Desain Rumah Sederhana Beserta Tips, Contoh, dan Tahapan-Tahapan Dasar

DESAIN RUMAH SEDERHANA – Bagi orang yang memiliki uang melimpah mungkin akan menyewa jasa seorang desainer bangunan untuk membuat rancangan rumah impiannya. Namun bagi seseorang yang memiliki uang pas-pasan atau orang-orang kreatif mungkin akan lebih memilih untuk membuat desain rumah sesuai dengan keinginan masing-masing.

Jika Anda termasuk dalam bagian kelompok nomor dua tersebut, Anda dapat membuat desain rumah impian berdasarkan keinginan Anda. Karena membuat desain suatu rumah hunian sangat penting mengingat hal ini menyangkut kenyamanan tempat tinggal dan tentu berguna dalam jangka waktu yang sangat lama.

Tidak jarang orang yang menerapkan desain rumah sederhana sebagai pilihan untuk rumah impiannya. Selain memberikan kesan yang tidak terlalu mencolok, rumah sederhana juga pastinya lebih nyaman untuk dihuni. Pasalnya, tidak diribetkan dengan furnitur-furnitur rumah dalam perawatannya.

Meskipun terkesan sederhana, bukan berarti dalam membuat desain rumah sederhana juga dilakukan tanpa pertimbangan dan secara asal asalan. Anda harus mempertimbangkan penempatan ruangan beserta nilai estetika yang dapat dihasilkan dari rumah sederhana. Beberapa tips untuk membuat desain rumah sederhana yang mampu memberikan keindahan dan kenyamanan untuk ditinggali adalah sebagai berikut.

Tips Mudah Cara Mendesain Rumah Sederhana

1. Pemilihan Warna yang Tepat

Desain Rumah Sederhana - Pemilihan Warna yang Tepat
sinarpropertygroup.wordpress.com

Jika Anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas untuk ruangan anda, warna cerah dapat menjadi pilihan bagi Anda. Warna-warna cerah seperti putih, biru langit, kuning muda, orange, dan hijau dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Jika Anda lebih memilih wallpaper sebagai hiasan dinding Anda, pilihlah wallpaper dengan motif sederhana dan tidak terlalu ramai disertai warna netral.

Jika menggunakan wallpaper yang ramai akan terlihat kontras dan memberikan kesan jenuh pada ruang yang tidak begitu luas. Sehingga, konsep kesederhanaan tidak akan Anda dapatkan. Anda juga harus dapat menyesuaikan wallpaper dinding dengan furniture rumah dengan menghindari desain ruangan yang bertabrakan. Misalkan saja jika wallpaper yang Anda gunakan pada ruang tamu sudah bermotif maka jangan membeli sofa yang juga bermotif karena hal tersebut akan memberikan kesan norak pada desain rumah Anda.

2. Memilih Furnitur yang Tepat

Desain Rumah Sederhana - Memilih Furnitur yang Tepat
pinterest.com

Sebaiknya Anda harus lebih bijaksana dalam memilih perabotan mana saja yang akan Anda masukkan ke dalam rumah sederhana Anda. Perhatikan ukuran perabotan juga merupakan hal utama karena akan sangat berpengaruh pada luas ruangan Anda. Pilihlah perabotan dan hiasan yang diperlukan saja karena terlalu banyak membeli juga akan menambah kesan sempit pada rumah Anda.

Material furnitur juga memberikan pengaruh pada rumah sederhana Anda nantinya, terutama yang berbahan kaca atau stainless steel. Furnitur yang terbuat dari kedua material tersebut akan mampu memantulkan cahaya secara maksimal sehingga cahaya yang masuk ke ruangan jumlahnya semakin banyak. Hal ini membuat ruangan akan terlihat lebih teras dan memberikan kesan luas.

Kelebihan bahan tersebut juga dapat mengurangi Anda dalam penggunaan lampu dalam rumah dengan pantulan cahayanya. Material kaca dan stainless steel ini bisa membuat ruangan di dalam rumah tampak lebih halus dan ringan. Memasang cermin besar secara vertikal dalam suatu ruangan juga memberikan dampak yang sama dan bahkan akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas dua kali lipat. Furnitur ini juga sangat berguna bagi Anda para wanita yang suka melihat diri Anda dalam cermin tentunya.

3. Pencahayaan yang Cukup

Desain Rumah Sederhana - Pencahayaan yang Cukup
arsitektur.me

Kehadiran cahaya dalam rumah Anda akan memberikan kesan yang lebih luas dan hidup bagi Anda. Mendesain rumah dengan jendela besar atau pemilihan lampu yang tepat merupakan langkah tepat untuk kebutuhan cahaya rumah sederhana. Selain itu, pemilihan bingkai jendela sesuai dengan selera Anda juga akan memberikan kesan estetika tersendiri bagi Anda. Dengan demikian selain kebutuhan cahaya yang terpenuhi Anda juga akan dapat memperindah tampilan rumah Anda dari luar.

4. Furnitur yang Multifungsi

Desain Rumah Sederhana - Furnitur yang Multifungsi
proxybit.info

Rumah sederhana juga dapat Anda desain dengan ruangan yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas sekaligus atau ruang serba bisa. Anda dapat mendesain kamar mandi yang ada di dalam kamar pribadi Anda atau dilengkapi dengan wastafel di dalamnya. Dengan demikian Anda tidak perlu keluar kamar untuk sekedar mencuci muka atau gosok gigi sebelum tidur.

Baca Juga :  25 Living Room Color Scheme Can Simply Turn Your Plain Rooms

Membuat suatu ruangan yang dijadikan ruang tamu sekaligus tempat bersantai juga dapat Anda jadikan sebagai opsi desain rumah nyaman Anda. Hanya dengan memberikan perangkat multifungsi seperti Sofa-bed Anda sudah dapat mewujudkannya. Membangun ruangan yang terhubung langsung dengan dapur atau toilet juga dapat Anda gunakan jika memang lahan Anda benar-benar terbatas.

Contoh Macam-macam Desain Rumah Sederhana

1. Rumah Tingkat Sederhana

Desain Rumah Sederhana - Rumah Tingkat Sederhana
deviantart.com/mystic-emerald

Salah satu jalan alternatif membangun rumah dengan lahan sempit adalah dengan menumpuk ke atas ruangan dalam rumah. Rumah tingkat sederhana juga memiliki manfaat tersendiri yaitu Anda dapat memetakan tipe area berdasarkan tingkatan rumah Anda. Misalkan saja lantai bawah dapat digunakan sebagai publik area.

Sehingga pada bagian bawah dibuatlah ruangan seperti kamar tamu, ruang makan, serta dapur sebagai keperluan jika ada tamu. Sedangkan lantai atas dapat Anda gunakan untuk area privat seperti kamar tidur pribadi, kamar anak-anak, serta ruang keluarga.

2. Rumah Split Level Minimalis

Desain Rumah Sederhana - Split level house
archdaily.com
Desain Rumah Sederhana - Split level house
archdaily.com

Pernahkah Anda mendengar atau bahkan sudah mengetahui desain rumah yang satu ini? Jika sudah mungkin Anda akan tertarik untuk membangun rumah sederhana Anda dengan model yang satu ini. Definisi dari rumah split level sendiri merupakan gaya rumah dimana setiap lantainya saling tergantung. Jika Anda hanya membaca pengertian tersebut tanpa melihat contoh langsung mungkin belum memberikan gambaran seutuhnya mengenai rumah ini.

Rumah dengan desain ini memiliki 2 tangga kecil yang menghubungkan dua lantai yang ketinggiannya berbeda tetapi ruangannya tetap sama. Jika Anda bisa membayangkan mungkin ini akan menjadi desain yang unik dan sederhana bagi Anda. Tidak hanya unik, terdapat banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan jika Anda membuat desain rumah sederhana Anda menjadi seperti rumah split level ini.

Kelebihan rumah dengan desain split level ini adalah mampu menghadirkan suasana yang lebih lapang pada ruangan. Sehingga membuat komunikasi penghuni rumah menjadi lebih cepat dan mudah. Jadi, terkesan akrab sebab setiap ruangan masih terhubung tangga dan tidak ada sekat yang menghalangi. Rumah desain ini lebih menonjolkan kesan dinamis dan hidup. Berbeda dengan desain rumah yang datar. Dengan demikian Anda tidak akan mudah merasa bosan berada di dalam rumah dengan desain split level ini.

3. Rumah Linear Memanjang

Desain Rumah Sederhana - Rumah Linear Memanjang
tukangdesainrumahku.blogspot.com

Selain rumah sederhana dengan susunan menumpuk ke atas, Anda juga dapat membuat desain rumah linear memanjang. Susunan rumah linear memanjang ini sangat sesuai bagi Anda yang memiliki lahan ramping. Kelebihan dari rumah tipe linear memanjang ini adalah ruangan dapat disusun secara urut berdasarkan penggunaan ruangan.

Susunan ruangan dapat diatur dari depan menjadi area publik seperti ruang tamu hingga ke belakang menjadi ruangan yang lebih private. Diantara area publik dan area private tersebut dapat diselingi dengan ruang keluarga sebagai pusat tempat berkumpul. Namun tidak harus saklek seperti susunan tersebut, Anda dapat menyusun ruangan berdasarkan selera Anda.

4. Rumah Minimalis Modern

desain rumah sederhana - Rumah Minimalis Modern
bostoncondoloft.com

Bagi Anda yang ingin membangun rumah sederhana di kota, penambahan taman mini di depan rumah merupakan pilihan yang tepat bagi Anda untuk memberikan nuansa sejuk pada hunian Anda. Menyisakan lahan depan untuk tempat bersantai menikmati suasana pagi maupun sore dengan segelas minuman tidak akan membuat Anda menyesalinya.

Anda tidak perlu khawatir dengan lahan yang Anda gunakan dapat mengurangi jatah ruang pada rumah. Cukup mengombinasikan desain rumah sederhana disertai taman mini ini dengan rumah tingkat seperti yang dijelaskan sebelumnya sudah dapat menutup kekurangan lahan Anda.

Selain memenuhi kebutuhan ruang anda, kombinasi desain rumah tingkat sederhana dengan taman ini sudah pasti juga dapat membuat Anda nyaman untuk menghuninya. Terlebih lagi jika Anda dapat menambahkan kesan modern baik pada bagian luar maupun bagian dalam rumah membuat rumah Anda menjadi rumah idaman orang orang disekitar Anda.

5. Desain Rumah Terbuka Sederhana

desain rumah sederhana - 5. Desain Rumah Terbuka Sederhana
pinterest.com

Rumah terbuka mungkin juga menjadi desain rumah yang sedang nge-tren saat ini. Anda dapat mencoba membuat desain rumah dengan salah satu sisi dinding luar yang terbuat dari kaca. Di bagian luar dapat Anda tanami bunga-bunga hias atau dapat Anda tambahkan kolam ikan untuk memberikan suasana sejuk di mata. Desain rumah ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan rumah minimalis dan dekat dengan nuansa alam.

Tahapan-tahapan Dasar Membuat Desain Rumah Sederhana

Selagi Anda memikirkan rumah impian Anda seperti tips dan contoh di atas, hal penting yang harus Anda lakukan sebelumnya adalah dengan merancang sebuah gambar dari desain rumah Anda. Namun merancang sebuah desain rumah sederhana saja tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan mungkin Anda akan bingung harus memulainya dari mana dan berpikir apakah harus dimulai dari ruangan yang paling banyak menghabiskan waktu seperti ruang keluarga, ataukah dimulai dari depan rumah hingga bagian belakang.

Baca Juga :  15+ Desain Payung Paling Kreatif dan Unik dari Seluruh Dunia [Khusus Buat Kamu]

Meskipun membuat desain rumah bukanlah sebuah kemampuan umum, akan tetapi Anda dapat mempelajari cara atau tahapan untuk membuat desain rumah sederhana secara mendasar. Dengan memahami dasar-dasar membuat desain rumah akan membantu Anda untuk dapat menghasilkan atau merealisasikan rumah impian Anda dengan hasil akhir yang lebih presisi.

Beberapa tahapan dasar untuk mempelajari teknik membuat desain rumah sederhana yang umumnya digunakan bagi arsitek atau desainer bagi pemula adalah sebagai berikut.

1. Menentukan Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

desain rumah sederhana - 1. Menentukan Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang
twitter.com

Tahapan paling dasar yang mungkin Anda abaikan adalah menentukan daftar aktivitas sehari hari Anda baik aktivitas utama maupun aktivitas pendukung. Jika Anda asal asalan membuat desain dan hanya menyesuaikan keinginan Anda tanpa memperhatikan hal ini mungkin akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Misalkan saja jika Anda seorang pekerja kantoran dan biasa membawa pekerjaan Anda ke rumah, sebaiknya Anda membuat desain rumah sederhana Anda yang dilengkapi dengan ruang khusus untuk Anda bekerja.

Dengan demikian Anda tidak akan melewatkan ruang khusus ini dan nantinya akan bingung untuk mencari tempat atau mengatur ulang ruang untuk membuat Anda nyaman dalam melaksanakan pekerjaan Anda. Selain itu, dengan membuat list aktivitas Anda dan jika ukuran rumah Anda tidak mencukupi kebutuhan aktivitas Anda maka Anda juga akan dapat memikirkan efisiensi denah dengan membuat ruangan yang multifungsi bagi aktivitas sehari hari Anda.

2. Membuat Riset Mengenai Standar dan Kebutuhan Setiap Ruang

Setelah membuat list ruangan beserta aktivitas yang mungkin dilakukan, langkah selanjutnya adalah menentukan perkakas yang ada didalamnya. Namun, tentu Anda juga pasti memerlukan referensi mengenai peralatan yang akan dibutuhkan dalam ruangan Anda baik mengenai standar bahan maupun ukuran. Jika Anda memilih bahan hanya berdasarkan harganya yang murah tanpa memperhatikan standar bahannya maka barang-barang yang Anda gunakan dalam ruangan Anda tidak akan bertahan lama dan merugikan Anda.

3. Buat Korelasi Setiap Ruang dan Zonasi Penempatannya

desain rumah sederhana - Buat Korelasi Setiap Ruang dan Zonasi Penempatannya
deviantart.com/moonlightartistry

Hal terpenting dan paling utama dalam membuat desain rumah adalah menentukan tempat dari setiap ruangan. Menyusun letak ruangan dalam rumah tentu juga tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus dipertimbangkan dengan matang tentunya. Menyusun letak ruang juga harus menghubungkan kebutuhan ruang tersebut satu sama lain agar menghasilkan desain yang efisien bagi aktivitas Anda.

Sebagai contoh kecilnya adalah kamar tidur erat kaitannya dengan kamar mandi oleh karena itu penempatan kedua ruangan ini juga harus berdekatan. Contoh lain yaitu ruang makan juga sangat erat kaitannya dengan dapur dan lain sebagainya menyesuaikan kebutuhan aktivitas Anda.

Selain itu, tidak kalah penting Anda juga harus memberikan zonasi mengenai diagram hubungan antar ruang. Anda harus menentukan mana ruangan yang merupakan area privat, mana yang area publik, dan mana yang area servis. Pastikan bahwa setiap zona diatur sedemikian rupa sehingga tidak saling overlap dan nantinya akan mengganggu kenyamanan satu sama lain.

4. Mengubah Zonasi dan Diagram

desain rumah sederhana - 4. Mengubah Zonasi dan Diagram
ThoughtCo.com

Setelah Anda membuat zonasi dan diagram ruangan yang sebelumnya Anda susun, ubahlah menjadi sebuah denah dasar. Seperti denah pada umumnya, gunakan garis-garis sederhana untuk menggambarkan tata letak setiap ruang pada desain rumah sederhana yang akan Anda bangun nantinya.

Dengan denah alternatif ini akan memudahkan pandangan Anda dalam membuat desain rumah yang sesungguhnya disertai dengan ukuran yang spesifik nantinya. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan kembali segala tata letak ruangan dengan mengubah ubahnya menjadi beberapa opsi yang dapat Anda pilih dan terbaik menurut Anda.

5. Membuat Detail Denah dengan Notasi, Ukuran Beserta Arsitektural Lainnya

desain rumah sederhana - Membuat Detail Denah dengan Notasi, Ukuran Beserta Arsitektural Lainnya
deviantart.com/saganich

Setelah Anda menemukan desain terbaik menggunakan cara sebelumnya, buatlah denah rumah yang diperjelas mengenai ukuran yang menyesuaikan ukuran tanah yang Anda miliki. Bukan hal itu saja, Anda juga harus menentukan notasi yang menyesuaikan bahasa arsitektur yaitu mengenai ketebalan dinding, simbol material bangunan yang akan digunakan, lambang bukaan pintu, jendela rumah dan lain sebagainya.

Akan lebih bagus lagi jika Anda juga membuat secara detail dimensi ruangan menggunakan aplikasi yang dapat membuat desain rumah Anda secara rinci. Anda dapat mencari referensi di internet mengenai cara membuat desain rumah menggunakan software yang berhubungan dengan desain grafis dan simbol arsitekstural yang mudah dipelajari bagi orang awam.

Tahapan untuk membuat desain rumah sederhana diatas mungkin tidak mudah bagi orang awam yang belum mengenal hal-hal berbau arsitektur. Namun, step by step dalam mendesain rumah ini wajib Anda terapkan supaya semua tertata rapi sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah.

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mempersiapkan rumah impian Anda dengan mempelajarinya jauh-jauh hari sebelum merealisasikannya. Apa pun hasilnya nanti pastinya akan merasa bangga dengan adanya mahakarya rumah impian Anda dari hasil desain usaha sendiri.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.