Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat dan Keutamaanya

NIAT PUASA SENIN KAMIS – Puasa senin kamis merupakan puasa sunnah yang sering dilakukan umat muslim pada hari senin dan hari kamis. Sebagaimana hakikat ibadah sunnah yang artinya jika dilaksanakan akan mendapat pahala dan jika tidak dilaksanakan tidak akan berdosa.

Meskipun begitu, jika dijalankan tentu akan mendatangkan manfaat baik secara spiritual ataupun kesehatan. Sebagai contoh orang-orang yang sering melakukan puasa sunnah senin kamis akan mendapat manfaat dengan meningkatnya tiga aspek kecerdasan manusia. Mulai dari kecerdasan intelektual (IQ), emosional (EQ), spiritual (SQ).

Karena puasa sunnah tersebut sangat bermanfaat dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW maka sebaiknya dijalankan dengan benar-benar dan baik. Melalui artikel ini akan dibahas niat puasa senin kamis yang bisa Anda ucapkan sebelum melaksanakan puasa sunnah.

Niat Puasa Senin Kamis

puasa sunnah senin kamis
difaoralhealthcenter.com

Niat dapat diartikan sebagai keinginan dalam hati yang dilakukan karena hendak melakukan sebuah perbuatan yang ditujukan hanya kepada Allah SWT. Niat juga bisa diucapkan secara lisan untuk mempertegas tujuan kita melakukan sebuah perbuatan hanya untuk Allah semata.

Semua ibadah dalam islam selalu diawali dengan niat ketika pelakunya hendak mengerjakan amalan tersebut, termasuk juga puasa senin kamis. Untuk puasa sunnah tidak terdapat batasan kapan niat tersebut dilakukan. Bahkan seorang yang baru bangun tidur saat adzan subuh boleh langsung berniat puasa sunnah.

Tulisan Arab, Latin, dan Arti Niat Puasa Senin Kamis

niat puasa senin kamis
vebma.com

Niat puasa senin kamis ini bacaannya disesuaikan dengan kapan puasa tersebut dilaksanakan. Perbedaannya hanya berada kata-kata hari yang berada pada bacaan niat puasa tersebut. Agar dapat lebih mudah dipahami kami bagi bacaan niat puasa senin kamis berdasarkan harinya.

Bacaan Niat Puasa Senin

Berikut bacaan niat puasa hari senin beserta tulisan latin dan artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Artinya: Saya berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat Puasa Kamis

Berikut bacaan niat puasa hari kamis beserta tulisan latin dan artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Artinya: Saya berniat puasa sunnah hari kamis karena Allah Ta’ala

Waktu Melaksanakan Niat Puasa Senin Kamis

waktu melakukan niat puasa senin kamis
anguerde.com

Terdapat khilafiyah di kalangan ulama mengenai waktu pelaksanaan niat puaa sunnah secara umum. Dalam hal ini pendapat ulama terbagi menjadi dua.

Pendapat pertama menyatakan bahwa niat puasa sunnah wajib dilaksanakan sebelum tiba waktu subuh. Sedangkan pendapat kedua menyatakan bahwa boleh dilaksanakan pada siang hari. Agar lebih jelas simak penjelasannya di bawah ini.

Artikel Terkait  Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Latar Belakang, dan Sejarahnya

Boleh Berniat Pada Siang Hari

niat puasa senin kamis
egypttoday.com

Kebanyakan ulama yang berasal dari 3 mahzab yaitu Hanafi, Syafi’i, dan Hambali berpendapat bahwa tidak menjadi syarat untuk membaca niat puasa senin kamis sebelum waktu subuh.

Hal ini berdasarkan pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu ‘Anha. Berikut bunyi hadist yang menjadi dasar diperbolehkannya berniat puasa sunnah senin kamis dilakukan ketika siang hari.

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ فَقُلْنَا لَا قَالَ فَإِنِّي إِذَنْ صَائِمٌ

Artinya: Dari Aisyah Ummil Mu’mimiinin, berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah mendatangi aku pada suatu hari, Kemudian Beliau bertanya: Apakah kamu mempunyai sesuatu? Kami menjawab: Tidak, Kemudian beliau berkata: Apabila seperti itu, saya puasa saja.

Itulah hadist yang menjadi landasan dari diperbolehkannya berniat puasa sunnah ketika siang hari. Sebagai contoh ketika si A pada hari minggu tidak memiliki keinginan untuk melakukan puasa sunnah di hari senin.

Tetapi sampai jam 08.00 pagi pada hari senin, dia belum makan atau minum apapun. Pada saat melihat adiknya berpuasa, ia jadi ingin melakukan puasa sunnah. Jika menurut pendapat ini, si A diperbolehkan untuk berniat puasa senin kamis dan melaksanakan puasa sunnah.

Wajib Berniat Sebelum Waktu Subuh

niat puasa senin kamis
flickr.com

Pendapat yang kedua disampaikan oleh ulama yang berasal dari mahzab Maliki yang berpendapat niat puasa sunnah wajib dilaksanakan sebelum subuh. Pendapat tersebut didasari oleh sabda Rasullullah Shollallahu Alaihi Wa Sallam.

عَنْ حَفْصَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: Dari Hafsah Ummil Mu’miniin, sesungguhnya Nabi Shollallahu Alaihi wa Sallam berkata: Siapa yang tidak berniat puasa sebelum subuh maka tidak ada puasa baginya.

Oleh sebab itu tidak diperbolehkan melaksanakan puasa senin kamis jika belum melaksanakan niat sebelum masuk waktu subuh. Sebab hakikat dari niat adalah kemauan untuk melakukan sebuah amalan. Sementara memunculkan kemauan untuk beramal sesudah lewat waktunya merupakan hal yang tidak mungkin.

Jika kita melihat studi kasus di atas, si A tidak diperbolehkan melakukan niat puasa senin kamis dan melaksanakan puasa sunnah tersebut jika baru mulai berniat pada siang hari.

Video Niat Puasa Senin Kamis

Berikut ini kami berikan video bacaan niat puasa senin kamis agar Anda lebih mudah dalam membaca niat jika ingin melafadzkannya. Langsung saja simak video berikut ini yang berjudul “Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Lengkap Cara Baca dan Arti”

Artikel Terkait  5+ Bacaan Niat Zakat Fitrah Arab / Latin / Artinya

Itulah video mengenai bacaan niat puasa sunnah hari senin dan kamis, semoga anda terbantu dalam mengucapkan dan menghafal niat puasa sunnah tersebut. Setelah mengetahui bacaan niat puasa hari senin dan kamis, sebaiknya Anda mengulangi-ulang niat tersebut agar lebih mudah menghafalnya.

Manfaat Puasa Senin Kamis

manfaat puasa senin kamis
youtube.com

Setelah mengetahui bacaan niat puasa senin kamis, berikutnya kami sajikan manfaat beserta keutamaan-keutamaan puasa sunnah seni kamis agar Anda lebih termotivasi.

Karena pada hakikatnya ketika kita melakukan sebuah perbuatan tanpa didasari dengan keinginan yang kuat, kebanyakan orang terkadang sulit untuk melaksanakan amalan tersebut secara rutin. Oleh sebab itu kami berikan manfaat dan keutamaan dari ibadah puasa sunah hari seni dan hari kamis.

Berikut beberapa keutamaan yang didapatkan oleh orang-orang beriman yang gemar melakukan puasa.

  1. Balasan pahala yang berlipat-lipat untuk mukmin yang berpuasa.
  2. Allah SWT sendiri yang akan memberikan balasan secara langsung bagi orang yang melaksanakan puasa.
  3. Ibadah puasa bisa menjadi penyebab seseorang dimasukkan ke dalam surga.
  4. Orang yang berpuasa dikaruniakan dua kebahagiaan yakni kebahagian sewaktu melaksanakan buka puasa dan kebahagian sewaktu bertemu dengan Allah SWT.
  5. Orang yang berpuasa, bau mulutnya lebih harum dibandingkan wangi  minyak kasturi di sisi Allah.

Keutamaan-keutamaan di atas didapatkan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa baik yang wajib ataupun sunnah. Hadist yang menjadi landasan dari beberapa keutamaan di atas adalah sebagai berikut.

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: Segala perbuatan kebaikan yang dijalankan oleh manusia bakal dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang seperti itu sampai 700 kali lipat. Allah Ta’aala berfirman: Kecuali ibadah puasa. Ibadah puas itu adalah untuk Aku. Aku sendiri yang bakal membalasnya. Dikarenakan ia sudah mengabaikan syahwat dan makan sebab Aku. Untuk orang yang melaksanakan puasa akan memperoleh 2 kebahagian yakni kebahagiaan sewaktu ia berbuka dan kebahagiaan sewaktu bertemu dengan Tuhannya. Dan sungguh aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.

Demikian artikel mngenai niat puasa senin kamis, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan Anda mengenai puasa sunnah hari senin dan kamis. Salam.

Tinggalkan komentar