Daftar Tempat Wisata di Purwokerto Terpopuler Sekaligus Terbaru di 2020

Wisata di Purwokerto pun sukses menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung kota yang memiliki julukan kota satria. Mungkin sebagian dari anda masih asing dengan kota satu ini bukan ? Kota Purwokerto merupakan sebuah kawasan yang terletak di pulau Jawa, tepatnya berada di provinsi Jawa Tengah. Berbagai macam julukan disandang kan untuk Purwokerto, mulai dari kota pensiunan, kota kripik, kota transit, dan julukan apik lainnya.

Dibalik image kota Purwokerto yang mendapatkan julukan kota transit (kota lewatan menuju kota lain). Ternyata kota Purwokerto punya keunikan yang tidak dimiliki oleh kota-kota besar lainnya. Sebut saja wisata museum Bank Rakyat Indonesia, yang mampu menarik para wisatawan berkunjung kemari sekaligus menjadi daya tarik tersendiri tentunya. Meskipun kota ini jarang terdengar sebagai kota penghasil wisatawan asing, namun Purwokerto memiliki potensi wisata yang cukup menarik.

Wisata yang ada atau terdapat di kota Purwokerto pun cukup variatif. Purwokerto punya semua jenis wisata yang mampu membuat siapa saja yang berkunjung, enggan untuk bergegas pulang. Mulai dari wisata alam hingga edukasi semuanya bisa anda jumpai dengan mudah di kota yang dijadikan pilihan para pejabat untuk menetap setelah pensiun. Nah bagi sobat traveling yang sudah tak sabar, baiklah ini dia daftar wisata di Purwokerto.

Aneka Ragam Tempat Wisata di Purwokerto Yang Terjamin Keasyikannya

Oke, sobat traveling yang sedang mampir atau berkunjung ke kota Purwokerto. Jangan sampai anda lewatkan beberapa destinasi tempat wisata di Purwokerto dibawah ini. Wisata sejarah, alam, hiburan siap menemani liburan anda selama di kota Purwokerto. Seperti biasanya akan lebih seru dan menyenangkan bila membawa keluarga tercinta untuk bersama menikmati liburan di Purwokerto.

1. Museum BRI Purowkerto

Wisata di Purwokerto
wordpress.com

List atau daftar wisata di Purwokerto yang wajib anda kunjungi bersama keluarga adalah museum BRI Purwokerto. Karena merupakan museum, maka wisata satu ini merupakan tempat yang cocok untuk belajar sejarah. Bagi sebagian dari anda tentu sudah tak asing lagi dengan nama bank yang satu ini kan ? Yap bank BRI, merupakan salah satu bank plat merah atau nasional yang tertua di Indonesia. Maka dari itu wisata ini penuh syarat dengan histori.

Museum BRI Purwokerto letaknya cukup strategis, berada di jalan Sudirman no 57 kota Purwokerto. Anda bisa datang kemari dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Pada salah satu destinasi wisata di Purwokerto ini memiliki berbagai macam jenis uang zaman dahulu. Mulai dari uang jenis koin, sampai uang kertas semuanya ada di koleksi museum BRI Purwokerto.

Selain mempunyai banyak jenis koleksi uang kuno yang beragam. Di museum BRI Purwokerto ini pun menyimpan alat-alat yang memiliki kaitan erat dengan dunia bank. Seperti contoh alat ketik atau mesin ketik, telepon jadul (jaman dahulu) dan berbagai macam benda bank antik lainnya. Museum bank BRI bisa anda kunjungi saat hari kamis sampai dengan minggu. Mulai pukul 8 pagi hingga jam 3 sore hari, maka pastikan sobat traveling datang kemari di jam operasional museum BRI.

2. Lokawisata Baturaden

Wisata di Purwokerto
travelspromo.com

Wisata di Purwokerto selanjutnya yang wajib pula anda kunjungi bersama orang tersayang adalah lokawisata Baturaden. Pasti sebagian dari anda bertanya-tanya mengapa wisata satu ini dinamakan Batu Raden. Nama wisata satu ini disesuaikan dengan lokasinya sendiri yaitu di kawasan Batu Raden Purwokerto. Nah soal jarak tempuh menuju wisata populer di Purwokerto ini. Anda mesti menempuh jarak 15 KM dari sentral atau pusat kota.

Lokawisata Batu Raden termasuk kedalam golongan rekreasi keluarga di Purwokerto. Sebab memang wisata yang kaya akan hiburan ini mempunyai aneka wahana permainan. Aneka jenis wahana yang ada disini yaitu kereta putar, ruang 4 dimensi, otoped, flying fox, swimming pool dan banyak macam lagi. Tak hanya itu saja, Lokawisata Batu Raden pun mempunyai taman yang bisa anda jadikan tempat untuk memulai candaan khas dengan keluarga.

Bagi yang bertanya berapa harga tiket masuk untuk bisa menikmati suasana disini, tak perlu gelisah. Soal biaya yang harus anda keluarkan tidaklah banyak, dan tidak membuat isi kantong menjerit. Dengan 14.000 per orang, anda bisa merasakan paket keseruan yang ada di wana wisata terbaik di Purwokerto satu ini. Bagaimana ? Tertarik untuk segera mengunjungi lokawisata Batu Raden?

3. Curug Gede Purwokerto

Wisata di Purwokerto
i.pinimg.com

Curug Gede Purwokerto merupakan wisata alam yang cukup terkenal di kalangan wisatawan Purwokerto. Memang dapat disebut Purwokerto adalah kota yang tak habisnya untuk di bincangkan soal wisata alamnya. Wisata alam Curug Gede Purwokerto akan cocok dan pas untuk anda yang sedang ingin menyegarkan pikiran. Terdapat beberapa macam suguhan keindahan alam yang sepertinya sanggup membuat anda sedikit rileks atau tenang.

Baca Juga :  Tempat Wisata Favorit di Solo Yang Harus Dikunjungi

Wisata alam yang penuh akan pesona ini berlokasi di desa Ketenger, tak jauh dari objek wisata sebelumnya yakni lokawisata Batu Raden. Anda diharuskan melewati jalan yang cukup licin yang mengitari lembah. Mengingat letaknya yang berada di bawah pegunungan dan lembah. Jadi anda harus perlu kewaspadaan dan hati-hati ekstra agar bisa menjamin keselamatan. Pastikan pula armada yang ditumpangi dalam kondisi prima.

Curug Gede Purwokerto menghadirkan suguhan keindahan panorama alam berupa air terjun dengan tinggi sekitar 50 meter dari dasar curug ini. Setelah anda berlama-lama dan bersusah payah menuju kemari. Usaha anda akan terbayarkan saat menyaksikan panorama kecantikan air terjun yang amat jernih. Wisata satu ini juga cocok bagi anda yang gemar trip di medan ekstrem. Karena seperti yang sudah dikatakan wisata satu ini mempunyai medan yang cukup berat untuk menuju curug.

4. Alun-Alun Kota Purwokerto

Wisata di Purwokerto
melancongkuy.com/

Tentunya setiap kota memiliki alun-alun yang terletak di tengah atau pusat kota bukan? Nah tak beda dengan Purwokerto yang juga memiliki alun-alun di sentral pemerintahan kota tentunya. Pasti sebagian dari anda membayangkan alun-alun yang ada di Purwokerto. Hanya sebuah lapangan luas berwarna hijau dengan beberapa pedagang yang menjual dagangannya. Fakta nya alun-alun yang ada di Purwokerto berbeda dengan lainnya.

Setelah berhasil direnovasi pada tahun 2015. Alun-alun Purwokerto berhasil disulap menjadi sebuah tempat yang tak bosan untuk dikunjungi. Dilengkapi dengan aneka jenis fasilitas umum yang digunakan untuk menambah sarana dan prasarana nya. Kemudian dibangun pula taman bermain bagi anak kecil yang ramah untuk pengunjung yang membawa buah hatinya. Tentunya akan sangat pas jika memilih wisata di Purwokerto satu ini sebagai pilihan bersantai.

Bagi anda yang mulai merasakan kelaparan, disini terdapat aneka kuliner yang bisa dicoba lezat nya. Alun-alun yang dulunya sepi akan pengunjung, sekarang mampu menarik para wisatawan untuk hinggap kemari setiap hari. Dengan mengusung tema dan Modern City Park membuat alun-alun ini memiliki wajah baru untuk menjadi daya tarik kota Purwokerto. Konsep ini juga dipakai di berbagai kota besar di Nusantara.

5. Small World Miniatur Dunia

Wisata di Purwokerto
www.datawisata.com

Jika daerah istimewa Yogyakarta punya Landmark, Kota Purwokerto pun punya small world miniatur dunia yang bisa dibanggakan. Sesuai dengan namanya wisata di Purwokerto satu ini merupakan tempat rekreasi yang menampilkan pemandangan aneka miniatur yang ada di dunia. Wisata satu ini termasuk atau tergolong kedalam kelompok wisata hits Purwokerto. Sehingga tak heran wisata satu ini tak pernah kehabisan pengunjung.

Para pengunjung yang datang kemari didominasi oleh kalangan muda-mudi. Seperti kebanyakan, remaja yang datang kemari sibuk mencari titik foto untuk di upload ke jejaring sosial media mereka. Disini menawarkan berbagai macam miniatur bangunan iconic dari sebagian belahan dunia. Mulai dari piramid di Mesir, Menara Pizza Italia, Taj Mahal India, White House Amerika, Menara Eifel di Paris, dan banyak landmark lainnya.

Selain digunakan menjadi objek wisata hits guna dikunjungi. Wisata di Purwokerto ini pun pas atau bagus untuk belajar seputar wawasan dunia. Maka bila anda mengajak anak-anak, tempat ini bisa dijadikan pilihan untuk merangsang pengetahuan buah hati. Namun bagi anda orang tua harus meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga buah hati saat bermain. Mengingat objek wisata satu ini cukup luas dan banyak pengunjung.

6. Gunung Slamet

Wisata di Purwokerto
backpackerjakarta.com

Wisata di Purwokerto satu ini rasanya pas untuk anda penggemar aktivitas mendaki gunung. Gunung slamet merupakan salah satu pusat daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke kota Purwokerto. Memiliki jalur pendakian yang relatif mudah, membuat wisata alam satu ini cukup banyak penggemar. Selain itu gunung slamet pun cocok bagi anda pendaki gunung yang masih pemula.

Akan tetapi bagi anda yang masih baru pertama kali mendaki gunung. Pastikan mengajak teman atau rekan anda yang sudah ahli dan memiliki jam terbang tinggi. Sebab perlu adanya instruksi khusus dan keahlian untuk mencapai puncak gunung yang mempunyai ketinggian 3428 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini. Perjalanan jauh yang sudah tempuh tidak akan terasa sia-sia saat sudah melihat secara langsung indahnya bentangan alam disini.

Apabila tiba di puncak, kegiatan yang bisa dilakukan adalah mendirikan tenda sambil menyeruput kopi hangat buatan anda. Sambil menunggu matahari terbit yang juga ditunggu-tunggu banyak orang. Panorama indahnya matahari terbit disini, pasti akan membuat anda takjub dengan gradasi warnanya. Setelah anda pulang, pasti pengalaman mendaki gunung slamet sulit untuk dilupakan begitu saja. Tunggu apalagi segera atur jadwal anda untuk hinggap ke gunung cantik ini.

Baca Juga :  Wisata Kuliner Malang yang Lezat dan Wajib di Kunjungi Wisatawan

7. Caping Park

Wisata di Purwokerto
vimvoxlab.com

Caping Park merupakan salah satu wisata di Purwokerto yang tergolong anyar atau baru. Meskipun tergolong wisata baru, destinasi hits satu ini sukses mencuri perhatian para wisatawan kota Purwokerto. Salah satu yang berhasil menarik para wisatawan untuk hinggap kemari adalah pemandangan yang disajikan. Menyuguhkan panorama bentangan alam hijau berupa bukit yang cantik nan sedap dipandang oleh mata.

Bagi anda yang tak ingin melewatkan kesempatan mengabadikan momen dengan view bukit indah. Tenang saja di wisata yang banyak digandrungi anak muda ini menyediakan aneka spot foto instagenic. Seperti yang sedang viral spot foto berupa jembatan yang memiliki pijakan berupa kaca yang tebal. Menjadikan siapa saja yang berdiri diatas kaca tersebut, bisa langsung menikmati pemandangan dibawah dengan amat jelas.

Selain spot foto yang ciamik, pada salah satu wisata di Purwokerto ini pun menyediakan banyak properti foto. Properti-properti yang disediakan bisa anda pakai untuk bergaya di spot-spot kece disini. Tentunya anda juga harus menjaga properti yang telah disediakan oleh pengelola wisata satu ini. Anda juga bisa mengajak keluarga, teman, sahabat dan orang-orang terdekat lainnya untuk mampir kemari.

8. The Forest Island Purwokerto

Wisata di Purwokerto
www.mgriyahotel.com

The Forest Island Purwokerto menambah daftar panjang list liburan di kota Purwokerto. Wisata di Purwokerto ini sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan mengusung konsep wisata sebuah pulau yang didalamnya terdapat hutan. Ternyata cukup berhasil menarik sejumlah wisatawan untuk berkunjung sekaligus betah berekreasi disini. Warna hijau khas pepohonan, bisa anda jadikan sebagai penyegar sekaligus relaksasi untuk kedua mata.

Nah bagi anda yang penasaran soal harga tiket masuk menuju salah satu wisata di Purwokerto ini. Tenang saja, anda tidak perlu membayar harga tiket untuk menikmati wahana yang ada disini. Para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk saja, dengan begitu anda sudah dibebaskan untuk mencoba aneka ragam wahana yang tersedia disini. Bila sudah mencoba wahana yang ada disini, anda dapat berburu aneka spot foto yang kece pastinya.

Pada wisata yang ada di Purwokerto ini, juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung. Fasilitas disini bisa menambah kenyamanan anda saat memilih wisata The Forest Island sebagai tempat liburan bersama orang tersayang. Mulai dari kursi taman, aneka spot foto, dan masih banyak fasilitas-fasilitas lainnya. Maka bila anda memilih wisata satu ini, dijamin tidak akan merasa rugi dan enggan untuk berkunjung kemari lagi.

9. Curug Jenggala

Wisata di Purwokerto
www.pegipegi.com

Daftar wisata di Purwokerto yang terakhir dan wajib anda kunjungi pastinya adalah Curug Jenggala. Curug atau air terjun Jenggala merupakan objek wisata alam yang sampai kini tetap dijaga nuansa alamnya. Menghadirkan sebuah pemandangan air terjun yang jatuh ke batu disertai dengan dentuman suara air yang deras. Menjadikan wisata satu ini semakin mempesona saja. Apalagi wisata satu ini dikelilingi tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Di wana wisata alam satu ini, anda bisa menikmati keelokan perbukitan dibawah kaki gunung slamet. Area sekitar curug ini juga dibangun beberapa taman yang nyaman dan indah. Maka bagi yang ingin santai sembari menikmati keindahan ciptaan tuhan berupa air terjun. Dapat dilakukan dengan duduk di taman yang ada di area air terjun. Untuk penggemar foto hits, disini juga ada aneka spot atau titik foto yang bisa anda jelajahi sekaligus coba.

Nah soal lokasi, wisata cantik ini terletak di dusun Kalipagu, Ketenger, kec. Baturraden, Kota Purwokerto. Dengan akses yang mudah karena dekat dengan stasiun, menjadi salah satu keunggulan wisata di Purwokerto satu ini. Disini anda juga dapat melakukan aktivitas seru lainnya yaitu mencoba olahraga yoga. Karena disini memiliki udara yang cukup baik, ditambah dengan suasana yang sunyi dan alami. Maka akan sangat amat cocok untuk merefresh isi kepala anda yang dipenuhi problematika.

Itu dia sobat traveling beberapa destinasi wisata di Purwokerto pilihan kami. Semuanya memiliki atau mempunyai keunikan tersendiri. Tentunya semuanya punya alasan mengapa wisata tersebut mesti dikunjungi. Pastikan anda sudah mulai menyusun agenda untuk segera bertolak dari daerah asal menuju kota dengan sebutan kota satria ini. Liburan anda akan terasa lebih menyenangkan dan seru bila memboyong orang tercinta untuk liburan di Purowkerto.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.