17+ Contoh Hewan Omnivora Beserta Gambar dan Penjelasannya, Lengkap

HEWAN OMNIVORA – Salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah makan. Melalui hal itu di dunia ilmu Biologi terdapat perbedaan jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya. Jenis-jenis hewan tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok diantaranya adalah Herbivora, Karnivora, Insektivora, dan Ominvora.

Kelompok Herbivora yang memakan tumbuhan seperti sapi dan kambing. Kelompok Karnivora adalah makhluk hidup yang memakan daging. Sedangkan kelompok Insektivora yang memakan berbagai macam jenis serangga. Terakhir adalah kelompok Omnivora yang memakan segalanya.

Dalam bahasan artikel ini akan lebih spesifik pada pembahasan hewan jenis omnivora, yaitu hewan yang memakan segalanya. Di sini akan dijelaskan pengertian hewan omnivora beserta contoh-contoh hewan omnivora. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Hewan Omnivora

pengertian hewan omnivora
playbuzz.com

Kata omnivora secara adalah omne dan vorare yang berasal dari bahasa Latin, memiliki arti semua atau segalanya dan melahap. Jadi bisa disimpulkan arti hewan omnivora Adalah hewan yang melahap semua makanan mulai dari jenis-jenis tumbuhan dan jenis-jenis hewan.

Hewan Omnivora juga dikatakan sebagai hewan pemakan semuanya. Hewan omnivora sendiri saat ini sudah banyak yang dijadikan sebagai hewan peliharaan. Untuk lebih jelasnya maka akan diberikan contoh secara langsung mengenai hewan omnivora.

1. Contoh Hewan Omnivora – Gorilla

hewan omnivora gorila
pixabay.com

Gorilla merupakan hewan yang bertubuh besar, memiliki gigi tajam dan memiliki kedua tangan yang kekar. Selain itu kemampuan melompat Gorilla sangat baik sehingga akan memudahkannya mendapatkan mangsa saat kelaparan.

Sebenarnya tidak semua jenis Gorila adalah binatang buas. Akan tetapi, disaat sedang kelaparan atau mendapat gangguan dari binatang lain Gorila akan dengan cepat menggigit dan merobek-robek tubuh lawannya kemudian memakannya.

Dari aspek inilah Gorilla bisa dimasukkan dalam jenis hewan Omnivora. Meskipun disaat tidak sedang kelaparan dan kepet tidak ada tumbuhan yang ia makan maka ia akan memakan apa yang ada di sekitarnya termasuk hewan lain. Gorilla juga termasuk ke dalam daftar hewan langka (red list of endangered species) yang terancam punah.

2. Hewan Omnivora – Tikus

Tikus
independent.co.uk

Rattus Argentiventer merupakan nama lain dari Tikus secara Latin. Artinya yaitu, hewan mamalia yang masuk kategori hewan omnivora. Tikus adalah salah satu hewan kecil yang bisa dikatakan rakus, karena Tikus bisa memakan makanan yang beraneka ragam seperti tumbuhan berupa padi, kelapa, sayur, ketela dan masih banyak yang lainnya.

Tikus juga sangat suka memakan binatang kecil mulai dari serangga hingga ikan yang hidup di air tawar salah satunya ikan di sawah. Maka dari situlah Tikus disebut sebagai hewan omnivora. Karena mau memakan semua jenis makanan dari golongan tumbuh-tumbuhan dan dari golongan hewan.

3. Musang

musang
pixabay.com

Musang merupakan hewan berkaki empat yang hampir mirip dengan kucing akan tetapi berbeda. Perbedaannya terlihat pada ekor yang lebih panjang dan mulutnya yang sedikit lebih runcing. Sebenarnya musang termasuk dalam jenis hama, karena musang adalah salah makhluk hidup yang suka memakan tumbuhan sawah yang ditanam oleh petani.

Namun akhir-akhir ini banyak dari lover yang menjadikan musang sebagai hewan peliharaan. Karena bentuknya yang unik dan jarang dimiliki oleh orang. Musang juga termasuk hewan omnivora karena memakan berbagai jenis makanan dari jenis tumbuhan dan hewan. Sehingga musang diklarifikasikan dalam jenis hewan omnivora.

Baca Juga :  5+ Bacaan Niat Zakat Fitrah Arab / Latin / Artinya

4. Burung Omnivora – Ayam

ayam
pixabay.com

Ayam merupakan jenis unggas yang biasa oleh orang-orang di sekitar kita. Apalagi di daerah pedesaan ayam seperti hewan wajib yang harus dimiliki setiap orang. Hal ini terjadi karena ayam merupakan hewan yang murah dan banyak dicari orang.

Selain itu memelihara ayam akan lebih mudah karena hanya makanannya berasal dari berbagai macam biji-bijian, tumbuh-tumbuhan bahkan dari jenis hewan sekalipun seperti serangga, semut, laron dan lain sebagainya. Bahkan pada saat ini banyak orang yang memelihara ayam dalam jumlah banyak sebagai hewan ternak atau hewan pedaging yang akan disetorkan ke pasar.

5. Ikan Omnivora – Lele

lele sebagai hewan omnivora
pixabay.com

Lele termasuk dalam hewan omnivora karena doyan dengan segala jenis makanan. Ikan yang sering dijadikan sebagai menu makanan ini tak hanya makan jenis tumbuhan saja tapi ikan sejenisnya juga dimakan. Tak hanya sebagai kanibal saja ikan lele juga suka memakan udang dan fitoplankton yang ada di dalam kolam budidaya lele.

Sementara untuk tumbuhan yang biasa di makan ikan lele adalah dedaunan yang lunak. Lele juga memakan parasit atau hewan kecil yang menjadi pengganggu dalam pertumbuhannya. Dari berbagai jenis makanan yang di makan itulah ikan Lele disebut sebagai hewan omnivora.

6. Kucing Sebagai Binatang Omnivora

Background Anak Kucing Lucu
picanimal.com

Kucing, merupakan hewan peliharaan yang masuk dalam kategori hewan omnivora. Namun, sejumlah orang yang suka dengan binatang manis ini menilai jika kucing adalah hewan karnivora yang hanya doyan makan daging saja tetapi kucing ini juga suka dengan rumput.

Pendapat ini memang benar karena 100% kebutuhan gizi kucing dapat dipenuhi dari makanan hewani. Namun kucing juga dapat menjadi hewan omnivora karena memakan jenis hewan dan jenis tumbuhan.

Contohnya adalah di negara Indonesia sendiri sangat banyak penggemar kucing dan yang memeliharanya. Yang kemudian banyak orang memberi makan kucing dicampur dengan nasi agar makanannya banyak dan kucing lebih cepat kenyang.

Ada juga sebagian orang yang menambahnya dengan tempe matang (sudah digoreng) dan diiris kecil-kecil. Selain itu kucing juga doyan dengan rumput serta akar tumbuhan hijau. Biasanya kucing lebih suka dengan rumput ringan yang biasa tumbuh subur di lapangan.

7. Angsa

contoh hewan omnivora angsa
pixabay.com

Angsa termasuk dalam golongan jenis burung raksasa yang mempunyai lingkungan hidup pada ekosistem perairan. Burung angsa juga termasuk salah satu contoh dari hewan omnivora, karena makanan burung angsa ini dapat berupa keong ataupun serangga dan berbagai jenis daun-daunan yang ditemui di sekitarnya.

Sehingga angsa ini masuk dalam kategori golongan hewan mamalia animalia yakni hewan pemakan segalanya (tumbuhan dan hewan).

Hal itu tadi yang membuat angsa dimasukkan dalam kategori omnivora. Selain itu, keunikan yang perlu kita ketahui bahwa di berbagai belahan negara, burung angsa sendiri merupakan perlambang dari kesetiaan karena makna dari warna putih yang mengartikan tentang kesucian.

8. Bebek

Hewan omnivora bebek
pixabay.com

Bebek merupakan salah satu hewan unggas yang pada dasarnya cara budidaya tidak beda dengan ayam. Binatang bebek ini juga termasuk pada kategori hewan pemakan segala yang ada di air tawar. Bebek juga termasuk burung akuatik yang secara garis besar mempunyai ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan satu familinya.

Makanan hewan yang berleher pendek ini sangat beragam mulai dari serangga, katak kecil, cacing, hingga tanaman maupun ikan. Bebek sangat banyak dibudidayakan selain dagingnya menyehatkan telur dari bebek juga sangat bergizi.

Pembudidayaan bebek itu sendiri dibagi menjadi 3 tipe, yaitu bebek tipe petelur, bebek tipe pedaging dan bebek hias atau ornamental. Namun yang umum kita jumpai adalah bebek petelur dan bebel pedaging. Sebenarnya pembudidayaan bebek tidak terlalu susah karena bebek dapat bertahan hidup dalam berbagai iklim. Meskipun begitu letak geografis yang cocok dan baik untuk habitat bebek adalah yang beriklim tropis.

Baca Juga :  Biogas dari Kotoran Sapi

9. Monyet

monyet omnivora
pixabay.com

Yakni binatang omnivora yang umum kita kenal makan bermacam-macam macam sayuran, buah buahan, kacang kacangan, binatang kecil, ataupun serangga. Monyet mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dan ekor yang panjang dibandingkan dengan gorila dan simpanse.

10. Simpanse – Mamalia Cerdas Omnivora

simpanse
pixabay.com

Simpanse termasuk dalam binatang omnivora sebab sumber makanannya berasal dari binatang dan tumbuhan. Kebanyakan jenis makanan kera terdiri dari biji–bijian, buah-buahan, dan bunga yang ia petik dari pohon. Tidak hanya itu, simpanse juga mengonsumsi serangga seperti semut & rayap. Serangga tersebut mereka dapatkan dan peroleh dari sarangnya memakai tongkat.

11. Tupai

tupai
pixabay.com

Tupai termasuk salah satu spesies binatang omnivora yang memakan tumbuh-tumbuhan seperti biji-bijian, jamur, buah, kulit kayu, dan lainnya. Makanan yang paling khas dengan tupai, contohnya ialah biji kenari. Tidak hanya itu tupai juga mengkonsumsi berbagai jenis serangga kecil yang terdapat pada pohon.

12. Paus

paus sebagai hewan omnivora
pixabay.com

Paus termasuk ke dalam jenis hewan omnivora yang hidup di dalam samudera. Hewan raksasa laut ini memakan cumi-cumi dan crustacea, selain itu juga mengkonsumsi mysidacea dan krill. Paus biasanya juga memakan krill dan copepoda walaupun tidak dalam porsi yang banyak.

13. Landak – Hewan Berduri Omnivora

landak
pixabay.com

Jenis hewan omnivora berikutnya adalah landak, makanannya terdiri dari serangga dan binatang-binatang kecil lainnya misalnya jangkrik, katak, siput, cacing, dsb. Tidak hanya mengkonsumsi hewan-hewan kecil, mamalia kecil ini juga suka memakan daun, akar dan batang pohon, terutama di bagian pohon yang mempunyai kulit kayu muda.

14. Serigala Merah

serigala merah
pixabay.com

Serigala dikenal sebagai hewan buas pemakan daging. Tapi spesies yang berikut ini yakni serigala merah mempunyai ukuran badan yang lebih kecil dan ia termasuk mamalia omnivora. Serigala merah mengkonsumsi tumbuhan yaitu buah, berry, & rumput. Tidak hanya itu serigala merah juga mengonsumsi binatang yang ukurannya lebih kecil daripada dia yaitu kelinci, belalang, dan masih banyak lagi.

15. Beruang Madu – Hewan Berbulu Besar

beruang madu omnivora
pixabay.com

Binatang berbulu besar ini termasuk hewan omnivora yang mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Diantaranya tumbuh tumbuhan dan daging yang berasal dari binatang kecil. Beruang juga mengkonsumsi buah buahan, madu, serangga, burung, dan hewan kecil lainnya. Namun makanan yang paling ia gemari adalah madu.

16. Babi

babi
pixabay.com

Hewan omnivora yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang khas yaitu hidung yang besar dan telinga yang lebar. Babi termasuk omnivora karena ia memakan tumbuh-tumbuhan dan juga serangga.

17. Rakun

rakun hewan omnivora
pixabay.com

Sebagai hewan omnivora, rakun biasanya memakan beberapa jenis hewan dan tumbuhan. Diantara makanan yang biasa ia konsumsi adalah serangga , ikan, telur, burung, dan sayuran. Rakun bukanlah hewan yang suka memilih-milih karena ia termasuk hewan pemakan oportunistik (memanfaatkan peluang yang ada).

18. Burung Jalak

burung jalak
pixabay.com

Burung jalak mempunyai ukuran tubuh sekitar 20 sampai 25 cm. Tubuh burung jalak kebanyakan ditutupi oleh bulu berwarna hitam. Selain memiliki gerakan yang lincah, ia juga mempunyai kicau yang keras dan sanggup meniru suara burung lainnya. Burung berwarna hitam ini biasanya mengkonsumsi buah-buahan (pisang & pepaya) dan serangga.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai hewan omnivora beserta contoh hewan dan penjelasannya. Dari pembahasan singkat tersebut tentunya sudah memahami apa yang disampaikan penulis mengenai hewan omnivora.

Tinggalkan komentar