Ukuran Lapangan Bulu Tangkis dan Bentuknya yang Sesuai Standar

UKURAN LAPANGAN BULU TANGKIS – Selamat datang di informazone, portal segala informasi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ukuran lapangan bulu tangkis.

Pastinya segala jenis olahraga apapun tentunya membutuhkan sebuah tempat pertandingan atau arena. Demikian pula dengan permainan badminton yang sekarang ini sudah memiliki banyak penggemarnya di kalangan masyarakat.

Namun, sayangnya tidak setiap ukuran lapangan bulu tangkis atau badminton yang mereka miliki memenuhi standar. Bahkan sebagian besar diantara mereka yang ada cuma bertanding di tempat ala kadarnya.

Biasanya orang-orang bikin suatu lapangan dengan membuat garis yang mana tidak sesuai dengan ukuran standar. Namun sekedar menyesuaikan dengan tempat yang tersedia yang sesuai kondisi dan situasi yang ada.

Tidak keliru tentunya jika inti tujuannya sekedar cuma untuk mencari keringat dan hanya menjalankan hobi saja. Namun juga harus diperhatikan bahwa apabila kita sudah terbiasa memakai lapangan yang tidak sesuai standar, dengan begitu kita nantinya akan merasa kesulitan untuk menambahkan akurasi permainan.

Apalagi kita ketika hendak bertanding di perlombaan-perlombaan resmi. Oleh karena itu, jika kita memiliki cita-cita menjadi pemain badminton yang profesional, tentunya kita sudah harus mengetahui lebih dalam lagi ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar.

Dengan begitu kita bisa meningkatkan akurasi permainan kita supaya lebih tajam lagi. Berikut kami sajikan informasi mengenai ukuran lapangan bulu tangkis, agar Anda bisa mengetahui dengan jelas dan baik standarnya.

Bentuk Lapangan Badminton

bentuk lapangan bulu tangkis
masterbadminton.com

Permainan badminton punya lapangan yang bentuknya persegi panjang dan digolongkan atas dua yaitu bidang permainan yang saling berhadapan dan terpisah dengan net yang membentang di tengah.

Ada beberapa garis permainan pada masing masing bidang tersebut yaitu garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping (Untuk permainan tunggal) sisi kiri dan kanan, dan garis servis belakang (bagi permainan ganda).

Adapun ketebalan masing masing Garis-garis permainan lapangan badminton tersebut sekitar 40mm dan diharuskan berwarna kontras dengan warna lapangan. Adapun beberapa warna garis yang direkomendasikan ialah warna kuning atau putih.

Disarankan juga bahan Permukaan lapangan badminton adalah dari bahan sintetis yang lunak dan kayu, dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan permukaan lapangan yang bahannya dari bahan sintetis yang keras dan beton karena bisa menyebabkan para pemain cidera.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton

ukuran lapangan bulu tangkis
mightygoods.com

Adapun ukuran lapangan permainan badminton yang ditetapkan dan ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional (IBF, International Badminton Federation) yang saat kini kita kenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation).

Sedangkan di Indonesia berada dibawah naungan PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Berikut ukuran internasional lapangan badminton yang ditetapkan standar internasional :

  • Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
  • Lebar lapangan badminton 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
  • Tinggi tiang net 1,55 m
  • Tinggi net 1,52 m

Adapun untuk lapangan badminton yang berukuran kecil atau mini pada umumnya diperuntukkan bagi anak yang berumur di bawah 9 tahun agak berbeda yakni panjang lapangannya berukuran sekitar 10.05 meter, sementara untuk lebarnya 4,40 meter.

Bidang Permainan Bulu Tangkis/ Badminton 

Masing masing garis lapangan  pada permainan bulutangkis masing masing terdapat fungsi. Garis samping terdapat 2 garis yakni dalam dan luar serta garis belakang pula terdapat 2 garis luar dan dalam. Masing masing permainan bulu tangkis terdapat ketentuan dan aturan yang tidak sama antara partai ganda maupun yang tunggal.

Lapangan Badminton Pertandingan Partai Tunggal 

Pada bidang permainan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar. Sementara area permainan partai ganda untuk lebar permainan memakai garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.

Pada Bidang permainan, ukuran lapangan badminton bagi partai tunggal adalah di bawah ini: 

  • Panjang bidang permainan 13,40 m
  • Lebar bidang permainan 5,18 m
  • Panjang bidang penerima servis 4,72 m
  • Lebar bidang penerima servis 2,59 m
Artikel Terkait  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Manfaatnya

Lapangan Badminton Pertandingan Partai Ganda

Untuk bidang permainan partai tunggal, pada lebar area permainannya memakai garis lapangan samping sisi dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang sisi luar. Sementara pada lebar area permainan partai ganda memakai garis luar sisi samping dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar.

Berikut ini bidang, ukuran lapangan bulu tangkis dalam permainan ganda ialah sebagaimana berikut ini.

  1. Panjang bidang permainan 13,40 m
  2. Lebar bidang permainan 6,10 m
  3. Panjang bidang penerima servis 3,96 m
  4. Lebar bidang penerima servis 3,05 m

Garis Lapangan Badminton Area Servis

garis servis bulu tangkis
www.1610.org.uk

Adapun bidang area service permainan bulutangkis partai tunggal ialah pada garis belakang luar dan garis samping dalam, sementara pada area service partai ganda ialah garis belakang bagian dalam dan garis samping luar.

Adapun Area servis lapangan badminton turnamen tunggal yakni memiliki panjang 13,40 meter dan lebar 5,18 meter. Sementara area servis pada pertandingan ganda ukurannya berkisar 6,10 meter lebarnya dan 11,88 meter panjangnya.

Adapun berbagai bentuk dari ketentuan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis itu sudah termasuk ketentuan yang disepakati baik nasional dan internasional. Dengan begitu setiap kali diadakan kompetisi baik lokal nasional sampai internasional pun sama.

Demikianlah artikel tentang ukuran lapangan bulu tangkis, semoga bermanfaat dan menjadi referensi dalam menentukan bentuk lapangan bulu tangkis dengan tepat dan akurat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar