Daftar Tempat Wisata di Jogja yang Siap Memberikan Pengalaman Berlibur Seru Dan Asyik

Tempat Wisata di Jogja – Jogja merupakan sebuah daerah yang terletak di salah satu pulau terbesar di Nusantara yaitu pulau Jawa. Atau lebih tepatnya berada di provinsi Jawa Tengah. Sekarang, siapa sih yang tidak pernah mendengar kata Jogja? Sudah pasti semua sudah pernah mendengar kata Jogja atau Yogyakarta.

Lantas apa yang anda pikirkan setelah mendengar kata Daerah Istimewa Jogjakarta ? Pasti sebagian dari anda, berfikir tentang potensi wisata yang ada di kota dengan makanan khas gudeg yaitu Jogja. Memang benar siapa saja yang mendengar kata Jogja, hal yang terlintas adalah wisata populer nya seperti Candi Borobudur, candi Prambanan dan masih banyak lainnya.

Tapi tahukah anda, jika kota Jogja masih menyimpan banyak sekali potensi wisata yang mampu menarik minat wisatawan. Mulai dari wisata alam nya, edukasi, sejarah, dan tak ketinggalan kulinernya. Semua tentunya mempunyai sensasi yang berbeda-beda saat dicoba. Nah, untuk itu langsung saja ini dia wisata di Jogja yang mesti anda kunjungi !

Tempat Wisata Hits di Jogja Yang Tak Pernah Sepi Wisatawan

Seperti yang sudah dikatakan, Jogja merupakan sebuah daerah yang mendapatkan julukan  CITY NEVER ENDING ini. Bukan hanya terkenal akan wisata candi saja. Masih ada wisata-wisata lain di Jogja yang sayang untuk anda lewatkan. Penasaran ? Oke ini dia daftar wisata di Jogjakarta yang harus ditambahkan ke daftar destinasi anda!

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
pinterest.com

Candi yang terletak tepat di pusat kawasan Jogja ini, jangan sampai luput dari kunjungan anda. Candi Prambanan merupakan candi bercorak Hindu terbesar di Indonesia. Pun juga menjadi candi terbesar di daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan candi ini sangat megah, ditambah dengan view gunung yang membuatnya semakin mempesona. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik para wisatawan yang berkunjung kemari. Di wisata Jogja ini bahkan selalu banyak dijumpai wisatawan mancanegara atau asing.

Candi ini memiliki relief bangunan yang menceritakan tentang kisah Ramayana, dan Krishnayana. Maka tak aneh jika wisatawan menjadikan tempat wisata ini kaya akan nilai sejarah dan juga seni. Tidak sulit untuk menemukan candi terbesar di Jogja ini, karena seperti yang dibahas sejak awal. Candi ini letaknya amat strategis yaitu berada di jantung kota Jogja. Mulai dari transportasi umum, sampai kendaraan pribadi bisa anda andalkan untuk menuju kemari.

2. Candi Borobudur

wisata di Jogja
www.befreetour.com

Siapa yang masih asing dengan Candi Borobudur ? Pasti semua sudah tidak asing lagi dengan salah satu bangunan 7 keajaiban dunia ini. Candi ini bahkan juga masuk kedalam situs warisan dunia Internasional atau UNESCO. Maka sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia, haruslah bangga karena candi terbesar di Asia Tenggara ini. Berada di negara kita tercinta Indonesia.

Sebenarnya candi Borobudur merupakan kawasan wisata di Magelang. Namun banyak para wisatawan yang memasukkan Candi ini sebagai salah satu destinasi yang harus dikunjungi di Jogja.

Apabila dilihat dari atas candi bercorak agama Buddha ini, tampak membentuk tumbuhan teratai. Candi yang mempunyai 72 stupa ini selalu menjadi salah satu tujuan utama para turis baik dalam negeri atau luar negeri. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jogja, karena memang candi ini terletak di Magelang Jawa Tengah. Anda harus menempuh perjalanan sejauh 40 KM untuk sampai ke candi yang cantik ini. Wisata ini juga termasuk wisata yang luas jadi pastikan bila mengajak buah hati selalu dalam pemantauan anda.

3. Pantai Parangtritis

wisata di Jogja
tstatic.net

Selanjutnya merupakan wisata alam di daerah istimewa Jogjakarta. Sepertinya pantai ini wajib untuk anda tambahkan kedalam daftar destinasi liburan selama di kota Jogja. Pantai parangtritis merupakan pantai yang paling famous atau terkenal di Yogyakarta. Itulah alasan mengapa pantai ini senantiasa ramai akan pengunjung setiap harinya. Selain itu pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar, jadi pastikan anda berhati-hati saat mendekati bibir pantai.

Di tempat ini anda juga bisa mencoba bermain olahraga ekstrem, yaitu paralayang. Tempatnya yakni berada di bukit Parangdong, sehingga bagi anda bisa mencoba sensasi melihat pemandangan pantai parangtritis diatas ketinggian. DI pantai ini berkembang mitos yang mengatakan apabila kemari tidak diperkenankan memakai pakaian berwarna hijau. Terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, ini juga menjadi daya tarik tersendiri baik turis domestik atau turis asing.

4. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Yogyakarta
mgm.slemankab.go.id

Wisata satu ini pun siap menambah daftar panjang list liburan anda di Jogja. Termasuk kawasan wisata yang edukatif dan kental akan nilai sejarah. Akan sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata atau liburan bersama keluarga tercinta. Namanya adalah museum gunung merapi, merupakan salah satu tempat wisata hits yang ada di Kaliurang Jogjakarta. Letaknya tak jauh pula dari wisata hits Jogja seperti keraton Yogyakarta atau Candi Prambanan.

Baca Juga :  15 Menu Makanan Sehat yang Praktis, Enak dan Banyak Manfaat

Museum gunung merapi ini sudah diresmikan sejak tahun 2009. Meskipun sudah terbilang cukup lama, wisata satu ini tidak pernah kehabisan oleh wisatawan yang selalu membludak. Apalagi saat memasuki musim liburan, para wisatawan luar daerah Jogja akan datang kemari untuk turut meramaikan wisata edukatif satu ini. Di wisata Jogja satu ini, di pamerkan karya-karya seni yang melukiskan cerita atau dongens asal gunung merapi. Museum ini juga merupakan sarana pendidikan dan informasi mengenai gunung api dan bencana geologi.

 5. Keraton Yogyakarta

wisata di Jogja
tripjogja.co.id

Salah satu tempat wisata yang kaya akan nilai luhur sejarah dan budaya adalah keraton Yogyakarta. Keraton yang juga termasuk wisata di Jogja ini adalah salah satu bangunan kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh keluarga sultan. Di keraton Yogyakarta ini, pun terdapat museum yang memamerkan barang-baran antik kesultanan Yogyakarta. Waktu yang pas untuk mengunjungi wana wisata budaya ini adalah pagi hari, karena wisata satu ini buka hanya sampai tengah hari yaitu jam 2 siang.

Bila anda butuh tour guide atau pemandu, disini pun banyak pemandu yang siap untuk menjelaskan seputar keraton Yogyakarta. Para pemandu wisata akan menjelaskan mengenai arsitektur bangunan keraton, dan juga sejarah keraton. Tenang saja untuk menyewa seorang tour guide disini, tidak begitu mahal. Disini anda juga bisa mengabadikan momen-momen unik yang mesti diabadikan lewat kamera. Namun anda harus hati-hati agar tidak merusak benda-benda yang ada disini, saat ingin memotret nya.

6. Goa Jomblang

wisata di Jogja
camerawisata.com

Saat anda berkunjung kemari persiapkan kedua mata untuk melihat sebuah keindahan ciptaan Tuhan. Karena di wisata alam cantik ini anda akan disuguhkan panorama indahnya cahaya yang menembus lubang goa atau disebut cahaya surga. Hal-hal unik pun bisa anda temui saat bersentuhan langsung dengan objek wisata alam ini. Seperti menemukan hutan purba yang ada di dalam goa, unik bukan?  Karena benar nyatanya, di goa ini terdapat hutan purba yang bisa dilewati oleh para wisatawan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata menawan satu ini adalah 10 pagi sampe 12 siang.  Karena disaat itulah anda bisa melihat cahaya surga yang katanya begitu indah. Melihat cahaya ini dari dalam goa akan meninggalkan kesan atau pengalaman yang kuat bagi siapa saja yang melihatnya. Jadi mulai sekarang atur jadwal liburan anda saat berada di Jogja. Agar bisa menyaksikan secara langsung cahaya surga yang berada di goa Jomblang Jogjakarta.

7. Pantai Nglambor

wisata di Jogja
mytrip123.com

Wisata di Jogja berikutnya merupakan pertemuan antara daratan dan laut atau disebut pantai. Di jogja terdapat pantai yang bisa digunakan untuk snorkeling, nama atau tempatnya adalah pantai nglambor. Disini memang terkenal akan ombak atau laguna yang ramah untuk kegiatan asyik di pantai salah satunya yaitu snorkeling. Saat snorkeling anda akan ditunjukkan pemandangan indah kekayaan bawah laut. Seperti terumbu karang yang cantik, dan ikan-ikan yang berenang bersama anda.

Selain itu disini juga terdapat spot-spot foto yang kece untuk memenuhi feed instagram anda. Sehingga tak heran banyak para fotografer yang mengabadikan momen bersama dengan modelnya kemari. Biasanya di pantai ini akan banyak dijumpai pula pasangan yang sedang melangsungkan photo shoot pra weeding. Tak hanya itu saja, di pantai ini anda juga bisa menyeberangi sebuah pulau kecil menggunakan jembatan tali. Jadi siapkan nyali anda untuk melewati jembatan tali ini. Karena keberanian anda akan benar-benar diuji disini.

8. Jalan Malioboro

wisata di Jogja
www.alodiatour.com

Jalan malioboro merupakan satu kawasan yang ada di Jogja Jawa Tengah. Pasti telinga anda sudah tak asing lagi saat mendengar kawasan Jl. Malioboro. Memang benar Malioboro adalah jalan yang paling terkenal di Yogyakarta. Bila anda berkunjung kemari, anda tak boleh kaget dengan pengunjung yang selalu tampak ramai dan sesak. Karena memang kawasan ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Di sepanjang jalan Malioboro, terdapat toko pedagang kaki lima yang menjual aneka macam barang. Mulai dari pakaian, kerajinan tangan, bahkan kuliner semuanya ada dan bisa anda dapatkan disini. Bahkan juga terdapat andong atau delman yang siap mengantar anda mengelilingi kawasan Malioboro. Bahkan bila anda berkunjung saat malam hari. Anda akan dihibur dengan beberapa grup musik jalanan dengan lagu-lagu yang siap menghibur hati anda. Dijamin anda akan mendapati pengalaman berlibur yang seru, dan tak akan pernah terlupakan di wisata Malioboro.

Baca Juga :  Pengalaman Liburan ke Jogja yang Asyik Bersama Teman-Teman Kuliah

9. Kebun Buah Mangunan

wisata di Jogja
visitingjogja.com

Kebun buah Mangunan menawarkan panorama pemandangan alam yang cantik sekali. Menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang hits, maka tak boleh anda lewatkan kesempatan untuk datang kemari. Salah satu keindahan yang ada di objek wisata satu ini adalah view kabut yang indah. Anda bisa menyaksikan nya secara langsung dari ketinggian. Saat itu juga bisa mengabadikan momen epic itu dengan kamera telepon genggam, atau kamera profesional anda.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata di Jogja satu ini yaitu pagi hari. Agar masih bisa melihat pemandangan matahari terbit yang diselimuti oleh kabut. Bagaimana sudah punya bayangan keindahan yang ditawarkan di wisata ini ? Daripada anda menduga duga pemandangan yang tersaji disini. Langsung saja anda datang dan lihat sendiri pemandangan yang tak akan pernah anda dapatkan di sibuk nya kota. Tenang saja rute menuju wisata satu ini tergolong mudah kok.

10. Tebing Breksi

wisata di Jogja
tstatic.net

Tebing breksi merupakan salah satu wisata di Jogja yang tergolong baru. Meskipun tergolong wisata anyar, namun destinasi liburan satu ini juga cukup ramai dikunjungi para pengunjung. Dulunya sebelum menjadi wisata yang hits, awalnya hanya sebuah tempat bekas tambang batu kapur. Namun  siapa sangka jika hasil keruk batu kapur tersebut, menghasilkan aneka bentuk  yang cantik dan unik untuk dijadikan spot foto.

Rekomendasi mengunjungi tempat wisata di Jogja ini adalah pagi atau sore hari. Karena pada saat itu pencahayaan akan mendukung kebutuhan foto anda. Setiap hari wisata ini selalu banyak dihinggapi oleh kaum remaja atau anak muda. Karena para generasi jaman now ini sedang mencari-cari spot foto untuk di unggah ke media sosial. Seperti facebook, instagram, twiter, dan lainnya.

11. Pantai Timang

wisata di Jogja
travelingyuk.com

Pantai satu ini cocok sekali bagi anda yang gemar menantang rasa takut dalam diri. Pantai Timang memang berbeda dengan pantai kebanyakan di Jogja lainnya. Disini yang menjadi daya tarik bukan hanya keindahan biru nya laut. Tidak juga berupa pasir yang putih dan lembut. Daya tarik utama wisata di Jogja satu ini adalah sebuah kereta gantung atau gondola yang mengantarkan anda menyebrangi laut pantai selatan yang sangat ekstrem.

Siapkan keberanian anda untuk menyebrangi laut pantai selatan yang terkenal dengan ombak ganas. Para wisatawan di pantai ini, bahkan rela mengantri untuk bisa merasakan bergantung di atas air laut yang ombak nya terdengar keras. Tentunya dibutuhkan keberanian ekstra untuk bisa menaklukkan aktivitas yang tergolong ekstrem ini. Bagaimana sobat traveling, tertarik untuk mencobanya? Siapkan diri anda agar bisa menaklukkan kereta gantung ini.

Tempat Wisata Kuliner Khas Jogja

Selain wisata yang sudah disebutkan sebelumnya, kota Jogja juga masih menyimpan potensi wisata lainnya yaitu kuliner. Siapa yang tak tahu kuliner di Jogja yang sekaligus menjadi makanan khas Jogja yakni Gudeg? Sebenarnya masih ada banyak makanan khas Jogja yang mesti anda cicipi. Baiklah kalau begitu tanpa berlama-lama ini dia daftar kuliner jogja yang lezat sekali.

1. Gudeg

wisata di Jogja
global.cpcdn.com

Nah, tentu saja daftar makanan khas Jogja atau kuliner Jogja yang pertama adalah gudeg. Gudeg merupakan salah satu kuliner yang legendaris. Gudeg juga merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama yaitu nangka muda yang dimasak dengan santan kelapa. Makanan khas Jogja satu ini memiliki warna coklat yang dihasilkan oleh daun jati saat dimasak bersamaan. Gudeg pada umumnya dimakan dengan nasi putih kemudian disajikan dengan kuah kental yang dinamakan areh.

2. Krecek

wisata di Jogja
tirto.id

Krecek adalah nama dari makanan khas Jogja yang terbuat dari kerupuk kulit dan dimasak bersama dengan sambal. Rasanya tak perlu dipertanyakan lagi, pasti sangat lezat dan membuat siapa saja tak sabar untuk mencicipinya. Banyak para wisatawan yang datang ke Jogja untuk mencoba kuliner satu ini. Kebanyakan dari mereka juga menyantap nya dengan tambahan nasi gudeg.

3. Bakpia Pathuk

wisata di Jogja
tstatic.net

Nah kalau kuliner satu ini, juga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga dirumah. Bakpia pathuk merupakan salah satu kuliner Jogja yang tak pernah sepi akan peminatnya. Dapat dipastikan jika anda sedang mengelilingi kota Jogja, pasti akan sangat mudah menemui oleh-oleh ini. Bakpia pathuk adalah kue yang berbentuk bulat pipih, yang didalamnya terdapat aneka toping. Seperti kacang hijau, coklat, atau keju.

Itulah tadi pembahasan wisata di Jogja, mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, bahkan kuliner nya. Bagi anda yang sudah tak sabar ingin mengunjungi Jogja. Segera atur jadwal atau schedule anda supaya bisa mendapatkan waktu yang pas.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.