17 Kreasi Daur Ulang yang Inovatif dan Mudah dibuat

Kreasi Daur Ulang – Barang-barang daur ulang seperti botol bekas, kertas, kaleng, CD, dan barang-barang tak terpakai di sekitar kita ternyata masih bisa digunakan lagi jika kita ingin sedikit berkreasi. Dengan memanfaatkan kembali barang-barang bekas, maka akan membantu mengurangi dampak yang ditimbulkan karena proses pembakaran sampah.

Untuk memulainya, Anda bisa mulai mengumpulkan barang-barang tidak terapakai lagi di dalam rumah. Setelah telah terkumpul anda bisa mulai berkreasi dengan melihat berbagai kreasi daur ulang unik dari internet. Agar lebih mudah InformZone.com akan memberikanmu artikel tentang berbagai kreasi daur ulang yang bisa kamu coba di rumah. Selamat berkreasi. 🙂

1. Roket Jet Pack

kreasi daur ulang roket jet packs
doodlecraftblog.com

Dengan mengunakan dua botol plastik bekas minuman bersoda dan beberapa kain flanel Anda bisa membuat mainan yang keren. Mainan ini tampak seperti sebuah Roket Jet Pack, sebuah ransel punggung dengan roket yang digunakan untuk terbang seperti pada film-film science-fiction atau fiksi ilmiah.

Dua botol bekas soda berukuran besar dicat dengan warna perak atau abu-abu cerah dan kemudian keduanya direkatkan dengan lem kuat agar menyatu. Kain flanel dipotong secara zig-zag agar tampak seperti api, digunakan kain berwarna orange dan kuning agar menyerupai warna api. Setelah api dari kain flanel selesai, selanjutnya kedua kain tersebut direkatkan pada mulut botol, jadilah Roket Jet Pack.

2. Sapu dari Botol Plastik

kreasi daur ulang sapu dari botol plastik
ep72.ru

Ide ini sangat berguna sekali, karena dapat menyulap sampah botol menjadi Sapu yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoran. Bahan yang digunakan adalah 5 buah botol plastik berukuran besar dan satu buah tongkat kayu sebagai pegangan sapu.

Ambilah 4 buah botol plastik dan potong bagian dasar botol, kemudian gunting botol dari bawah keatas agar berbentuk seperti rambut pada sapu. Ambil 3 botol yang sudah di gunting dan potong bagian mulut botol. Kemudian letakkan 3 botol tersebut ke bagian atas 1 botol yang telah digunting tadi.

Botol terakhir dipotong 1/3 ukurannya dari mulut botol. Masukkan 4 botol yang sudah disatukan tadi ke dalam botol yang terakhir. Satukan 5 botol tadi dengan tongkat kayu dengan menggunakan kawat, harap berhati saaat hendak melakukannya dan minta tolong pada orang dewasa agar aman.

3. Bingkai Foto

kreasi daur ulang bingkai foto
youtube.com

Sebuah bingkai foto yang berkilau dan tampak cantik pada gambar di atas terbuat dari kepingan CD bekas. Bahan yang diperlukan untuk membuat bingkai foto sperti itu adalah bingkai foto ukuran apa saja atau bisa kardus atau papan kayu yang terpakai dan tidak lupa beberapa CD bekas. Jumlah CD tergantung seberapa besar bingkai foto yang ingin dibuat.

Pertama, siapkan CD bekas, kemudian gunting menajdi potong-potongan kecil, ingat hati-hati agar tidak sampai terluka terkena gunting. Kemudian susun potongan kecil CD tersebut di atas papan kayu membentuk persegi. Rekatkan potongan CD tadi menggunakan lem kuat agar menempel dengan kuat.

4. Kebun Vertikal

gallaery.ykt.ru

Pada gambar di atas tampak ditunjukkan sebuah kebun vertikal yang dibuat menggunakan pot dari botol-botol plastik bekas. Sebuah kebun vertikal yang akan menghiasi halaman dinding rumahmua dan membutnya tampak lebih hidup. Ditambah dengan adanya tanaman menjadikan lingkungan disekitarnya menjadi lebih sejuk.

Cukup mudah unutk membuat kebun vertikal seperti gambar di atas. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah botol bekas yang bisa didapatkan dari pemulung atau dari sampah botol di sekitar rumah Anda. Gunakan botol dengan warna yang berbeda-beda agar lebih menarik.

Cara membuat pot adalah dengan memotong bagian tengah botol dan melubangi bagian yang berlawanan dengan paku agar air tidak menggenang di dalam pot. Setelahitu tinggal letakkan tanaman di dalam pot tersebut. Anda bisa menggantung dan menyusun pot tersebut dengan tali kawat yang diikatkan di dinding.

5. Gantungan Dinding

furnituredekho.com

 

Gantungan kunci dari bola tenis tampak lucu dan unik untuk menghias rumahmu dan memudahkanmu menyimpan kunci agar mudah ditemukan. Selain untuk meletakkan kunci, alat ini juga bisa digunakan untuk meletakkan koran atau surat-surat dan barang kecil lainnya pada dinding rumahmu.

Artikel Terkait  Cara Membuat Origami Mawar dan Naga yang Mudah Bagi Pemula

Hanya dengan mengunakan bola tenis bekas kamu dapat membuat alat ini. Pertama siapkan bola tenis, kemudianpotong bagian tengah bola dengan cutter. Sebagai tambahan Anda bisa menambahakan mata pada bola yang membuatnya terlihat seperti Pac-man. Anda bisa menempelkan bola tersebut di dinding menggunakan paku agar tidak jatuh.

6. Dompet Serba Guna

hayatouki.com

Mungkin terkadang kita suka kesulitan merapikan dan menyimpan pernak-pernik, mur dan baut serta benda kecil lainnya. Sebagai solusi Anda bisa membuat tempat penyimpanan ata dompet untuk menyimpan semua manik-manik tadi agar tidak berceceran dan hilang.

Bahan yang dibutuhkan adalah dua buah botol ukuran apa saja, disesuaiakan dengan ukuran dompet yang ingin dibuat. Potong bagian bawah botol dengan tinggi sekitar 8 cm atau bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Buatlah sebanyak 2 buah, satu sebagai wadah dan satunya sebagai penutup. Beri resleting agar dompet bisa dibuka dan ditutup dengan mudah, Anda bisa merekatkan resleting dengan lem kuat.

7. Mainan Kumbang

youtube.com

Sebuah kreasi yang keren dan menyenangkan untuk dibuat. Kreasi mainan kumbang ini dapat berguna untuk mengedukasi dan memperkenalkan anak-anak untuk lebih mengetahui serangga yang satu ini. Kreasi ini tampak lebih menyenangkan karena Anda bisa dengan bebas membuat kumbang dengan berbagai warna sesuai kreasi Anda.

Bahan yang dibutuhkan adalah botol plastik bekas, mata mainan, bola pingpong, dan cat untuk mewarnai kumbang. Badan kumbang dibuat dari bagian bawah botol bekas minuman bersoda kepala kumbang dibuat dari bola pingpong. Kemudian semuanya di beri warna sesuai agar tampak lebih menarik dan lucu.

8. Lampion Gantung dari Gelas Kertas

youtube.com

Dengan memanfaatkan gelas kertas bekas pesta, Anda bisa membuat sebuah lampion yang tampak berbeda dari biasanya. Lampion ini berbentuk seperti sebuah bintang yang memiliki 12 pucuk. Setiap pucuknya terbuat dari satu buah gelas kertas.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Pertama, siapkan 12 gelas kertas bekas, lampu kecil, dan benang unutk menggantung lampu. Bentuk mulut gelas menjadi persegi enam kemudian susun hingga menyerupai gambar di atas dan Anda bisa menyatukannya dengan lem kertas biasa. Sebelum berbentuk bulat sempurna masukkan lampu ke dalamnya, kemudian tutup dan gantungkan lampion buatanmu.

9. Tempat Lilin

youtube.com

Sebuah penerangan yang membuat suasana di rumahmu menjadi romantis dan mewah. Dengan memanfaatkan lilin, kaleng bekas biskuit, tali, dan hanger baju Anda bisa membuat sebuah lampu hias yang akan mempercantik interior rumah Anda.

Pertama, Anda bisa mulai dengan menghias kaleng bekas dengan membungkusnya menggunakan kertas kado atau kertas warna agar tampak lebih bagus. Kemudian gantung kaleng-kaleng tersebut menggunakan tali wol yang diikatkan pada hanger. Setelah siap, letakkan lilin di dalam kaleng dan terakhir nyalakan lilinnya.

10. Kanopi Tempat Parkir

localsolo.com

Sebuah ide yang luar biasa keren menurut saya, hanya dengan menggunakan botol plastik bekas, tempat parkit mobil bisa disulap menjadi begitu indah dengan warna-warni cahaya mtahari yang menembus botol. Sebuah kanopi yang membuat mobil agar tidak kepanasan serta membuat tempat parkirmu menjadi lebih berwarna.

Kanopi dibuat dengan mengunakan banyak botol plastik bekas yang semuanya diikatkan pada sebuah kerangka besi agar kuat dan tahan lama. Bagian bawah botol di cat dengan warna yang bermacam-macam, sehingga membuat cahaya matahari tidak secara langsung mengenai kendaraan yang diparkir dan sekaligus membuatnya lebih berwarna.

11. Robot dari Komponen Elektronik Bekas

pinterest.com

Sebuah mainan yang keren dan kreatif, karena mampu memanfaatkan berbagai komponen elektronik bekas menjadi sebuah mainan berbentuk robot. Terkadang kita nbanyak komponen elektronik tercecer diseitar kita, misal di dalam TV bekas, radio bekas, dan alat-alat elektronik lainnya yang telah rusak.

Biasanya alat-alat tersebut rusak karena ada beberapa komponen yang rusak, daripada dibuang ke tempat sampah lebih baik kita sulap menjadi mainan robot-robotan seperti gamabr diatas. Bentuk dari mainan robot Anda sesuaikan dengan kreatifitasmu atau mengikuti conoth di atas, bahkan jika Anda mempunyai banyak komponen bekas, buatlah mainan dengan ukuran yang lebih besar.

12. Gitar

wikihow.com

Kreasi yang satu ini membuat saya teringat masa kecil saya, dulu saya sering membuat gitar-gitaran yang hampir mirip seperti gabar di atas. Sangatlah menyenangkan, karena ketika bermain gitar ini saya merasa menjadi seorang gitaris hebat. Meskipun suara yang dikeluarkan tidak seperti gitar asli, tapi cukup membuat anak-anak merasa senang.

Artikel Terkait  13 Nama Robot Transformers yang Muncul di Dalam Film

Anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan kotak tisu bekas, karet, kertas karton atau kalender bekas, dan manik-manik untuk menghiasi gitar. Pertama Anda bisa mulai dengan menyiapkan semua bahan dan peralatan, alat yang digunakan yaitu gunting dan lem. Kemudian ambilah kotak tisu dan letakkan karet dibagian tengah selanjutnya rekatkan dengan lem. Kemudian gulung kertas dan tempelkan pada salah satu sisi kotak.

13. Boneka Binatang

blog.brightstarkids.com.au

Sebuah mainan lucu berbentuk binatang seperti monyet, singa, dan gajah. Semua boneka ini dibuat menggunakan roll bekas tisu toilet. Mainan ini bisa digunakan untuk mengedukasi anak-anak agar bisa mengetahui berbagai suara hewan yang ada di hutan.

Dengan menggunakan roll bekas ini Anda bisa membuat berbagai jenis hewan sesuai kreasi dan keinginan. Untuk membuatnya Anda perlu menyiapkan roll bekas, kertas warna, dan mata mainan. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah boneka singa, perlu disiapkan kertas berwarna kuning dan coklat, roll tisu, dan mata mainan.

Gunting bagian bawah roll tisu yang nantinya akan menjadi kaki, kemudian buat rambut singa dengan kertas berwarna coklat. Setelah selesai susun dan tempelkan semua potongan-potongan agar berbentuk seperti singa. Terakhir tambahkan mata mainan agar lebih boneka terlihat lebih nyata.

14. Pot Bunga Lucu

rosecarpet.fr

Sebuah pot tanaman yang terbuat dari botol bekas. Sebuah kreasi yang memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan. Ide membuat pot berbentuk seperti kucing ini, menurut saya sangat cerdas, karena pembuatnya mampu membuat sebuah kreasi yang tampak begitu hidup dan enak dilihat.

Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu botol bekas, cat putih, spidol permanen berwarna hitam dan pink, serta alat potong berupa gunting. Langkah pertama, potong botol plastik agar berbentuk seperti kepala kucing, yang paling penting adalah bagian telinganya. Setelah itu cat dengan warna putih dan lukis wajah kucing menggunakan spidol.

15. Lampu Meja Berbentuk Karangan Bunga

personalise.co.uk

Sebuah lampu berbentuk karangan bunga yang terlihat begitu elegan dan indah. Semuanya dibuat mennggunakan botol plastik bekas yang sudah tak terpakai. Pada gambar di atas digunaan botol berwarna biru, namun Anda bisa menggunkan warna lainnya untuk membuat karangan bunga yang berbeda.

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat satu karangan bunga seperti gambar adalah sekitar 15 botol. Bagian botol yang digunakan adalah bagian bawahnya saja, untuk membuat seperti gambar gunakan botol bekas minuman soda. Setelah semua bagian bawah botol sudah dipoting, selanjutnya rekatkan dengan lemkuat menjadi berbentuk bola. Terakhir letakkan lampu agar karangan bunga bisa menyala.

16. Vas Bunga

boredpanda.com

Vas bunga transparan yang tampak cantik dan indah untuk menghiasi, cocok digunakan sebagi dekorasi ruang agar susananya menjadi lebih hidup dan natural. Meskipun terbuat dari barang tak terpakai atau bekas, namun bisa digunakan lagi menjadi sebuah vas yang bagus dengan sedikit kreativitas.

Vas bunga tersebut dibuat menggunakan botol plastik bening. Bagian botol yang digunakan adalah kira-kira 2/3 dari tinggi botol. Bagian yang tidak diperlukan dipotong. Kemudian bagian bawahnya digunting sehingga berbentuk seperti kelopak bunga, kemudian semuanya dilipat ke dalam sehingga menjadi lebih pendek.

17. Tempat Perhiasan

yplakal.com

Tempat perhiasan yang unik dan kreatif ini akan membantumu menyimpan dan memajang perhiasan-perhiasan yang Anda punya. Tempat perhiasan ini bisa diletakkan di meja rias, sehingga akan memudahkan jika ingin memakai perhiasan.

Bahan yang dibutuhkan adalah 4 buah botol plastik bekas, tangkai besi, mur dan baut. Pertama siapkan semua bahan dan peralatan. Kemudian potong bagian bawah botol yang nantinya akan menjadi tempat menaruh perhiasan. Selanjutnya lubangi dengan bor bagian tengah botol dan masukkan tangkai besi ke dalamnya. Terakhir agar posisi botol tidak berpindah gunakan mur dan baut untuk menyokongnya.

Satu pemikiran pada “17 Kreasi Daur Ulang yang Inovatif dan Mudah dibuat

Tinggalkan komentar