13 Tempat Wisata di Semarang yang Menyita Perhatian Wisatawan

Wisata di Semarang cukup sukses menyita perhatian para turis untuk datang ke kota yang dijuluki Venetië van Java ini. Memang tak aneh jika para wisatawan domestik atau mancanegara memilih Semarang sebagai destinasi wisata nya. Sebab kota ini memang menyimpan potensi wisata yang terbilang cukup beragam.

Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, edukasi dan tak ketinggalan kuliner, bahkan ada pula wisata yang penuh misteri. Semua tentunya mempunyai daya tarik masing-masing yang sukses menyita perhatian para pelancong kota Semarang.

Jika anda adalah warga negara Indonesia yang berdomisili di Jawa Tengah. Pasti sudah tak asing lagi saat anda mendengar kata kota Semarang. Yup, kota Semarang adalah ibu kota provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga termasuk kedalam salah satu kota tua di Indonesia.

Sekarang seiring berjalannya waktu, kota tua ini menjelma menjadi kota metropolitan. Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kita akan membahas wisata yang ada di kota Semarang. Pastikan daftar wisata dibawah ini jangan anda lewatkan saat hinggap di kota dengan makanan khas lumpia ini.

Wisata Populer di Semarang yang Banyak Didatangi Wisatawan

Oke pembahasan yang pertama kita akan menggali informasi apa-apa saja sih, wisata yang ada di Semarang. Sebab seperti yang telah dikatakan sejak awal, Semarang merupakan salah satu kota yang potensial sekali akan wisata nya. Maka tak lengkap rasanya jika membahas Semarang, bila tidak membahas wisata yang ada disini. Baiklah ini dia list wisata di Semarang yang populer alias hits.

1. Lawang Sewu

wisata di Semarang
www.kepogaul.com

Daftar tempat wisata pertama yang wajib anda kunjungi saat berlibur di kota Semarang adalah lawang sewu. Tempat wisata di Semarang ini termasuk kedalam wisata sejarah sekaligus misteri loh sobat travelling. Karena memang gaya gedung era kolonial ini memiliki atau menyimpan sebuah misteri.

Gedung tua ini juga masih berdiri kokoh hingga sekarang, tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri oleh para pendatang kota Semarang. Para wisatawan yang datang kemari pasti akan merasakan suasana yang nyaris tak pernah didapatkan di wisata lain.

Jika ditelusuri lebih jauh, gedung ini yang menjadi saksi sejarah kekejaman era kolonial pada saat zaman dulu. Karena di wisata ini, terdapat sebuah penjara dibawah tanah, dan konon katanya dijadikan tempat untuk mengurung para masyarakat yang melawan kolonial.

Baca Juga :  Wisata Kuliner Malang yang Lezat dan Wajib di Kunjungi Wisatawan

Nah, kalau soal nama wisata ini, berasal dari bahasa Jawa yaitu lawang sewu yang berarti seribu pintu.

Terlepas dari kesan atau cerita negatif pada salah satu wisata di Semarang ini. Wisata ini tetap menjadi wisata yang terpopuler di kota Semarang.

2. Lembah Kalipancur

wisata di Semarang
travelspromo.com

Tempat wisata di Semarang satu ini dapat dikatakan wisata yang mulai hits. Salah satu daya tarik dari wisata Semarang ini ialah mengusung konsep pedesaan. Sehingga membuat siapa saja yang kesini, merasa betah dengan udara nya yang sejuk khas desa.

Dengan berbagai macam fasilitas hiburan yang disediakan kemari, tentunya siap menambah kenyamanan anda para wisatawan. Kolam renang alami, kandang rusa, taman bunga, sepeda air, adalah sederet fasilitas yang bisa anda peroleh disini.

Nah fasilitas lainnya yaitu untuk memuaskan rasa lapar di perut para wisatawan. Yup disini terdapat berbagai macam kuliner yang siap menghempas keroncongan di perut anda. Beberapa kuliner di sini, kebanyakan berupa olahan ikan air tawar.

Sehingga sangat cocok bagi anda yang sudah letih berputar-putar menjelajahi wisata di Semarang satu ini. Kemudian melepas rasa letih sekaligus lapar ditemani makanan yang pastinya sangat lezat. Tertarik untuk kemari ? kunjungi saja Jl. Raya Kalipancur, Manyaran, Kec. Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

3. Ayanaz Gedongsongo

wisata di Semarang
www.joglowisata.com

Wisata di Semarang berikutnya merupakan golongan wisata kekinian di Semarang. Wisata satu ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga tercinta.

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Turki untuk bisa berpose dengan balon udara. Sebab apabila berkunjung kemari, anda akan diperlihatkan spot-spot foto yang unik salah satunya adalah balon udara dan bubble tent. Jadi akan sangat cocok untuk anda yang membawa anak-anak muda milenial kemari. Pasti mereka akan merasa senang bisa berburu atau hunting foto sebanyak-banyaknya.

Jika minat berkunjung kemari, sepertinya anda harus mulai menyusun agenda atau jadwal. Karena destinasi wisata ini memiliki jam operasional mulai dari pukul 8 pagi, sampai 7 sore. Maka pastikan sobat travelling, datang kemari di jam yang sudah menjadi ketentuan tadi.

Setiap harinya Ayanaz Gedongsongo senantiasa ramai pengunjung. Bahkan jika hari libur, wisata ini terlihat sangat ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah. Oke untuk alamat wisata Semarang ini berada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan.

4. Pantai Baruna

wisata di Semarang
www.javatravel.net

Wisata di Semarang satu ini termasuk kedalam golongan wisata alam. Wisata alam memang punya tempat tersendiri di hati para wisatawan. Tak terkecuali wisata alam di Semarang satu ini, yaitu wisata pantai Baruna. Pantai baruna merupakan sebuah pinggiran laut yang langsung mengarah ke laut lepas biru.

Mempunyai pemandangan yang amat menakjubkan, dipenuhi dengan ilalang dan juga pohon-pohon rindang berwarna hijau. Membuat siapa saja yang menyaksikan pemandangan ini seakan-akan berada di tempat yang nyaman sekali.

Baca Juga :  11 Makanan Tradisional Khas Indonesia dan Daerah Asalnya

Kemudian yang sukses menambah kenyamanan wisatawan disini adalah, terdapat beberapa penjual makanan ringan. Tentunya hal ini akan membuat anda semakin betah untuk berlama-lama.

Disini anda juga bisa berfoto ria bersama orang tersayang anda. Dengan background foto panorama biru nya laut, bahkan jika anda berkunjung saat matahari terbenam. Pemandangan yang tersaji akan lebih cantik sekaligus menawan. Namun bila anda berkunjung kemari tak usah berenang, mengingat ciri khas laut selatan yang memiliki ombak ganas.

5. Waduk Jatibarang

wisata di Semarang
www.jejakpiknik.com

Waktu yang pas untuk mengunjungi wana wisata satu ini ialah sore hari. Sebab bila anda datang saat sore hari wisata di Semarang ini akan tempak lebih indah dengan view matahari terbenam.

Waduk Jatibarang dapat dikatakan sebagai wisata baru di kota Semarang. Karena waduk Jatibarang baru selesai pembangunan pada tahun 2014. Maka hal ini lah yang membuat wisata ini tergolong baru. Walau tergolong baru, wisata satu ini tidak kalah menyita perhatian para turis.

Bila anda berkunjung kemari, anda bisa melakukan aneka aktivitas seru. Seperti menaiki kapal atau speed boat yang bisa anda sewa untuk sekedar mengelilingi danau di waduk Jatibarang. Selain itu anda juga bisa memancing ikan, bagi anda yang gemar aktivitas tersebut.

Suasana indah dan sejuk akan menemani anda saat berada disini. Pastinya anda akan dibuat nyaman dan tentunya betah berlama-lama. Pastikan anda juga membawa kamera untuk mengabadikan momen yang sulit diulang jika sudah kembali ke kota asal.

6. Museum Kereta Ambarawa

wisata di Semarang
holamigo.id

Lokasi dari wisata satu ini yaitu di Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang. Bila anda bersama keluarga berkunjung kemari, pasti bisa menambah pengetahuan seputar lokomotif.

Sesuai namanya yaitu museum kereta Ambarawa, yang berarti disini anda bisa mendapatkan ilmu tentang aneka jenis kereta yang pernah digunakan di negara tercinta kita Indonesia. Beberapa jenis dari kereta tersebut merupakan peninggalan dari zaman atau era kolonial contohnya kereta uap.

Koleksi kereta yang ada di museum ini yaitu berjumlah 21 lokomotif. Bahkan tahukah anda, beberapa kereta atau lokomotif disini sudah berusia ratusan tahun. Malah kereta yang berusia ratusan tahun ini masih dapat difungsikan.

Beberapa kereta yang masih bisa beroperasional bisa anda naikki untuk berkeliling menikmati pemandangan. Pemandangan yang dihadirkan disini sangatlah indah. Karena objek wisata satu ini dikelilingi perbukitan dan pegunungan yang luar biasa indahnya.

7. Kota Lama Semarang

wisata di Semarang
wartaekonomi.co.id

Tidak ingin kalah dengan ibu kota Jakarta yang punya kota tua. Semarang juga memiliki wisata kota tua yang banyak digemari oleh para wisatawan lokal atau asing. Letaknya berada di Jl. Letjen Suprapto No. 22, Tanjung Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang menjadi saksi bisu atas sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam menghadapi penjajah. Hal yang paling menarik di wisata ini yaitu, tempat ini sering dipakai untuk pengambilan gambar beberapa film terkenal di Indonesia.

Merasakan sensasi kembali ke masa lalu di dukung dengan suasana arsitektur bangunan yang bernilai seni. Tentunya juga menjadi daya tarik wisatawan yang cukup menyita perhatian. Juga ini merupakan kesempatan bagi anda yang gemar fotografi.

Anda bisa mencari aneka titik atau spot foto yang apik dan klasik. Bagaimana merasa tertarik dengan wisata di Semarang satu ini? Langsung saja kunjungi alamat yang sudah tertera diatas. Dijamin anda akan merasakan senang dan mendapatkan pengalaman liburan yang seru disini.

8. Taman Bunga Celosia

wisata di Semarang
explorewisata.com

Tempat wisata di Semarang selanjutnya tidak kalah menyita perhatian para wisatawan. Wisata satu ini menghadirkan konsep lain dari yang lain. Sehingga tak heran jika para wisatawan berbondong-bondong datang kemari untuk merasakan sensasi yang disajikan disini.

Hal uniknya yaitu disini dalam satu area anda dapat menjelajahi tiga destinasi sekaligus. Seperti taman celosia, rural japanese, white marine park, litle Italy, dan banyak destinasi lainnya yang tak kalah hits nya.

Taman Bunga Celosia berlokasi di Jalan ke Candi Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, kota Semarang Jawa Tengah.

Anda juga bisa menikmati sekaligus merasakan suasana di taman lampion dan lorong tanpa batas, disini anda bisa berburu spot foto yang instagramable. Harga tiket masuk atau HTM di wisata taman bunga celosia ini cukup terjangkau yakin 20.000 sampai 25.000 rupiah.

Adapun jam operasional dari wisata di Semarang satu ini yaitu 07.30 pagi hingga 23.00 malam. Pasti anda sudah tak sabar untuk berkunjung kemari kan ?

9. Taman Mini Mania

wisata di Semarang
rutemu.com

Taman mini Mania merupakan suatu wisata yang cukup terkenal di Semarang. Letaknya berada di kawasan Cimory on the Valley, Jalan Soekarno Hatta KM 30, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas Semarang Jawa Tengah.

Tempat satu ini sekaan menjadi idola baru bagi para wisatawan. Karena memang wisata satu ini punya segalanya untuk menarik para pengunjung nya. Mulai dari menghadirkan bangunan iconic, seperti menara Eiffel, patung Liberty yang ada di USA, Menara pisa Italia, Piramida Mesir, dan masih banyak bangunan iconic lainnya.

Nah untuk jam operasional mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore. Jadi anda bisa cukup lama untuk berburu foto kekinian disini. Pastikan anda juga membawa camera atau bisa juga memakai camera di telepon genggam.

Lalu soal harga tiket masuk, tidak perlu khawatir. Harga tiket masuk menuju kemari tidak akan membuat isi kantong anda terkuras habis. Dengan menggeluarkan budget sebesar 25.000 rupiah saja, anda sudah bisa menikmati segala yang ada disini.

10. Pantai Marina

wisata di Semarang
www.pantainesia.com

Apabila anda berkunjung ke wisata Semarang satu ini. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru bersama keluarga tercinta. Mulai dari menaiki perahu yang disediakan oleh para penduduk sekitar. Lalu bagi anda yang suka dengan aktivitas memancing tempat ini juga dirasa pas. Bahkan wisata di Semarang satu ini merupakan rekomendasi tempat memancing.

Di pantai Marina ini juga memiliki kekayaan alam laut yang sangat mempesona. Seperti terumbu karang yang masih terawat dengan baik, sebab memang pantai ini mengarah langsung ke samudera. Selain itu juga banyak ikan-ikan kecil hingga berukuran sedang yang berenang-renang. Tempat yang asyik untuk menghabiskan hari bersama keluarga tercinta bukan ?

Wisata Kuliner Semarang Yang Mesti Anda Coba Kelezatannya

Selanjutnya kita akan membahas beberapa kuliner yang ada di kota yang menjadi ibu kota Jawa Tengah yakni Semarang. Ini dia beberapa makanan khas Semarang yang mesti anda coba kenikmatannya.

1. Lumpia Semarang

wisata di Semarang
tokopedia.net

Seperti yang sudah dikatakan sejak awal, Semarang merupakan kota yang identik dengan makanan khas Lumpia. Lumpia memang sudah terkenal sebagai salah satu kuliner khas Semarang yang wajib anda coba saat berkesempatan berkunjung ke Semarang.

Lumpia terbuat dari adonan tepung yang dikasih atau diberi isian yang beragam-ragam bahan. Kemudian digulung, dan dicelupkan kedalam minyak panas. Perpaduan antara semua bahan semakin membuat cita rasa makanan khas Semarang ini semakin lezat dan nikmat.

2. Nasi Ayam Semarang

wisata di Semarang
airyrooms.com

Makanan yang enak dan membuat ketagihan berikutnya adalah nasi ayam Semarang. Makanan khas Semarang satu ini menjadi kuliner yang tak boleh anda lewatkan tentunya. Berisikan nasi liwet ditambah telur rebus lalu ditaburi potongan ayam kemudian disiram dengan kuah opor yang kental.

Nah untuk anda yang gemar makan makanan pedas, bisa menambahkan nya dengan sambal goreng jipan. Biasanya atau pada umumnya masakan satu ini disajikan bersama dengan teh hangat. Sehingga akan terasa pas sekali setelah menghabiskan nasi ayam, baru meminum teh hangat yang manis.

3. Soto Bangkong

wisata di Semarang
ksmtour.com

Menu kuliner terbaik khas kota Semarang berikutnya ialah soto bangkong. Makanan khas Semarang satu ini memang sudah sangat terkenal akan kelezatan nya. Salah satu tempat yang menyediakan kuliner sedap ini adalah rumah makan di jalan Brigjen Katamso.

Sampai saat ini, rumah makan yang ada di kota Semarang ini selalu ramai akan pelanggan yang datang tak hanya dari Semarang saja. Bahkan sangking terkenalnya soto bangkong telah membuka cabang di berbagai kota besar Indonesia.

Oke itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa anda jadikan opsi. Untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Semua punya hal-hal seru yang berbeda-beda pula pastinya. Jadi jika anda sedang menyusun jadwal untuk berkunjung ke Semarang. Jangan lewatkan tempat wisata di Semarang tersebut.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.