Rumus Persegi Panjang Lengkap Serta Contoh Soal Dan Penyelesaian

Rumus persegi panjang kerap dikatakan sebagai salah satu rumus yang paling mudah pada matematika. Meski matematika kerap dianggap sebagai salah satu hal yang paling sulit, karena mengandung banyak sekali angka dan juga memerlukan kemampuan berhitung yang baik dan mumpuni. Meski begitu anda tetap bisa mempelajari nya dengan mudah, salah satu caranya adalah dengan mengetahui beberapa rumus untuk menghitung matematika.

Dari banyaknya rumus untuk menghitung suatu soal matematika, yang perlu diketahui adalah prinsip dasar dari hitungannya. Serumit apa pun rumus yang disajikan, cara penyelesaian nya adalah dengan menambah, menggurang, mengali atau membaginya saja. Kembali pada bahasan awal di mana rumus menghitung persegi panjang dianggap paling mudah, berikut adalah beberapa rumus yang bisa anda terapkan.

Rumus Persegi Panjang Mencari Lebar

Persegi panjang memiliki empat sisi, yaitu dua sisi sejajar, empat titik sudut yang setiap sudutnya membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat. Selain itu, persegi panjang juga memiliki dua simetri lipat dan dua simetri putar. Menghitung luas atau keliling persegi panjang bisa dibilang cukup mudah, tapi bagaimana jika yang dicari adalah bagian lebar dari persegi panjang tersebut?

Cara menghitung atau mencari bagian lebar dari persegi panjang tidak sulit seperti kelihatannya, nyatanya ada dua cara untuk menghitungnya. Pertama cari tahu terlebih dahulu apa yang sudah diketahui pada soal.

Jika diketahui luas dari persegi panjang

Lebar = Luas : Panjang

Jika diketahui keliling dari persegi panjang

Lebar = Keliling : 2 – Panjang

Bagaimana? cara untuk menentukan atau mencari lebar dari persegi panjang sangat mudah bukan?

Rumus Persegi Panjang Mencari Luas

Salah satu rumus yang paling banyak dicari dan juga paling sering muncul dalam soal matematika dari persegi panjang adalah mencari luasnya. Menghitung luas dari persegi panjang sangatlah mudah. Pertama anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang sudah diketahui dalam soal, lalu anda bisa mengaplikasikan angka yang sudah diketahui dengan menggunakan rumus berikut ini.

Cara menghitung luas dari persegi panjang

Luas = Panjang x Lebar

Selamat mencoba!

Rumus Persegi Panjang Mencari Panjang

Kebalikan dari yang sudah dijelaskan di atas, kini anda akan mengetahui cara untuk mencari atau menghitung bagian panjang dari persegi panjang. Tidak perlu bingung atau pun merasa ini sulit karena dengan prinsip substitusi, anda bisa mendapatkan rumus untuk mencari panjang dari persegi panjang dengan mudah.

Seperti sebelumnya, cari tahu terlebih dahulu apa yang sudah diketahui dalam soal. Ada dua cara untuk mencari bagian atau sisi panjang dari persegi panjang. Seperti apa caranya?

Baca Juga :  Ulasan Lengkap Seputar Rumus Kecepatan Yang Mudah Dimengerti

Jika diketahui luas dari persegi panjang

Panjang = Luas : Lebar

Jika diketahui keliling dari persegi panjang

Panjang = (Keliling : 2) – Lebar

Anda bisa terapkan rumus di atas untuk mencari atau menghitung sisi panjang dari persegi panjang, mudah bukan?

Rumus Persegi Panjang Mencari Keliling

Memiliki bentuk dengan dua sisi sejajar, dua simetri lipat, dua simetri putar, menjadikan bentuk persegi panjang menjadi salah satu yang memiliki rumus keliling yang paling mudah. Anda tidak perlu merasa bingung atau merasa kesulitan untuk mencari rumus menghitung keliling dari persegi panjang. Pertama, anda harus mengetahui apakah dalam soal sudah diketahui panjang, lebar atau pun luasnya.

Menghitung keliling dari persegi panjang tidak selalu dengan mengetahui bagian panjang dan lebarnya saja. Keliling dari persegi panjang tetap bisa dicari atau dihitung dengan mengetahui salah satu dari bagian panjang atau lebarnya, tapi dengan syarat harus diketahui bagian luasnya.

Menghitung keliling jika diketahui panjang dan lebar dari persegi panjang

Keliling = 2 x (Panjang + Lebar)

Menghitung keliling persegi panjang dengan menjumlahkan

Keliling = Panjang + Panjang + Lebar + Lebar

Menghitung persegi panjang dengan mengetahui panjang dan luas

Untuk yang satu ini, anda harus mencari tahu berapa lebarnya terlebih dahulu, gunakan rumus di bawah ini untuk mencari lebar dari persegi panjang.

Lebar = Luas : Panjang

Setelah diketahui lebarnya, anda bisa menggunakan rumus Keliling = 2 x (Panjang + Lebar)

Menghitung persegi panjang jika diketahui lebar dan luas

Berkebalikan dengan kasus di atas, untuk yang satu ini, anda perlu mencari tahu terlebih dahulu bagian panjang dari persegi panjang tersebut. Untuk menghitungnya tidaklah sulit, anda bisa menggunakan ruus berikut ini.

Panjang = Luas : Lebar

Setelah bagian panjang dari persegi panjang tersebut diketahui, gunakan salah satu dari rumus mencari keliling seperti di atas. Bergantung pada lebih mana yang lebih mudah bagi anda, apakah lebih mudah menggunakan,

Keliling = 2 x (Panjang + Lebar)

Atau

Keliling = Panjang + Panjang + Lebar + Lebar

Selamat mencoba!

Rumus Persegi Panjang Mencari Diagonal

Diagonal adalah sebuah garis lurus yang menghubungkan sudut persegi panjang yang satu dengan sudut persegi panjang di seberangnya. Persegi panjang memiliki dua garis diagonal yang memiliki panjang yang sama satu dengan lainnya. Untuk mencari panjang dari garis diagonal pada persegi panjang tidak perlu khawatir, karena ada rumus yang akan memudahkan penghitungan anda.

Anda bisa mencari panjang dari diagonal persegi panjang ini dengan teorema Pythagoras. Mengapa menggunakan rumus itu? Karena garis diagonal pada persegi panjang akan membentuk dua segitiga siku-siku yang masing-masing memiliki sudut 90 derajat.

Seperti ketika akan menghitung bagian luas, keliling, panjang atau lebar dari persegi panjang. Untuk menghitung atau mencari bagian garis diagonal, anda juga harus mengetahui minimal dua sisi atau dua hal dari persegi panjang tersebut, apakah bagian panjang, lebar, luas atau kelilingnya.

Mencari diagonal persegi panjang dengan Theorema Pythagoras

a2 + b2= c2

Mencari diagonal persegi panjang jika yang diketahui adalah panjang dan lebarnya

Diagonal =  +

Rumus Persegi Panjang Aljabar

Rumus matematika sangat beragam dan salah satunya adalah rumus aljabar. Aljabar adalah salah satu cabang dari matematika yang mempelajari soal pemecahan masalah. Ciri khas dari cabang ilmu satu ini adalah dengan menggunakan berbagai macam simbol sebagai pengganti variabel dan juga konstanta.

Ilmu aljabar biasanya akan dipelajari dalam bab tersendiri dan untuk praktiknya, ilmu aljabar akan digabungkan dengan beberapa ilmu dalam dalam matematika lainnya. Salah satunya adalah dengan menggabungkan aljabar dengan rumus dalam mencari suatu angka dalam bentuk persegi panjang.

Kombinasi antara aljabar dengan rumus dalam persegi panjang akan menghasilkan bilangan atau persamaan yang terlihat sedikit lebih rumit dari soal persegi panjang biasa. Akan tetapi anda tidak perlu merasa khawatir, karena meskipun disajikan dalam persamaan yang terlihat sulit dan rumit, sebetulnya ini mudah untuk diselesaikan.

Baca Juga :  Rumus Trapesium Luas, Keliling, Beserta Contoh Soal dan Pembahasan

Mencari persamaan aljabar dari lebar persegi panjang, jika diketahui persamaan luas dan panjangnya

Lebar dalam persamaan aljabar = Persamaan luas : Persamaan panjang = Hasil pecahan persamaan luas : persamaan panjang

Mencari persamaan aljabar dari keliling persegi panjang, jika diketahui persamaan panjang dan persamaan lebarnya

Keliling dalam persamaan aljabar = 2 x (persamaan lebar) + 2 x (persamaan panjang)

Rumus Persegi Panjang Jajar Genjang

Bentuk bangun datar jajar genjang atau biasa juga disebut dengan jajaran genjang sekilas memang terlihat mirip dengan bentuk bangun datar persegi panjang, namun dengan bentuk yang miring, selain itu yang membedakan keduanya adalah panjang dari diagonal nya. Karena hal ini pula, rumus untuk jajar genjang juga berbeda dari persegi panjang.

Jajar ganjang terbentuk dari dua pasang rusuk yang sama panjang dan juga sejajar masing-masing dengan pasangannya. Jajar genjang juga memiliki dua pasang sudut yang masing-masing sama besarnya dengan sudut di seberangnya. Akan tetapi, empat buah rusuk pada jajar genjang tidaklah sama panjangnya, karena jika panjangnya sama akan menjadi bangun datar belah ketupat.

Anda bisa mencari luas, keliling dan juga diagonal dari jajar genjang dengan rumus berikut ini. jangan khawatir akan merasa sulit karena rumus berikut akan dijabarkan dengan mudah dan jelas.

Rumus mencari luas jajar genjang

Luas = Alas x Tinggi

Rumus mencari keliling jajar genjang

Untuk mencari keliling dari jajar genjang, ada dua rumus yang bisa digunakan. Anda bisa memilih rumus mana yang dirasa paling mudah dan paling cepat untuk melakukan penghitungan. Ada apa saja rumusnya?

Keliling = AB + BC + CD + AD

Atau anda juga bisa menggunakan rumus yang satu ini.

Keliling = 2 x (AB x BC)

Keduanya bisa digunakan dan akan menunjukkan hasil yang sama, mudah bukan?

Rumus Mencari Diagonal untuk Jajar Genjang

Diagonal dari jajar genjang ada dua, anda bisa mencari dengan menggunakan rumus yang sama namun jangan lupa mengganti salah satu bagian diagonal nya.

Rumus mencari diagonal 1 dari jajar genjang

Diagonal 1 = 2+ 2

Rumus mencari diagonal 2 dari jajar genjang

Diagonal 2 = 2+ 2

Anda bisa mencoba mencari panjang diagonal jajar genjang dengan rumus di atas, dengan persamaan rumus yang sama, mencari diagonal pada jajar genjang menjadi lebih mudah, selain itu rumus nya juga lebih mudah diingat.  Anda hanya perlu mengganti angka pada diagonal satu maupun diagonal dua.

Rumus Persegi Panjang Jika Diketahui Keliling

Mencari rumus untuk menghitung persegi panjang dapat dilakukan meski bukan bagian dasar seperti panjang atau lebarnya yang diketahui. Mencari bagian atau bahkan luas dari bangun datar persegi panjang bisa diketahui meski kelilingnya sudah ditemukan lebih dulu. Anda bisa menggunakan angka pada keliling ini untuk menghitung panjang, lebar, luas atau bahkan diagonal.

Beberapa rumus baru bisa ditemukan melalui persamaan ataupun substitusi pada rumus dasar. Dengan begitu, anda dapat menghitung bagian apa yang ingin dicari angkanya. Jika persamaan berbentuk aljabar, maka anda perlu menghitung persamaannya. Seperti apa rumus yang didapatkan ketika keliling dari bangun datar persegi panjang diketahui?

Rumus mencari lebar jika diketahui kelilingnya

Lebar = Keliling : 2 – Panjang

Rumus mencari panjang jika diketahui kelilingnya

Panjang = (Keliling : 2) – Lebar

Di atas adalah beberapa rumus dasar dari persegi panjang dan juga jajar genjang yang bisa anda gunakan dalam sebuah soal untuk menemukan jawabannya. Rumus yang ada bisa di modifikasi atau dipadukan dengan cabang ilmu lain dari matematika untuk menemukan rumus baru.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.