6 Tokoh Penemu Alat Komunikasi Lengkap Beserta Foto dan Tahunnya

Penemu Alat Komunikasi  – Alat komunikasi merupakan benda yang biasa dipakai untuk menyampaikan dan menerima pesan, baik dalam bentuk kode, tulisan dan suara. Kebutuhan alat komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan manusia, karena menggunakan alat komunikasi manusia dapat berhubungan dengan manusia lainnya  meskipun berada di tempat yang berbeda.

pixabay.com

Sejarah perkembangan alat komunikasi tentu tidak lepas dari jasa para penemu alat-alat komunikasi di zaman dahulu. Mereka telah berjasa besar dengan ikut berkontribusi di dalam perkembangan alat-alat komunikasi modern yang kita nikmati saat ini. Seperti telepon, internet, wifi, dan sebagainya.

Oleh karena itu, InformaZone.com akan membagikan tulisan mengenai tokoh-tokoh penemu alat komunikasi. Mulai dari penemu alat komunikasi telegram Samuel Finley Breese Morse tahun 1821 sampai penemu televisi John Logie Baird tahun 1927. Semoga dengan tulisan ini kamu bisa lebih memahami perjuangan dan jasa-jasa para ilmuwan brilian di masa lampau. Selamat membaca 🙂

1. Penemu Alat Komunikasi Telegram, Samuel Finley Breese Morse 1837

penemu alat komunikasi telegram
Samuel Finley Breese Morse (firman2912.blogspot.com)

Telegram merupakan alat komunikasi untuk mengirimkan pesan jarak jauh berkode menggunakan kabel dengan listrik. Alat untuk mengirim dan menerima telegram disebut dengan nama telegraf. Kode yang digunakan pada telegram adalah kode Morse, yaitu merupakan kode yang merubah bentuk huruf, angka dan tanda baca menjadi sinyal impuls listrik.

Sinyal tersebut kemudian akan menghasilkan gambar titik dan garis sebagai representasi dari setiap bentuk huruf, angka dan tanda baca. Jika, kamu pernah ikut pramuka pasti kamu tahu mengenai kode Morse, ya seperti itulah bentuk pesan yang dikirimkan mengunakan telegram.

Penemu alat komunikasi telegram adalah Samuel Finley Breese Mores yang lahir pada tahun 1971 di Massachusette, Amerika Serikat dan wafat pada tahun 1872 di Greenwood, Brooklyn. Morse menemukan telegraf pada 1837, penemuan telegraf dimulai ketika mendengar percakapan beberapa orang mengenai penelitian elektromagnetik. Mendengar hal itu Morse mulai memikirkan konsep telegraf menggunakan elektromagnetik.

Morse mulai menciptakan model telegraf pertama kali pada thun 1835. Kemudian dibantu oleh asistennya bernama Alexander Bain menciptakan kode Morse yang akan digunakan pada mesin telegraf. Mengunakan uang sebesar USD 30.000 yang didapatkan dari kongres pada tahun 1843, dia kemabali melanjutkan eksperimen untuk menyempurnakan alat temuannya yaitu telegraf

Pada tahun 1844, berhasil dikirim pesan pertama menggunakan telegraf dari Washington DC ke Baltimore dengan memakai kode Morse. Pesan tesebut berbunyi “What had God Wrought” yang artinya “Apa yang telah Tuhan tulis”.

2. Penemu Mesin Fax, Alexander Bain 1843

penemu alat komunikasi mesin fax
Alexander Bain (memim.com)

Mesin Fax atau biasa disebut Faks adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan untuk mengirim dokumen menggunakan kabel telepon yang kemudian akan dicetak menjadi sama dengan aslinya. Mesin fak pengirim akan men-scanning dokumen dan mengirim pesan, sedangkan mesin fax penerima akan menerima pesan dan menyetak dokumen tersebut.

Mesin fax pertama kali ditemukan oleh Alexander Bain yang dipatenkan pada tahun 1843. Beliau lahir di Watten, Chaithness, Skotlandia pada tahun 1811 dan meninggal di Kirkintilloch, Britani Raya pada tahun 1877 pada umur 65 tahun.

Sebagai seorang pembuat jam, Alexander Bain memanfaatkan keahliannya tersebut untuk membuat mesin fax berdasarkan mesin jam elektrik yang ditemukannya sebelumnya. Bentuk mesin fax pertama kali sangatlah berbeda jauh dengan mesin fax di zaman sekarang. Mesin fax yang dibuat oleh Alexander Bain digunakan untuk mengubah sinyal listrik yang dikirimkan oleh telegraf menjadi bentuk visual.

Dengan begitu pesan dapat lebih akurat dan cepat sampai dibandingkan jika dengan menggunakan suara. Kertas yang digunakan dalam mesin buatannya, harus terlebih dahulu direndam dalam cairan kimia. Cairan kimia ini akan menguap dan akan meninggalkan bekas jika terkena sinyal listrik. Bekas yang ditinggalkan akan berwarna gelap dan berbentuk garis dan titik, kode Morse. Mesin tersebut biasa disebut sebagai mesin telegraf kimia.

Perbedaan lainnya dengan fax di zaman sekarang adalah mesin fax ciptaannya menggunakan kabel atau jaringan telegraf untuk berkirim pesan, bukan menggunakan kabel telepon. Hal itu karena pada zamannya belum ditemukan alat komunikasi  telepon.

3. Penemu Telepon, Antonio Meucci 1849 (versi baru 2002)

Penemu alat komunikasi Telepon Antonio Meucci
Antonio Meucci (wikiwand.com)

Telepon merupakan alat komunikasi yang biasa dipakai untuk berbcakap-cakap antara dua orang yang berada di tempat yang berjuahan. Bagi manusia di zaman sekarang sangatlah penting untuk memiliki telepon hampir setiap orang di muka bumi ini sudah mempunyai telepon pribadi. Tapi, banyak juga yang belum tahu siapa yang pertama kali menemukan telepon.

Banyak orang yang mengira bahwa penemu alat komunikasi telepon adalah Alexander Graham Bell, namun sebenarnya penemu telepon pertama kali yang sebenarnya adalah Antonio Meucci.

Antonio Meucci memiliki nama lengkap Antonio Santi Giuseppe Meucci, dia lahir di San Frediano pada tanggal 13 April 1808 dan meninggal dunia di umur 81 tahun yaitu pada tanggal 18 Oktober 1889. Beliau berkebangsaan Italia dan menyelesaikan pendidikan di Akademi Kesenian Firenze. Kemudian pindah ke Kuba pada tahun 1835 bersama istrinya.

Pada waktu luangnya beliau suka mencoba menciptakan barang-barang tanpa pernah menyerah dengan usahanya. Beliau juga sudah menemukan sebuah terobosan di dalam pengguanaan alat setrum listrik pada bidang kesehatan.

Pada tahun 1850 Meucci mengalami kebangkrutan dan jatuh sakit sehingga mengharuskan istrinya untuk menjual semua barang-barang ciptaannya, untuk membiayai pengoabatan Meucci. Setelah sembuh beliau kembali bekerja keras untuk membuat kembali semua barang-barang ciptaannya.

Pada tahun 1871 Antonio Meucci mematenkan telepon ciptaannya yang berlaku hanya selama setahun. Hal ini karena Meucci sedang bangkrut dan tidak mempunyai biaya untuk membayar paten secara penuh. Pada tahun 1876, diumumkan bahwa Alexander Graham Bell memegang hak paten untuk penemuan telepon.

Setelah mengetahui hal itu Meucci memprotes Kantor Paten Amerika Serikat, namun sayang beliau mengalami kekalahan. Satu setengah abad berikutnya, tepatnya pada tanggal 11 Juni 2002 kongres Amerika Serikat menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon.

4. Penemu Radio, Guglielmo Marconi 1896

Penemu alat komunikasi Radio, Guglielmo Marconi
Guglielmo Marconi (youtube.com)

Radio merupakan alat komunikasi tanpa kabel yang pertama kali ditemukan. Dengan menggunakan radio kita dapat mengirim suara atau bunyi melalui udara tanpa meggunakan kabel. Sekarang radio dapat ditemukan dengan mudah di dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan radio kita bisa mendengarkan musik, berita, informasi, lowongan kerja dan penagajian-pengajian yang biasa disiarkan melalui radio.

Penemu alat komunikasi radio bernama Guglimeo Marconi yang lahir di Blogna pada tanggal 25 April 1874 yang merupakan anak kedua dari seorang bangsawan Italia bernama Giuseppe Marconi. Pada saat muda dia tertarik dengan ilmu pengetahuan dan kelistrikan. Pada awal tahun 1890-an dia mulai mengerjakan gagasan mengenai ide untuk membuat telegraph yang mampu ditransmisikan tanpa kabel.

Sebenarnya ini merupakan ide lama, beberapa peneliti terkenal dan penemu telah bereksplorasi teknologi telegraf nirkabel. Tetapi tidak ada satupun yang dapat membuktikan secara nyata dan sukses memasarkannya ke publik.

Setelah lebih dari 50 tahun, baru muncul seorang ilmuwan bernama Heinrich Hertz, merupakan orang yang mampu membuktikan keberdaan radiasi elektromagnetik pada tahun 1888. Dimana hal tersebu, sekarang lebih dikenal sebagai gelombang radio.

Saat berusia 20 tahun Marconi memulai eksperimen untuk menciptakan radio telegraf. Pada tahun 1894, dia berhasil menciptakan radio dan memberitahukan kepada kedua orang tuanya. Kemudian ayahnya memberikan uangnya agar alat ciptaannya dapat berkembang lebih baik.

Hingga akhirnya  pada bulan Juli tahun 1896, Marconi mendemonstrasikan temuannya kepada pemerintahan Britania Raya. Dimana alat tersebut mampu mentransmisikan kode morse sejauh 6,7 km tanpa mengunakan kabel sama sekali.

5. Penemu Telepon, Alexander Graham Bell 1876 (versi lama)

Penemu alat komunikasi Telepon Alexander Graham Bell
Alexander Graham Bell (anglotopia.net)

Kita telah lama mengenal bahwa Alexander Graham Bell merupakan seorang penemu alat komunikasi telepon pertama kali. Tapi, seperti yang telah jelaskan sebelumnya bahwa sebenarnya telepon pertama kali ditemukan oleh Antonio Meucci pada tahun 1849. Alexander Graham Bell sebenarnya hanya mencuri model telepon milik Meucci, yang akhirnya menyebabkan keduanya bermusuhan.

Alexander Graham Bell lahir di Edinburg, Skotlandia pada tahun 1847. Ayahnya adalah seorang yang ahli di dalam fisiologi vokal, yang bekerja memperbaiki cara berpidato orang-orang dan juga mengajar orang-orang tuli. Karena profesi ayanhnya itulah Bell kemudian tertarik dengan teknologi untuk mempoduksi suara.

Pada tahun 1877, setelah mendapatkan hal paten atas penemuan telepon, dia bersama kawan-kawannya mendirikan perusahaan American Telephone and Telegraph Company (AT & T). Dari situ penggunaan telepon semakin tersebar luas dan mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan Bell.

Setelah sukses mengembangkan telepon dan menjadi kaya raya, Bell tidak berhenti meneruskan penelitiannya untuk terus membuat berbagai macam alat dengan tujuan mulia untuk menolong orang-orang tuli.

6. Penemu Televisi, John Logie Baird 1927

Penemu alat komunikasi Televisi John Logie Baird
John Logie Baird (bbci.co.uk)

Televisi merupakan alat komunikasi yang digunakan menyampaikan informasi visual pada jarak yang jauh. Sekarang ini televisi telah menjadi sebuah benda yang dimiliki oleh setiap rumah di Indonesia. Selain sebagai media informasi, televisi juga digunakan sebagai media hiburan yang membuatnya semakin diminati oleh setiap orang.

Selain itu televisi juga tersedia dalam beragam jenis dan harganya pun juga bervariasi, sehingga siapa saja mampu untuk membeli televisi.

Televisi pertama kali ditemukan oleh John Logie Baird seorang ilmuwan yang berasal dari Skotlandia. Dia lahir pada tahun 1888 di Skotlandia, Baird dan meninggal di East Sussex, Inggris pada tahun 1946. Dia menempuh pendidikan di Akademi Larchfield (sekarang menjadi bagian dari sekolah Lomond) di Helensburgh, Glasglow and West 0f Scotland Technical College dan Universita Glasgow. Tetapi akibat perang dunia I, dia tidak bisa selesai kuliah.

Televisi telah dikembangkan oleh banyak ilmuwan, namun diantara semuanya penemuan Baird dianggap paling canggih. Banyak dari sejarawan mengatakan bahwa Braid adalah orang yang pertama kali memproduksi gambar bergerak dan siaran langsung.

Pada awalnya penemu alat komunikasi televisi Baird mengalami kesulitan dana, karena idenya kurang dihargai oleh investor. Hingga umur 35 tahun dia hidup dengan serba kekurangan, sekali-kali dia mengotak-atik temuannya agar mampu mentransmisikan gambar dan suara lebih baik lagi.

Pada tahun itu (1923) dia berhasil mentransmisikan gambar dan menyelesaikan temuannya. Hingga akhirnya banyak investor yang tertarik dan memberikan dana kepadanya. Hingga akhirnya pada tahun 1927 dia mampu mentransmisikan gambar dari London ke Glasgow dan di tahun 1928 mentransmisikan sinyal televisi dari London ke New York. Pada momen bersejarah itulah, pada akhirnya John Logie Baird diakui sebagai penemu televisi.

Demikian artikel tentang para tokoh penemu alat komunikasi yang telah banyak berjasa dalam terciptanya alat-alat komunikasi di era modern ini. Sudah sepatutnya kita berterima kasih kepada beliau-beliau karena temuan-temuan tersebut sangat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan kita di kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar