Mesin Creasing Kertas Otomatis, Cara Kerja, Jenis, dan Harga

MESIN CREASING KERTAS OTOMATIS – Cobalah sesekali mengamati sebuah kertas undangan, katalog produk, atau boks pembungkus makanan yang pernah anda dapatkan atau beli. Tiap lekukan yang ada nyaris sempurna tanpa kusut.

Hebatnya lagi dengan kuantitas yang banyak sekalipun, undangan, katalog dan boks tersebut tetap rapi dan konsisten bentuknya. Hal ini tentunya tidak dapat dilakukan secara manual. Lekukan yang bagus tersebut adalah hasil dari penggunaan mesin khusus yang biasa dikenal dengan mesin creasing kertas otomatis.

Dengan mesin ini, ratusan atau ribuan undangan yang dicetak pun tetap sempurna hasilnya. Mesin jenis ini adalah kebutuhan wajib bagi perusahaan percetakan yang menginginkan hasil akhir yang presisi, tepat, rapi dan cepat. 

Kita coba kenalan dulu dengan mesin creasing kertas otomatis, termasuk juga fungsi, tipe, dan cara pemilihan mesin yang tepat. 

Pengertian dan Fungsi Mesin Creasing

Mesin Creasing Porforasi Motor dengan Compressor
Maxipro.co.id

Mesin creasing pada dasarnya adalah mesin yang memang digunakan untuk menghasilkan lekukan pada kertas agar nantinya lebih mudah di tekuk, dilipat dan tidak pecah. 

Beberapa fungsi utama mesin ini adalah: 

  1. Memberikan tekukan yang rapi dan presisi.
  2. Memiliki rotary blade untuk memotong pinggiran kertas agar lebih rapi.
  3. Menghasilkan garis putus-putus seperti pada lembar tiket, kwitansi, karcis, dan invoice yang berfungsi sebagai garis sobek (porforasi).

Dengan fungsi yang cukup beragam tersebut, mesin ini menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha di bidang percetakan, digital printing, dan fotokopi karena dapat mengefektikan waktu yang ada, sehingga kuantitas yang dihasilkan lebih banyak dan kualitas produknya pun tetap sempurna. 

Baca Juga :  Travel Surabaya Sidoarjo Pasuruan Probolinggo Situbondo Banyuwangi

Jenis-Jenis Mesin Creasing Kertas

a. Mesin Manual 

Mesin creasing tipe ini dioperasikan secara manual, dan kuantitas kertas yang dapat ditekuk juga terbatas karena masih menggunakan bantuan tenaga manusia. Karena mesin manual ini masih terbatas dari segi kuantitas dan harga, maka mesin tipe ini  direkomendasikan untuk usaha skala kecil yang notabene produksinya belum terlalu banyak. 

b. Mesin Otomatis

Sesuai dengan namanya, mesin yang satu ini dirancang untuk menghasilkan tekukan kertas dengan kuantitas besar dan dalam waktu yang relatif singkat. Dari segi harga, mesin ini pastinya lebih tinggi mengingat kemampuan dan performa yang mampu dihasilkannya, sehingga sangat direkomendasikan untuk pelaku usaha percetakan dengan skala besar.

Perbandingan Kualitas Hasil Tekukan  Pada Kertas Art Paper

Prinsip Kerja Mesin Creasing Manual & Otomatis

Prinsip kerja dari mesin creasing manual dan otomatis sebenarnya mirip, yaitu kedua tipe mesin ini sama-sama memiliki fitur komponen penekan untuk menciptakan lekukan atau tekukan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Mesin manual memiliki cara kerja sebagai berikut:

  1. Atur posisi creasing, lalu setel pisau creasing pada tempatnya sesuai dengan ukuran kertas.
  2. Atur posisi kertas dan pastikan ukuran margin sesuai.
  3. Tekan handle untuk memulai proses creasing. Tingkat kedalaman lekukan dapat diatur melalui setelan handle.

Cara kerja mesin otomatis hampir sama, namun sedikit berbeda dalam hal pengoperasian. Pada mesin manual, pengukuran dan kedalaman kertas diukur secara manual, sedangkan pada mesin otomatis kita cukup melakukan pengaturan pada panel kontrol, dan  mesin bisa langsung bekerja.

Kesamaan lainnya dari kedua tipe mesin tersebut adalah sama-sama memiliki fungsi porforasi yang dapat menghasilkan garis putus-putus seperti pada tiket, voucher atau kupon. Untuk mendapatkan hasil porforasi seperti ini, anda cukup mengganti mata pisau mesin dengan pisau porforasi.

Baca Juga :  Yuk Intip! Jasa Pengiriman Barang Murah Ke Seluruh Indonesia

Cara Memilih Mesin Creasing Kertas Otomatis

Beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk memilih tipe mesin creasing adalah sebagai berikut:

1. Kuantitas Penggunaan

Artinya, pelaku usaha harus mengerti tentang seberapa sering mesin ini akan digunakan. Mesin kecil manual dan portable cocok untuk usaha yang jarang berurusan dengan aktivitas creasing dan perforating. Mesin otomatis sangat diperlukan dan lebih efektif jika memang tingkat kuantitasnya besar.

2. Spesifikasi Mesin

Hal yang penting adalah perhatikan terlebih dahulu semua fitur yang tersedia, seperti misalnya single crease atau double crease. Cari tau apakah fitur ini memang sesuai dengan yang pelaku usaha butuhkan. Pastikan memilih fitur mesin yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan usaha.

3. Harga Mesin Creasing

Hal terpenting lainnya dan cukup utama adalah terkait harga atau pendanaan. Untuk mesin dengan pilihan terbaik dan harga kompetitif, anda bisa mendapatkannya di Maxipro. Dengan ragam pilihan yang sesuai kebutuhan budget anda, Maxipro memungkinkan anda mendapatkan mesin produksi yang benar-benar dibutuhkan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.