9 Denah dan Desain Rumah Kecil Kurang dari 20 Meter Persegi

Merancang sebuah hunian dengan luas lahan yang terbatas sangatlah sulit untuk dilakukan. Ide desain rumah kecil berikut ini dapat membantu anda.

Terdapat berbagai macam desain yang kami pilihkan untuk membantu Anda mewujudkan tempat tinggal yang nyaman dan bagus. Terdapat desain bangunan 1 lantai dan juga 2 lantai.

Anda tinggal memilih desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Bisa juga memodifikasinya sedikit menyesuaikan keinginan Anda dan keluarga.

1. Denah Rumah Kecil Modern 4×5 Meter

Desain Rumah Kecil Modern 4x5
3DHome Idea
Denah Rumah Kecil Modern 4x5
3DHome Idea

Ide desain rumah kecil yang pertama mengusung konsep minimalis modern. Seluruh bangunan didominasi warna putih. Terdapat lapisan kayu dan cat abu-abu agar terlihat lebih dinamis.

Area ruang tamu dan dapur berada dalam satu tempat, sehingga cocok untuk tempat berkumpul. Desain rumah mungil seperti ini cocok bagi pasangan muda yang belum memiliki anak.

2. Desain Rumah Kecil Minimalis 4×5 Meter

Desain Rumah Kecil Minimalis 4x5 meter
Philein BudgetHomes
Denah Rumah Kecil Minimalis 4x5 meter
Philein BudgetHomes

Desain berikutnya masih mengusung konsep desain rumah modern. Bentuk atap bangunan terdiri dari bagian datar dan miring. Sehingga tampilan rumah terlihat lebih hidup dan menarik.

Rumah ini memiliki teras yang lumayan luas. Pada bagian dalam hampir sama dengan desain pertama yang menggabungkan area ruang tamu dan dapur. Hanya saja ukurannya lebih kecil karena memiliki kamar tidur yang lebih besar.

Baca Juga :  √ 19 Desain Dapur Cantik Minimalis yang Unik dan Menginspirasi

3. Denah Rumah Kecil 2 Lantai 3×6 Meter

Desain Rumah Kecil 2 Lantai 3x6 Meter
V-Arch Design
Denah Rumah Kecil 2 Lantai 3x6 Meter (lantai 1)
V-Arch Design
Denah Rumah Kecil 2 Lantai 3x6 Meter (lantai 2)
V-Arch Design

Desain rumah kecil 2 lantai ini memiliki bentuk yang memanjang. Dari luar bangunan tampak sederhana. Tidak terdapat taman atau teras pada bagian depan. Penampakan bagian depan juga terlihat mirip, hanya lapisan batu alam berwarna abu-abu yang tampak beda.

Dengan ukuran lahan 3×6 meter atau sama dengan 18 meter persegi, rumah ini memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Sebuah hunian yang cocok ditinggali oleh keluarga kecil.

4. Desain Rumah Mungil Ukuran 3×5 Meter

Desain Rumah Mungil Ukuran 3x5 Meter
ARKIX3D
Denah Rumah Mungil Ukuran 3x5 Meter
ARKIX3D

Desain rumah berikut ini adalah yang paling mungil dibanding desain lainnya pada artikel ini. Luas lahan hanya berukuran 3×5 meter atau 15 meter persegi.

Hunian ini tidak memiliki ruang tamu, namun Anda bisa menggunakan ruang makan sebagai penggantinya. Setelah dapur terdapat kamar mandi dan selanjutnya kamar tidur berukuran 3×2 meter.

5. Desain Rumah Mungil Ukuran 3×5,5 Meter

Desain Rumah Mungil Ukuran 3x5,5 Meter
Barrio Architect
Desain Rumah Mungil Ukuran 3x5,5 Meter
Barrio Architect
Denah Rumah Mungil Ukuran 3x5,5 Meter
Barrio Architect
Denah Rumah Mungil Ukuran 3x5,5 Meter
Barrio Architect

Dari luar penampakan rumah kecil ini terlihat mewah dengan cat berwarna krem dan coklat. Meskipun berukuran kecil bagian luar dan dalam bangunan didesain dengan baik. Sehingga membuat nyaman untuk dihuni.

Agar bagian dalam rumah selalu bersih dan nyaman, area mencuci diletakkan diluar rumah. Sehingga menjaga kelembapan ruangan agar tetap nyaman untuk ditinggali.

6. Desain Rumah Kecil Putih 2 Lantai 3×6 Meter

Desain Rumah Kecil Putih 2 Lantai 3x6 Meter
n.design
Denah Rumah Kecil Putih 2 Lantai 3x6 Meter (Lantai 1)
n.design
Denah Rumah Kecil Putih 2 Lantai 3x6 Meter (Lantai 2)
n.design

Mengusung konsep minimalis dengan dominasi cat berwarna putih dan material kayu. Seluruh dinding rumah ini dicat dengan warna putih. Hal ini salah satu cara ampuh untuk menciptakan kesan ruangan yang terlihat lebih luas.

Pada bagian dalam terdapat satu kamar tidur yang terletak dilantai 2 rumah. Pada lantai dasar terdapat ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Untuk memaksimalkan ruangan, bagian bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan.

Baca Juga :  50 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis Paling Kreatif

7. Desain Hunian Kecil Cantik 3×6 Meter

Desain Rumah Kecil Cantik 3x6 Meter
Rassel Catapang
Denah Rumah Kecil Cantik 3x6 Meter
Rassel Catapang

Desain rumah kecil berikut ini tampak cantik dengan perpaduan warna putih, abu-abu, dan atap hitam. Bagian luar hunian terlihat cantik berkat lampu dinding dan desain jendela pada bagian atas dinding.

Pada bagian dalam didesain terbuka, sehingga tidak ada sekat yang memisahkan antara ruangan. Kamar mandi diletakkan di pojok belakang agar ruangan tidak terlihat sempit.

8. Desain Rumah Kecil Unik 3×6 Meter

Desain Rumah Kecil Unik 3x6 Meter
Rassel Catapang
Denah Rumah Kecil Unik 3x6 Meter
Rassel Catapang

Desain rumah kecil yang satu ini sangatlah unik. Desain bangunan ini dibuat terbalik sehingga atap rumah berada dibagian bawah. Bagian dalam rumah ini pun juga tak kalah unik.

ketika masuk kita akan langsung disambut dengan dapur dan kamar mandi. Ruang tamu dan meja makan terletak dibagian tengah menyatu dengan tempat tidur dan tempat makan.

9. Desain Rumah Mungil Jepang Modern 3×6 Meter

Desain Rumah Kecil Jepang Modern 3x6 Meter
Ourrow Design studio
Denah Rumah Kecil Jepang Modern 3x6 Meter
Ourrow Design studio
Denah Rumah Kecil Jepang Modern 3x6 Meter
Ourrow Design studio

Rumah dengan konsep jepang modern ini dibangun pada lahan berukuran 6×3 meter. Pada lahan yang sempit ini arsitek berusaha membangun rumah yang terlihat indah dan elegan.

Pada bagian dalam terdapat 1 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Kamar tidur terletak pada loteng rumah yang dibangun diatas area dapur dan kamar mandi. Untuk area mencuci diletakkan di luar rumah.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.