Cara Membersihkan Helm Agar Terlihat Seperti Baru

Cara Membersihkan Helm – Helm adalah alat pelindung kepala yang biasa digunakan ketika mengendarai sepeda motor. Semua pengendara sepeda motor diwajibkan menggunakan helm. Hal tersebut telah diatur di dalam undang-undang lalu lintas dan bagi yang melanggarnya akan terkena tilang atau denda.

Peraturan dibuat sebagai tindakan pencegahan agar kepala tetap aman dan tidak terkena benturan yang menyebakan gegar otak ketika terjadi kecelakaan. Selain mengurangi resiko ketika terjadi kecelakaan, helm juga berfungsi untuk melindungi kepala agar tidak terkena debu, kotoran, dan benda-benda keras lainnya yang dapat mengganggu keselamatan saat berkendara.

Sekarang ini, helm mempunyai berbagai bentuk, jenis, ukuran, dan warna. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengendara sepeda motor, apalagi di Indonesia tedapat jutaan pengguna sepeda motor. Selain unutk melindungi kepala dari bahaya, helm juga dipakai sebagai aksesoris tambahan agar penampilan seseorang tetap terlihat menarik ketika mengendarai sepeda motor.

Cara Membersihkan Helm

Helm Full Face (team-bhp.com)

Biasanya helm yang sering dipakai sehari-hari akan membuat helm terlihat kotor karena terkena debu dan bau karena terkena air keringat orang yang memakainya. Ditambah lagi ketika musim penghujan yang membuat helmsering basah dan membuatnya lembab sehingga tercium bau apek.

Kebanyakan orang tak ingin repot-repot mencuci helm sendiri, jadi biasa nya helm dibawa ke tempat laundry khusus helm dan tinggal menikmati hasilnya saja. Jika mempunyai uang cukup sah-sah saja melakukan hal tersebut. Namun sebenarnya cara membersihkan helm tidaklah sesulit yang dibanyangkan.

Cara membersihkan helm sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jadi asalkan kita mau, dengan menggunakan peralatan seadanya kita bisa melakukannya di rumah. Hasilnya pun tidak kalah dengan hasil pencucian seperti di tempat-tempat pencucian helm.

Seiring dengan perkembangan zaman, terdapat banyak sekali inovasi yang diterapkan pada pembuatan helm. Salah satunya adalah desain helm yang dibuat agar mudah diperbaiki ketika mengalami kerusakan dan helm yang dirancang agar mudah untuk dibongkar pasang  sehingga cara membersihkan helm menjadi lebih mudah.

Coba Anda perhatikan bagian dalam helm, di situ terlihat bahwa bagian-bagian busa dan spons helm mudah unuk dilepas. Biasanya bantalan-bantalan helm tersebut dipasang menggunakan kacing jepret (kancing dari stainless stell) atau dengan mur dan baut. Sehingga hanya dengan sekali tarik bagain dalam helm akan dengan mudah terlepas dari kerangka helm. Berikut 7 cara mudah unutk membersihkan helm yang mudah sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

1. Membersihkan Bagian Luar Helm dengan Kain Lap atau Kanebo

Mnegelap Helm dengan Kain Lap
Mengelap Helm dengan Kain Lap (team-bhp.com)

Pertama, bersihkan bagian luar helm dengan menggunakan kain lap halus atau kanebo yang basah. Gunakan kain lap basah yang halus agar tidak menimbulkan goresan-goreasan pada permukaan helm. Jika Anda mempunyai kanebo, Anda bisa menggunakannya dengan terlebih dahulu membasahi kanebo dengan air kemudian baru digunakan untuk mengelap permukaan helm.

2. Melepas Kaca Plastik Helm, Bantalan Busa Pada Helm

Melepas Bantalan Spons Helm
Melepas Bantalan Spons Helm (team-bhp.com)

Selanjutnya lepaskan kaca pelindung yang terbuat dari plastik serta kaca pelindung dari cahaya matahari (helm tipe half face). Cara melepasnya sangat mudah,  lepaskan penutup baut terlebih dahulu kemudian baru lepaskan bautnya menggunakan obeng minus atau plus (menyesuaikan bentuk kepala baut). Setelah itu kaca helm dapat dilepas dengan mudah

Jika kaca helm sudah terlepas, Anda bisa melepaskan bantalan pada helm dengan cara menariknya karena biasanya pada helm tertentu bantalan digabungkan menggunakan kancing jepret. Namun juga ada yang bantalan yang dipasang menggunakan baut, jadi anda bisa melepasnya setelah melepas semua bautnya. Jika anda merasa kesusahan maka bantalan pada helm tidak perlu dilepaskan.

3. Mencuci Bantalan-bantalan Helm Mengunakan Deterjen

Mencuci Bantalan Helm dengan Mesin Cuci
Mencuci Bantalan Helm dengan Mesin Cuci (team-bhp.com)

Selanjutnya semua bantalan-bantalan helm dicuci menggunakan air dan deterjen. Cara membersihkan bantalan helm sangat mudah, Anda siapkan satu ember atau wadah lainnya berisi air. Masukkan sedikit deterjen ke dalam air, karena apabila terlalu banyak akan susah membilasnya.

Kemudian rendam bantalan helm kira-kira 30 menit lamanya. Setelah itu gunakan sikat halus (bisa menggunaan sikat gigi bekas) untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bantalan helm. Ingat, jangan terlalu keras menyikatnya, karena bisa membuat kain pada bantalan menjadi kasar.

4. Merendam Bantalan-bantalan Helm dengan Pewangi

Mencuci dengan Pewangi
Mencuci dengan Pewangi (persil.com)

Setelah dicuci menggunakan deterjen, bantalan-bantalan tadi dibilas menggunakan air bersih sambil diremas-remas hingga tidak ada buih lagi yang keluar. Sebaiknya lakukan pembilasan setidaknya seabanyak 3 kali agar tidak ada lagi sisa-sisa sabun deterjen.

Agar bau pada helm hilang, ada baiknya Anda gunakan pewangi agar baunya lebih harum. Jika tidak ada pewangi anda bisa menggunakan sampo rambut untuk membuat bantalan helm menjadi lebih wangi. Caranya adalah dengan merendam bantalan helm di dalam air yang dicampur pewangi kemudian diperas sampai semua airnya keluar.

5. Proses Pengeringan

Mengeringkan Bantalan Helm
Mengeringkan Bantalan Helm (team-bhp.com)

Ada beberapa cara mengeringkan bantalan helm yang basaha tadi. Cara pertama menggunakan hair dryer (pengering rambut) dengan mengatur tombol pada pilihan low agar lapisan/bantalan yang tebuat dari sterofoam tidak meleleh.

Cara yang kedua adalah dengan menjemurnya dibawah sinar matahari secara langsung. Cara yang kedua lebih bagus karena proses pengeringan terjadi secara alami. Tetapi terserah Anda mau menggunakan cara yang mana, mau yang cepat atau alami? Semua tergantung kebutuhan.

6. Membersihkan Sela-sela dan Lubang Angin Pada Helm

Bagian Dalam Helm
Bagian Dalam Helm (team-bhp.com)

Sambil menunggu bantalan helm kering, bersihkan juga sela-sela dan lubang angin pada helm menggunakan sikat gigi bekas atau kuas. Sikat secara perlahan bagian-bagian tersebut agar kotoran yang menempel bisa keluar dan tidak mmenggores permukaan helm. Bagian yang paling penting adalah lubang angin pada helm, karena jika bagian ini kotor maka sirkulasi udara di dalam helm menjadi terganggu.

7. Memasang Kembali Bagian-bagian Helm yang Telah Dilepas

Memasang Kembali Bagian-bagian Helm
Memasang Kembali Bagian-bagian Helm (team-bhp.com)

Setelah semua bagian helm selesai dibersihkan, langkah terakhir adalah merakit kembali bagian-bagian helm. Pastikan tidak ada bagian yang hilang, karena biasanya baut mudah hilang jika tidak disimpan dengan baik dan aman. Pasang kembali setiap bagian-bagian tersebut secara urut karena biasanya akan susah dipasang jika urutannya salah.

Selesai, sekarang helm Anda telah berish, mengkilap, dan harum seperti baru. Langkah-langkah membersihkan di atas bisa Anda modifikasi sendiri sesuai dengan ide-ide kreatif yang Anda miliki. Misalkan Anda bisa menggunakan mesin cuci agar lebih praktis dan cepat. Agar helm lebih mengkilap bisa juga digunakan cairan silikon untuk melapisi permukaan helm.

Semoga artikel mengenai cara membersihkan helm ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Anda tentang cara mencuci helm yang mudah dan murah. Langkah-langkah sederhana pada artikel di atas bisa langsung dipraktekan di ruamah agar helm terlihat seperti baru. Salam.

3 pemikiran pada “Cara Membersihkan Helm Agar Terlihat Seperti Baru

  1. kebetulan helm saya bisa dicopot bagian2nya, masih baru. nanti kalau mulai kotor akan saya bersihkan, trimakasih tips nya

Tinggalkan komentar