10 Desain Kamar Mandi Minimalis Untuk Rumah Idaman Anda Beserta Tips dan Contoh

KAMAR MANDI merupakan salah satu tempat untuk pribadi yang mana wajib untuk diperhatikan secara keseluruhan sehingga dapat terlihat bagus serta nyaman ketika dipakai oleh semua orang. Desain kamar mandi minimalis sendiri juga menjadi salah satu hal terpenting pada rumah pribadi Anda.

Namun, terdapat beberapa pendapat yang mengatakan jika kamar mandi yang unik hanya dipakai untuk fungsi sebagai ruangan pendukung yang utama, tapi untuk interior kamar mandi sendiri memang tidak boleh diremehkan.

Tentunya Anda dapat membayangkan jika saja Anda memiliki rumah tanpa adanya kamar mandi, pasti Anda akan kesulitan melakukan aktivitas pribadi  yang dilakukan di kamar mandi. Itulah mengapa Anda pun wajib untuk dapat berfikir secara cermat serta bagaimana dapat membangun desain kamar mandi di dalam rumah Anda.

Jika kita memiliki kamar mandi yang unik serta terlihat cantik dan rapi memang menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi pemilik rumah. Dan tentunya bagi tamu-tamu yang datang ke rumah pastinya akan berkesan ketika melihat atau menggunakan kamar mandi di rumah Anda.

Desain Kamar Mandi

desain kamar mandi minimalis
Desainrumahnya.com

Ketika Anda ingin memiliki rencana untuk membuat kamar mandi yang sederhana namun nyaman serta memiliki daya tarik ketika pemakaiannya maka Anda tidak perlu bingung. Sebab sudah banyak sekali desain dan gaya arsitektur kamar mandi yang nantinya akan membuat Anda nyaman ketika menggunakan kamar mandi di dalam rumah Anda. Untuk ruangan kamar mandi yang minimalis memang memiliki beberapa gaya yang bisa digunakan seperti old styles kontemporer, vintage serta gaya modern.

Cara Membuat Desain Kamar Mandi Minimalis

Rumah adalah sebuah istana yang tidak akan bisa tergantikan bagi keluarga yang menjadi penghuni rumah tersebut. Terdapat beberapa ruang favorit yang menjadi tempat keluarga untuk bersantai di ruang tamu dan juga ruangan tv. Salah satu ruangan yang paling penting dalam membangun sebuah rumah adalah adanya kamar mandi di mana kamar mandi ini akan menjadi tempat melakukan aktivitas pribadi anggota keluarga Anda.

Pembuatan desain dari kamar mandi sendirian memang terbilang cukup mudah jika telah direncanakan secara matang. Serta sudah memiliki rencana tepat dalam penataan barang-barang yang ada di kamar mandi. Terdapat banyak tata ruang yang bisa Anda terapkan pada desain kamar mandi Anda. Namun yang pasti jangan sampai datang dari tahun mandi Anda akan mempersulit dalam menjaga kebersihannya.

Nah, agar dapat menjaga kebersihan dari kamar mandi maka pemilik rumah wajib untuk lebih teliti ketika pemilihan kaya penataan barang-barang di dalam kamar mandi. Kamar mandi memang seperti kamar tidur di mana kamar mandi ini akan menjadi salah satu ruangan yang menjadi ruangan para anggota keluarga melakukan aktivitas utama sebelum melakukan kegiatan sehari-hari di luar ruangan.

Itulah sebabnya sangat penting sekali untuk selalu menentukan desain dari kamar mandi yang menawan sehingga para anggota keluarga juga lebih nyaman ketika menggunakan kamar mandi. Dengan adanya penataan perabotan kamar mandi yang baik nyaman dan juga bersih pastinya bukan hanya membuat nyaman anggota keluarga. Selain itu jika Anda memiliki tamu dan menggunakan kamar mandi juga akan merasa nyaman.

Pastinya akan menjadi bahan gunjingan para tamu yang berkunjung kepada Anda jika kamar mandi yang Anda miliki tidak nyaman serta kebersihannya kurang terjaga. Memang betul jika banyak cara yang dapat Anda terapkan ketika membangun atau mengubah dari desain kamar mandi Anda sehingga dapat terlihat jauh lebih menarik dan nyaman. Memang tidak ada salahnya apabila Anda memulai untuk menerapkan tips-tips di bawah ini mengenai cara ketika membuat desain kamar mandi yang kecil namun terlihat menawan.

1. Menentukan Lokasi Dari Kamar Mandi

Untuk tips yang pertama adalah wajib menentukan lokasi dari kamar mandi, karena posisi dari kamar mandi di dalam sebuah rumah mempunyai peran yang sangat penting dalam hal kegunaan serta ke efisiensinya. Karena air menjadi salah satu kebutuhan primer, maka ketika membangun kamar mandi harus pada lokasi yang mudah di jangkau atau dekat dengan ruangan lainnya.

Baca Juga :  Desain Dapur Minimalis yang Simpel, Nyaman, dan Cantik

Bahkan, jika ingin membuat pemanas air dengan mudah maka perlu memasangnya di area yang dekat dengan kamar mandi. Apabila semakin dekat perangkat sistem pemanas air dengan ruangan kamar mandi maka akan semakin tinggi pula efisiensi pemakaian air tersebut.

2. Memperhatikan Luas Serta Denah

Memang betul luas dari desain kamar mandi minimalis wajib untuk di perhatikan. Apabila kamar mandi terlalu luas maka pastinya akan memakan ruang pada ruangan lain yang berdekatan dengan kamar mandi tersebut. Itulah sebabnya membuat sketsa kasar denah dari kamar mandi yang akan dibangun memang sangat penting di mana Anda membuat denah meliputi arah pintu terbuka apakah harus ke dalam atau harus keluar.

Jika Anda tidak ingin kesulitan menyimpan baju saat mandi, maka jangan membuat pintu dengan arah ke dalam saat terbuka.

3. Desain Kamar Mandi Menyesuaikan Jumlah Anggota Keluarga

Pada setiap keluarga pasti memiliki jumlah yang berbeda dan yang pasti anggota keluarga yang masih muda akan berbeda kebutuhannya dengan orang yang telah lanjut usia. Jadi untuk jumlah penghuni rumah pastinya akan mempengaruhi dari desain kamar mandi apakah membutuhkan 2 wastafel, shower maupun bath tube. Perlu untuk Anda ketahui, jika memilih property kamar mandi juga sesuai desain.

Contohnya saja Anda memilih desain kamar mandi yang minimalis maka idealnya memerlukan perabotan yang juga minimalis.

4. Pilih Perabotan Kamar Mandi Yang Sesuai

Untuk tips yang selanjutnya ialah dengan memilih perabotan kamar mandi yang cocok. Dalam  pemilihan perabotan serta perlengkapan kamar mandi memang wajib untuk diperhatikan. Umumnya kamar mandi dan tempat cuci muka akan dipisah, dimana kamar mandi merupakan area basah dan tempat cuci muka merupakan area kering. Maka Anda pun harus bisa menentukan material mana yang perlu digunakan.

Untuk area kamar mandi, maka perlu memilih furnitur yang tidak mudah rusak dan berkarat seperti keramik marmer.

5. Merencanakan Area Kering Pada Kamar Mandi

Untuk area yang satu ini memang lebih cenderung dipakai untuk kegiatan membersihkan badan yang mana tidak memerlukan banyak air seperti halnya berias dan juga menyikat gigi. Area kering biasanya akan ada pada kamar mandi kaca. Jadi area kering ini bukan hanya sebagai tempat cuci muka dan sikat gigi, karena bisa menjadi tempat penyimpanan handuk mandi, peralatan mandi dan lain sebagainya.

6. Mempertimbangkan Luas Kamar Mandi

Nah, jika Anda memiliki keterbatasan ruangan namun belum memiliki kamar mandi utama. Maka alternatif yang dilakukan ialah dengan tidak menggunakan banyak furniture pada kamar mandi sehingga ruangan kamar mandi tidak terasa sempit. Akan lebih baik jika mengganti wadah penampung air dengan software yang pastinya akan menghemat ruang, dan juga Anda bisa memasang wastafel pada luar kamar mandi.

Anda juga bisa memakai sliding door, sehingga masih ada ruang untuk meletakkan cabinet sebagai tempat penyimpanan peralatan mandi.

7. Memperhatikan Dinding Serta Lantai Kamar Mandi

Material yang digunakan pada kamar mandi memang wajib tahan air termasuk pada lantai dan juga dindingnya. Pemilihan cat tembok biasa memang tidak baik untuk pembuatan kamar mandi, karena akan lebih baik jika tembok dipasangkan keramik sehingga tembok beton pun tidak akan mudah berlumut.

Kemudian gunakan wallpaper pada area kering untuk mempercantik ruangan kamar mandi Anda. Sangat disarankan untuk tidak mengaplikasikan batu kapur atau limestone dengan warna gelap pada area basah. Jangan pernah memakai papan kayu untuk lantai kamar mandi sebab mudah menjamur.

8. Penghitungan Dana Yang Dimiliki

Mempunyai kamar mandi yang cantik sepanjang man memang menjadi salah satu impian dari semua orang, namun tidak semua orang mempunyai batik yang cukup untuk menciptakannya. Jika memang memiliki dana yang minim, maka jangan sampai memilih furniture yang jarang dipakai saat mandi. Utamakan pemilihan furniture yang memang sangat dibutuhkan di akmar mandi.

9. Pemilihan Interior Kamar Mandi

Di dalam kamar mandi akan lebih baik jika Anda memberikan tambahan efek cahaya. Hal ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan keramik yang mengkilat serta memiliki warna-warna yang dapat memantul. Sehingga nantinya dapat membuat kamar mandi yang kecil dan sempit akan terlihat lebih cerah dan menarik.

10. Memperhatikan Jenis Pintu Kamar Mandi

Sebaiknya adalah masalah ini Anda menggunakan pintu kaca, karena terdapat banyak jenis pintu kaca yang tersedia di toko Anda pun bebas untuk memilihnya. Penggunaan pintu kaca ini juga memiliki tujuan agar kamar mandi Anda terlihat jauh lebih luas walaupun kamar mandi yang anda miliki memiliki ukuran yang kecil. Serta hal yang tidak boleh dilupakan ialah samakan pula chat dari pintu yang membentengi kaca dengan cat dinding.

Desain Kamar Mandi untuk Rumah Minimalis

1. Desain Minimalis Clean Style

desain kamar mandi minimalis
BathSelfCatering.com

Biasanya kamar mandi yang terdapat pada hunian apartemen memiliki ukuran yang terbatas. Itulah mengapa di apartemen selalu menggunakan kamar mandi dengan gaya minimalis dan juga clean style. Tak hanya di apartemen ini juga sudah diterapkan pada rumah minimalis karena juga menghemat tempat.

Baca Juga :  50 Desain Kamar Tidur yang Inspiratif dan Elegan, Beserta Gambarnya

Pada desain kamar mandi ini menggunakan 4 warna sehingga tampilannya bisa lebih fresh dan jauh dari kesan yang monoton. Untuk area shower bisa menggunakan kaca transparan sehingga hanya area shower saja yang basah.

Untuk penggunaan warnanya bisa di sesuaikan dengan keinginan namun ada baiknya jika memilih warna yang segar misalnya hijau, biru, ataupun kuning. Hal ini bisa menciptakan rasa nyaman ketika menggunakan kamar mandi dengan ukuran kecil tersebut.

2. Smart Design Bagi Ruang Terbatas

desain kamar mandi minimalis
MojEnterijer.rs

Untuk yang selanjutnya ini adalah kamar mandi yang dirancang dengan desain yang simpel. Ruangan kamar mandi yang satu ini di desain dengan nuansa yang terang. Desain bisa mengusung warna putih serta abu-abu bisa dikombinasikan dengan material alami. Desain seperti ini pastinya akan memberikan efek kesan lebih luas pada ruangan.

Terlebih lagi jika Anda mampu mendesain kamar mandi yang artistik, maka akan membuat anggota keluarga nyaman saat melakukan aktivitas pribadi di kamar mandi.

3. Desain Warna Gading yang Elegan

desain kamar mandi minimalis
merepaaste.blogspot.com

Pada desain kamar mandi yang satu ini akan menggunakan kaca yang pastinya akan membuat kamar mandi teringat memukau. Agar tampilan kamar mandi lebih mewah dan elegan, maka Anda bisa menggunakan kaca besar yang ada di atas wastafel dan bisa menggunakan kaca transparan pada area yang basah dan kering. Anda juga bisa menggunakan beberapa furniture pada area kering, dimana hal ini akan bisa menambah kesan yang alami dan natural.

4. Desain Futuristic

desain kamar mandi minimalis
decoholic.com

Anda pun juga bisa memilih desain futuristik yang mana terinspirasi dari film oblivion. Dimana kamar mandi ini akan dirancang dengan adanya sentuhan futuristik yang sangat terasa pada bagian shower. Nuansa futuristik ini memang lebih sering menggunakan warna putih serta sentuhan abu-abu. Apalagi kamar mandi akan mengaplikasikan lantai serta dinding marmer yang membuat tampilannya jauh lebih menawan.

5. Desain Kamar Mandi Oleh Krolled

desain kamar mandi by Krolled
deviantart.com/krolled

Untuk desain yang pertama ini dibuat oleh Krolled. Contoh desain kamar mandi minimalis yang satu ini sangat cocok untuk ruangan yang tidak terlalu luas sehingga nantinya akan bisa terlihat luas ke dikarenakan menggunakan warna cream dan juga putih. Desain kamar mandi toilet ini biasanya wajib disesuaikan dengan peralatan yang tersusun dengan rapi.

6. Desain Victoria Master Bath

Victoria Master Bath John Cannon
johncannonhomes.com

Untuk selanjutnya ialah kamar mandi dengan desain Victoria Master Bath, di mana desain ini merupakan karya dari John Cannon homes dan juga Barbara Benigni. Desain dari kamar mandi ini memiliki estetika ruang serta penggunaan elemen dekoratif yang mewah di mana menggunakan pintu kaca dinding penuh yang pastinya akan membuka ruang pada tempat yang terbuka. Karena menggabungkan beberapa material yang mewah sehingga menjadikan suasana pada kamar mandi ini jauh lebih nyaman.

7. Desain Kamar Mandi Forest Lakes Bath

Classic Homes at Forest Lakes
pinterest.com

Desain kamar mandi yang satu ini memang sangat mewah di mana dilengkapi dengan ubin aksen metalik di jendela serta wastafel kamar mandi. Untuk bagian lantainya memakai ubin porselen warna cokelat yang mewah, namun pada bagian meja menggunakan ubin batu. Desain kamar mandi ini tidak memerlukan ruangan yang luas karena desain kamar mandi ini menjadikan ruangan yang kecil menjadi lebih besar, kontemporer dan juga lebih menarik.

8. Desain Kamar Mandi North Longboat Key

Desain Kamar Mandi North Longboat Key
www.iha.ie

Untuk yang selanjutnya ialah desain yang mana memiliki nuansa ala spa. Untuk desain ini akan memakai ubin porcelanosa dengan struktur putih, dimana akan menjadikan ruangan kamar mandi terlihat lebih luas dan besar. Terlebih lagi dengan susunan furniture kamar mandi yang tepat menjadikan kamar mandi terlihat lebih mewah dan rapi. Selain itu, kemewahan kamar mandi ini bisa dilihat karena penggunaan ubin dan lemarinya.

9. Desain Kamar Mandi Chic On the Cheap

Desain Kamar Mandi Chic On the Cheap
www.decoist.com

Untuk yang selanjutnya ialah desain chic on the cheap. Bahan material yang digunakan pada desain kamar ini memang terbilang ringan brimob yang juga kontras bekerja dari spectrum yang netral, dan bukan hanya menjadikan ruang menjadi showstopper. Akan tetapi, desainnya ini juga menciptakan oasis yang mampu menenangkan dan santai ketika memakai kamar mandi tersebut. Tanpa benar-benar mengubah dari tata letaknya hal ini bertujuan untuk menjadikan ruangan tampil lebih besar.

Nah, itu tadi beberapa desain kamar mandi yang bisa dijadikan sebagai inspirasi di rumah Anda. Yang terpenting adalah pilih desain yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas rumah. Jangan terlalu nafsu untuk membuat desain yang rumit dan menghabiskan dana banyak. Semoga tips dan info diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.