Cara Ternak/Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal

IKAN LELE – Jenis ikan lele dumbo merupakan jenis lele yang paling populer di kalangan para peternak lele maupun di masyarakat umum. Bagaimana tidak banyak peminatnya, dari segi ukuran, lele dumbo memiliki ukuran yang paling besar diantara jenis lele lainnya.

Selain itu, patil yang terletak pada bagian sirip tidak terlalu tajam, sehingga memudahkan dalam memanennya. Menurut informasi dari sumber terpercaya, lele yang berasal dari Afrika ini, memiliki kekurangan pada dagingnya yang lebih lunak dari daging jenis ikan lele lainnya.

Selain itu dagingnya juga mudah hancur saat digoreng. Namun, hal ini bukan menjadi penghalang bagi para peminat jenis lele ini. Buktinya lele dumbo sampai saat ini masih menjadi lele yang paling banyak dicari.

Peluang Budidaya Ikan Lele Dumbo

ikan lele
inspirasimakassar.com

Karena banyak yang mencari jenis ikan lele ini, maka ladang bisnis pun semakin terbuka. Artinya bisnis ternak atau budidaya lele dumbo ini bisa dikatakan bisnis yang cukup menjanjikan. Oleh karena itu, jika anda sedang mencari inspirasi ide bisnis, anda bisa masukkan bisnis ikan lele dumbo ini ke daftar opsional bisnis anda.

Berternak atau budidaya ikan ini bisa dikatakan gampang-gampang sulit, namun asal ada kemauan bisnis ikan ini pasti bisa berjalan dengan baik.

Selain karena pasarnya yang cukup meyakinkan, jenis ikan ini merupakan jenis ikan yang memiliki daya tahan hidup yang cukup kuat, sekalipun hidup di air yang keruh dan berlumpur. Jadi dalam perawatannya tidak sesulit dan seribet jenis ikan lainnya.

Jika anda seorang yang ingin dan baru akan terjun di dunia bisnis ternak atau budidaya ikan, maka jenis ikan inilah yang paling cocok untuk anda eksekusi terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada cara yang paling bagus bagi pemula bisnis ikan lele dumbo.

Artikel Terkait  Pengertian Budaya Beserta Unsur, Wujud, dan Faktor-faktor yang Berpengaruh

Ternak/Budidaya Ikan Lele Dumbo yang Baik dan Benar

budidaya ikan lele
infoagribisnis.com

Dalam bisnis ternak/budidaya ikan lele dumbo, hal yang harus dikuasai terlebih dahulu adalah bagaimana cara ternak/budidaya yang baik dan benar supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Caranya dengan mencari tahu terlebih dahulu ilmu-ilmu tentang ternak/budidaya ikan lele dumbo. Dalam hal ini, sangat disarankan mencari tahu dari sumber yang sudah berpengalaman di dunia ternak/budidaya ikan lele dumbo. Ilmu-ilmu tersebut meliputi ilmu untuk memilih bibit ikan yang baik, cara merawat yang baik, cara memberi pakan yang baik, dan lainnya.

Dimana ilmu-ilmu tersebut hanya dimiliki oleh para peternak/pembudidaya ikan lele dumbo yang sudah lama dalam menggeluti dunia bisnis tersebut. Selain dari para peternak/pembudidaya, anda juga bisa baca-baca buku tentang cara ternak dan budidaya ikan lele yang sekarang sudah cukup banyak beredar.

Jika sudah banyak terkumpul informasi dan pengetahuan tentang ternak/budidaya lele dumbo, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan jenis kolam ikannya.

Nah, berikut ini akan menjelaskan teknik atau cara ternak/budidaya jenis ikan ini yang sudah banyak diterapkan oleh para pebisnis ikan lele dumbo yang diambil dari sumber artikel terpercaya. Kebanyakan, para pebisnis ternak/budidaya ikan ini, memulai dengan menentukan kolam ikan yang cocok, yaitu jenis kolam terpal.

Cara Ternak/Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal

budidaya ikan lele di kolam terpal
mongabay.co.id

Kolam terpal merupakan kolam yang saat ini sedang populer di kalangan para peternak/pembudidaya semua jenis ikan. Selain lebih praktis dan nggak ribet, biayanya pun bisa dikatakan lebih murah. Jadi sangat cocok bagi pemula, karena bisa meminimalkan total kerugian jika terjadi kegagalan. Karena sering kali para peternak lele pemula banyak mengalami kegagalan.

Untuk membuat kolam terpal, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi dan lahan. Dimana antara kolam terpal yang akan dibuat harus memperhatikan lahan dan lokasi. Selain itu, jumlah benih yang akan disebar juga harus disesuaikan dan diperhatikan. Contohnya, ukuran kolam terpal yang dianjurkan untuk benih sebanyak 100 ekor yaitu 2 x 1 x 0,6 meter.

Artikel Terkait  Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Latar Belakang, dan Sejarahnya

Untuk model pembuatan kolam terpal ada dua cara yang biasa dipakai oleh peternak/pembudidaya lele dumbo. Cara yang pertama membuat kolam terpal pada tanah yang digali. Sedangkan cara yang kedua adalah membuat kolam terpal dengan kerangka dari kayu/bambu sebagai penyangga atau dinding.

Dari kedua model kolam terpal tersebut, yang sering dipakai adalah model yang kedua yaitu kolam terpal dengan kerangka sebagai penyangga/dinding.

Kondisikan Kolam Terpal

persiapan kolam terpal ikan lele
lelesehat.wordpress.com

Dalam pembuatan kolam terpal, ada yang perlu diperhatikan supaya mendukung keberhasilan yang maksimal. Sebelum kolam terpal ditebari benih, sebaiknya terpal dicuci dengan cara disikat supaya bau lem dan zat kimia yang masih menempel bisa hilang. Setelah itu, biarkan kolam kering sampai satu hari. Kemudian isi kolam terpal dengan air setinggi 30 cm dari permukaan tanah, lalu biarkan air tersebut selama satu minggu.

Selanjutnya siapkan benih yang akan disebar. Namun, jangan langsung dimasukkan ke kolam terpal. Apabila benih yang baru beli dibungkus dengan plastik, maka masukan dulu ke dalam ember yang diisi air terpal. Biarkan sejenak agar benih lele secara perlahan bisa beradaptasi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari benih lele yang kaget dengan lingkungan baru sehingga menyebabkan benih mudah mati. Lele dumbo biasanya akan tumbuh besar dengan baik dan sehat apabila diberi pakan organik. Maka dalam pemberian pakannya jangan terlalu monoton.

Mungkin itu saja yang bisa informasikan mengenai cara beternak ikan lele dari artikel ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar