+ Pengertian Domain dan Hosting Beserta Tips dan Triknya [Rahasia]

PENGERTIAN HOSTING DAN DOMAIN – Jika Anda pertama kali belajar mengenai website, pasti akan merasa bingung ketika mendengar kata “hosting dan “domain”. Sebenarnya Anda tidak perlu bingung mengenai arti kedua kata ini. Karena sudah tersedia banyak sekali informasi mengenai nya di internet.

Untuk itu kami juga ingin membantu Anda dalam memahami makna hosting dan domain. Olah karena itu kami sajikan artikel mengenai pengertian hosting dan domain yang akan dibahas secara lengkap.

Pengertian Domain

pengertian domain
shutterstock

Domain adalah sebuah identitas unik yang diberikan oleh domain name server supaya suatu website dapat dengan mudah dikenali tanpa harus menghafal IP adress dari situs tersebut. Bisa kebayangkan bagaimana jika semua website yang ada hanya menggunakan IP adress yang terdiri dari banyak angka, pasti akan sulit untuk menghafal dan mengenalinya.

Oleh karena itu dengan adanya domain ini menjadi mempermudah seseorang dalam mengenali sebuah website dan tidak perlu susah-sudah menghafal angka-angka IP adress-nya.

Cara Memilih Domain

Setelah Anda memahami apa itu domain, selanjutnya saya akan bagikan tips bagaimana cara memilih domain yang baik untuk situs atau website Anda. Berikut beberapa tips yang sarankan untuk diperhatikan ketika ingin memilih nama domain.

  1. Gunakan nama domain yang unik, sehingga orang dapat dengan mudah mengingat dan membedakan nya dengan nama domain yang lain. Sebagai contoh jangan gunakan namun yang mengandung kata informazone karena website Informazone sudah eksis hehehe….
  2. Gunakan nama domain yang gampang diingat, caranya dengan mengunakan nama yang mudah dieja dan mudah diketik. Sehingga orang akan dengan mudah untuk mengunjungi kembali website Anda sewaktu-waktu.
  3. Gunakan nama domain yang singkat, nama domain usahakan jangan lebih dari 25 karakter.
  4. Gunakan nama domain yang SEO friendly, yaitu memuat sebuah keyword di dalamnya.
  5. Gunakan domain dengan extention international, contohnya .com, .net, .info, dan .org.
  6. Jangan gunakan tanda penghubung ( – ) dan angka.
  7. Segera daftarkan nama domain yang Anda inginkan, karena tidak menutup kemungkinan domain tersebut nantinya akan didaftarkan terlebih dahulu oleh orang lain. Apalagi jika domain tersebut mengandung nilai komersil seperti nama sebuah merk atau perusahaan.
  8. Pilih penyedia layanan domain yang terpercaya, agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
  9. Biasanya kualitas layanan berbanding lurus dengan harga, hal ini juga bisa berlaku untuk pembelian nama domain.
Baca Juga :  "Hutan & Energi" Tema Hari Hutan Internasional Tahun 2017

Pengertian Hosting

pengertian hosting
4webs.es

Saat Anda akan membangun sebuah website di dunia maya, terdapat dua hal yang diperlukan supaya web Anda bisa diakses, yakni hosting dan domain. Hosting berfungsi sebagai media penyimpan data di dunia maya. Sedangkan domain untuk memudahkan penamaan alamat website. Oleh karena itu, berikut kita akan membahasnya.

Pertama, apa itu hosting? Menurut Niagahoster.co.id, Web Hosting adalah sebuah layanan yang dapat digunakan oleh perorangan, organisasi atau perusahaan untuk menyimpan berbagai data website, sehingga dapat diakses melalui internet.

Cara Memilih Hosting

Sesudah Anda mempelajari apa itu hosting, selanjutnya Anda perlu pelajari mengenai metode memilih hosting yang baik dan benar.

Ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak memilih hosting, antara lain :

  1. Besarnya kapasitas penyimpanan dalam hosting ialah poin pertama yang wajib Anda pertimbangkan. Lazimnya untuk personal hosting kapasitas penyimpanan yang diperlukan relatif kecil yakni berkisar antara 10 MB (Mega Byte) hingga dengan 25 MB. Padahal untuk sebuah web perusahaan/instansi, kapasitas penyimpanan yang diperlukan antara 25 MB hingga dengan 100 MB. Tetapi seandainya perusahaan/instansi itu memakai aplikasi database, kapasitas penyimpanan yang diperlukan bisa jadi lebih besar dari 100 MB.
  2. Kecepatan dan bandwidth kecepatan akses dipengaruhi oleh spesifikasi komputer server dan lokasi server. Apabila server hosting Anda terdapat di Indonesia, ada baiknya pilih hosting IIX server Indonesia sebab mempunyai kecepatan akses histig yang lumayan baik. Sedangkan bandwidth ialah besarnya jumlah lalu lintas data atau traffic dari penunjung webiste Anda. Lazimnya penyedia hosting menawarkan bandwidth dalam kapasitas tertentu. Akan tetapi Anda jangan dengan mudah tergitu dengan kata-kata “unlimited” sebab pada banyak kasus, bandwidth unlimited cenderung mempunyai kecepatan akses hosting yang kurang baik.
  3. Fitur-fitur pendukung yang dimilki penydia layanan hsting. Diantaranya adalah email, aplikasi tambahan, penambahan sub domain, tingkat keamanan, layanan konsumen dan lain sebagainya. Fitur-fitur hal yang demikian kadangkala kita butuhkan untuk memudahkan dalam mengelola web. Dari penjelasan singkat mengenai “pengertian hosting” di atas, bisa ditarik ikhtisar bahwa hosting memilki peranan yang cukup besar ketika kita hendak membangun sebuah website.
Baca Juga :  Simbiosis Komensalisme, Pengertian, Contoh, dan Penjelesannya Lengkap

Jadi diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam membandingkan dan memilih hosting terbaik. Sesudah itu Anda juga wajib mengetahui cara kerja hosting dengan baik. Sehingga Anda dapat menentukan dengan tepat layanan hosting yang pas dan ideal.

Tinggalkan komentar