5+ Ikan Terbesar di Dunia yang Menakjubkan & Fotonya

IKAN TERBESAR DI DUNIA – Ikan termasuk dalam binatang yang sering juga disebut dengan pisces. Pada umumnya, ikan bernafas menggunakan insang mereka. Namun ada pula beberapa mamalia dengan bentuk yang sangat mirip sifatnya dengan ikan.

Sehingga kebanyakan orang juga menganggapnya sebagai makhluk yang masuk dalam spesies ikan. Pada kesempatan kali ini, kita akan menjelaskan bagaimana ikan-ikan terbesar yang bahkan ukurannya merupakan ukuran hewan terbesar di dunia.

Setidaknya ada lebih dari 27.000 spesies ikan yang tersebar di bumi yang Allah ciptakan ini, baik yang berhabitat di sungai, laut, danau, kolam, air payau, samudra ataupun perairan lainnya. Nah, di bawah ini tim redaksi informazone akan memberikan kepada Anda ikan terbesar di dunia yang tentunya sangat luar biasa.

Beberapa jenis ikan dengan ukuran besar dan raksasa sengaja kami kumpulkan datanya untuk Anda. Berikut ini ikan terbesar di dunia versi informazone.com:

1. Ikan Paus Biru (Blue Whale)

ikan terbesar di dunia blue whale paus biru
neuhauslabs.com
Jenis ikan Paus Biru ini merupakan jenis ikan Paus Biru dengan ukuran terbesar di dunia. Bahkan Ikan Paus Biru adalah hewan dengan ukuran terbesar di planet bumi di zaman Modern ini. Paus Biru sebenarnya bukan termasuk dalam spesies pisces, karena mereka bernafas menggunakan paru-paru.

Sehingga binatang ini pada dasarnya adalah jenis mamalia yang habitatnya di dalam laut. Nama latin dari Paus Biru sendiri adalah Balaenoptera musculus. Bobot ikan terbesar di dunia ini mencapai 181 ton dengan panjang tubuh mencapai lebih dari 33 m.

Sebagaimana spesies paus lainnya, Blue Whale adalah pemakan hewan kecil seperti crustacea atau makhluk kecil lainnya. Habitat Paus Biru sendiri tersebar di Samudra Pasifik, Samudra Hindia, hingga Samudra Atlantik.

2. Lele Raksasa dari Sungai Mekong

ikan terbesar di dunia lele mekong
neuhauslabs.com

Ikan lele adalah ikan yang pastinya tidak lagi asing di telinga kita. Tetapi apabila ikan ini adalah jenis ikan lele raksasa, apakah Anda pernah menjumpainya? Tentu saja di negara kepulauan seperti Indonesia ini, Anda akan kesulitan untuk menjumpainya.

Ikan lele raksasa ini merupakan jenis ikan lele yang hanya dapat dijumpai di sungai terpanjang di daratan utama Asia Tenggara. Tepatnya ikan lele raksasa ini adalah ikan lele yang hanya bisa dijumpai di sungai Mekong yang memanjang di 3 Negara Asia Tenggara.

Ikan Lele Raksasa sungai Mekong ini dapat dijumpai di sepanjang sungai Mekong dengan kedalaman tertentu. Sebenarnya di Indonesia sendiri, pernah ditemukan ikan lele terbesar. Tepatnya di Bogor- Jawa Barat.

Di mana ikan tersebut dijumpai dengan ukuran yang fantastis, dan menjadi salah satu penemuan ikan lele terbesar di Indonesia. Ikan lele tersebut mempunyai ukuran 1,5 m dengan berat mencapai 50 kg.

Ikan Lele terbesar masih tak terpatahkan oleh Ikan Lele dari sungai Mekong. Rekor terakhir yang tercatat dari ikan Lele terbesar ini mencapai bobot 293 kg dengan panjangnya yang mencapai 2,7 m. Yang ukurannya hampir sama dengan ukuran beruang Grizzly dewasa.

3. Paus Sirip Punggung (Finback)

ikan terbesar di dunia paus sirip pungung
dannykesslerphotography.com

Paus Sirip Punggung yang memiliki nama ilmiah Balaenoptera physalus adalah mamalia laut yang termasuk ke dalam sub-ordo paus balin. Paus yang mempunyai ukuran panjang nyaris mencapai 27 meter, adalah paus terbesar ke-2 dan binatang terbesar ke-2 di dunia setelah paus biru (blue whale).

Paus sirip punggung adalah paus yang memiliki postur tubuh panjang dan langsing. Tubuh ikan terbesar  ke-2 ini warnanya abu-abu kecoklatan, akan tetapi pada bagian permukaan bawah warnanya lebih terang. Terdapat 2 subspesies yaitu paus sirip utara di Atlantik utara dan paus sirip Antartika di samudera daerah selatan.

Paus jenis ini dapat ditemukan di seluruh daerah samudera utama dunia, mulai dari daerah kutub hingga lautan tropis. Paus ini tidak dapat ditemui di perairan yang memiliki lapisan es seperti di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Paus ini juga tidak dapat dijumpai di perairan kecil yang jauh dari samudera terbuka. Populasi terbesar paus ini ditemukan berada di perairan yang memiliki temperatur hangat dan dingin. Makanan paus ini adalah ikan, cumi-cumi dan crustacea, termasuk mysidacea dan krill.

4. Ikan Hiu Paus (Shark Whale)

ikan terbesar di dunia
neuhauslabs.com

Ikan Hiu Paus adalah salah satu jenis Hiu dengan ukuran yang paling besar. Tetapi ukuran bukanlah indikator bahwa ikan ini merupakan jenis ikan yang buas. Bahkan sebaliknya, ikan Hiu Paus adalah jenis Hiu yang makanannya adalah binatang kecil seperti fitoplankton atau zooplankton. Nama latin dari Hiu Paus adalah Rhincodon typus.

5. Ikan Paus Pembunuh (Ocra)

ikan terbesar di dunia paus pembunuh
fanpop.com

Jenis Ikan Paus yang satu ini adalah jenis Paus yang paling ganas. Sebenarnya secara klasifikasi. Ikan jenis ini lebih dekat kekeluargaannya dengan ikan lumba-lumba. Hanya saja karena ukurannya yang terlampau besar menjadikan ikan lumba-lumba jenis ini dianggap sebagai Paus.

Di Bahasa Inggris sendiri, ikan ini sering disebut dengan Ocra. Jika dilihat secara sekilas, mungkin Anda akan menganggap Paus Pembunuh ini adalah ikan yang imut dan penurut. Tetapi jangan tertipu dengan penampilannya. Jenis ikan ini sebenarnya adalah jenis ikan yang sangat ganas.

Mereka sangat lihai dalam memburu mangsa-mangsa mereka. Otak Paus pembunuh ini sangat cerdas, sehingga mereka akan dengan mudah mendapatkan mangsanya, terutama anjing laut yang menjadi makanan favorit mereka. Mereka berburu secara terstruktur dan sangat teratur.

Paus jenis ini hidup secara berkelompok. mereka melakukan perburuan mangsanya dengan cara berkelompok. Mangsa mereka tak hanya anjing laut saja. Mereka bahkan dapat memburu jenis binatang laut yang juga merupakan predator laut dengan ukuran jumbo.

Dalam beberapa momen, Paus Pemburu ini dijumpai sedang mengincar Hiu Putih yang merupakan salah satu predator mengerikan di lautan. Mereka mengincar Hiu Putih untuk kemudian di cabik-cabik untuk dijadikan makan secara bersama-sama. Bahkan terkadang mereka juga memburu Paus Biru yang merupakan jenis Paus terbesar dunia.

Ikan Paus pembunuh juga mampu melompat tinggi sebagaimana jenis lumba-lumba pada umumnya. Panjang Paus Pembunuh ini dapat mencapai 10 m. Bisa dibayangkan bukan, betapa mengerikannya apabila kita berenang dengan jenis predator yang merupakan puncak rantai makanan di samudera lepas ini.

Demikianlah penjelasan kami mengenai beberapa jenis ikan terbesar di dunia yang tersebar di penjuru dunia. Baik yang hidup di sungai, hingga mereka yang hidup di lautan lepas. Menurut Anda, ikan jenis apa yang paling mengerikan? Silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.

Artikel Terkait  10 Jenis-jenis Elang Terbesar di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Tinggalkan komentar