Pengertian Bauran Pemasaran dan Komponennya Beserta Contohnya

BAURAN PEMASARAN – Proses pembuatan produk yang setiap hari kita beli dan kita konsumsi telah melewati berbagai proses penciptaan yang sangat rumit hingga menjadi suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Dalam memproduksi sebuah produk tersebut maka juga membutuhkan biaya, konsumen, komunikasi dengan produsen sampai dengan pada akhirnya bisa berada di tangan kita.

Dalam proses pembuatan produk tersebut sedikitnya ada 4 macam aktifitas pemasaran atau disebut dengan “bauran pemasaran” atau “marketing mix”. Untuk itu mari kita pelajari secara langsung mengenai apa itu Bauran pemasaran atau marketing mix sebagai berikut:

Pengertian Bauran Pemasaran

pengertian bauran pemasaran
marketing.co.au

Bauran pemasaran disebut juga marketing mix yang merupakan suatu kumpulan dari variabel-variabel pemasaran. Marketing mix ini bisa digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran pada sasaran pasar yang tepat.

Bauran pemasaran juga dimanfaatkan sebagai alat pemasaran suatu perusahaan untuk mencapai target pasar. Tak hanya itu, bauran pemasaran ini juga terbentuk dari himpunan variabel dan bisa digunakan maupun dikendalikan oleh suatu perusahaan. Dengan cara demikian produk akan menyasar konsumen dengan tepat.

Komponen-Komponen Bauran Pemasaran

marketing mix
wikimedia.org

Ada 4 komponen dari Bauran pemasaran yang sangat inti, yaitu sebagai berikut:

1. Product atau Produk

Produk merupakan barang atau segala sesuatu yang bisa dipasarkan atau ditawarkan pada konsumen. Di mana, produk ini mulai dari barang yang bisa dikonsumsi hingga digunakan misalnya suatu barang atau mesin.

2. Price atau Harga

Harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk yang diinginkannya. Harga sendiri di ukur dari nilai yang dirasakan oleh konsumen dari hasil produk yang ditawarkan. Jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan harga yang sama dari penjualan lain yang dilakukan oleh saingannya.

3. Promotion atau Promosi

Promosi merupakan satu-satunya alat bauran yang pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran yang sudah di targetkan. Hal ini dilakukan untuk mencapai sasaran dari pemasaran perusahaan. Keputusan harga promosi wajib disesuaikan dengan rancangan produk yang nantinya di distribusikan. Selain itu juga wajib melakukan promosi dengan membentuk program pemasaran yang tepat dan efektif.

Baca Juga :  Simbiosis Parasitisme, Contoh, Pengertian, dan Gambarnya Lengkap

3. Place atau Saluran Distribusi

Tempat merupakan sebuah aktivitas perusahaan dalam membuat produk yang disediakan untuk konsumen sasaran. Tempat dianggap sangat penting karena saat konsumen membutuhkan produk yang disediakan oleh perusahaan tersebut maka tempatnya jelas dan diketahui banyak orang.

Pengembangan Dari 4 Komponen Bauran Pemasaran

tunas tanaman
pixabay.com

Dari 4 komponen bauran pemasaran seperti yang telah dijelaskan, ternyata telah mengalami perkembangan. Lovelock dan Wright merupakan seorang pakar marketing yang sudah sukses dalam mengembangkan bauran pemasaran atau bisa disebut dengan marketing mix. Dimana, bauran pemasaran ini sudah dikembangkan menjadi intergrated service management dengan menerapkan pendekatan 8 Ps yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Promotion and education

Promosi dan edukasi bisa disebut sebagai suatu aktivitas komunikasi serta perancangan yang intensif. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan presepsi konsumen yang dipilih oleh perusahaan atas dasar layanan spesifik yang di tetapkan oleh perusahaan tersebut.

2. Product elements

Product elements adalah smua hal yang berhubungan dengan layanan atau kinerja dan mampu menciptakan nilai guna bagi konsumen.

3. Process

Process adalah metode yang dilakukan untuk mengenalkan produn kepada konsumen,. Ini menjadi kunci utama untuk laku atau tidaknya suatu produk.

4. Place, cyberspace, and time

Place, Cyberspace, and time adalah keputunan dari manajemen yang menyangkut waktu yakni, kapan, dimana serta bagaimana perusahaan nanti mengenalkan layanan terbaik untuk konsumen.

5. People

People bisa dsebut sebagai target yang berkecimpung di dalamnya adalah konsumen dan karyawan jadi hubungan antara produksi dan produk ataupun layanan jika itu suatu jasa.

6. Price and other user outlays

Ini adalah penjelasan tentang pengeluaran dana, kemudian waktu serta usaha konsumen yang di korbankan ketika membeli suatu produk. Biasanya ini dilakukan dalam marketing sales dengan menawarkan suatu produk yang baru launching.

7. Physical evidence

Merupakan perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.

8. Productivity and quality

Perlu diketahui jika productivity and quality itu adalah sejauh mana efisiensi masukan-masukan layanan yang nantinya bisa di terapkan pada hasil layanan suatu alat dehingga akan menambah nilai pada pelanggan. Sementara untuk kualitas ini diartikan sebagai layanan yang mampu memuaskan pelanggan serta bisa memenuhi semua keinginan, harapan dan juga kebutuhan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Pemasaran

bauran pemasaran
pixabay.com

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bauran pemasaran yang tentunya sangat perlu dipertimbangkan. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Letak Astronomis Indonesia Beserta Pengaruh & Keuntungan

1. Jenis pasar produk

Pada jenis pasar produk ini tingkat pemanfaatan alat promosi sangat bervariasi. Antara pasar konsumen dan pasar industri. Di dalam perusahaan suatu produk konsumsi lebih berpusat di titik pemasan dan juga iklan penjualan perorangan dan hubungan masyarakat, sesuai dengan urutannya. Sementara untuk perusahaan industri bisa lebih berpusat di sektor penjualan jadi, mulai dari promosi, iklan hingga langsung pada end user.

2. Strategi dorong lawan strategi tarik

Strategi dorong atau strategi tarik merupakan sebuah bauran pemasaran perusahaan untuk menciptakan penjualan. Di sini perusahaan harus memilik salah satunya. Yaitu strategi dorong atau strategi tarik yang akan digunakan. Di strategi dorong ini, pemasaran serta penjualan individual atau perorangan lebih di utamakan. Sedangkan, pada pada strategi tarik, periklanan dan pemasaran kepada konsumen akan lebih berperan.

3. Kesiapan tahap pembeli

Alat-alat pemasaran mempunyai nilai efektivitas yang tidak sama di beberapa tingkat kesiapan konsumen. Selain itu, publisitas dan juga periklanan mempunyai sejumlah peran yang mampu membangun kesadaran pembeli.

4. Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk.

a. Tahap perkenalan

Dalam tahapan ini, pengiklan dan publisitas mempunyai target terendiri mulai dari tingkat efetivitas biaya tertinggi. Jadi, dalam tahapan ini pemilik produk harus bisa mempengaruhi konsumen untuk mencoba produk yang di pasarkan tersebut.

b. Tahap pertumbuhan

Pada tahap ini, semua alat pemasaran dapat dikurangi peranannya karena permintaan dapat bergerak melalui cerita dari mulut ke mulut.

c. Tahap kemampuan

Pada tahap ini, pemasaran penjualan, periklanan dan penjualan perorangan makin penting, sesuai dengan urutan tersebut.

d. Tahap penurunan

Dalam tahapan ini, suatu pemasaran penjualan tetap terjaga dengan kuat. Sementara itu untuk publisitas dan juga periklanan akan dikurangi karena penjualan produk perlu dikurangi dan berbenah tentang hal baru dalam produk tersebut.

Bentuk Pola Distribusi

pola distribusi
pixabay.com

Dari serangkaian hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, ada hal penting yang perlu diketahui dalam bauran pemasaran. Yaitu sebuah saluran distribusi. Saluran distribusi merupakan rangkaian perusahaan atau individu manapun yang ikut serta dalam arus barang dan jasa dari produsen kepada pemakai akhir atau konsumen. Berikut adalah bentuk dari bentuk pola distribusi produk:

  1. Saluran langsung, yaitu: produsen dan konsumen.
  2. Saluran tidak langsung, dapat berupa:
    • Produsen pengecer konsumen
    • Produsen pedagang besar/menengah pengecer konsumen
    • Produsen pedagang besar/Pedagang menengah pengecer konsumen

Permasalahan yang diutamakan dalam mata rantai saluran distribusi ini adalah kelancaran penyampaian dan pemindahan barang serta hak milik atas penguasaan produk tersebut. Mulai dari pedagang besar, pedagang menengah, dan pengecer sampai akhirnya ke tangan konsumen. Jadi saluran distribusi menyangkut aliran produk dan hak milik atau penguasaan atas produk tersebut.

Tinggalkan komentar