15 Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit Ukuran Kecil, Minimalis, Serta Denahnya

Seperti yang kita ketahui, harga tanah saat ini terus meningkat tahun demi tahun. Apalagi di lokasi dengan letak yang strategis. Sehingga kita harus memutar otak agar bisa mewujudkan desain rumah 2 lantai di lahan sempit beserta denahnya.

Membangun sebuah hunian adalah hal yang perlu direncanakan dengan matang dan teliti. Beberapa aspek seperti lingkungan, luas tanah, iklim, budget, dsb. Sebab, tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah ketika pembangunan atau ketika rumah selesai.

Apakah harus membangun rumah 2 lantai? tidak harus, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Tetapi membangun rumah 2 lantai jauh lebih murah dari pada membeli lahan yang luas.

Jika tidak mau repot Anda bisa menyerahkan semuanya kepada ahlinya, sehingga tinggal terima beres dan langsung siap huni.

Berikut beberapa ide desain rumah 2 lantai di lahan sempit beserta denahnya, berukuran kecil, dan minimalis. Semoga dapat membantu dalam merencanakan hunian impian pembaca sekalian.

1. Desain Rumah Sempit Minimalis 2 Lantai (6,5 x 9 m)

desain rumah 2 lantai di lahan sempit
samhouseplans.com
desain rumah 2 lantai di lahan sempit
samhouseplans.com

Desain rumah 2 lantai yang pertama menawarkan gaya minimalis. Perpaduan warna coklat dan putih pada eksterior bangunan, menciptakan kesan yang berkelas.

Warna coklat dan putih memang sering kali digunakan pada desain minimalis. Tidak hanya digunakan pada eksterior, tetapi juga pada interior rumah. Penambahan lampu sorot berwarna kuning semakin membuat bangunan tampak berkelas dan mewah.

Desain atap miring sangat cocok bagi iklim tropis seperti di Indonesia.

2. Desain Rumah Cantik dan Ramping (5,2 x 10 m)

Desain Rumah Cantik dan Ramping
samhouseplans.com
Desain Rumah Cantik dan Ramping (denah)
samhouseplans.com

Tidak menjadi masalah jika lahan yang kamu miliki bentuknya memanjang. Tidak usah khawatir bangunan terlihat aneh. Buktinya desain rumah 2 lantai di lahan sempit dan panjang pada gambar di atas.

Pemilihan warna dan fasad rumah yang baik dapat memberikan kesan berbeda dan menakjubkan. Jika Anda menyukai bunga, tanamlah bunga di halaman depan rumah untuk mempercantik tampilan.

Area lantai 3 dimanfaatkan sebagai tempat tandon dan jemuran. Bisa juga digunakan sebagai tempat bersantai menikmati pemandangan sekitar.

Baca Juga :  ✅ 15 Desain Rumah Minimalis Type 36 Serta Denah dan Fasad [Terbaru]

3. Desain yang Sederhana dan Murah (8 x 7 m)

Desain yang Sederhana dan Murah
samhouseplans.com
Desain yang Sederhana dan Murah (denah)
samhouseplans.com

Desain rumah berikutnya, sekilas tampak kaku dan membosankan. Tapi jika diperhatikan struktur bangunan ini cukup unik. Desain fasad lantai pertama hampir sama dan warna nya juga sama.

Mungkin desain sederhana ini dimaksudkan untuk memaksimalkan ruang dan menghemat biaya pembangunan.

Pada gambar denah rumah, di lantai dasar terdapat ruang tamu, dapur, dan ruang makan. Sedangkan pada lantai atas terdapat 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

4. Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit (8 x 5 m)

Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit
samhouseplans.com
Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit (denah)
samhouseplans.com

Dengan perpaduan warna abu-abu dan putih, tampilan rumah ini terkesan mewah. Rumah dengan luas bangunan 40 m persegi ini, bisa digunakan sebagai inspirasi untuk renovasi rumah subsidi dengan luas tanah 60 meter persegi.

Meskipun ukuran nya tidak luas, tapi terdapat juga tempat parkir yang cukup untuk 1 mobil. Tidak perlu khawatir mobil kepanasan atau kehujanan, sebab tertutup dengan konstruksi lantai atas.

Inspirasi lampu dinding pada fasad rumah bisa menjadi inspirasi untuk desain rumah minimalis dan modern.

5. Rumah Tropis dengan Atap Miring (6,5 x 7,5 m)

Rumah Tropis dengan Atap Miring
samhouseplans.com
Rumah Tropis dengan Atap Miring (denah)
samhouseplans.com

Desain rumah dengan atap miring memang cocok dengan iklim tropis. Karena daerah dengan curah hujan yang tinggi, sangatlah cocok menggunakan atap miring.

Air hujan bisa dengan mudah mengalir ke bawah dan menggenang di atap. Sebab apabila menggenang akan menyebabkan lumut dan rembesan.

Desain interior rumah 2 lantai berikut cocok digunakan bagi keluarga kecil dengan satu anak.

6. Desain Rumah Elegan dengan Atap Datar (6,5 x 7,5 m)

Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit
samhouseplans.com
Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit (denah)
samhouseplans.com

Desain rumah dengan atap datar memang tidak sepenuhnya buruk. Karena ada juga orang yang menyukai desain ini karena ingin membuat rumahnya tampil beda.

Tapi sebagai antisipasi gunakan lapisan anti bocor untuk menutupi seluruh permukaan atap rumah. Sebab Anda tentu tidak ingin rumah Anda bocor ketika hujan.

7. Rumah Kecil Minimalis dengan Atap Piramid (7 x 7 m)

Rumah Kecil Minimalis dengan Atap Piramid
samhouseplans.com
Rumah Kecil Minimalis dengan Atap Piramid (denah)
samhouseplans.com

Atap miring dengan bentuk piramid juga umum dijumpai di negara kita ini. Penyebabnya tidak lain karena iklim tropis yang kita miliki.

Rumah dengan luas 7 x 7 meter ini memiliki 3 kamar tidur yang semuanya terletak di lantai 2. Dengan rincian satu kamar utama serta kamar mandi dalam dan 2 kamar biasa dan 2 kamar kamar mandi luar.

8. Rumah Kubus yang Menyatu dengan Alam (6,5 x 7,5 m)

Rumah Kubus yang Menyatu dengan Alam
samhouseplans.com
Desain Rumah Kubus 2 Lantai
samhouseplans.com

Bentuk rumah yang unik memang memiliki daya tarik lebih sebagai keunggulannya. Tidak hanya bentuknya yang unik, fasad rumah ini didominasi dengan tekstur natural.

Pada lantai 1 dinding luar di tutup dengan keramik bermotif kayu dan batu alam. Sedangkan pada lantai 2, menggunakan cat berwarna putih dan keramik motif kayu.

Agar tampak lebih segar dan natural, ditanam beberapa pohon palem agar semakin rindang dan sejuk.

Baca Juga :  50 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis Paling Kreatif

9. Desain Rumah Mewah di Lahan Sempit (8 x 6,5 meter)

Desain Rumah Mewah di Lahan Sempit
samhouseplans.com
Desain Rumah Mewah di Lahan Sempit (denah)
samhouseplans.com

Kesan mewah begitu tampak pada konstruksi hunian berikut. Desain rumah 2 lantai di lahan sempit satu ini menggunakan dinding dengan tekstur berkisi, juga pada pagar di area balkon.

Tampilan rumah semakin mewah berkat tanaman bonsai yang tumbuh menghiasi taman.

Dinding rumah yang berwarna abu-abu dipadukan dengan kusen pintu dan jendela dari aluminium berwarna hitam. Jendela memiliki ukuran yang besar guna memaksimalkan pencahayaan alami.

10. Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit, Elegan (8 x 6 m)

Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit, Elegan
samhouseplans.com
Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit, Elegan (denah)
samhouseplans.com

Siapa saja tentu ingin memiliki hunian yang nyaman dan bagus. Kebutuhan dan keinginan setiap orang berbeda-beda sehingga banyak sekali alternatif dalam mewujudkan rumah impian.

Apabila Anda menyukai warna hitam, desain rumah yang satu ini bisa menjadi inspirasi. Warna hitam pada bangunan ini ditampilkan dengan batu alam berwarna hitam yang menempel pada eksterior bangunan.

11. Desain Rumah 2 Lantai dengan Ruang Terbuka (6 x 10 m)

Desain Rumah 2 Lantai dengan Ruang Terbuka
samhouseplans.com
Desain Rumah 2 Lantai dengan Ruang Terbuka (denah)
samhouseplans.com

Kita dapat dengan mudah menemui berbagai inspirasi desain rumah sesuai dengan keinginan. Salah satu caranya melalui dunia maya. Anda dapat berselancar dan menemukan ide yang menarik.

Salah satunya ide rumah di lahan terbatas di atas. Dengan ukuran yang terbatas, rumah 2 lantai ini menawarkan desain minimalis dengan 4 kamar tidur. Perhatikanlah denah untuk detailnya.

12. Desain Rumah 3 Lantai dengan Atap Taman (6 x 10 m)

Desain Rumah Kecil 2 Lantai
samhouseplans.com
Desain Rumah Kecil 2 Lantai dengan Atap Taman (denah)
samhouseplans.com

Rumah sebagai tempat beristirahat setelah aktivitas melelahkan di luar. Sehingga penting untuk membuat hunian yang kita miliki senyaman dan sebagus mungkin.

Salah ide yang menarik adalah membangun taman di atap rumah. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi lahan sempit dan kurang ruang terbuka.

13. Desain Rumah Keren 2 Lantai di Lahan Sempit (6 x 9 m)

Desain Rumah Keren 2 Lantai di Lahan Sempit
samhouseplans.com
Desain Rumah Keren 2 Lantai di Lahan Sempit (denah)
samhouseplans.com

Hobi dan passion bisa menjadi dasar kita dalam membangun rumah. Sebab hunian yang nyaman juga harus bisa mengekspresikan pribadi penghuninya.

Salah satu contoh desain rumah 2 lantai di lahan sempit di atas. Seperti yang Anda saksikan nuansa laut atau pantai sangat terasa dalam struktur fasad bangunan rumah ini. Penggunaan warna biru muda dan putih menggambarkan nuansa laut dan langit.

14. Rumah 2 Lantai dengan 3 Kamar Tidur (5,4 x 9 meter)

Rumah 2 Lantai dengan 3 Kamar Tidur
samhouseplans.com
Rumah 2 Lantai dengan 3 Kamar Tidur (denah)
samhouseplans.com

Menyesuaikan kebutuhan keluarga dengan desain rumah yang akan dibangun perlu untuk dipertimbangkan. Sebab kenyamanan anggota keluarga menjadi hal penting yang harus dipenuhi.

Menjaga privasi setiap anggota keluarga dapat menciptakan suasana keluarga yang lebih harmonis dan hangat.

15. Klasik dan Perpaduan Warna yang Berani (6 x 9,5 meter)

Klasik dan Perpaduan Warna yang Berani
samhouseplans.com
Klasik dan Perpaduan Warna yang Berani  (denah)
samhouseplans.com

Tidak perlu takut menunjukkan ide-ide kreatif, selama tidak melanggar norma-norma yang ada. Permainan warna yang berani pada rumah ini menjadi salah satu inspirasinya.

Anda dapat menciptakan hunian yang terlihat mencolok dan menjadi pusat perhatian dengan hal-hal yang unik dan berbeda. Desain rumah 2 lantai di lahan sempit ini layak ditiru bukan?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.