√ 45 Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis yang Elegan dan Sederhana

Desain ruang tamu minimalis semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya yang sederhana serta tidak memerlukan banyak hiasan menjadi andalannya. Mengaplikasikan desain minimalis juga membuat ruangan tampak lebih elegan dengan cara yang mudah.

Memiliki ruang tamu yang tampak cantik menjadi impian semua pemilik rumah.

Ruang tamu yang tampak mempesona tidak hanya membuat pemiliknya merasa nyaman, tetapi juga memanjakan setiap orang yang berkunjung ke rumah.

Sudah menjadi hal yang umum dan penting bagi masyarakat Indonesia untuk memuliakan setiap orang yang bertamu ke rumahnya. Kata pepatah “Banyak silaturahmi banyak rejeki”. Dalam hadist juga disebutkan orang yang terbaik adalah yang memuliakan tamunya.

Jadi tidak heran setiap kita berkunjung ke rumah saudara, sahabat, atau tetangga akan disambut dengan ramah dan senyum.

Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk mendesain ruang tamu yang nyaman dan enak dipandang.

Kita dapat menjumpai berbagai ide menarik dan menginspirasi dari berbagai sumber di jagat maya. Mulai dari desain yang simpel hingga yang tampak meriah tersedia disana.

Melalui artikel ini kami berharap dapat membantu kamu untuk menemukan desain ruang tamu idaman sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Semoga artikel 45 Desain Ruang Tamu Minimalis yang Elegan dapat menjadi inspirasi dan memicu daya imajinasimu.

1. Perpaduan Warna yang Cantik

Perpaduan warna yang cantik
Sumber: crismatec.com

Kombinasi warna ungu, putih dan krem menghasilkan tampilan yang cantik dan memukau.

Kamu dapat mengaplikasikan desain ini pada ruangan apartemen. Sebagai pembatas antar ruangan digunakan dinding partisi yang dapat digeser jika menginginkan ruangan yang lebih luas.

Penggunaan warna yang cerah juga menjadi salah satu cara untuk membuat ruangan tampak lebih luas.

2. Desain yang Elegan

Desain yang elegan
Sumber: mydesiredhome.com

Ruangan ini dilengkapi dengan TV kabinet dan rak penyimpanan disampingnya. Meskipun TV kabinet bermotif kayu, tetapi warnanya lebih mencolok sehingga terlihat lebih kontras dan tidak tampak menyatu dengan lantai.

Karpet berwarna biru juga tampak kontras sehingga membuat ruang tamu menjadi bagian tersendiri dan tidak terkesan menyatu dengan ruangan disebelahnya.

Terdapat juga kursi kulit dengan sandaran kaki yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menonton TV ketika tidak ada tamu yang berkunjung.

3. Bernuansa Kebun

Bernuansa Kebun
Sumber: minto.com

Jika kamu tinggal di kos-kosan tetapi ingin memiliki ruang tamu untuk menyambut teman mu, desain yang satu ini cocok untuk ditiru.

Ruang tamu kecil ditempatkan disamping ranjang dan diberi karpet dengan motif klasik sebagai pemisah ruangan.

Mengusung konsep alam, ruangan ini didesain dengan menempatkan beberapa tanaman dan bunga sebagai pemanis. Tak lupa meja kecil berwarna coklat diletakkan untuk menambah kesan natural.

Lukisan bunga yang dipasang semakin membuat ruangan ini tampak menawan.

4. Warna Hitam yang Dominan

Warna Hitam yang Dominan
Sumber: recommend.my

Ruangan tamu ini tampak maskulin dengan aksen hitam yang mendominasi. Sofa, tirai, dan karpet berwarna hitam sangat serasi untuk dipadukan.

Agar tidak terkesan monoton ditambahkan meja dan kabinet bermotif kayu untuk memperkaya warna.

Jendela yang tertutup dengan tirai hitam membuat ruangan tampak memanjang. Selain itu juga dapat menghalangi sinar matahari dengan sempurna ketika siang hari. Sehingga bisa mengurangi panas yang timbul akibat ukuran jendela yang besar.

5. Garis Polygon

Gaaris Polygon
Sumber: wtsenates.info

Garis polygon berwarna hitam yang melintasi dinding hingga atap membuat ruangan tampak lebih keren. Lampu neon yang diletakkan didalam garis merupakan ide yang cemerlang.

Desain yang minimalis dengan menggunakan perpaduan utama warna hitam dan putih. Ditambah sedikit warna merah pada karpet dan tumbuhan hijau untuk memperkaya nuansa ruangan.

Kamu juga bisa menempatkan sofa atau TV kabinet di sisa tempat yang tersedia.

6. Sofa Berwarna Hijau

Sofa Berwarna Hijau
Sumber: oz90.ru

Sofa berwarna hijau diletakkan memanjang di pojok ruangan. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan ruangan yang ada. Warna yang tampak natural membuat kita merasa seperti duduk diatas bantalan rumput yang lembut.

Untuk menghemat ruang, hiasan diletakkan di dinding agar tidak memakan tempat.

Penggunaan jendela besar membuat ruangan terhubung dengan area teras rumah. Sehingga ruangan tidak tampak sempit karena terhalang oleh tembok. Penggunaan meja kaca juga menjadi salah satu cara untuk memberi kesan yang luas pada ruangan.

Baca Juga :  Desain Dapur Minimalis yang Simpel, Nyaman, dan Cantik

7. Aksen Pink yang Cantik

Aksen Pink yang Cantik
Sumber: facebook.com

Desain ruang tamu ini tampak cantik dengan penambahan sedikit aksen warna pink pada perabot dan hiasan dinding.

Selain warna pink, juga terdapat bunga yang semakin mempercantik tampilan ruangan.

Perpaduan warna putih dan pink yang sempurna. Sofa putih yang empuk dan tampak lucu. Keset yang unik dengan tulisan “SweetHome”. Semua itu dapat anda tiru untuk mendesain ruang tamu impianmu.

8. Kaca Kecil Bulat

Kaca Bundar
Sumber: decoor.net

Tidak usah bingung untuk menggunakan hiasan pada dinding ruang tamu. Salah satu ide yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan kaca kecil berbentuk bulat.

Pilihlah kaca dengan desain yang menarik serta memiliki tekstur dan warna yang seirama dengan konsep ruangan yang kamu desain.

Pada ruangan ini juga digunakan berbagai macam bentuk tempat duduk. Sebagai hiasan juga dipasang beberapa dekorasi mulai dari tanaman, rak tangga, hingga pernak-pernik di atas meja.

9. Motif Batu Bata

Dinding Bermotif Batu Bata
Sumber: artmyideas.com

Dengan hanya mengubah motif dinding ruang tamu, kamu bisa mendapatkan kesan yang berbeda.

Pada desain diatas tidak menggunakan desain dinding putih polos seperti yang biasa digunakan pada desain minimalis. Hal tersebut dilakukan agar tercipta ruangan yang dinamis sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Hal unik lainnya adalah penggunaan lampu gantung dengan desain yang eksotis.

 10. Meja Besi dengan Kisi

Meja yang Unik
Sumber: housing.com

Meja besi dengan bentuk yang tidak biasa menghasilkan sebuah kesan yang modern bagi siapa pun yang melihatnya. Karena bentuk nya tidak rapat atau terdapat celah atau kisi, sehingga menciptakan bayangan bergaris.

Lantai ruangan juga dibuat berwarna gelap agar semua perabot atau hiasan di atasnya tampak kontras.

Pada area dinding dipasang patung berbentuk kepala rusa dengan desain yang minimalis. Terdapat juga rak pada dinding untuk meletakkan beberapa hiasan.

11. Ruangan Panjang

Ruangan Panjang
Sumber: ivd.ru

Jika kamu mempunyai ruang tamu dengan bentuk memanjang seperti lorong, desain yang satu ini patut untuk dicoba.

Sofa yang ditata memanjang di pojok ruangan sangat tepat digunakan agar lebih efisien. TV yang dipasang pada dinding juga bisa ditiru untuk lebih memaksimalkan space yang tersedia.

Seabagi tips, kamu bisa memanfaatkan sofa sebagai tempat penyimpanan. Gunakan juga meja yang bisa diatur ketinggiannya. sehingga bisa menyesuaikan dengan keperluan mu setiap saat.

12. Perabot Bermotif Kayu

Perabot dengan Tekstur Kayu
Sumber: kartzapper.com

Desain minimalis umumnya menggunakan kombinasi warna yang tidak terlalu banyak. Seperti pada contoh desain di atas, yaitu penggunaan perabot bermotif kayu dengan warna yang seragam.

Karpet juga dipilih yang memiliki warna yang hampir sama dengan sofa. Serta rak pada ruangan juga dipilih dengan warna dan tekstur yang sama seperti sofa.

13. Karpet dengan Garis Polygon

Lantai dengan Garis Polygon
Sumber: designcafe.com

Penggunaan karpet dengan desain garis yang dinamis sangatlah cocok dipadukan dengan ruangan tersebut. Tidak hanya sebagai alas yang menghangatkan lantai tetapi juga membuat ruangan semakin menonjol.

Penggunaan kursi dengan berbagai bentuk dan warna merupakan cara yang ampuh untuk membuat ruangan tampak tidak membosankan.

14. Sofa Biru yang Kontras

Sofa Biru yang Kontras
Sumber: designcafe.com

Desain yang satu ini tampak minimalis dan modern. Semua perabot dipilih dengan bentuk yang kaku atau seperti kotak merupakan ciri khasnya. Namun yang paling menonjol adalah sofa berwarna biru.

Meskipun ruangan ini tampak kecil, namun penerapan desain minimalis ini mampu membuat ruangan tampak lebih luas.

Lampu yang digunakan juga memiliki warna yang mencolok sehingga semakin menambah kesan stand out.

15. Ruang Tamu Abu-abu

Sofa Abu-abu
Sumber: pinterest.com

Semua perabot serta lantai pada ruangan ini dipilih menggunakan warna abu-abu. Meskipun tampak gelap dan tua, namun pemilihan bentuk serta furniture yang unik menimbulkan nuansa yang kekinian.

Lukisan hitam putih pada dinding juga sangat menonjol dan sangat artistik.

Pada langit-langit ruangan terdapat pipa-pipa yang sengaja dibiarkan terekspos. Sehingga ruangan ini cocok untuk anak muda yang menyukai desain industrial atau street.

16. Karpet yang Lembut

Kerpet yang Lembut
Sumber: otthonlap.hu

Meskipun hanya menggunakan kombinasi warna hitam, putih, hijau. Namun ruangan ini mampu menciptakan kesan yang fantastis.

Sofa berwarna hitam dan meja hitam seperti diletakkan diatas awan yang sangat lembut. Penggunaan karpet bulu yang tebal mampu menciptakan kesan yang begitu menakjubkan.

Ketika berada di ruangan ini seolah-olah kita seperti berada di negeri atas awan. Tumbuhan-tumbuhan hijau yang diletakkan di ruangan juga semakin menambah kesan layaknya taman atau hutan negeri dongeng.

17. Ruang Tamu dengan Jendela Besar

Jendela Besar dengan Pemandangan yang Indah
Sumber: houzz.com

Jika kamu tinggal di tempat yang memiliki pemandangan alam yang bagus, tentu kamu ingin dapat menikmati panorama alam tersebut setiap saat. Meskipun berada di dalam ruangan, kamu tetap bisa menikmati pesona dari keindahan alam tersebut.

Semua itu bisa dilakukan dengan cara memasang jendela besar yang menghadap ke sudut terbaik ke alam disekitar mu. Sebagai tambahan kamu bisa menyiapkan teropong untuk mengintip setiap detil panorama yang disajikan alam sekitar.

18. Memasang Kaca Besar

Kaca Besar Memberi Kesan Luas
Sumber: inailesetdesigner.blogspot.com

Desain ruang tamu minimalis berikut tampak elegan dan modern. Ruang tamu didesain menyatu dengan ruang makan.

Baca Juga :  Trik-trik Mudah Menentukan Desain Rumah 3 Kamar Seperti Profesional

Semua perabot mulai dari kursi hingga lampu gantung memiliki bentuk yang futuristik. Meskipun dirancang dengan warna yang soft, namun ruangan tersebut tidak tampak membosankan.

Untuk mengubah tampilan agar tampak lebih luas diletakkan jendela besar dibelakang sofa.

19. Hiasan Kaktus

Tanaman Hijau Kecil
Sumber: thespruce.com

Siapa sangka tumbuhan padang pasir dapat di sulap menjadi hiasan yang menarik. Sebuah ide yang menarik untuk membungkus pot tanaman dengan kain.

Selain kaktus juga diletakkan beberapa tumbuhan hijau lainnya untuk menambah nuansa hijau di dalam ruangan. Sehingga kamu bisa merasakan nuansa kayu dan daun yang kental pada desain di atas.

20. Ruang Tamu Berwarna Putih

Modern Desain
Sumber: funcrafts4kids.com

Ruang tamu di desain dengan menggunakan tema putih. Pada ruangan di atas didapati dinding, lantai, sofa berwarna putih.

Hanya terdapat sedikit warna hitam pada lampu dinding. Warna hitam dipilih agar lampu tidak terlihat menyatu dengan tembok.

21. Memaksimalkan Sudut Ruangan

Memaksimalkan Sudut Ruangan
Sumber: texnotropieskaidiakosmisi.com

Jika kamu hanya memiliki sedikit ruangan pada rumah mu, manfaatkan sudut dengan maksimal. Seperti contoh di atas, yang merancang ruang tamu pada area pojok.

Karena mempertimbangkan ruangan yang sempit, digunakan meja dengan ukuran yang kecil agar tidak terlihat sempit. Sebagai hiasan dapat diletakkan beberapa bingkai foto pada dinding di belakang sofa.

22. Ruang Tamu Bertema Hitam

Ruang Tamu Bertema Hitam
Sumber: picuki.com

Desain ruang tamu kali ini banyak menggunakan warna hitam pada perabotnya. Terdapat juga kursi dengan motif seperti zebra yang tampak lucu. Serta beberapa bantal pada sofa yang memiliki berbagai motif berwarna hitam.

Hiasan dinding juga dipilih yang berwarna hitam menyesuaikan dengan konsep ruangan yang dirancang.

Perpaduan warna hitam dan putih yang ciamik, dapat kita saksikan pada desain ruang tamu minimalis di atas.

23. Sofa dengan Banyak Bantal

Sofa dengan Banyak Bantal
Sumber: mydesiredhome.com

Kenyamanan menjadi hal yang dibutuhkan ketika berada di ruang tamu. Tamu yang lelah setelah melakukan perjalanan dapat menimati empuknya sofa dan dapat beristirahat dengan nyaman.

Biasanyasofa sudah dilengkapi dengan bantal sandaran yang empuk. Namun tidak ada salahnya untuk menambah bantal agar terasa emakin nyaman dan santai.

Selain untuk meningkatkan kenyamanan bantal juga dapat menjadi dekorasi yang unik seperti pada desain diatas.

24. Kerapian Menjadi Hal yang Penting

Kerapian Menjadi Hal yang Penting
Sumber: fioreinteriors.com

Kerapian menjadi salah satu hal yang penting ketika mendesain ruangan. Oleh sebab itu tidak boleh asal dalam menatanya, agar tidak terlihat berantakan.

Desain yang bersih dan rapi menjadi fokus utama pada konsep ruang tamu di atas.

Kamu dapat menambahkan lukisan pada dinding untuk mempercantiknya. Sebagai hiasan dapat juga diletakkan vas bunga kosong diatas meja.

25. Meja Bulat dari Tali

Meja Bulat dari Rotan
Sumber: thespruce.com

Meja berbentuk bulat pada ruangan tersebut menjadi fokus utama, karena memiliki bentuk yang unik serta ukurannya yang sangat besar.

Meja berbentuk bulat itu hampir memenuhi sebagian ruangan. Meskipun karena itu ruangan tampak sempit, namun tidaklah masalah, karena bentuknya yang bagus dan menyatu dengan ruangan.

26. Ruang Tamu dengan Perapian

Sumber: cathiehonginteriors.com

Indonesia bukanlah negara yang memiliki musim dingin, sehingga tidak membutuhkan perapian untuk menghangatkan ruangan. Namun, jika kamu ingin memiliki rumah dengan perapian tidak ada salahnya kamu mencoba desain yang satu ini.

Kamu tidak harus benar-benar membuat perapian yang bisa berfungsi untuk menghangatkan ruangan. Sebagai gantinya bisa menggunakan perapian hanya untuk hiasan dengan api terbuat dari lampu.

27. Sofa yang Keren

Sumber: ebuy7.com

Bentuk sofa pada ruang tamu diatas sangatlah modern. Tidak hanya kursi, tetapi meja nya juga dirancang dengan desain yang sama.

Bahkan tirai yang digunakan memakai warna biru senada dengan warna sofa yang terdapat pada ruangan tersebut.

28. Ruang Tamu yang Mungil

Sumber: living.cz

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun ruang tamu tersebut memiliki desain yang cantik. Kombinasi meja dan kursi bermotif kayu dengan model yang eksklusif mampu memikat siapa pun yang melihatnya.

Terdapat juga tanaman yang diletakkan di dinding dekat jendela. Suatu hal yang menarik membiarkan daun dari tanaman tersebut menjalar ke bawah.

29. Ruang Tamu Minimalis Elegan

Sumber: housebeautiful.com

Perabot pada ruang tamu terlihat kontras karena diletakkan di dalam ruangan yang berwarna putih. Desain ruang tamu ini biasanya disukai oleh laki-laki karena tampak keren dan maskulin.

Hiasan pada ruangan ini sangat mudah untuk ditiru. Pertama ranting tumbuhan yang diletakkan di meja. Kedua adalah lukisan yang dibuat hanya dari selembar kertas tanpa bingkai.

30. Sofa Berwarna Biru Dongker

Sumber: etsy.com

Meja kaca yang terbuat dari kaca tanpa bingkai apapun sangatlah cocok dipadukan dengan sofa berwarna biru dongker. Bahan kaca dipilih karena membuat meja tampak tidak memenuhi ruangan.

Tapi, perlu di ingat untuk tidak menggunakan meja kaca jika kamu memiliki buah hati. Sebab tentu kamu tentu tidak ingin ruang tamu menjadi kacau karena mejanya pecah atau pecahan kaca bisa melukai buah hati mu.

Desain Ruang Tamu Minimalis Kecil Elegan

Sumber: wtsenates.info
Sumber: jihanshanum.com
Sumber: pinterest.ca
Sumber: sassytownhouseliving.com
Sumber: medium.com
Sumber: ikea.co .id
Sumber: pinterest.com
Sumber: twitter.com
Sumber: ldshoppe.com
Sumber: cool.selena.monster
Sumber: topdizz.com
Sumber: lt.mehomez.com
Sumber: rumahku019.blogspot.com
Sumber: casebinefacute.ro
Sumber: inailesetdesigner.blogspot.com

Satu pemikiran pada “√ 45 Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis yang Elegan dan Sederhana”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.