23 Mainan dari Botol Bekas yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Mainan dari Botol Bekas – Tentu sangatlah asyik dan menyenangkan jika kita mampu berkreasi memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan kita. lingkungan disekitarmu akan menjadi bersih dan Anda bisa asyik bermain menggunakan hasil kreasi dari barang tak terpakai. Salah satu barang bekas yang mudah kita jumpai adalah botol-botol bekas tempat minum, sampo, deterjen, dan lain sebagainya.

Membuat mainan dari botol bekas menjadi sebuah sarana yang bermanfaat bagi anak karena mampu melatih kepedulian terhadap lingkungannya, mengembangkan kreativitas, dan meningkatkan kemampuan motorik. Bagi orang tua kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan quality time bersama anak-anak. Langsung saja berikut InformaZone.com sajikan artikel mengenai 23 ide kreatif kreasi dari botol plastik bekas. Salam Kreatif 🙂

1. Mainan dari Botol Bekas – Pesawat Terbang

mainan dari botol bekas pesawat terbang
Mainan Pesawat Terbang (youtube.com)

Kreasi seru dari botol palstik yang pertama adalah mainan pesawat terbang. Pesawat terbang ini tidaklah mampu terbang, tapi hanya bisa sebuah miniatur dari pesawat terbang yang diberi roa agar bisa dimainkan dengan bebas dilantai atau diangkat tinggi dengan tangan.

Mainan ini dibuat menggunakan satu buah botol soda kuran besar, kardus bekas, roda mainan, dan pewarna untuk mewarnai pesawat. Anda bisa membuat pesawat beserta landasannya menggunakan kardus yang dilukis menjadi seperti lintasan pesawat.

2. Mainan dari Botol Bekas – Kura-kura

mainan dari botol bekas kura kura
Mainan Kura-kura (krokotak.com)

Kreasi unik berikutnya adalah mainan berbentuk kura-kura. Bentuknya yang lucu, imut, dan menarik akan membuat anak-anak senang untuk memainkannya. Kura-kura ini terbuat dari bahan yang ringan seingga dapat mengapung di air, selain itu juga bisa dipakai untuk menyimpan uang atau kelereng agar tetap aman.

Anda bisa membuat mainan kura-kura dari botol bekas, benang, spons, dan spidol untuk menggambar wajah kura-kura agar tamapak lebih menarik. Anda bisa berkreasi lebih dengan menggunakan berbagai macam warna botol plastik dan spons untuk membuat kura-kura.

3. Mainan dari Botol Bekas – Pin Bowling Sumo

Mainan dari Botol Bekas - Pin Bowling Sumo
Pin Bowling Sumo (pinkstripeysocks.com)

Bentuknya yang bulat dan wajahnya yang menyenangkan untuk dilihat membuat mainan ini begitu menarik untuk dimainkan. Pin bowling sumo merupakan pin bowling yang berbentuk pengulat sumo. Sesuai dengan namanya cara memainkan mainan ini adalah sama seperti permainan olahraga bowling, hanya saja pin dan bola yang digunakan bentuknya berbeda.

Biasanya satu set pin bowling terdiri dari 10 buah pin, karena itu jika Anda ingin membuatnya sama seperti bowling maka sediakan 10 buah botol palstik bekas. Botol plastik dipotong bagian atas dan bawahnya, bagian tengah botol tidak digunakan. Kemudian bagian atas dan bawah tadi digabungkan dan diberi warna agar terlihat lebih bagus.

4. Mainan dari Botol Bekas – Mobil Amphibi

Mainan dari Botol Bekas - Mobil Amfibi
Mobil Amphibi (youtube.com)

Mainan yang satu tampak canggih, karena mampu berjalan di darat dan bergerak di atas permukaan air. Mainan ini disebut mobil amphibi karena kemampuan hebat yang dimilikinya. Tampak keren dan menakjubkan bukan, maka dari itu dijamin Anda tidak akan kecewa jika telah membuat kreasi unik yang satu ini.

Mobil amphibi memiliki dua mesin penggerak satu untuk memutar roda saat berjalan di darat dan yang kedua untuk memutar baling-baling agar bisa berenang di air. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan di sekitar rumah kita, khusu untuk motor dinamo Anda harus membelinya di toko elektronik.

5. Mainan dari Botol Bekas – Roket Air

Mainan dari Botol Bekas - Roket Air
Roket Air (youtube.com)

Mainan yang berikutnya adalah roket air. Roket ini dapat meluncur tinggi memanfaatkan gaya dorong dari air bertekanan tinggi yang keluar dari botol. Hal tersebut bisa terjadi karena air bertekanan tnggi membarikan gaya angkat sehingga bisa membuat roket terbang ke atas.

Bahan yang digunakan unutk membuatnya cukup banyak tapi mudah kita temukan di sekitar lingkungan rumah Anda. Bahan yang dibutuhkan adalah 2 botol soda ukuran besar, pentil ban, pipa paralon, dan pompa angin. Jika ingin mengetahui lebih jelas menganai cara membuatnya, Anda bisa mengunjungi artikel tetntang cara Membuat Roket Air yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri.

6. Mainan dari Botol Bekas – Penguin

Mainan dari Botol Bekas - Penguin
Mainan Penguin (loveyourplanetrecycle.blogspot.co.id)

Binatang penguin merupakan binatang yang hidup didaerah beriklim dingin seperti di kutub utara dan selatan. Binatang yang menggemaskan ini biasanya sangat disukai oleh anak-anak kecil terutama anak perempuan, dikarenakan bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Boneka penguin dari botolpalstik bekas ini sangatlah imut, lucu, dan tidak kalah bagus dibanding mainan penguin yang harganya mahal.

Cara membuatnya sangatlah mudah karena hanya menggunakan 2 buah botol plastik bekas sebagi bahan utamanya. Botol dipotong dengan ukuran kira-kira setengah tinggi botol. Kemudian kedua potongan tadi disatukan dan direkatkan dengan lem. Selanjutnya diberi cat dasar warna putih yang kemudian ditimpa dengan warna hitam agar warna nya sama dengan warna tubuh penguin. Agar lebih cantik, Anda bisa menambahkan syal pada leher penguin.

7. Mainan dari Botol Bekas – Rumah Boneka

Mainan dari Botol Bekas - Rumah Boneka
Rumah Boneka (worldinsidepictures.com)

Harga rumah boneka biasanya sangatlah mahal, namun menggunakan botol bekas deterjen Anda bisa membuatnya dengan harga yang murah meriah. Bisa Anda lihat pada gambar bahwa rumah boneka dari botol bekas ini tamapak cantik dan seru untuk dimainkan. Jadi, jika anak Anda biasa bermain boneka patutlah dicoba membuat mainan yang satu ini. Sehingga akan membuat suasan bermain menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Bentuk rumah boneka ini bisa Anda buat sesuai dengan kreasi yang dinginkan. Karena Anda bisa memilih berbagai macam bentuk botol dan menghiasinya dengan manik-manik sesuai keinginan Anda. Barilah motif bunga atau hati pada rumah boneka ini, karena akan membuatnya terlihat cantik dan menarik parhatian anak-anak kecil.

8. Mainan dari Botol Bekas – Burung Hantu

Mainan dari Botol Bekas - Burung Hantu
Mainan Burung Hantu (pinterest.com)

Burung hantu merupakan binatang malam yang aktif bergerak hanya ketika hari sudah gelap. Burung hantu mempunyai mata besar yang digunkan untuk melihat pada kondisi yang gelap karena tidak ada sinar matahari. Mianan burung hantu sangatlah menggmaskan karena bentuknya yang lucu dengan kedua mata berukuran besar pada kepalanya.

Pada gambar di atas bisa Anda lihat dengan jelas cara membuat mainan burung hantu ini. Hanya dibutuhkan satu buah botol plastik ukuran besar unutk membuatnya. Bagian botol yang digunakan adalah bagian atas dan bawah botol yang kemudian disatukan sehingga berbentuk seperti burung hantu.

9. Mainan dari Botol Bekas – Robot

Mainan dari Botol Bekas - Robot
Mainan Robot (growingupbilingual.com)

Robot dari botol bekas yang gagah dan keren ini merupakan sebuah ide yang kreatif dan unik menurut saya. Hal itu karena tidak mudah menyulap barang-barang bekas menjadi sebuah barang yang tampak baru dan enak untuk dilihat dan dimainkan.

Robot dari botol plastik ini dibuat menggunakan berbagai jenis botol dan barang-barang lainnya. Namun, bahan utamanya dari botol plastik yang digunakan sebagai kedua kaki, kedua tangan, badan, dan kepala robot. Bagian persendian robot dibuat menggunakan bola pingpong dan dari tutup botol. Agar tamapak lebih canggih, Anda bisa menambahkan lampu warna warni pada badan robot sebagai hiasan tambahan.

10. Mainan dari Botol Bekas – Bowling

Mainan dari Botol Bekas - Bowling
Mainan Bowling (mommysfabulousfinds.com)

Olahraga bowling biasanya harus dimainkan di arena yang khusus. Di Indonesai atau di daerah daerah pedesaan sangatlah jarang dan hampir tidak ada arena permainan bowling. Oleh karena itu dengan kreasi unik yang satu ini, Anda akan dapat merasakan sensasi seru bermain bowling seperti permainan bowling sungguhan.

Meskipun tidak sama persis, mainan ini dimainkan dengan cara yang sama seperti olahraga bowling yang sebenarnya. Pin bowling dibuat menggunakan botol plastik yang diberi berbagai warna agar tampak bagus dan berwarna. Bola bowling bisa diganti dengan bola plastik ata bola kasti. Setelah satu set peralatan bowling telah lengkap, Anda bisa mulai memainkan mainan bowling yang keren ini.

11. Mainan dari Botol Bekas – Ular-ularan

Mainan dari Botol Bekas - Ular-ularan
Ular-ularan (pinterest.com)

Mainan ular-ualaran dari tutup botol plastik yang berwarna-warni, terlihat lucu sebagai mainan bayi.

12. Mainan dari Botol Bekas – Jam Mainan

Mainan dari Botol Bekas - Jam Mainan
Jam Mainan (pinterest.com)

Jam mainan ini akan membantu anak-anak mengenal lebih baik cara membaca waktu dan cara kerjanya.

13. Mainan dari Botol Bekas – Jam Pasir

Mainan dari Botol Bekas - Jam Pasir
Jam Pasir (harrypotterpartyideas.com)

Jam pasir merupakan sebuah jam yang menggunakan pasir sebagai media untuk menghitung waktu.

14. Mainan dari Botol Bekas – Helikopter

Mainan dari Botol Bekas - Helikopter
Helikopter (handimania.com)

Mainan helikopter yang mudah dibuat dan terlihat bagus, meskipun terbuat dari benda-benda bekas.

15. Mainan dari Botol Bekas – Celengan Babi

Mainan dari Botol Bekas - Celengan Babi
Celengan Babi (youtube.com)

Celengan babi yang mudah dibuat yang akan memastikan uangmu tersimpan dengan baik dan aman.

16. Mainan dari Botol Bekas – Kincir Angin

Mainan dari Botol Bekas - Kincir Angin
Kincir Angin (youtube.com)

Kncir angin dari botol bekas yang akan berputar karena dorongan tenaga angin yang melewatinya.

17. Mainan dari Botol Bekas – Pasukan Robot

Mainan dari Botol Bekas - Pasukan Robot
Pasukan Robot (robotbottle.com)

Pasukan robot yang keren dan canggih ini, semuanya terbuat dari sampah yang disulap menjadi mainan robot.

18. Mainan dari Botol Bekas – Jet Pack

Mainan dari Botol Bekas - Jet Pack
Jet Pack (doodlecraftblog.com)

Jet Pack merupakan sebuah alat terbang, hasil dari khayalan dan mimpi manusia yang berkeinginan untuk bisa terbang bebas di langit seperti burung.

19. Mainan dari Botol Bekas – Perahu Layar

Perahu Layar (pinterest.com)

Botol sampo dapat disulap menjadi perahu layar yang keren, menjadi lebih seru jika dikakukan balapan perahu.

20. Mainan dari Botol Bekas – Dekorasi Halloween

Mainan dari Botol Bekas - Dekorasi Halloween
Dekorasi Halloween-(youtube.com)

Hooo… hooo… hooo… hantu dari botol bekas ini akan menjadi dekorasi Halloween yang menyeramkan.

21. Mainan dari Botol Bekas – Mainan Anak Spinner

Mainan dari Botol Bekas - Mainan Anak Spinner
Mainan Anak Spinner (fabdiy.com)

Spinner merupakan mainan yang akan berputar dan mengeluarkan suara jika ditarik dan dikendurkan secara berulang-ulang.

22. Mainan dari Botol Bekas – Boneka

Mainan dari Botol Bekas - Boneka
Boneka (incredibleart.org)

Boneka yang berpakaian berdasarkan pakaian khas setiap negara, akan membantu anak Anda mengenal berbagai budaya internasional.

23. Mainan dari Botol Bekas – Ikan

Mainan dari Botol Bekas - Ikan
Ikan (youtube.com)

Ikan yang terbuat dari botol bekas pelembut pakaian ini tampak cantik dan lucu sebagai hiasan gantung.

Terima kasih telah membaca artikel tentang mainan dari botol bekas, semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi pembaca InformaZone.com. Anda bisa membca artikel lainnya mengenai 17 Kreasi Daur Ulang yang Inovatif dan Mudah Dibuat.

2 pemikiran pada “23 Mainan dari Botol Bekas yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

  1. terimaksih tips yang sudah di berikan,setelah saya cobak dengan mengikuti tips yang di atas percobaan saya berhasilkan bagus dan sukses.

Tinggalkan komentar