Cara Membuat Gado-Gado Mudah Beserta Arti Kata & Penjelasannya Lengkap

GADO-GADO adalah makanan tradisional asli Indonesia, dalam bahasa sunda disebut lotek. Makanan ini sendiri mirip seperti salad karena berisi beraneka sayur-sayuran rebus. Perbedaannya dengan salad adalah pada makanan ini kombinasi sayuran dan bahan-bahan rebusan lainnya disajikan dengan disiram saus kacang.

Orang-orang asing atau bule menjuluki gado-gado sebagai Indonesian salad (salad orang indonesia). Oleh karena itu tidak hanya masyarakat indonesia saja yang suka dengan makanan yang satu ini, namun orang luar negeri juga banyak yang menyukainya.

Nah, agar Anda lebih mengenal salah satu makanan tradisional ini, simak artikel di bawah ini. Pada artikel di bawah akan dibahas mengenai berbagai macam resep gado-gado, cara membuat gado-gado yang mudah, arti gado-gado secara bahasa dan cara membuat bumbunya.

Arti Gado-Gado Secara Bahasa

gado gado bonbin
myeatandtravelstory.wordpress.com

Sampai sekarang belum bisa dipastikan dari mana asal kata gado-gado. Dalam Kamus Bahasa Indonesia tidak dapat dijelaskan arti kata gado. Bahkan dalam bahasa Betawi yang diyakini sebagai tempat munculnya makanan ini, tidak terdapat kata gado yang bisa digunakan untuk menjelaskan arti makanan yang populer ini.

Namun istilah gado-gado sendiri sering dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang merupakan tersusun dari berbagai campuran unsur. Seperti istilah pernikahan gado-gado yang memiliki arti pernikahan antara dua orang yang memiliki latar belakang suku, ras, agama, dan budaya yang berbeda-beda.

Sehingga secara bahasa istilah gado-gado dapat diartikan sebagai campur-campur, karena makanan ini terdiri dari banyak jenis sayur-sayuran yang direbus atau kukus. terdapat juga anggapan bahwa istilah ini berasal dari bahasa jawa.

Dikarenakan dalam bahasa jawa gado berarti memakan suatu makanan tanpa nasi. Arti kata tersebut tentu sangat sesuai dengan karakteristik makanan gado-gado yang terkadang dimakan menggunakan lontong dan tanpa menggunakan nasi.

Di Mana Kita Bisa Membeli Gado-gado?

kulinerdicirebon.blogspot.co.id

Meskipun belum bisa dipastikan darimana asal muasal makanan ini, namun makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan disiram bumbu kacang ini sudah sangat populer di Indonesia. Dimana dapat dijumpai di tempat makan sederhana seperti warung tradisional sampai tempat makan mewah seperti restoran.

Bahkan di berbagai daerah seluruh Indonesia pada hampir semua wilayah terdapat makanan ini. Tidak hanya itu, terdapat juga ciri khas yang dapat ditemukan pada gado-gado di setiap daerah tersebut. Makanan yang diperkirakan berasal dari sunda ini paling banyak ditemui di daerah jawa barat.

Di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah lebih umu dijumpai makanan yang semisal yaitu pecel. Kedua makanan ini sama-sama disajikan dengan disiram bumbu kacang, namun dibuat dengan jenis sayuran-sayuran yang berbeda dan bumbu kacang yang diracik dengan bahan-bahan yang tidak sama.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan restoran luar negeri yang mecantumkan menu khas Indonesia, juga terdapat gado-gado dalam daftar menunya. Walaupun sering dikenal sebagai salad khas Indonesia, unsur yang paling dominan dalam makanan tersebut adalah saus bumbu kacang. Dimana unsur itu tidak didapati dalam salad ala barat.

Artikel Terkait  3 Ciri-ciri Orang Munafik Berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadist dalam Islam

Di sejumlah tempat makan digunakan racikan bumbu kacang yang aga berbeda, contohnya ditambahkan kacang mete sesuai takaran untuk membuatnya. Ada juga sebuah restoran di Ibu Kota yang mengandalkan gado-gado sebagai menu utamanya. Bahkan ada pula yang telah menjalani bisnisnya selama puluhan tahun.

Terdapat dua tempat makan yang terkenal di Ibu kota yaitu Restoran Gado-Gado Boplo yang telah ada semenjak tahun 1970 dan Gado-Gado Bonbin di daerah Cikini yang telah beroperasi semenjak tahun 1960.

Bahan-Bahan untuk Membuat Gado-Gado

bahan membuat gado gado
uniek88.files.wordpress.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada setiap daerah resep gado-gado yang berbeda-beda sebagai ciri khas. Namun secara umum bahan-bahan untuk membuatnya hampir sama. Berikut ini bahan-bahan yang lazim digunakan untuk membuatnya.

Bumbu Kacang

bumbu kacang gado gado
cookpad.com

Bumbu kacang merupakan komponen utama yang memberikan rasa dominan pada gado-gado. Paduan antara sayur-sayuran dan bumbu kacang mampu menciptakan rasa asin, manis, gurih, dan pedas. Rasa pedas pada bumbu kacang dapat disesuaikan dengan pesanan pembeli.

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat bumbu kacang diantaranya ialah:

  • Kacang tanah goreng atau bisa diganti dengan kacang merah yang memiliki rasa yang lebih gurih dan enak.
  • Gula merah atau gula aren, apabila tidak ada biasanya diganti dengan gula kelapa yang lebih murah harganya.
  • Cabe atau cabai yang banyaknya disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan pelanggan.
  • Terasi (udang atau ikan kering yang difermentasikan sehingga menjadi seperti adonan atau pasta yang berwarna hitam kecoklatan.
  • Garam
  • Perasan jeruk nipis
  • Air sebagai pengencer agar semua bahan bisa tercampur secara sempurna.

Kebanyakan orang membuat bumbu kacang dengan cara tradisional menggunakan ulekan atau cobek yang berbentuk bulat datar dan terbuat dari batu atau tanah liat. Semua bahan kering mulai dari kacang tanah hingga garam dihaluskan atau digiling menggunakan alat tradisional tersebut

Sayur-sayuran

sayur gado gado
lighthouse-indonesia.com

Salad Indonesia ini dibuat dengan menggunakan berbagai macam  sayur-mayur. Meskipun begitu, terdapat sejumlah sayur-sayuran yang biasa dipakai pada makanan yang menjadi kesukaan banyak orang ini. Berikut beberapa macam sayuran yang sering dipakai untuk membuat gado-gado.

  • Sayur-sayuran rebus yang terdiri dari sayuran hijau seperti kubis, kangkung, bayam, tauge, selada, dan kacang panjang. Semu sayuran itu diiris dan dicincang agar dapat tercampur dengan baik
  • Kentang rebus yang dipotong kecil-kecil
  • Mentimun mentah yang dipotong-potong
  • Telur rebus yang dikupas dan diiris kecil-kecil
  • Tahu dan tempe yang dipotong dadu
Artikel Terkait  Inilah! 10 Robot Tercanggih di Dunia yang Sudah Pernah Dibuat Umat Manusia

Isi sayuran bisa bervariasi tergantung daerah tempat makanan ini dijual. Biasanya digunakan sayuran yang mudah ditemukan di setiap wilayah tersebut. Apalagi di luar negeri yang tidak memiliki sayuran yang beraneka macam seperti di Indonesia.

Seluruh sayuran yang digunakan itu direbus terlebih dahulu hingga berwarna pucat, termasuk kentang dan tauge. Sedangkan tahun dan tempe digoreng terlebih dahulu sebelum dipotong dadu.

Lontong dan Pelengkap

lontong
sajiansedap.grid.id

Secara umum, penyajian makanan ini dikombinasikan dengan potongan lontong atau ada juga yang menggunakan ketupat. Bahkan ada juga yang disajikan dengan nasi kukus yang disediakan secara terpisah. Hal ini karena nasi telah menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia, sehingga hampir semua makanan disajikan dengan nasi.

Satu lagi bahan pelengkap yang tidak dapat dipisahkan dari makanan yang merakyat ini, yaitu kerupuk. Jenis kerupuk yang disajikan juga bervariasi mulai dai kerupuk goreng, kerupuk bawang, atau kerupuk melinjo yang terbuat dari biji buah melinjo. Bahan pelengkap lainnya yang banyak dipakai adalah bawang merah goreng.

Cara Membuat Gado-Gado Mudah Nggak Pakai Lama

gado-gado
jakpost.net

Untuk membuat makanan yang satu ini sebenarnya tidaklah sulit karena cara memasak yang mudah dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya mudah untuk didapatkan di toko-toko di sekitar rumah kita. Contohnya saja sayur-sayuran yang bisa dengan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional atau minimarket.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini secara simpel adalah:

Bahan Utama

  • Bumbu kacang instan
  • Telur, 2 butir
  • Bayam
  • Tauge
  • Kacang panjang
  • Lontong jadi
  • Tahu
  • Tempe

Bahan Pelengkap

  • Mentimun
  • Tomat
  • Kerupuk goreng

Langkah-langkah Membuat Gado-Gado

Berikut langkah-langkah yang harus  Anda lakukan untuk membuatnya

  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Sambil menunggu, kupas dan potong kecil-kecil sayur-sayuran mulai dari wortel, kentang, bayam, dan kacang panjang.
  3. Kemudian rebus semua sayur yang dipotong-potong tadi dan tauge dalam air yang mendidih selama 3 menit. Jangan terlalu lama agar tidak merusak nutrisi yang ada dalam sayuran.
  4. Iris tahu dan tempe dengan potongan dadu dan kemudian goreng hingga matang.
  5. Siapkan bumbu kacang instan tadi dan tambahkan air secukupnya.
  6. Masukan potongan-potongan lontong, kemudian tahu dan tempe goreng, dan sayuran-sayuran ke dalam piring saji.
  7. Terakhir siram bumbu kacang di atasnya secara merata.
  8. Sebagai pelengkap tambahkan irisan tomat, mentimun dan jangan lupa jug tambahkan kerupuk goreng.

Demikian artikel mengenai gado-gado yang telah kami bahas secara lengkap. Pembahasan mulai dari arti kata, tempat menjualnya, bahan-bahan utama, dan cara membuat gado-gado yang simpel nggak pakai ribet. Terakhir semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Gado-Gado Mudah Beserta Arti Kata & Penjelasannya Lengkap

Tinggalkan komentar