6 Hal yang Harus Disiapkan Lulusan SMA Untuk Mencari Kerja

Saat lulus sekolah pastinya Anda harus menyiapkan resume lulusan SMA yang menarik agar bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Namun tidak jarang pula fresh graduate masih belum tahu bagaimana lulusan SMA mencari kerja dengan benar sehingga bisa mendapatkan pekerjaan pertamanya.

Resume sendiri digunakan untuk menggambarkan diri terkait kemampuan dan pengalaman yang dimiliki dengan cara yang lebih sederhana tetapi menarik. Resume akan dilihat pertama kali saat Anda hendak melamar sebuah posisi di perusahaan.

Karena fungsinya yang penting, hal inilah yang membuat Anda harus mempertimbangkan banyak data dan informasi yang hendak dimasukkan ke dalam resume tersebut. Namun tahukah Anda bagaimana pentingnya resume bagi fresh graduate

Pentingnya Resume untuk Fresh Graduate

Sebelum membahas lebih jauh tentang persiapan membuat resume yang baik, tahukah Anda mengapa resume sangat penting dalam pekerjaan? Ternyata ada sejumlah alasan yang membuat resume ini harus dimiliki oleh semua job seeker yang baru lulus SMA.

1. Menunjukkan Kesan Pertama

Saat Anda melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan, hal pertama yang akan dilihat adalah resume yang dilampirkan. Pihak HRD akan melihat bagaimana kepribadian Anda dari lembaran kertas resume. Dengan demikian, secara tidak langsung resume yang dibuat tersebut akan memberikan kesan pertama Anda untuk para recruiter.

2. Menunjukkan Profesionalitas

Bekerja pada sebuah posisi di perusahaan tentunya harus dilakukan dengan serius dan profesional. Nah resume yang Anda lampirkan saat melamar pekerjaan juga dapat menjadi tanda apakah Anda mampu bekerja secara profesional atau tidak. Sehingga dalam membuat resume sebaiknya menghindari konsep yang kekanak-kanakan.

Baca Juga :  Sistem Peredaran Darah Besar, Kecil, Fungsi, Urutan, Penyakit

3. Menjelaskan Diri 

Dalam resume tentunya Anda akan menuliskan data diri secara lengkap. Dari informasi yang dimasukan tersebut dapat menjelaskan bagaimana diri Anda di mata HRD. Namun dalam membuat deskripsi yang baik disarankan untuk tidak menjelaskan terlalu panjang karena akan terkesan bertele-tele.

4. Menunjukan Kemampuan

Tidak hanya data diri, dalam resume juga akan ada kolom kemampuan yang dimiliki. Resume juga dapat menjadi ajang untuk Anda menonjolkan kemampuan yang dimiliki agar dijadikan karyawan oleh perusahaan yang Anda lamar. 

Peran resume untuk fresh graduate ternyata sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Nah sekarang adalah saatnya Anda membuat resume untuk lulusan baru SMA sendiri jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan mudah. 

Persiapkan 6 Hal Ini Sebelum Membuat Resume untuk Lulusan Baru SMA 

Untuk membuat resume yang terkonsep dengan data yang lengkap, Anda wajib menyimak sejumlah informasi yang akan kami bahas seperti berikut ini. 

1. Data Diri Lengkap

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah data diri lengkap. Untuk membuat ringkasan tentang informasi pribadi, sebaiknya Anda kenali terlebih dulu apa yang menjadi keunikan dan kelebihan yang dimiliki. Setelah itu buat ringkasan yang menarik tentang deskripsi tersebut.

2. Pengalaman Organisasi

Sebagai lulusan SMA, pastinya Anda memiliki pengalaman organisasi. Pengalaman ini bisa dimasukkan ke dalam resume yang dibuat dan dapat menjadi nilai tambah di mata HRD bahwa Anda adalah kandidat pelamar yang layak untuk dipertimbangkan. Namun jika Anda tidak memiliki pengalaman ini dapat diganti dengan sejumlah pengalaman lainnya yang setara dengan organisasi. 

3. Sertifikat Lomba

Selain pengalaman organisasi, sertifikat lomba yang pernah Anda raih juga tidak kalah pentingnya. Apalagi jika Anda memiliki sertifikasi lomba tingkat nasional hingga internasional hal ini akan membuktikan Anda memiliki kualifikasi bagus di bidang yang sedang digeluti dan relevan dengan posisi yang hendak dilamar. 

Baca Juga :  Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat

4. Sertifikasi Kejuruan

Bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan pastinya sudah tidak asing dengan sertifikat kejuruan ini. Biasanya sebelum lulus murid SMK akan menjalani ujian kejuruan untuk melihat skill yang dimiliki. Nah jika Anda memiliki sertifikasi ini sebaiknya cantumkan ke dalam resume karena bisa dipertimbangkan oleh pihak HRD. 

5. Soft Skill dan Hard Skill

Jangan hanya terfokus pada pengalaman saja, tetapi Anda juga harus menyisipkan soft dan juga hard skill ke dalam resume yang dibuat. Bukan tanpa alasan, kemampuan yang Anda miliki juga akan menjadi penunjang terkait kualifikasi Anda. Jika Anda belum memiliki kemampuan yang mumpuni maka segeralah latih dari sekarang.

6. Portfolio

Jika semasa SMA Anda aktif membuat karya, jangan langsung dibuang. Lebih baik gunakan karya tersebut sebagai portfolio. Anda bisa menyatukannya di sebuah website atau platform online lainnya lalu masukan link tautan tersebut ke dalam resume yang dibuat. Nanti pihak HRD akan melihat portofolio tersebut dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. 

Resume lulusan SMA yang baik dapat menjadi gerbang untuk Anda dalam memulai karir di dunia kerja. Sehingga sangat penting untuk membuat resume untuk lulusan baru SMA yang tepat tanpa ada kesalahan sedikit pun. Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.