Tempat Wisata Favorit di Solo Yang Harus Dikunjungi

Surakarta, kota yang lebih dikenal dengan nama kota Solo ini, berada di Provinsi Jawa Tengah.  Kota yang berbatasan langsung dengan kota Boyolali ini,  memang terkenal sekali dengan etnik khas budaya nya. Solo yang  memiliki  julukan The Spirit Of Java,  memang julukan ini sangat cocok dengan kebudayaan yang ada disana. Selain budaya nya, kota yang satu ini juga memiliki banyak sekali wisata favorit yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata Bersejarah di Solo

Kurang lengkap rasanya jika kita berkunjung ke kota ini tanpa berwisata ke tempat bersejarahnya. Terdapat banyak sekali tempat bersejarah yang juga jadi wisata favorit di Solo. Berikut adalah daftar tempat bersejarah di Solo yang harus anda kunjungi.

Benteng Vasternbug

Benteng Vastenburg - Wisata sejarah di Solo
youtube.com

Tempat wisata favorit di Solo yang pertama adalah Benteng Vasternbug. Terletak di Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Benteng peninggalan Belanda ini kental sekali dengan sejarah kota Solo. Dengan bangunan yang masih kokoh dan utuh menjadikan tempat ini opsi  bagus bagi para wisatawan. Yang ingin mengulik sejarah kota batik ini.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta - Wisata Sejarah di Solo
www.travelklik.com

Terletak di Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.  Sampai sekarang bangunan ini masih berdiri dengan dekorasi yang sangat khas kasunanan Solo. Di keraton ini juga masih tersimpan rapi, beberapa peninggalan kasunanan Surakarta. Bahkan sampai sekarang tradisi-tradisi di keraton masih terus dilestarikan. Hal inilah yang menjadikan daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca Juga :  5+ Ikan Terbesar di Dunia yang Menakjubkan & Fotonya

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pusataka - Wisata Sejarah di Solo
surakarta.go.id

Museum Radya Pustaka ini menyimpan banyak sekali benda-benda antik yang masih dijaga keutuhannya. Mulai dari wayang-wayang kulit, patung/arca, hingga pusaka adat. Berada tak jauh dari pusat kota Solo tentu sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tempat ini juga cocok sekali bagi anda yang ingin menggali informasi seputar sejarah kota Solo.

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Purba Sangiran - Wisata Sejarah di Solo
www.pegipegi.com

Jika anda beserta keluarga anda berada di kota Solo. Nampaknya  tempat yang satu ini tidak boleh anda lewatkan. Letak nya berada di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen Jawa Tengah, Hanya  membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dari kota Solo.  Terdapat fosil-fosil zaman purbakala yang membuat para wisatawan lokal atau asing ingin berkunjung. Dan melihat langsung bukti nyata kehidupan zaman purbakala.

Monumen Pers Nasional

Momumen Pers Nasional - Wisata Sejarah di Solo
solo.korinatour.co.id

Monumen yang satu ini juga tak pernah sepi dari para wisatawan. Disini terdapat berbagai peninggalan yang dapat anda jadikan bahan untuk menggali informasi. Khususnya tentang teknologi komunikasi. Tak hanya itu saja disini juga dapat anda temui kentongan yang memiliki ukuran sangat besar dan masih utuh. Jadi jika anda ke kota Solo jangan lewatkan tempat wisata favorit di Solo satu ini.

Wisata Edukasi di Solo

Wisata favorit di Solo lainnya yaitu wisata edukasinya. Tentu selain berlibur anda juga ingin menambah wawasan dan pengetahuan bukan ? Beberapa tempat ini dapat dijadikan pilihan untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Kampoeng Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo - Wisata Edukasi di Solo
solo.korinatour.co.id

Wisata edukasi pertama yang wajib anda kunjungi adalah kampoeng batik kauman. Sesuai namanya disini anda akan ditunjukkan kain khas batik kota Solo. Disini kita bisa langsung belajar sekaligus ikut membuat kain batik khas Solo. Berada di Jl. Cakra, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dengan akses transportasi yang mudah. Sayang sekal bila anda melewatkan tempat wisata favorit di Solo satu ini.

Taman Satwa Taru Jurug Surakarta (Jurug Solo Zoo)

Kebun Binatang Jurug - Wisata Edukasi di Solo
solo.tribunnews.com

Taman Satwa Taru Jurug, Atau kebun binatang Taru jurug merupakan tempat dimana binatang dilestarikan. Tak hanya itu selain aneka flora disini juga terdapat ragam flora yang menyita perhatian anda pastinya. Kebun binatang ini terletak di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Disini juga menjadi tempat wisata favorit di Solo, karena anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Kampung Wisata Edukasi Baluwarti Surakarta

Wisata Baluwarti - Wisata Edukasi di Solo
instagram.com

Nah, tempat yang satu ini juga salah satu tempat wisata favorit di Solo. Dengan menyulap kampung biasa, menjadi kampung edukasi sehingga menjadikan tempat ini. Digemari oleh para wisatawan domestik ataupun laur negeri. Anda dapat berkunjung kemari setiap hari.  jika ingin kemari kunjungi, Desa Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Dijamin anda akan mendapatkan pengetahuan yang belum pernah didapatkan.

Taman Cerdas Kelurahan Jebres

Taman Cerdas - Wisata Edukasi di Solo
img.posjateng.id

Lokasinya tidak jauh dari pusat Solo yaitu di Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Disini terdapat taman bermain anak, dan juga perpustakaan yang cukup memadai. Ditempat ini nyaris tak pernah sepi oleh para pengunjung yang datang setiap hari dari berbagai daerah. Dari warga asli Solo hingga luar kota Solo.

Edupark Intan Pari

Edupark Intan Pari - Wisata Edukasi di Solo
www.klikhotel.com

Berjelajah di Surakarta, kurang lengkap jika tak berkunjung ke wisata favorit di Solo satu ini. Sesuai namanya tempat ini merupakan taman edukasi yang sukses menarik para wisatawan. Disini terdapat satu kapal pesawat yang masih utuh dan bisa dijelajahi oleh para pengunjung. Dan disini juga terdapat kolam renang, bagi anda yang ingin melepas gerah. Untuk lokasi  yaitu di Gatot Subroto, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar Jateng.

Wisata Alam dan Rekreasi di Solo

Setelah tadi kita berkunjung ke wisata bersejarah dan wisata edukasinya. Sekarang saatnya kita mampir ke wisata alam yang ada di kota Solo. Mulai dari air terjun, hingga bukit pun ada. Berikut merupakan wisata favorit DI Solo khususnya wisata alamnya yang sayang untuk dilewatkan.

 Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu - Wisata Alam & Rekreas di Solo
youtube.com

Tempat yang satu ini yaitu sesuai namanya yaitu air terjun Tawangmangu. Air terjun ini memang menjadi wisata favorit di Solo oleh para wisatawan.  Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dari pusat kota Solo. Agar bisa merasakan kesegaran sekaligus melepas lelah. Setiap hari di air terjun ini tidak pernah sepi oleh para wisatawan yang berdatangan dari dalam kota ataupun luar kota.

Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang - Wisata Alam dan Rekreasi di Solo
travelspromo.com

Solo memang tak ada habis nya membuat siapa saja yang berkunjung terpikat.  Salah satu tempat yang bisa membuat anda terpikat adalah taman yang satu ini. Dapat ditemui  fasilitas yang cocok bagi anda yang ingin berwisata.  Seperti pemandangan hijau terbuka, area bermain anak, dan bahkan tersedia kolam renang. Terdapat pula fasilitas area parkir yang luas sehingga tak perlu risau bila berkunjung kemari.

Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Waterpark - Wisata Alam & Rekreasi di Solo
www.tripjalanjalan.com
 Berbeda dari sebelumnya, jika Solo memiliki bangunan yang kental dengan budaya. Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan waterpark yang memiliki nuansa modern. Dengan harga tiket yang relatif murah yaitu 80.000-100.000 saja. Disini sambil berenang anda akan dimanjakan pemandangan alam kota Solo. Tentu ini menjadi pengalaman yang akan sangat menyenangkan bersama keluarga anda.
Nah itu tadi beberapa wisata favorit di Solo yang harus anda kunjungi bersama keluarga anda. Masih banyak sekali tempat yang harus anda kunjungi lainnya. Jadi jangan sia-sia kan waktu berlibur anda, datanglah ke Solo dan rasakan sensasi berlibur di kota Solo.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.