Desain Dapur Minimalis yang Simpel, Nyaman, dan Cantik

DESAIN DAPUR MINIMALIS – Kurang lengkap jika keberadaan dapur ditiadakan di dalam suatu bangunan rumah. Selain itu ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu dan tempat tidur juga menjadi penting. Secara umum, dapur adalah suatu ruangan atau tempat dalam rumah, di mana seseorang dapat melakukan aktivitas mengolah dan memasak bahan makanan dan minuman. Biasanya aktivitas ini kita lebih mengenalnya sebagai memasak.

Nah, berdasarkan hal tersebut, dapur memiliki peranan yang cukup penting dalam rumah. Keberadaan dapur pun pastinya akan membuat Anda lebih mudah menjalankan aktifitas mengelola dan memasak makanan. Dapur juga identik dengan suatu ruangan dalam rumah yang cukup besar. Karena ruangan besar itu dapat memudahkan gerak-gerik kita saat memasak.

Tentunya dapur besar cocok untuk rumah ukuran besar pula. Lantas, bagaimana dengan rumah-rumah model minimalis atau kecil? Tentu beberapa pemilik rumah-rumah tipe minimalis akan merasa kesulitan untuk mendesain ruangan yang serba kecil dalam rumah tak terkecuali untuk desain dapur minimalis.

Desain Dapur Minimalis

Faktanya, mendesain dan membangun dapur untuk rumah minimalis dapat dikatakan cukup mudah lho. Anda tak perlu risau untuk membuat dapur berukuran besar yang bisa memakan separuh lebih ukuran ruangan dalam rumah minimalis.

Ada beberapa tips-tips yang perlu Anda terapkan sebelum membangun desain dapur minimalis. Tentunya hal ini sangat perlu untuk diperhatikan terutama untuk kenyamanan Anda nantinya di dalam ruangan dapur. Simak ulasannya berikut ini…

1. Menentukan Desain Dapur Minimalis

1. Menentukan Desain Dapur Minimalis
awanshop.co

Yang pertama sebelum memulai proyek membangun dapur minimalis tentu Anda diharuskan terlebih dahulu memilih dan membuat desain dapur minimalis sesuai kebutuhan. Anda harus menentukan terlebih dahulu desain yang cocok digunakan untuk ruangan dapur rumah Anda.

Umumnya, model desain dapur minimalis memiliki bentuk U ataupun L. Karena model ini dianggap paling cocok, cantik dan simple untuk rumah kecil minimalis. Anda bisa menentukan desain mana yang kiranya sesuai dengan kebutuhan serta penyimpanan barang ataupun peralatan dapur yang nantinya ada di dalam dapur tersebut. Yuk, mulai gambar desain yang Anda inginkan seperti apa…

2. Bangun Dapur Tanpa Menggunakan Sekat Ruangan

2. Bangun Dapur Tanpa Menggunakan Sekat Ruangan
emlakfirsat.com

Tips berikutnya adalah dengan mendesain dengan model los atau tanpa sekat. Jadi dapur Anda akan dikombinasikan dengan ruangan lain. Hal ini dikarenakan pada rumah-rumah minimalis, ukuran dapur tidak terlalu luas bahkan kecil. Maka dari itu sebisa mungkin Anda jangan menggunakan penyekat antar ruangan dalam dapur rumah Anda.

Adanya penyekat ruangan hanya akan membuat dapur menjadi terbatas dan sempit. Sehingga tipsnya sebisa mungkin buatlah dapur minimalis Anda menjadi tidak terbatas sehingga Anda pun akan merasa nyaman berada di dalamnya.

3. Pemilihan Warna-warna Dalam Dapur

3. Pemilihan Warna-warna Dalam Dapur
owzne.co

Selanjutnya adalah pemilihan warna-warna yang akan Anda terapkan pada dapur minimalis Anda. Pemilihan warna-warna yang akan diterapkan pun tentunya harus mempertimbangkannya sebaik mungkin. Hal ini harus dilakukan agar makin membuat tampilan dapur Anda semakin menarik.

Sebagaimana dapur-dapur dengan desain minimalis, sangat disarankan menggunakan warna-warna yang cerah dan terang sebagai pilihan. Warna-warna yang gelap atau dove hanya akan membuat tampilan dapur terlihat sempit. Tentunya hal ini akan membuat Anda tidak nyaman beraktivitas di dalamnya.

Warna warna terang seperti pastel misalnya, bisa Anda terapkan pada warna dinding. Kemudian terang dan cerah juga dapat Anda aplikasikan pada pemilihan warna perabotan, lantai, maupun pada aksesoris ruangan.

4. Menciptakan Ilusi dengan Banyak Pencahayaan

4. Menciptakan Ilusi dengan Banyak Pencahayaan
nctodo.com

Kendati kecil dan minimalis, Anda dapat membuat tampilan dapur rumah seakan tampak lebih luas. Tipsnya adalah dengan banyaknya pencahayaan yang masuk ke dalam dapur. Anda dapat menggunakan pencahayaan alami melalui penggunaan jendela berukuran besar.

Dengan penempatan jendela dan ventilasi yang tepat, pencahayaan yang masuk akan membuat ilusi ruangan dapur akan nampak luas. Bahkan seakan banyak area kosong di dalam dapur Anda dan membuat dapur tampak lebih besar dan menarik.

Selain dari jendela maupun ventilasi udara yang ada, pencahayaan pun juga bisa berasal dari pintu. Jadi Anda bisa menggunakan pintu bebahan material kaca agar cahaya bisa masuk dalam ruangan. Sedangkan malam harinya, gunakan pencahayaan dari lampu gantung minimalis yang terpasang di tengah-tengah dapur rumah Anda.

Baca Juga :  10 Desain Kamar Mandi Minimalis Untuk Rumah Idaman Anda Beserta Tips dan Contoh

5. Memilih Kitchen Set (Peralatan Dapur) yang Tepat

5. Memilih Kitchen Set (Peralatan Dapur) yang Tepat
aparumah.com

Dasarnya, kitchen set merupakan peralatan atau perabotan dapur. Untuk rumah model minimalis biasnya, kitchen set yang cocok adalah yang minimalis dan sesuai kebutuhan juga namun tetap harus memperhatikan tampilannya.

Dengan adanya kitchen set dapur di rumah Anda terlihat tampak rapi dan tentunya nyaman. Sehingga pemilihan perabotan yang akan digunakan dalam dapur minimalis Anda harus tepat agar tampilan dapur kecil Anda pun tetap menarik.

Tips bagi Anda, tentukan dan pilih peralatan dapur multifungsi yang dapat membuat penyimpanan lebih ringkas dan tidak memakan banyak tempat seperti kitchen set dapur ukuran besar pada umumnya.

Pemilihan kitchen set yang dipakai untuk dapur kecil minimalis tentunya berbeda dengan dapur yang berukuran besar. Jadi, pilihlah kitchen set yang seminimal mungkin agar dapat menghemat area di dalam dapur minimalis rumah Anda.

6. Memanfaatkan Semaksimal Mungkin Dinding Dapur

6. Memanfaatkan Semaksimal Mungkin Dinding Dapur
homify.com.br

Nah, bagi Anda yang masih memiliki kemampuan finansial minimalis alias minim budget untuk membeli kitchen set, Anda bisa menggunakan trik sebagaimana berikut yaitu dengan membeli rak-rak atau lemari penyimpanan dinding.

Jadi Anda bisa menempelkan rak-rak tersebut pada dinding dapur minimalis Anda di rumah. Rak dinding tersebut nantinya dapat menjadi tempat penyimpanan yang efektif tanpa harus mengurangi area di dalam dapur minimalis rumah Anda.

Di samping itu, rak dinding tersebut juga akan membuat tampilan dapur Anda terlihat cantik dan lebih luas. Bahkan Anda tidak perlu repot-repot membeli. Anda juga bisa membuat rak dinding sendiri dari berbagai bahan dan material yang sederhana. Tentu ini akan lebih menghemat dan meminimalisir biaya berlebih pembuatan dapur minimalis idaman Anda.

7. Gunakan Sudut Ruangan

7. Gunakan Sudut Ruangan
jdurban.com

Untuk yang selanjutnya adalah gunakan secara maksimal sudut ruangan pada dapur Anda. Beberapa perabotan dapur seperti halnya lemari penyimpanan, meja, dan sejenisnya tentu mempunyai ukuran yang cukup besar. Maka dari itu, akan sangat merepotkan apabila dapur rumah Anda tak terlalu besar atau minimalis.

Jika salah penempatan saja akan dapat membuat dapur terlihat sempit dan berantakan. Oleh karenanya, Anda dapat meletakkan berbagai perabotan yang berukuran besar pada sudut ruangan dapur Anda. Hal ini tentu akan membuat tidak terlalu banyak area dapur yang digunakan. Sebaiknya pun Anda memilih perabotan satu set yang memiliki ukuran minimalis dan sesuai dengan desain dapur minimalis.

8. Menggunakan Lantai Diagonal

8. Menggunakan Lantai Diagonal
hannahbarnesdesigns.co.uk

Terakhir adalah tips tambahan. Tips ini kiranya dapat Anda terapkan dan lakukan sekedar untuk menciptakan efek ruangan yang nampak lebih luas. Caranya adalah dengan menggunakan lantai dengan desain diagonal. Umumnya yang sangat cocok adalah penggunaan ubin dari material kayu.

Lantai yang terbuat dari bahan atau material kayu ini akan sangat cocok dan pas untuk membuat ruangan dapur minimalis Anda nyaman dan tampak lebih luas daripada sebelumnya.

Contoh Desain Dapur Minimalis Cantik dan Keren

desain dapur minimalis cantik keren
dizain.guru

Kendati desain dapur minimalis akan nampak membuat intensitas gerak Anda terbatas, faktanya banyak model dapur minimalis akan menciptakan tampilan tersendiri dalam rumah Anda. Desain dapur minimalis pun banyak digunakan dan dipih oleh kebanyakan orang kini karena mampu menciptakan kesan lebih luas dibandingkan yang sebenarnya.

Bagi Anda yang kini bingung untuk menentukan desain dapur minimalis yang cocok untuk rumah Anda, berikut ini beberapa contoh desain dapur yang kiranya cocok dan pas untuk Anda terapkan untuk rumah Anda. Simak contohnya berikut…

1. Desain Dapur Minimalis dengan Bentuk U

1. Desain Dapur Minimalis dengan Bentuk U
interiordesign.id

Contoh desain dapur yang pertama adalah dengan menggunakan desain kabinet dapur berbentuk U. Dengan menggunakan bentuk kabinet seperti ini, Anda pun bisa dengan bebas bergerak di bagian tengah dapur saat memasak maupun menyiapkan makanan.

Di samping itu pula, Anda tidak perlu lagi melangkah jauh ketika ingin memindahkan peralatan masak dari kompor ke tempat cucian. Maupun juga ketika mengambil peralatan makan seperti piring dan gelas untuk menyiapkan makanan. Cukup hanya dengan membalikkan badan ke kanan atau kiri saja. Tentu akan sangat efisien sekali!

2. Desain Dapur Minimalis dengan Jendela

2. Desain Dapur Minimalis dengan Jendela
glass-studio.bg

Sudah tahu kan tips dan trik untuk membuat dapur minimalis Anda untuk tetap terlihat luas adalah dengan mengatur pencahayaannya. Pencahayaannya salah satunya adalah berasal dari jendela. Jendela memiliki funsi utama sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya alami dari matahari.

Dengan adanya jendela pada desain dapur minimalis Anda akan membuat nya terlihat lebih besar dan luas. Mengapa demikian? Karena dapur akan menjadi lebih terang berkat cahaya matahari yang masuk dan pandangan Anda akan lebih luas ke bagian luar rumah.

Adapun nilai plus nya, Anda dapat membuka jendela saat memasak, yang membuat bau masakan tidak terkurung di dalam rumah. tambahannya, Anda bisa lebih hemat pengeluaran untuk biaya lampu di siang hari berkat desain dapur minimalis model ini. Dan yang paling utama sirkulasi udara yang baik bisa membuat lebih nyaman dan segar, apalagi sumpek.

Baca Juga :  Trik-trik Mudah Menentukan Desain Rumah 3 Kamar Seperti Profesional

3. Desain Dapur Minimalis yang Tersembunyi

dapur minimalis tersembunyi
2minuteswith.com

Berhubung ukuran ruangan dapur minimalis yang kecil dan sempit, akibatnya tidak jarang mengharuskan Anda mendesain dapur menjadi satu dengan ruangan makan. Namun, bagi Anda yang merasa risih karena area yang menyatu antara dapur dan ruang makan, trik yang bisa diaplikasikan adalah dengan desain dapur minimalis tersembunyi.

Desain dapur minimalis ini dapat Anda sembunyikan dengan menggunakan partisi atau pintu lipat maupun tirai yang warnanya sudah disesuaikan dengan dinding dapur tentunya. Ketika Anda ingin memasak, Anda tinggal membuka penutupnya. Dan sebaliknya jika ingin makan dan mendapatkan suasana yang nyaman, tutup dan sembunyikan dapur minimalis Anda.

4. Desain Dapur Minimalis dengan Furnitur Tersembunyi

4. Desain Dapur Minimalis dengan Furnitur Tersembunyi
pinterest.com

Selain membuat desain dapur minimalis yang tersembunyi, Anda pun bisa menerapkan model desain dapur minimalis dengan berbagai furnitur (perabotan) tersembunyi. Sebelumnya, dalam menentukan desain dapur minimalis, tentu Anda harus memilih furnitur apa yang wajib dimiliki dan tidak begitu diperlukan supaya ruangan tidak terlihat sempit.

Apabila masih banyak furnitur yang tidak bisa disingkirkan, solusinya adalah dengan menggunakan furnitur (perabotan) yang bisa disembunyikan saat tidak digunakan. Contohnya saja seperti meja yang ditanam pada kabinet, sehingga ketika akan dipakai cukup tarik meja tersembunyi tersebut keluar dari kabinet.

5. Desain Dapur dengan Rak Dinding dan Perabotan Gantung

5. Desain Dapur dengan Rak Dinding dan Perabotan Gantung
lepsiebyvanie.centrum.sk

Selanjutnya, berikut tips yang cocok buat Anda yang tidak menyukai ruangan sempit, namun tidak memungkinkan Anda membuat dapur ukuran besar, bisa kok dengan mengakalinya. Salah satunya adalah dengan penggunaan rak dinding dan perabotan gantung. Umumnya penggunaan kabinet pada desain dapur kecil akan membuat ruangan terasa semakin sesak dan tertutup.

Maka dari itu, untuk menciptakan kesan yang lebih lega dan lapang, Anda bisa mengganti kabinet dengan menggunakan rak dinding terbuka. Adapun keuntungan lain yang Anda dengan menggunakan rak terbuka ini adalah menghindarkan perabotan dari kelembapan dan menghemat waktumu ketika mencari sebuah benda.

Dan sama halnya dengan rak dinding terbuka, area gantungan bisa membuat desain dapur kecil menjadi terlihat lebih lega. Anda bisa membuat area gantungan pada satu dinding dan menggunakannya untuk meletakkan berbagai macam wajan, panci, dan sendok masak.

Teknik penyimpanan sejenis ini pun akan lebih efisien tempat ketimbang dengan menyimpannya di dalam lemari. Apabila Anda ingin menggunakan salah satu peralatan masak tadi, Anda pun akan lebih mudah mencari dan mengambilnya tanpa harus membongkar tumpukan di dalam lemari.

6. Pemanfaatan Maksimal Sudut Ruangan Desain Dapur Minimalis

6. Pemanfaatan Maksimal Sudut Ruangan Desain Dapur Minimalis

Sudah tau tips sebelumnya kan? Tips memanfaatkan sudut ruangan semaksimal mungkin. Tips tersebut tentunya sangat cocok untuk Anda lakukan saat Anda hanya memiliki ruangan kecil untuk dapur. Dengan memanfaatkan setiap sudut dapur dengan maksimal, dapur Anda gunakan terkesan lebih luas.

Pokoknya jangan sampai ada sudut yang terabaikan dan tidak terpakai pada desain dapur minimalis Anda. Apabila memungkinkan, Anda pun bisa memasang kabinet di setiap sudut bagian atas dapur, selain desain kabinet yang sudah di kenalkan di atas. Area backsplash pun dapat Anda gunakan sebagai area menggantung peralatan masak yang berukuran kecil.

7. Desain Dapur Minimalis Multifungsi

7. Desain Dapur Minimalis Multifungsi

Desain dapur minimalis yang multifungsi seperti ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memang hobi memasak. Misalnya adalah dengan desain yang multifungsi seperti membuat tempat pencucian di dapur yang diaplikasikan dengan telenan yang bisa digeser.

Jadi cukup dengan menggeser talenan ketika ingin mencuci bahan makanan, dan menggesernya kembali ketika akan memotong bahan tersebut. Tentu ini sangat efisien tempat. Lumayan efisien kan, sekali masak hanya perlu satu talenan di dapur dan tidak perlu repot bolak-balik ke tempat cucian yang cukup memakan banyak tempat.

8. Desain Dapur Minimalis dengan Kabinet Sudut Serba Guna

8. Desain Dapur Minimalis dengan Kabinet Sudut Serba Guna

Desain dapur minimalis sebenarnya tidak cukup banyak dikenal dan dipakai. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba menerapkan nya di rumah. Umumnya, bagian pertemuan kedua sudut kabinet biasanya tidak terpakai karena desain yang cukup sederhana.

Nah maka dari itu untuk mengakali nya, Anda dapat memilih kabinet sudut yang memanfaatkan ruang di bagian pertemuan kedua sudut tersebut. Dengan perencanaan yang tepat tentunya, desain dapur minimalis bisa jadi lebih efisien, efektif dan fungsional.

Demikianlah bahasan kali ini tentang desain dapur minimalis. Intinya adalah sebelum mendesain atau merenovasi dapur sebaiknya gambar lebih dulu desain yang ingin Anda terapkan. Dan tak lupa sesuaikan dengan kebutuhan jangan mendesain terlalu berlebihan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi para pembaca sekalian. Selamat mencoba di rumah ya….»

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.