15 Ide Desain Rumah Kayu Paling Kreatif dan Modern

Banyak arsitek berbakat yang telah menghasilkan sebuah desain rumah kayu untuk memuaskan ide rumah impian customer-nya. Coba saja Anda bayangkan betapa indahnya hunian mewah terbuat dari kayu.

Rumah dengan material kayu mempresentasikan hunian yang tenang dan nyaman. Apalagi jika karya dari arsitek berbakat berikut dikombinasikan dengan teknologi terbaru, lingkungan yang indah, dan suasana alam yang segar.

Memang tidak dapat dipungkiri desain rumah kayu terlihat unik di tengah jaman yang menggunakan beton dan kaca sebagai material bangunan. Sehingga kehadiran hunian kayu dapat menyegarkan orang-orang yang jenuh dengan hutan beton modern.

Keuntungan membangun rumah kayu adalah kemudahan dalam merancang dan mendesain bangunan. Anda akan mudah untuk mendapatkan desain rumah kayu dengan bentuk yang fresh dan kreatif.

1. Desain Rumah Kotak dengan Ruang Tamu Terbuka

Desain Rumah Kotak dengan Ruang Tamu Terbuka
www.beautifullife.info

Desain rumah kayu yang pertama, bernama Park House yang berlokasi di Melbourne Australia. Tekstur Kayu pada hunian modern ini terlihat sangat mencolok. Struktur kayu tersebut dikombinasikan dengan jendela baja hitam yang terlihat kontras.

Bangunan ini juga dilengkapi dengan halaman yang luas, sehingga cocok digunakan untuk tempat berkumpul dan aktivitas outdoor lainnya.

Lantai dasar pada bangunan ini menggunakan konsep terbuka dengan dinding transparan. Disini terdapat ruang tamu dan dapur yang dirancang dengan gaya modern.\

2. Desain Rumah Kayu Kontemporer di Pegunungan

Desain Rumah Kayu Kontemporer di Pegunungan
archdaily.cn

Rumah dengan gaya kontemporer berikut dibangun di tengah-tengah hutan. Gagasan bentuk rumah ini terinspirasi dari mitologi Yunani dan budaya Mediterania.

Arsitek bangunan ini merancang bangunan didirikan di atas panggung. Sehingga tidak terlalu merusak hutan di sekitarnya. Karena tidak terlalu banyak konstruksi di atas tanah, hanya sedikit pohon yang ditebang.

Sebagai gantinya, ditanam tanaman baru guna menggantikan pohon yang hilang.

Karena konstruksi rumah ini berasal dari kayu, sehingga struktur nya ringan dan tidak terlalu membebani panggung yang digunakan sebagai dasarnya.

3. Rumah Kayu Ukuran Kecil Berwarna Hitam

Rumah Kayu Ukuran Kecil Berwarna Hitam
timberonweb.com

Desain rumah kayu dengan dua kamar tidur ini terletak di Slovenia dan dibangun tahun 2015.

Pada bagian luar bangunan menggunakan struktur baja hitam. Sedangkan, bagian dalam menggunakan material kayu yang lunak dan ringan. Guna memaksimalkan pencahayaan alami, rumah ini di desain dengan jendela kaca berukuran besar yang berbentuk unik.

Baca Juga :  √ 25 Desain Dapur Minimalis, Stylish dan Menginspirasi

Rumah kayu ini juga memiliki lantai 2 dan dapat diakses menggunakan tangga yang terbuat dari kayu dan baja hitam.

4. Desain Rumah Kayu 2 Lantai yang Indah

Desain Rumah Kayu 2 Lantai yang Indah
electricbowery.com

Rumah kayu dengan arsitektur yang indah ini terletak di Amoroso Residence, Los Angles. Pada hunian mewah ini terdapat tiga kamar tidur.

Hal yang paling mencolok dari bangunan ini adalah pintu kaca geser yang membentang dari lantai sampai langit-langit, nuansa rumah bergaya industrial yang tampak apik, dan langit-langit rumah yang tinggi.

Perpaduan apik antara gaya bangunan modern dan tradisional, gaya mid-century dan scandinavian serta lingkungan rumah-rumah di sekitarnya. Halaman depan rumah ini dirancang menggunakan dek yang dilengkapi dengan dapur built-in.

5. Desain Rumah Berukuran Besar 2 Lantai

Desain Rumah Berukuran Besar 2 Lantai
voltpot.com

Rumah yang memadukan gaya tradisional dan unsur modern ini, dibangun untuk tempat tinggal sebuah keluarga. Bangunan yang luas ini memiliki 2 lantai dengan fasilitas yang lengkap untuk menjalani kehidupan keluarga normal.

Rumah yang meraih penghargaan renovasi terbaik ini dibangun oleh Men At Work di Toronto, Kanada.

Sebagai rumah yang ideal, terdapat juga teras dan ruang tamu, untuk menjamu tamu baik di dalam ataupun di luar ruangan.

6. Desain Villa Mewah dan Kreatif di Tengah Hutan

Desain Villa Mewah dan Kreatif di Tengah Hutan
homeadore.com

Rumah dengan warna gelap berikut tampak menyatu dengan area hutan di sekitarnya. Bagian luar rumah ini terbuat dari kayu cedar yang di cat dengan warna hitam sebagai estetika.

Hunian berbahan kayu yang berpadu dengan sempurna dengan alam ini, mempunyai dua kamar tidur. Pada bagian depan terdapat teras yang dilengkapi dengan kursi. Kemudian memasuki area dalam terdapat ruang tamu dan dapur dengan konsep terbuka.

Konstruksi bangunan ini terlihat panjang, ramping, dan berkelas. Hal ini berkat sentuhan material kayu dan balok kayu pada interior dan eksterior bangunan.

7. Rumah dengan Fasad Bertingkat yang Nampak Berkelas

Rumah dengan Fasad Bertingkat yang Nampak Berkelas
sagemodern.com

Martis Camp, Amerika Serikat merupakan lokasi dari bangunan ini. Bangunan berukuran besar ini, sangat ideal untuk dihuni oleh keluarga besar yang ingin menghindari kebisingan lingkungan perkotaan.

Suasana alam sekitar yang dipenuhi pohon dan dedaunan bisa membantu merilekskan pikiran. Dimana tampilan fasad dari rumah ini sangat cocok dengan alam sekitarnya. Rancangan sistem pencahayaan disini menciptakan efek yang dramatis.

Sayang rasanya jika mengabaikan begitu saja suasana sejuk dan memukau dari pepohonan. Oleh karena itu, terdapat banyak ruang terbuka seperti ruang tamu, teras, dan kamar yang terhubung dengan alam.

8. Rumah Kecil dengan Konstruksi yang Unik

Rumah Kecil dengan Konstruksi yang Unik
seldakhoy.com

Bangunan rumah berukuran kecil ini dibangun di tanah lapang pada area pedesaan. Mengusung konsep hemat energi, rumah ini didesain agar tetap dingin walau saat cuaca panas.

konstruksi dari rangka rumah ini menggunakan kayu larch yang disusun secara vertikal. Agar terlihat lebih usang dilakukan pengecatan dengan hati-hati.

Daun jendela geser besar ditujukan untuk perlindungan dan sebagai privasi bagi penghuni rumah. Model atap pada bangunan ini tampak berbeda dengan kemiringan yang berbeda-beda arah.

9. Desain Modern yang Menyenangkan untuk Dilihat

Desain Modern yang Menyenangkan untuk Dilihat
modlar.com

Rumah yang dibangun di lereng pegunungan berikut, tampak mencolok dengan lingkungan alam. Terletak di Ukraina, desain rumah kayu modern dirancang untuk menunjukkan harmoni antara kesenangan dari interaksi manusia dengan alam.

Baca Juga :  50 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis Paling Kreatif

Tampilan luar bangunan tampak tidak mencolok dapat memberikan kesan yang ringan bagi penikmatnya.

Bentuk rumah yang memiliki banyak bangunan diagonal, menciptakan kesan abstrak antara ruang satu dengan yang lainnya. Namun interior rumah ini memiliki suasanan yang hangat dan nyaman.

10. Desain Minimalis dan Sederhana Tapi Terlihat Berkelas

Desain Minimalis dan Sederhana Tapi Terlihat Berkelas
dezeen.com

Inspirasi rumah kayu berikut dibangun di lingkungan yang dipenuhi dengan bebatuan. Arsitek dari rumah ini terinspirasi dari bangunan bersejarah yang terdapat di kota West Woodburn, Northumberland, Inggris.

Sebagai hunian untuk lansia, kemudahan akses dan penghubung antar ruangan telah dibuat agar aman dan nyaman digunakan.

Desain rumah yang tampak minimalis dan sederhana ini, memiliki ruang tamu di lantai atas. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan pemandangan suasana pedesaan kepada para tamu.

11. Desain Rumah Kayu Berbentuk Kubah

Desain Rumah Kayu Berbentuk Kubah
dobrzemieszkaj.pl

Desain rumah kayu satu ini dan megah dan menakjubkan. Perencanaan konstruksi dilakukan secara hati-hati agar meningkatkan nilai estetika dari bangunan itu sendiri.

Rumah berbentuk lingkaran tersebut terletak di Gamong, Cina. Karena menggunakan struktur kubah, sehingga tidak terdapat tiang atau pilar untuk menyangga langit-langit.

Desain interior rumah ini menawarkan ketenangan, kehangatan, dan kenyamanan untuk bersantai dari kelelahan aktivitas seharian.

12. Struktur Bangunan Unik yang Berpadu dengan Alam

Struktur Bangunan Unik yang Berpadu dengan Alam
kucastil.rs

Struktur bangunan berbahan kayu berikut tampak unik. Dinding luar dibuat dengan material kayu yang disusun secara bertingkat dan menciptakan kisi. Selain itu, menggunakan warna kayu alami dan kayu bengkok semakin menambah kesan elegan.

Tekstur kayu yang dibiarkan terekspos secara natural akan semakin menyempurnakan tampilan rumah seiring berjalannya waktu.

13. Atap Rumah Berbentuk Seperti Ombak

Atap Rumah Berbentuk Seperti Ombak
archdaily.com

Desain rumah kayu berikutnya ini juga tidak kalah unik. Didesain dengan atap berbentuk ombak yang disangga dengan tiang kayu melengkung. Diperlukan ketelitian agar hasil yang diinginkan dapat tercapai.

Sistem konstruksi bangunan diperkuat dengan tiang pancang baja, agar tidak mengalami kerusakan saat datang banjir.

14. Desain Rumah Kayu Modern Berbentuk L

Desain Rumah Kayu Modern Berbentuk L
kebony.com

Bangunan bergaya kontemporer ini dibangun di Raguva, Lithuania. Rumah kayu ini diberi nama The Valley Villa dan dibangun pada tahun 2016.

Selain tampilan rumah yang menyegarkan mata, hunian mewah ini terletak jauh dari hiruk pikuk suasana kota.

15. Rumah Kabin Umpama Tenda dengan Fasilitas Lengkap

Rumah Kabin Umpama Tenda dengan Fasilitas Lengkap
mandesager.dk

Dijuluki The Forest House, bangunan ini dibangun pada tahun 2016 di California Utara, Amerika Serikat.

Konstruksi bangunan dibuat melayang di atas panggung. Sebagai akses ke pintu masuk rumah dibangun tangga lebar berbentuk L.

Seperti tampak pada gambar bangunan rumah ini terlihat seperti tersusun dari kabin-kabin, sehingga dapat diumpamakan seperti tenda yang memiliki fasilitas lengkap.

Itu tadi 15 inspirasi desain rumah kayu yang tampak menakjubkan dan mewah. Anda tentu akan mendapatkan pengalaman menyenangkan ketika mampu membangun rumah kayu impian.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.