10 Buaya Terbesar Di Dunia yang Pernah Tertangkap Sepanjang Sejarah

Sudah tidak asing lagi mendengar nama buaya. Pastinya semua orang sudah banyak tau apa itu buaya. Buaya adalah binatang purbakala yang masih hidup sampai saat ini. Buaya sejenis binatang reptile yang paling besar di dunia yang memiliki habitat di daerah persungaian terbesar yang ada di dunia.

Binatang ini biasanya banyak hidup di air tawar, meskipun ada juga beberapa yang hidup di lautan. Di Indonesia ini jumlah populasi buaya terbilang cukup besar khususnya di daerah terpencil Kalimantan. Binatang yang satu ini cukup dikenal ganas dan sangat berbahaya.

Janganlah Anda sekali-kali mendekat dan mempermainkannya, karena sering dijumpai kabar bahwa binatang ini menerkam manusia.

Buaya Terbesar Di Dunia

Binatang ganas yang dikenal dengan buaya ini memiliki banyak sekali ragamnya. Buaya ini memiliki jenis serta ukuran yang berbeda-beda, tergantung geografis ia tinggal. Buaya adalah reptile berdarah dingin yang siap kapanpun menerkam apa saja yang ada di hadapannya. Bagi Anda yang belum tahu ragam dari buaya, Anda bisa menyimak sedikit ulasan berikut ini.

10. Puento noire

buaya terbesar di dunia
clipmass.com

Jenis buaya ini adalah salah satu binatang raksasa yang pernah ditemui dengan manusia. Biasanya binatang ini sangat jarang sekali dijumpai, karena memang habitatnya berada dalam perairan pedalaman dari desa terpencil. Dalam penemuan buaya ini didapati ukurannya sekitar 17,71 kaki atau 5,39 meter. Dilihat dari ukurannya binatang ini sangat berbahaya serta menakutkan karena bisa sekali lahap menerkam manusia.

9. Gomek – Buaya Muara Terbesar

gomek buaya terbesar di dunia
ourplnt.com

Gomek adalah buaya yang memiliki habitat di muara, yang memiliki ukuran tubuh sekitar 7,1 meter yang masih bisa tumbuh sampai memiliki berat 1.114,27 kg. Ukuran buaya ini bisa dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi dalam sehari-harinya. Konon buaya ini tidak menyerang manusia.

8. Cassius

buaya tebesar di dunia
sohu.com

Jenis buaya Cassius ini adalah buaya yang berasal dari Australia, yang memiliki berat tubuh sekitar 1 ton dan panjang sekitar 5,5 meter. Binatang buaya jenis ini ditemukan sekitar tahun 1994 dan baru masuk penangkaran sekitar tahun 1997.

Baca Juga :  5+ Ikan Terbesar di Dunia yang Menakjubkan & Fotonya

Konon katanya buaya Cassius ini sudah memiliki usia sekitar 112 tahunan. Pemberian nama Cassius sendiri berasal dari nama petinju legendaris kelas berat yaitu Cassius Clay.

7. Yai dan Utan – Buaya Blasteran Terbesar

yai
GloboChannel.com
utan
ourplnt.com

Binatang buaya ini adalah buaya blasteran yaitu dari buaya muara dengan buaya siam, yang baru muncul sekitar 1972. Jenis buaya ini memiliki panjang tubuh 6 meter dan untuk bobot tubuhnya mencapai 1.114. 27 kg.

6. Brutus – Monster Buaya

brutus buaya terbesar di dunia
yuki.la

Buaya dengan tipe Brutus ini dikenal dengan monster buaya. Karena memang ukurannya yang sangat besar dan tiap bulannya semakin membesar. Binatang buaya ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 5,5 meter beratnya bisa mencapai lebih dari 890 kg.

5. Bujang senang – Buaya Putih

bujang senang
ourplnt.com

Buaya yang dikenal dengan nama Bujang senang ini memiliki tempat tinggal di Sungai-sungai besar. Dengan ukuran sekitar 20 kaki atau 6,1 meter, dan memiliki ciri khas warna putih di belakang badannya. Di perkirakan usia dari binatang ini adalah 50 tahunan, ditemukan sekitar tahun 1941.

Konon buaya ini sangat gemar sekali memangsa manusia. Diceritakan zaman dahulu, buaya ini adalah bentuk penjelmaan dari seorang pahlawan yang disumpah menjadi buaya.

4. Gustave – Sungai Nil

buaya terbesar di dunia
khoahoc.tv

Gustave adalah nama untuk binatang buaya yang berjenis jantan berukuran sangat besar yang berasal dari sungai Nil. Buaya ini dikabarkan sudah banyak memakan korban, bahkan ratusan manusia pernah dimakannya. Ketika ditemukan diketahui panjang punya ini adalah sekitar 7,5 meter. Diperkirakan usianya rentan antara 100 tahun. Habitat buaya ini berada di perairan asin.

3. Dominator

buaya terbesar di dunia
exploredia.com

Binatang buaya yang dikenal dengan nama dominator ini memiliki ukuran sekitar 5 sampai 6 meter. Dan memiliki berat sekitar satu ton. Habitatnya berada pada perairan asin. Jenis binatang ini ditemukan satu wilayah dengan buaya brutus. Buaya ini sama mengerikannya dengan Brutus.

2. Lolong – Air Asin

longlong buaya terbesar di dunia
delfi.lt

Binatang ini memiliki nama latin crocodylus porosus. Dengan ukuran tubuh mencapai satu ton. Dengan ukuran kurang lebih 6 meter. Buaya ini hidup di perairan air asin. Jenis binatang ini tidak jauh beda dengan binatang buaya dominator diatas.

1. Kalia – Buaya Tebesar Di Dunia

kalia buaya terbesar di dunia
teleman.pl

Buaya kalia ini asal usulnya berasal dari India. Buaya ini berhabitat di perairan air asin. Diperkirakan beratnya sekitar 2000 kg. panjangnya diperkirakan 6 meter. Buaya kalia ini telah resmi mendapatkan predikat buaya terbesar di dunia.

Cara Menghindari Serangan Buaya

pinterest.com

Bagi Anda pecinta reptile khususnya binatang buaya, berikut ini adalah tips untuk menghindari serangan dari buaya.

  • Jangan dekati perairan atau sungai. Jika memang harus untuk berenang di sekitar habitat buaya, hindari terutama di pusara atau sumber airnya, karena biasanya di sekitar tempat itu terdapat buaya yang sedang diam bersiap-siap menunggu apapun untuk dimangsanya
  • Jika Anda terjebak dalam kondisi terjatuh dari perahu atau kapal di daerah yang terdapat buaya. Usahakan jangan membuat heboh, berenanglah perlahan. Janjan pula mengeluarkan suara karena hal itu akan menarik perhatian dari buaya tersebut.
  • Usahakan berenang dengan gaya dada.
  • Bila sudah terlanjur di terkam buaya, maka coloklah matanya menggunakan jari jemari Anda, adar buaya melepaskan gigitannya.
Baca Juga :  Sejarah Tari Piring dari Sumatera Barat Disertai Gambar dan Penjelasan Lengkap

Kelemahan Buaya

Bagi Anda para pecinta reptile ini, Anda harus mengenali beberapa sisi kelemahannya dari buaya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dimana titik lemah dari reptile buaya ini.

Setiap makhluk hidup pastinya memiliki sisi kelebihan dan juga kelemahan, begitu juga dengan buaya. Buaya ini memiliki kelemahan pada otot-otot yang ada pada mulutnya. Jika ingin terhindar dari serangannya menutup mulutnya adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan.

Karena dengan begitu senjata utamanya tidak bisa digunakan. Terlebih lagi leher buaya sangatlah kaku sehingga ketika mulut sudah tertutup maka akan sangat sulit bagi buaya menggerakkan kepalanya untuk menerkam mangsa. Dengan mulut tertutup buaya akan menjadi lunglai dalam pergerakannya.

Fakta-fakta Penting Mengenai Buaya

nationalgeographic.com

Buaya memiliki beberapa fakta penting yang harus Anda ketahui yaitu:

  1. Buaya adalah binatang bertelur yang hidup sekitar 240 juta tahun yang lalu.
  2. Binatang ini memiliki 24 gigi rahang yang busa digunakan untuk makan dan mencabik-cabik tubuh mangsanya.
  3. Buaya memangsa ikan, burung, mamalia bahkan manusia.
  4. Dalam melakukan penyelaman agar mencapai dasar air, buaya memakan batu-batu kecil agar tubuhnya terasa sedikit lebih berat.
  5. Buaya memiliki kulit yang sangat luar biasa tebalnya karena anak panah dan tombak tidak akan bisa menembus kulitnya.
  6. Buaya memiliki ukuran panjang sekitar 6-7 meter dan juga berat mencapai kurang lebih 1 ton. Bagi suku tertentu kulit buaya ini digunakan sebagai lambang keberanian dan juga kekuatan.

Demikianlah pembahasan mengenai buaya terbesar yang ada di dunia. Bagi Anda pecinta reptile harap berhati-hati. Karena tidak jarang bahkan sering kali dari pawang yang sudah memperkenalkan dirinya mampu menaklukkan buaya sekalipun bisa saja tiba-tiba diterkam oleh buayanya. Maka dari itu, untuk menjaga keselamatan diri sebaiknya menjaga jarak dengan reptile yang satu ini.

Tinggalkan komentar