog yang terbaru dalam aksinya pada video di bawah ini. Sebagai bagian dari proyek legged squad support system (LS3) milik Boston Dynamics yang dibiayai oleh DARPA dan korps Marinir Amerika Serikat, robot ini ditakdirkan untuk membantu tentara di dalam medan pertempuran, dengan membawa perlengkapan dan amunisi.

Meskipun masih jauh dari kata siap, namun Alpha Dog benar-benar memberikan kesan sebagai robot yang mampu menggantikan peran binatang dalam mengangkut beban di segala medan.

4. Robot Tercepat Cheetah, Robot Berkaki Empat yang Mampu Berlari Lebih Cepat Dari Usain Bolt

robot tercanggih di dunia

pinterest.com

Sebuah robot tanpa kepala, yang dikembangkan dengan biaya dari Pentagon, Amerika Serikat. Ketika dilakukan uji coba untuk berlari di atas treadmill, robot ini mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 28,3 mil/jam atau 45 km/jam. Kecepatan berlati yang sedikit lebih cepat dari sprinter asal Jamaican, Usain Bolt, yang mampu berlari dengna kexepatan 27,78 mil/jam atau 44,7 km/jam.

Pengembangan robot Cheetah merupakan bagian dari proyek militer dalam usahanya mengembangkan robot guna dipakai untuk kepentingan militer. Tidaklah menjadi suatu hal yang tidak mungkin, jika di masa depan robot Cheetah juga memiliki kemampuan untuk membunuh seperti binatang cheetah sungguhan.

Kini telah hadir robot versi terbaru dari cheetah, yang disebut Wild Cat, dia dapat berlari degan bebas di tanah dengan kecepatan 16 mil/jam atau 26 km/jam. Meskipun lebih lambat, namun Wild Cat sudah tidak memerlukan peyangga atau pengaman saat berlari, hal ini berbeda dengan Cheetah yang hanya bisa berlari di atas treadmill dan membutuhkan peyangga agar tidak mudah terjatuh.

5. Robot Jepang Asimo, Robot Cerdas dengan Kemampuan Seperti Manusia

robot jepang tercanggih di dunia

imguol.com

Tidak lengkap rasanya jika membahas robot tetapi tidak memasukkan Asimo ke dalamnya. Robot yang dikembangkan oleh raksasa otomotif yaitu Honda Motor Co., Ltd, sejak tahun 1986. ASIMO merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Robot ini merupakan salah satu robot tercanggih di dunia, keran mampu berjalan layaknya manusia dan dapat juga belari dengan kecepatan 6 km/jam.

Tampilan robot ini seperti seorang astronot yang menggunakan baju astronotnya  dan membawa rasel besar di punggungnya. Dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg, robot ini benar-benar tampak seperti manusia. ASIMO juga dilengkapi dengan kemampuan visual, melihat menggunakan kamera yang berada di bagian kepala, benar-benar seperti manusia kan?

Ditambah kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan menjadikan robot ini layak masuk dalam salah satu daftar robot tercanggih di dunia.

6. Robot Manusia (Humanoid) Paling Canggih Atlas

robot tercanggih d dunia

bostondynamics.com

Sebuah perusahaan kontraktor dalam bidang pertahanan meluncurkan sebuah robot humanoid yang menjadi salah satu robot tercanggih di dunia yang pernah dibangun. Sebagai bagian dari proyek dari DARPA Virtula Robotics Challenge yang terlatak di Waltham, Mass.

ATLAS merupakan sebuah robot manusia berukuran raksasa yang dikendalikan oleh operator manusia yang dibantu oleh sensor-sensor, sistem gerak hidrolik, dan anggota-anggota badan lainnya untuk membuat robot dapat bergerak secara alami pada berbagai kondisi.

Robot ini bisa berjalan, menaiki tangga, tetap tegak berdiri setelah di dorong dengan keras sekalipun, dan mampu mendaki melewati segala rintangan di berbagai medan. Sehingga memungkinkan digunakan dalam kondisi darurat seperti ketika terjadi bencana alam.

7. Robot Terbaru Handle, Robot Humanoid Beroda

robot tercanggih di dunia

designboom.com

Handle merupakan model robot terbaru yang diluncurkan oleh Boston Dynamics. Merupakan bagian dari pengembangan robot homanoid sebelumnya yaitu Atlas. Didasari oleh keinginan untuk membuat sebuah robot yang tidak pernah melakukan hal yang belum pernah kita lihat sebelumnya, membuat robot humanid tercaggih yan pernah ada.

Roda merupakan penemuan yang luar biasa, kata Marc Reibert, pendiri dan presiden Boston Dynamics. Handle menggunakan sistem hybrid gabungan antara robot berlengan dan beroda, ini membuat robot tersebut menjadi robot tercanggih di dunia dalam dua kategori (robot beroda & berlengan).

Robot ini bisa melakukan berbagai tugas yang sangat membantu manusia. Robot ini bisa membawa peti seberat 45 kg, mampu melompat dan menuruni tangga.

Namun sayang robot ini masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa dijual ke publik dan masih kalah dengan robot berkaki empat dan berkaki dua yang mendahuluinya, karena penggunaan roda yang menyebabkan derajat kebebasan robot berkurang dan gerakan robot menjadi kurang kompleks.

8. Robot Pintar Pepper, Bisa Mengerti dan Memahami Perasaaan Manusia

robot tercanggih di dunia

softbankrobotics.com

Pepper merupakan robot berbentuk manusia yang dirancang untuk menjadi pedamping manusia dalam kehidupan sesunggunya. Robot dibuat agar tampak seperti seorang manusia yang baik hati, menawan dan penuh dengan kejutan.

Aldebaran Softbank Robotic merupakan perusahaan membuat dan memasarkan robot humanoid dan progammable. Pepper merupakan salah satu robot yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Robot lainnya yang diciptakan adalah Nao Romeo.

Sebagai robot humanoid pertama yang mempu menganalisa emosi atau perasaan manusia dan mampu beradaptasi dengan suasana hati lawan bicaranya, Pepper sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis seperti menghibur dan menyambut para pelanggan yang datang.

Hingga sekarang, sudah lebih dari 140 toko Ponsel Softbank di Jepang yang menggunakan Pepper untuk menyabut dan memberikan informasi kepada pelanggan mereka. Baru-baru ini, Pepper juga menjadi robot humanoid pertama yang diadopsi ke dalam sebuah rumah di Jepang.

9. Robot Terbesar di Dunia Trandinno

robot terbesar di dunia

geek-powa.fr

Hampir di setiap taman hiburan di dunia memiliki cara tersendiri untuk menciptkan hiburan, seperti pembuatan robot untuk persiapan menyambut musim semi dengan sesuatu yang keren dan menakjubkan.

Biasanya robot-robot pada taman bermain tidak bisa bergerak dan berpindah tempat. Atau bisa bergerak tapi ukurannya tidak lebi besar dari manusia. Berbeda dengan itu semua, di Zetch, Jerman terdapat sebuah robot raksasa berbentuk naga yang dapat berjalan dan menyemburkan api dari mulutnya. Sebuah robot raksasa yang dapat membuat orang yang melihatnya berdecak kagum.

Robot tersebut bernama Trandinno, seekor robot naga yang memiliki panjang 56 kaki atau 17 meter dan bisa berjalan merangkak seperti seekor naga sungguhan. Robot ini telah masuk sebagai pemegang Guiness World Record untuk kategori robot terbesar di dunia.

Robot ini dilengkapi dengan penyembur api yang terhubung ke mulut dan lubang hidung. Meskipun tidak bisa bergerak cukup cepat, tetapi robot ini sudah pernah menghentakkan kakinya di dalam beberapa  parade  festival di Jerman, pada beberapa tahun terakhir.

10. Robot Kucing Yume Neko Smile

robot kucing tercanggih di dunia

bbc.com

Robot kucing Yume Neko Smile merupakan robot mainan berbentuk kucing, namun bukan seperti mainan biasa, robot ini dilegkapi dengan komputer sehingga bisa merespon apabila di sentuh. Cocok bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap bulu kucing, karena bulu kucing ini tidak menyebabkan alergi dan yang pasti tidak akan bau apalagi meneluarkan kotoran.

Yume Neko Smile jika diartikan perkata adalah Yume=impian, Neko=kucing, dan Smile=senyuman. Jika digabungkan artinya menjadi “Kucing Impian yang membuat tersenyum (bahagia)”. Robot ini dilengkapi dengan berbagai kemampuan seperti bisa mengedipkan mata, menggerakkan lehar dan mulutnya, mendengkur ketika sedang tidur dan akan menunjukkan reaksi marah jika ekor nya ditekan.

Benar-benar didesain untuk dapat menyerupai bentuk dan perilaku hewan lucu nan mengmaskan, kucing. Robot kucing ini memiliki tinggi 33 cm dan berat 2 kg. Katanya robot ini juga bisa mengeong dan jika ditinggal lama akan tertidur secara perlahan-lahan hingga akhirnya diam dalam mode hemat daya atau low power.

Robot mana yang menurutmu paling canngih dan layak mendapat julukan robot tercanggih di dunia? Melihat semua robot tersebut pasti membuat Anda bingung. Robot-robot di atas terus mengalami perkembangan hingga sekarang dan robot-robot tersebut akan semakin canggih. Terakhir, semoga informasi ini bisa menginspirasi Anda. Salam.

Leave a Reply