10 Jenis-jenis Elang Terbesar di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Terdapat banyak sekali jenis-jenis elang di dunia. Elang merupakan jenis burung dengan ukuran terbesar dibanding semua jenis burung yang ada di dunia. Dengan ukuran dan kekuatan yang hebat, elang menduduki tingkat tertinggi dalam rantai makanan sebagai predator puncak pada segitiga rantai makanan.

10. Verreaux’s Eagle (Aquila verreauxii)

wikipedia.org

Elang Verreaux’s adalah elang yang sangat besar. Panjang tubuh dari ujung paruh sampai ke ujung ekor adalah 75-96 cm (30 sampai 38 inchi) menjadikannya elang terpanjang keenam di dunia. Elang berjenis kelamin jantan beratnya bisa mencapai 3-4,2 kg (6,6-9,3 lb) dan elang betina memiliki ukuran lebih besar dan lebih berat 3,1-7 kg (6,8-15,4 lb). Berat rata-ratanya adalah sekitar 4,19 kg (9,2 lb).

Sehingga elang ini tercatat sebagai elang terberat ke-tujuh atau ke-delapan di dunia. Rata-rata berat dan berat badan secara keseluruhan, jika diukur tidaklah linear. Ukkuran elang ini sangat mirip dengan ukuran pesaingnya, yaitu Martial Eagle, yang dijuluki elang terbesar di Afrika. Elang Verraux’s memiliki lebar sayap 1,81-2,3 m (5-7 kaki). Chord sayap pejantan adalah 56,5-59,5 cm (22,2-23,4 inchi) sedangkan betina adalah 59-64 cm (23-25 inchi).

Ciri Khas

Bulu elang yang belum dewasa atau remaja berbeda dengan elang dewasa. Pada saat remaja bulunya berwarna coklat gelap, memiliki mahkota berwarna sangat kontras yaitu seperti warna karat atau jahe. Mereka juga memiliki garis-garis putih kecil di dahi dan garis hitam di pipinya. Saat dewasa bulunya berubah menjadi hitam, ini merupakan ciri khas dari burung ini, karena tidak ada burung berukuranbesar lainnya yang warnanya sama.

Kebiasaan

Postur tubuh elang Verreaux’s memiliki ciri khas sendiri, sebagai satu-satunya spesies Aquilla selain Golden Eagle, elang ini mampu terbang tinggi hingga sampai dihedral. Ketika terbang sayapnya agak sedikit menekuk ke bagian belakang yang berbentuk seperti huruf V.

Spesies elang ini cenderung tidak berisik, meskipun memiliki surat yang keras seperti halnya Golden Eagle. Biasanya mengeluarkan suara kicauan seperti burung kalkun, selain itu juga mengeluarkan suara keras seperti whaeee-whaeee, heeee-oh atau panggilan keeooo-keeooo yang digunakan untuk panggilan kontak atau saat mengejar penyusup.

9. Martial Eagle (Polemaetus bellicosus)

pixabay.com

Elang Martial (Polemaetus bellicosus) adalah elang berukuran besar yang ditemukan di habitat terbuka dan semi-terbuka sub-Sahara Afrika. Merupakan salah satu anggota dari genus Polemaetus. Martial dalam bahasa Indonesia artinya beladiri, nama ini diberikan karena elang ini menjadi salah satu burung predator terkuat di afrika, hanya Crowned Eagle yang dapat mengimbanginya.

Elang Martial adalah elang yang sangat besar, dengan panjang rata-rata 78-96 cm (31-38 in), berat 3-6,2 kg (6,6-13,7 lb) dan lebar sayap 188-260 cm (6 ft 2 di -8 ft 6 in). Dengan metode pengukuran standar, chord sayap memiliki ukuran 56-67,5 cm (22,0-26,6 inchi), ekor adalah 27,2-32 cm (10,7-12,6 inchi), tarsus adalah 9,7-13 cm (3,8-5,1 inchi). Elang tercatat sebagai elang terbesar di Afrika dan merupakan yang elang terberat kelima di dunia.

Ciri Khas

Bulu elang dewasa terdiri dari warna gelap abu-abu-coklat pada bagian atas, kepala dan dada bagian atas, dengan merayap sedikit lebih ringan untuk bulu tersebut. The hamster tubuh berwarna putih dengan bercak kehitaman-coklat. Bulu pada sayap bagian bawah berwarna coklat, dengan bulu berwarna pucat bercoreng hitam.

Elang betina biasanya lebih besar dan lebih berbintik dari laki-laki. Saat dewasa elang betina memiliki warna yang lebih pucat di bagian atas, dengan warna agak putih pada kepala dan dada, dan sedikit berbintik di bagian bawah. Mencapai bulu dewasa di tahun ketujuh. Elang Martial memiliki ujung jambul yang pendek, yang kurang menonjol.

Kebiasaan

Elang Martial adalah predator puncak, berada di puncak rantai makanan burung di lingkungannya, hanya ketika dalam kondisi yang sehat. Elang ini juga memiliki beberapa predator alami, karena pernah ditemukan macan tutul memangsa elang Martial.

Meskipun kemampuan elang Martial dan Crowned kadang-kadang saling berbatasan, kedua spesies ini memiliki preferensi habitat yang berbeda. Elang Crowned biasanya lebih memilih tinggal di dalam hutan lebat, dimana hal ini bertentangan dengan elang Martial yang menyukai padang rumput dan pepohonan.

8. White-tailed eagle (Haliaeetus albicilla)

wallpapersin4k.net

White-tailed eagle atau biasa juga dikenal dengan nama eagle of the rain, sea grey eagle, erne, gray eagle, and white-tailed sea-eagle adalah burung pemangsa berukuran besar yang termasuk dalam keluarga Accipitridae yang meliputi raptor lainnya seperti elang, layang-layang, dan Harrier. Burung ini dianggap sebagai sepupu dekat dari Bald Eagle dan menempati relung ekologi yang sama, tetapi lokasinya di Eurasia.

Burung ini memliki panjang 66-94 cm (26-37 in) dengan lebar sayap 1,78-2,45 m (5,8-8,0 ft). Untuk lebar sayap memiliki rata-rata 2,18 m (7,2 ft) yang merupakan rata-rata terbesar dari semua jenis elang. Elang betina, biasanya memiliki berat 4-6,9 kg (8,8-15,2 lb), sedikit lebih besar dari elang jantan, yang beratnya hanya 3,1-5,4 kg (6,8-11,9 lb).

Rekor berat untuk spesies ini adalah 7,5 kg (17 lb) untuk spesimen dari Skotlandia, sementara data terbaru terdapat elang betina yang berukuran besar dengan lebar sayap 2,53 m (8,3 ft) dari Greenland. Dengan ukuran standar, chord sayap 55,2-71,7 cm (21,7-28,2 di), ekor 25-33 cm (9,8-13,0 in), tarsus adalah 9,2-10,1 cm (3,6-4,0 in) dan Culmen adalah 6-6,5 cm (2,4-2,6 in).

Ciri Khas

Spesies ini memiliki sayap yang lebar, kepala besar dan paruh tebal besar. Elang dewasa memiliki warna dominan cokelat keabu-abuan kecuali pada bagian kepala dan leher yang sedikit pucat, bulu sayap berwarna kehitaman, dan ekor bewarna putih sebagai ciri khasnya. Semua bagian telanjang yang berwarna kuning, termasuk paruh dan kedua kaki.

Pada burung remaja, ekor dan kepala warnanya lebih gelap, ekor menjadi putih dengan garis gelap dalam sebelum mencapai usia dewasa. Kombinasi warna coklat pucat pada sayap, ekor putih, paruh kuning dan ukuran keseluruhan yang besar membuat elang White-tailed mudah dikenali di daerah asalnya.

Kebiasaan

Elang White-tailed sudah matang secara seksual pada usia ke empat hingga lima tahun. Mereka hidup secara berpasangan, sehingga jika pasangannya meninggal dapat dengan cepat mendapat pengganti. Sebuah ikatan akan terbentuk ketika pasangan mulai menetukan tempat tinggalnya.

Saat melakukan perkawinan hewan ini melakukan pertunjukan di udara yang pada puncaknya setiap pasangan akan saling mengunci cakarnya di udara dan turun ke bumi dengan berputar-putar disertai serangkaian atraksi jungkir balik yang spektakuler. Elang berekor putih jauh lebih berisik daripada Golden Eagle, terutama selama musim kawin dan terutama pejantan. Kadang-kadang panggilan dapat berbentuk duet antar pasangan.

7. Crowned Hawk Eagle (Stephanoaetus coronatus)

pers-birding-pages.com

 

6. Philippine Eagle (Pithecophaga jefferyi)

pinterest.com

Elang Filipina (Pithecophaga jefferyi), juga dikenal sebagai elang pemakan monyet atau elang Filipina terbesar, adalah elang dari keluarga Accipitridae yang tinggal di dalam hutan Filipina. Umumnya memiliki ukuran panjang 86-102 cm (2,82-3,35 ft) dan berat 4,7-8,0 kilogram (10,4-17,6 lb).

Sehingga elang ini dianggap sebagai elang terbesar dari semua elang yang masih ada di dunia dalam segi panjang badan. Namun dalam segi ukuran lebar sayap dan berat masih lebih besar dan berat elang laut Steller dan elang Harpy. Elang Filipina termasuk salah satu burung paling langka dan paling kuat di dunia, yang telah dinyatakan sebagai burung nasional Filipina.

Ciri Khas

Tengkuk elang Filipina dihiasi dengan bulu panjang, berwarna coklat yang berbentuk kasar. Elang ini memiliki wajah berwarna gelap dan tengkuk krim coklat serta sebuah mahkota. Bagian belakang elang Filipina berwarna coklat gelap, sementara bagian bawah dan di bawah sayap berwarna putih.

Kaki berwarna kuning, berukuran besar, cakar berwarna gelap, dan tampak menyolok dengan postur yang besar, tinggi, dan paruh melengkung berwarna abu-abu kebiruan. Mata elang berwarna biru-abu-abu. Ketika remaja bentuknya mirip dengan elang dewasa hanya saja bulu bagian atas memiliki pinggiran berwarna pucat.

Kebiasaan

Elang Filipina dikenal awalnya sebagai Filipina elang pemakan monyet karena diyakini elang ini secara khusus memangsa monyet, yaitu satu-satunya monyet asli Filipina adalah monyet Filipina berekor panjang. Namun hal ini telah terbukti tidak akurat.

Mungkin anggapan ini muncul karena spesimen pertama yang diperiksa memiliki potongan  tubuh monyet di dalam perutnya. Seperti kebanyakan predator, elang Filipina adalah seorang oportunis yang memakan waktu mangsa berdasarkan tingkat lokal kelimpahan dan kemudahan. Burung adalah predator puncak didalam ekositemnya.

5. Bald Eagle (Haliaeetus leucocephalus)

cascadesraptorcenter.org

Elang Bald dengan namailmiah Haliaeetus leucocephalus, yang berasal dari bahasa Yunani dimana “hali” berarti laut, “aiētos” berarti elang, “leuco” berarti putih, “cephalos” berarti kepala. Elang ini adalah burung pemangsa yang ditemukan di Amerika Utara. Sebuah elang laut, yang dikenal memiliki dua subspesies dan satu spesies dengan elang ekor putih (Haliaeetus albicilla).

Elang Bald memiliki panjang tubuh 70-102 cm (28-40 in). Lebar sayap adalah berkisar antara 1,8 dan 2,3 m (5,9 dan 7,5 ft) dan berat berkisar antara 3 dan 6,3 kg (6,6 dan 13,9 lb). Elang betina sekitar 25% lebih besar dari jantan, dengan berta rata-rata 5,6 kg (12 pon), sedangkan berat rata-rata elang jantan adalah 4,1 kg (9,0 lb).

Ciri Khas

Bulu elang Bald dewasa adalah merata berwarna coklat gelap dengan kepala dan ekor berwarna putih. Ekor agak panjang dan sedikit berbentuk baji. Burung jantan dan betina memiliki warna bulu yang identik, tapi secara seksual jelas berbeda. Ukuran elang betina 25% lebih besar dari jantan. Paruh, kaki dan iris berwarna kuning cerah. Kaki yang bebas bulu, dan jari-jari kaki yang pendek dan kuat dengan cakar besar.

Kebiasaan

Elang botak biasanya cukup sensitif terhadap aktivitas manusiaketika sedang bersarang, dan ditemukan paling sering di daerah yang jauh dari gangguan manusia. Ia memilih tempat bersarang dengan jarak lebih dari 1,2 km (0,75 mil) untuk kategori gangguan pada tingkat rendah dan lebih dari 1,8 km (1,1 mil) dari  gangguan manusia tingkat menengah dan tinggi.

4. Berkut Golden Eagle (Aquila chrysaetos)

loshbaugh.com

Berkut Golden Eagle atau artinya Elang Emas Betina, dengan nama ilmiah Aquilla chrysaetos adalah salah satu burung pemangsa paling terkenal di bumi bagian utara. Perseberan spesies ini adalh yang paling luas dibanding semua jenis elang.

Elang emas berukuran sangat besar, raptor berwarna coklat gelap dengan sayap luas, memiliki panjang 66-102 cm (26-40 in) dan lebar sayap 1,8-2,34 m (5 ft 11 in ke 7 ft 8 in). Lebar sayap spesies ini adalah terbesar kelima di antara spesies elang yang masih ada.

Pada balapan terbesar (A. c. Daphanea) berat jantan dan betina biasanya 4.05 kg (8,9 lb) dan 6,35 kg (14,0 lb). Dalam subspesies terkecil, A. c. japonica, berat jantan 2,5 kg (5,5 lb) dan betina 3,25 kg (7,2 lb). Dalam spesies keseluruhan, berat rata-rata jantan sekitar 3,6 kg (7,9 lb) dan betina sekitar 5,1 kg (11 lb).

3. Harpy Eagle (Harpia harpyja)

reddit.com

Elang ini kadang-kadang dikenal sebagai elang Harpy Amerika untuk membedakannya dari elang Papua, yang kadang-kadang dikenal sebagai elang New Guinea Harpy atau elang Harpy Papua. Hewan ini termasuk salahsatu raptor terbesar dan paling kuat yang ditemukan di Amerika.

Elang Harpy betina beratnya sekitar 6 sampai 9 kg (13 sampai 20 lb). Sebuah sumber menyatakan bahwa betina dewasa dapat mencapai berat sampai 10 kg (22 lb). Elang jantan, jauh lebih kecil dan beratnya hanya sekitar 4-4,8 kg (8,8-10,6 lb). Elang Harpy memiliki panjang 86,5-107 cm (2 kaki 10 di-3 ft 6 in) dan memiliki lebar sayap 176-224 cm (5 ft 9 in ke 7 ft 4 in).

2. Wedge-tailed Eagle (Aquila audax)

dailytelegraph.com.au

Elang Wedge-tailed atau Elang Berekor Baji atau Bunjil memiliki nama ilmiah Aquila audax, kadang-kadang dikenal sebagai Eaglehawk, adalah burung pemangsa terbesar di Australia, dan juga ditemukan di selatan New Guinea, bagian dari Papua Nugini dan Indonesia. Memiliki sayap yang panjang dan cukup luas, kaki yang tertutupi berbulu, dan ekor berbentuk baji sebagai ciri khasnya.

Elang berekor baji betina bratnya anatar 3-5,77 kg (66-12,7 lb), sedangkan elang jantan lebih ringan dengan berat 2-4 kg (4,4-8,8 lb). Ukuran panjang tubuhnya bervariasi antara 81-106 cm (32-42 inchi) dan lebar sayap biasanya adalah antara 182-232 cm (6-7 ft).

Pada tahun 1930, rata-rata berat dan wingspans dari 43 burung adalah 3,4 kg (7,5 lb) dan 204,3 cm (6 ft 8 in). Angka rata-rata yang sama ditunjukan pada survei pada tahun 1932 dari 126 elang adalah 3,63 kg (8,0 lb) dan 226 cm (7 ft 5 in),

1. Steller’s Sea-eagle (Haliaeetus pelagicus)

independent.co.uk

Elang Steller Sea (Haliaeetus pelagicus) adalah burung pemangsa bertubuh besar dan termasuk dalam keluarga Accipitridae yang hidup di Asia timur laut pesisir dan biasanya memangsa ikan dan burung air. Berat rata-rata elang ini adalah elang yang terberat di dunia, sekitar 5 sampai 9 kg (11-20 lb), tetapi mungkin di bawah elang Harpy (Harpia harpyja) dan elang Filipina (Pithecophaga jefferyi) di beberapa pengukuran standar.

Elang Laut Steller adalah burung terbesar dalam genus Haliaeetus dan merupakan salah satu raptor terbesar secara keseluruhan. Elang betina beratnya bervariasi dari 6195 ke 9500 g (13,658-20,944 lb), sedangkan elang jantan agak lebih ringan dengan beratberkisar antara 4.900 ke 6.800 g (10,8-15,0 lb).

Tinggalkan komentar