Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat

Apakah kamu tau gula darah normalnya itu berapa? Kisaran kadar gula darah bisa diukur ketika tubuh telah berpuasa, minimal selama 8 jam. Selanjutnya tes dapat dilakukan dengan mengambil darah pasien dan dikur dengan alat. Angka normalnya adalah 70-100 mg/dL.

Pengecekan juga dapat dilakukan dengan durasi puasa kurang dari 2 jam atau sewaktu-waktu. Namun hasil yang didapatkan akan berubah-ubah. Sebab makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi kadar gula darah.

Mengontrol kadar gula darah sangatlah penting, agar tidak memicu kerusakan lebih lanjut pada organ tubuh. Sehingga ketika Anda memiliki kadar gula yang tinggi, segeralah ambil tindakan dan lakukan cara menurunkan gula darah.

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

cara menurunkan gula darah
Chen Mizrach on Unsplash

Cara paling umum penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan obat-obatan. Pada kondisi yang lebih gawat pasien membutuhkan suntik insulin untuk menurunkan kadar gula darah.

Kadar glukosa juga dapat terkontrol dengan menurunkan gula darah secara alami. Cara ini patut dicoba mengingat penggunaan obat secara terus menerus akan memberi efek samping bagi tubuh.

Lakukan Diet Agar Berat Badan Ideal

Sebuah riset menunjukkan menjaga berat badan ideal dapat menurunkan resiko seseorang terkena diabetes sebanyak 58%. Jadi menjaga tubuh agar tidak obesitas dapat memudahkan kadar gula darah mudah dikontrol.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan sensivitas insulin, sehingga tubuh bisa menggunakan gula darah lebih efisien sebagai sumber energi.

Baca Juga :  15 Penyebab Leukosit Tinggi pada Tubuh

Rekomendasi aktivitas olahraga yang dapat dilakukan sebagai cara menurunkan gula darah adalah lari santai, jalan santai, bersepeda, menari, dan berenang.

Atur Waktu Tidur yang Cukup

Anjuran dokter waktu tidur cukup selama 7-9 jam sehari dapat menekan kadar gula darah dalam tubuh. Kualitas tidur yang buruk akan berdampak pada meningkatnya nafsu makan sehingga menyebabkan obesitas.

Penelitian juga menyebutkan bahwa gangguan tidur dapat menyebabkan naiknya resiko terjadinya resistensi insulin, sehingga gula darah mudah naik.

Selalu Monitoring Kadar Gula Darah

Jika Anda merupakan pasien penderita diabetes, secara rutin selalu cek dan catat kadar gula darah tubuh. Hal ini krusial untuk mengetahui apakah kadar gula darah tetap terkontrol.

Apalagi bagi penderita diabetes yang menjalani pengobatan, monitoring untuk memastikan metode yang digunakan sudah cocok atau belum.

Lakukan Aktivitas untuk Mengurangi Stres

Mengendalikan diri agar tidak stres akan menurangi resiko meningkatnya kada gula darah dalam tubuh. Mengurangi stres dapat menjadi cara menurunkan gula darah yang mungkin sulit dilakukan bagi orang yang sibuk

Namun, hal ini dapat dilakukan dengan melakukan hobi atau olahraga yang membuat tubuh lebih rileks.

Menjaga Asupan Kalori dan Gula Pada Makanan

Menjaga banyaknya porsi makanan yang dikonsumsi akan mengendalikan banyaknya asupan kalori dan gula pada tubuh. Sehingga bisa mencegah terjadi nya lonjakan gula darah. Sangat disarankan membaca jumlah kalori pada label makanan atau makan secara perlahan.

Makan Secara Teratur

Makan dengan porsi besar secara sekaligus dapat memicu lonjakan gula darah. Oleh karenannya, daripada makan 1 atau 2 kali sehari dalam poris besar, sebaiknya makan dengan porsi sedang 3 kali sehari.

Apabila ingin menambah camilan, konsumsi makan sehat seperti buah-buahan dan snack sehat lainnya.

Baca Juga :  27 Fungsi Hati Organ Penting Di Dalam Tubuh Manusia

Banyak-banyak Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur dapat mengurangi rasa haus dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mencegah tubuh kekurangan cairan, meningkatkan konsumsi air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan gula darah yang berlebih.

Memperbanyak Asupan Serat

Konsumsi serat bisa memperlambat proses penyerapan gula dalam tubuh, sehingga glukosa darah dapat naik secara perlahan. Sebagai anjuran wanita dewasa membutuhkan asupan 32 gram serat dalam sehari, sedangkan pria dewasa sebesar 37 gram setiap hari.

Konsumsi Makanan yang Menurunkan Gula Darah

Ternyata Allah juga menyediakan bahan-bahan alami sebagai cara menurunkan gula darah. Sebagai contoh cuka apel, menurut penelitian meminum 20 ml cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan. Cuka apel juga dapat membantu kinerja hormon insulin.

Ada juga kayu manis sebagai bahan alami penurun gula darah. Berdasarkan riset konsumsi 1-2 gram bubuk kayu manis dapat menurunkan gula darah sebesar 29%. Meskipun begitu masih dibutuhkan penelitian lebih lajut untuk mengetahui efektivitasnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.