15+ Desain Payung Paling Kreatif dan Unik dari Seluruh Dunia [Khusus Buat Kamu]

Desain Payung Kreatif – Payung adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk melindungi badan dari guyuran air hujan dan terik panas matahari. Biasanya payung terbuat dari kain, plastik atau kertas yang diberi tangkai dan dapat dilipat-lipat.

Payung telah digunakan oleh seluruh orang di dunia, sejak mulai peradaban mesir kuno. Saat ini payung tidak hanya digunakan sebagai alat pelindung saja, payung juga digunakan sebagai fashion, sebagai aksesoris busana atau sebagai properti untuk mempercantik sesi pemotretan.

Desain payung juga mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Ada juga payung yang memiliki desain yang unik. Berikut berbagai payung payung yang memiliki desain paling kreatif dan unik dari seluruh dunia.

1. Desain Kreatif Payung Klub Golf

lindsayinternationale.com

Desain payung klub golf di atas sangatlah kreatif karena menggabungkan payung dengan alat pemukul golf. Permainan golf biasanya membutuhkan cuaca yang baik, apabila hujan turun biasanya akan mengganggu permainan dan menyebabkan pemain berhenti bermain.

Mungkin dari situlah muncul ide untuk membuat payung yang satu ini. Agar bisa lebih santai bermain golf meski dalam kondisi hujan dan bisa melindungi badan dari panas sinar matahari.

2. Payung Terbalik dengan Dua Lapisan

1designperday.com

Biasanya payung dilipat dengan kondisi melipat ke bawah, tetapi payung yang satu memiliki keunikan yang mencolok karena payung dilipat dengan cara yang berkebalikan dengan payung pada umumnya, yaitu melipat ke atas.

Payung ini dibuat oleh seorang insiyur aeronautika (ilmu perancangan pesawat terbang), Enan Kazim yang meneliti bentuk payung selama 10 tahun untuk mendapatkan bentuk yang paling benar.

Dengan adanya payung ini kita tidak akan kerepotan saat masuk ke dalam mobil karena air dari payung tidak akan menetes ke bawah dan membasahi baju kita. Selain itu, jika payung tertiup angin dan melengkung ke atas, kita akan dengan mudah memperbaikinya hanya dengan satu tombol.

3. Payung Nubrella

tracer.ru

Nubrella merupakan payung yang tidak perlu dipegang menggunakan tangan dan mampu digunakan pada cuaca ekstrem. Payung ini dilengkapi dengan tali tas ransel, sehingga nyaman digunakan dan mudah dipakai.

Alan Kaufman adalah seorang enterpreneur sekaligus penemu dari nubrella. Ide untuk membuat payung ini muncul, ketika dia melihat seorang pria yang bersusah payah menerjang hujan badai hingga payung yang digunakannya rusak dan dibuang ke tempat sampah.

Payung ini menggunakan bahan plastik bening, sehingga tidak menghalangi pandangan kita ketika berjalan. Ditambah dengan penutup di bagian belakang yang akan melindungi barang bawaan seperti alat elektronik agar tetap kering.

4. Payung dengan Pegangan Samurai

hotcraze.co.uk

Payung dengan pegangan samurai ini menjadikan penggunanya terlihat lebih keren ketika menggunakannya. Bergaya dengan payung samurai ini membuat pemakainya seperti memegang sebuah pedang samurai.

Ketika hujan datang, kamu bisa mengayunkannya (seperti samurai) dan wussh! jadilah sebuah payung. Hadapilah hujan dengan tetap menjaga kewibawaan dan yang terpenting penampilanmu dengan payung samurai. B)

5. Payung Star Wars Lightsaber

Star Wars merupakan sebuah film yang terkenal dengan pertarungan antargalaksi di ruang angkasa. Salah satu senjata yang populer dalam serial ini adalah lightsaber, yakni sebuah pedang cahaya yang digunakan disetiap terjadi duel langsung antara jedi dan sith.

Karena begitu terkenalnya film ini, muncullah sebuah payung yang didesain seperti lightsaber. Sebuah alasan yang masuk akal, mengingat banyaknya penggemar dari serial film Star Wars di seluruh dunia.

Tidak hanya penggemar film star wars saja yang menggunakannya tetapi banyak juga orang yang tertarik karena desain payung yang keren dan unik.

Ide membuat payung yang bercahaya seperti lightsaber juga meningkatkan keamanan dari penggunanya karena akan mudah terlihat di tempat yang gelap sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Artikel Terkait  Cara Membuat Fidget Spinner yang Mudah dan Bisa Kamu Lakukan Sendiri

6. Payung dengan Pistol Air

Payung ini menawarkan sebuah konsep yang menyenangkan, dimana ketika hujan turun, air hujan akan ditampung oleh payung dan dialirkan ke dalam pistol air yang berada di bagian bawah.

Hal ini akan membuatmu bisa menembakkan air ke orang lain dan membuatnya basah. Tetap kering dan buat orang lain basah. 🙂

Namun sayang payung ini belum diproduksi, dan ini hanya sebuah konsep yang ditawarkan oleh seorang desainer dari London, Alex Woolley.

7. Payung yang Bisa Digunakan untuk Duduk

Payung ini berbentuk seperti tongkat kursi, dimana dilengkapi dengan pegangan dari kulit yang bisa terbuka dan menjadi sebuah kursi yang kokoh. Hal ini membuat kita bisa beristirahat ketika kaki terasa sakit dan capek saat berjalan.

Payung bisa digunakan sebagai tongkat dalam berbagai kondisi cuaca, karena bisa berubah mejadi payung jika kita merasa kepanasan atau sedang kehujanan.

Bagi orang yang suka melakukan aktivitas di luar ruangan, payung ini bisa sangat bermanfaat. Karena bisa menyediakan kursi dimana saja dan kapan saja saat kita butuhkan.

Kursi ini bisa digunakan dimana saja, karena pada ujung kursi terdapat karet yang bisa dilepas. Karet ini berfungsi untuk mencegah ujung payung kita tersangkut saat digunakan di tanah atau rerumputan.

8. Payung yang Bisa Berubah Warna

Sebuah payung yang menawarkan sebuah cara yang unik untuk menikmati air hujan yang turun. Payung ini dicetak dengan tinta khusus, dimana akan berwarna putih ketika kering dan akan berubah warna ketika basah terkena air hujan.

Bayangkan, ketika hujan turun dan payungmu berubah warna, tentu akan membuat anak-anak kecil di sekitarmu bingung dan menyangka bawah warna pelangi di langit bocor dan merubah warna payungmu. 🙂

9. Payung Bluetooth

Kita biasanya merasa tidak nyaman ketika menggunakan handphone saat hujan. Apalagi, jika menggunakan layar sentuh, kita akan susah menggunakan hp, bahkan untuk membuka password. Hal ini karena layar hp kita basah dan susah untuk digunakan.

Apalagi kalau hp kita berada di dalam tas, dan tangan kita sedang membawa payung, maka akan lebih menyusahkan kita. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan payung ini.

Pada pegangan payung terdapat alat yang memungkinkan kita untuk mengendalikan hp kita dengan bluetooth. Kita bisa mengangkat telpon, menerima pesan dan mendengarkan lagu. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu jari.

Dengan adanya speaker pada payung ini, menjadikan kita juga bisa bernyanyi di dalam hujan. Payung yang praktis, keren dan simpel.

10. Payung dengan Pengingat Agar Kita Tidak Pernah Meninggalkannya

newgizmoblog.com

Kita biasanya sering kehilangan payung karena kelupaan dan meninggalkannya di suatu tempat. Sebuah perusahaan di New York berencana mengakhiri hal ini dengan menciptakan sebuah payung yang dilengkapi dengan sensor jarak berupa bluetooth.

Sebuah Bluetooth Proximity Chip diletakkan secara tersembunyi di bagian bawah payung, yang akan memberikan kamu peringatan ketika kamu kelupaan dan meninggalakannya.

Payung ini akan memperingatkanmu, ketika kamu meninggalkannya sejauh 9 meter. Sebuah pesan akan muncul di hp mu, memberitahumu bahwa kamu telah meninggalkan payungmu di belakang.

“Kami membuat payung yang lebih kuat dan benar-benar tahan lama dari biasanya” kata Dave Kahng, direktur manager dan pendiri dari perusahaan pembuat payung Davek  Accessoris.

“Kami berpikiran ada banyak orang di luar sana yang akan membayar lebih untuk sebuah payung yang akan bertahan beberapa tahun, namun kekhawatiran terbesar saat menghabiskan uangnya adalah kehilangan benda yang dibelinya”.

11. Payung Senz

Hal yang menyebalkan ketika kita menggunakan payung saat badai, payung kita akan dengan mudah terbalik dan rusak. Dengan memahami ilmu aerodinamika dan cara membuat payung dengan bentuk yang baik, Senz menciptakan sebuah payung yang dapat bertahan dalam badai.

Artikel Terkait  17 Kreasi Daur Ulang yang Inovatif dan Mudah dibuat

Payung ini dapat bertahan pada cuaca yang ekstrim hingga kecepatan angin mencapai 100 km/jam. Hal ini membuatmu tetap kering meskipun berada dalam cuaca yang buruk.

Selain memiliki kemampuan bertahan dari terjangan badai, bentuk payung ini terlihat keren dan elegan dengan berbagai macam warna dan bentuk. Bentuknya yang tidak simetris membuatnya dapat melayang ketika tertiup angin sehingga menjadi lebih ringan.

12. Oombrella

wezzoo.com
realitypod.com

Kita tentu setuju bahwa kita sering lupa tidak membawa payung, padahal kita sangat membutuhkannya. Apa yang kamu rasakan ketika kebasahan karena kamu lupa membawa payung? tentu akan menjadi sesuatu yang buruk jika hal itu terjadi.

Payung Oombrella dilengkapi dengan data prakiraan cuaca pada daerah tertentu dan juga memiliki pelacak yang akan menyimpan lokasimu, sehingga akan memberitahumu dan memperingatkanmu tentang informasi cuaca di tempat kamu berada.

Hal yang paling menarik dari Oombrella adalah kemampuan melacak aktivitas apa saja yang kita lakukan dan merekam kondisi cuaca yang kita alami selama perjalanan.

Hal tersebuat dikarenakan Oombrella dilengkapi dengan sensor kelembaban, suhu, tekanan dan cahaya. Semuanya juga digunakan untuk membuat pemberitahuan “Bawa saya (Oombrella) bersama kamu, karena dalam 15 menit akan turun hujan”.

13. Payung Eco Brolly yang Ramah Lingkungan

launchbox.cutandpaste.com

Eco Brolly merupakan payung yang didesain oleh seorang mahasiswi sebagai bagian dari tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Payung ini didesain agar ramah terhadap lingkungan dan mendorong masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Payung ini juga dibuat untuk mendorong masyarakat agar terbiasa menggunakan bahan-bahan daur ulang, seperti koran, kertas, kain bekas, kantong plastik dan lain-lain.

Payung ini praktis dan bisa dibawa kemana saja karena memiliki ukuran yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam saku.

Kelebihan lainnya adalah Eco Brolly memiliki kerangka payung yang ringan karena terbuat dari alumunium ringan, memiliki tinggi 80 cm, cocok digunakan di tempat dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dan tempat dimana koran tersedia secara gratis.

14. Polite Umbrella (Payung Sopan)

Salah satu kekurangan dari payung adalah kita tidak bisa bergerak bebas jika berada di dalam kerumunan pejalan kaki. Pergerakan kita akan terhambat karena khawatir ujung payung kita mengenai mata, hidung atau wajah orang lain.

Polite Umbrella atau yang berarti payung sopan dirancang oleh Joo Youn Paek, untuk menghilangkan kekhawatiran kita akan terjadinya kecelakaan pada masa yang akan datang.

Seperti yang kamu lihat pada gambar diatas, sebelum pria itu menarik pegangan payung, payung terlihat seperti bentuk payung pada umumnya. Ketika pria itu menariknya, ukuran payung akan menyusut menjadi setengah kali ukuran aslinya.

15. Payung Borgol Anti Maling

Saat memasuki toko atau di tempat umum, kita biasanya meletakkan payung kita di luar agar payung kita tetap kering dan tidak membuat becek. Tetapi hal ini bisa menjadi sesuatu yang buruk ketika ada seseorang yang mencuri payung kita.

Sungguh kita semua tidak ingin hal itu terjadi, ketika kita meninggalkan payung kita. Kita tidak mungkin juga akan menemukan payung kita kembali, karena pabrik tidak hanya membuat satu, tetapi banyak payung yang terlihat sama seperti yang kita miliki.

The Shacklie merupakan solusinya, payung ini mengubah bentuk dari pegangan payung menjadi seperti borgol atau gembok. Dengan begini kita dapat mengamankan payung kita saat kita meninggalkannya.

Bonus!!

Payung Berbentuk Hiu (peekaboopatterns.com)
Payung dengan Peta Sebuah Daerah (nationalarchivesstore.org)
Payung Double (id.aliexpress.com)
Payung Berbentuk Sayur – Vegetabrella (deepjapan.org)
Payung dengan Tempat Gelas (starpulse.com)
Payung Berbentuk Daun Pisang (theumbrellashoppe.com)

Demikian artikel desain payung kreatif, semoga dengan artikel ini dapat memberi inspirasi bagi pembaca agar terus berpikir kreatif  dan inovatif.

Sampai jumpa di artikel saya yang selanjutnya. Salam 🙂