9 Bagian-bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap

BAGIAN-BAGIAN BUNGA – Bunga seperti apa yang Anda sukai? Apa warnanya? Bagaimana bentuknya? Karena di dunia ini terdapat berbagai macam jenis bunga dengan beraneka warna dan bentuk yang berbeda-beda. Warna-warni bunga serta bentuknya yang cantik membuat banyak orang suka dan kagum akan keindahannya.

Oleh karena itu pada artikel kali ini InformaZone.com akan membahas tentang bagian-bagian bunga. Kami akan menjelaskan materi ini dengan sangat detail dan terperinci. Nah!! langsung saja mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Bagian-bagian Bunga

bagian bagian bunga lily
agriculture90.blogspot.co.id

Bunga merupakan salah satu tanaman hias yang banyak sekali manfaatnya, salah satu contohnya adalah sebagai tempat suatu proses perkembangbiakan generatif yang dinamakan dengan suatu proses penyebukan.

Sebenarnya bunga adalah suatu tunas batang yang dimana warna dan bentuk, dan susunannya di sesuaikan dengan kepentingan tumbuhan yang ada disekitarnya. Bunga adalah sebuah tanaman hias yang banyak sekali digemari oleh kaum hawa.

Bunga memiliki warna yang beraneka ragam yang membuat bunga banyak disukai oleh banyak orang. Tapi pada artikel ini kami tidak akan membahas tentang keindahan bunga, tapi yang akan kami bahas adalah bagian-bagian bunga.

Bagian-bagian Bunga Serta Fungsinya

bagian bagian bunga
youtube.com

Bunga memiliki banyak sekali bagian dan masing-masing bagiannya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Secara umum bagian-bagian bunga terdiri dari ialah tangkai, daun, kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Berikut penjelasan detil setiap bagian bagian bunga dan fungsinya.

1. Bagian Induk Tangkai Bunga

Yang pertama akan dibahas adalah bagian induk tangkai bunga. Bagian ini memiliki nama latin Rachis Pedunculus, bagian ini memiliki fungsi sebagai penopang atau penyangga dan juga dapat sebagai penghubung antara sebuah ranting dengan tangkai. Tangkai adalah bagian pertama dari bunga.

2. Bagian Tangkai Bunga

Bagian ini memiliki fungsi berbeda dengan bagian yang telah dijelaskan diatas. Bagian ini adalah sebuah bagian yang paling terakhir antara bunga dengan bagian paling dasar bunga. Pada umumnya pada bagian ini sering sekali sebagai tempat kita untuk memetik bunga tersebut.

3. Bagian Dasar Bunga

Bagian ini memiliki bahasa latin yang bernama receptacle bagian ini adalah ujung dari bunga setelah bagian tangkai bunga. Bagian ini memiliki fungsi sebagai tempat tumpuan bagian-bagian bunga yang lainnya.

Baca Juga :  Kamu Anak Tapak Suci? Ketahuilah Arti Lambang Tapak Suci dan Penjelasannya

4. Bagian Daun Pelindung

bunga tulip
pinterest.com

Bagian-bagian bunga yang selanjutnya adalah bagian daun pelindung atau yang memiliki istilah latin brachtea. Bagian ini memiliki fungsi sebagai sebagai tempat tumbuhnya sebuah bunga. Pada bagian ini adalah sebagai pelindung bunga sekaligus sebagai bagian bunga yang paling terakhir dari bunga.

5. Bagian Daun Tangkai Bunga

Kemudian bagian selanjutnya adalah tangkai daun bunga atau dengan nama ilmiahnya brachteola. Adapun fungsi dari bagian tangkai bunga yaitu sebagai daun pelindung. Letak tangkai bunga persis di pangkal tangkai bunga.

6. Bagian Kelopak Bunga

Kelopak bunga atau disebut dengan sepal merupakan bagian dari bunga yang berfungsi untuk melindungi dan juga menyelimuti mahkota bunga disaat bunga masih dalam posisi kuncup maupun sudah mekar. Bagian ini merupakan bagian terpenting dari suatu tanaman.

Ketika bunga sudah mulai mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, dan membiarkan bunga tersebut mekar. Ketika bunga sudah mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau daun.

7. Mahkota Bunga

Mahkota merupakan bagian bunga yang paling indah, karena mahkota bunga memiliki beraneka ragam warna yang menarik dan enak untuk dipandang. Hal itu membuat para ahli botani menyampaikan bahwa mahkota bunga bisa dibilang sebagai perhiasan bunga.

Mahkota bunga juga mempunyai sebutan lain yaitu corolla. Corak dan warna mahkota bunga yang beraneka ragam membuat serangga tertarik hinggap pada bunga. Kehadiran serangga pada bunga ini akan membantu terjadinya proses penyerbukan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi mahkota bunga yaitu membantu dalam proses penyerbukan. Mahkota bunga termasuk bagian luar dari struktur bunga. Hal tersebutlah yang menyebabkan mahkota bunga dipakai sebagai salah satu indikator untuk menilai kecantikan dan keindahan dari suatu tanaman.

8. Bagian Benang Sari

putik dan benang sari
shutterstock.com

Benang sari yang dalam bahasa latin disebut stamen adalah bagian alat kelamin jantan dari bunga. Fungsi dari benang sari adalah untuk membantu proses perkembangbiakan atau reproduksi pada bunga. Sehingga dengan perkembangbiakan ini nantinya akan dihasilkan tanaman baru.

Stamen dapat dibagi menjadi 3 bagian utama yang terdiri dari kepala sari atau atheral, serbuk sari atau polen dan tangkai sari atau filament.

9. Bagian Putik Bunga

Putik yang memiliki nama latin pistil adalah alat kelamin betina yang mempunyai fungsi sebagai alat perkembangbiakan pada bunga. Pada putik terdapat bakal bunga (carpell) dan juga bakal biji (ovalum). Putik terletak ditengah-tengah bagian bunga yang dikelilingi oleh benang sari.

Baca Juga :  Jenis-jenis Dioda Lengkap Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Fungsi-fungsi Bunga

fungsi bunga
bobbysflowers.com

Berikutnya kami akan menjelaskan mengenai fungsi bunga. Ada banyak sekali orang yang menyukai bunga, tetapi mereka tidak mengetahui tentang fungsi bunga itu sendiri. Ada banyak sekali fungsi bunga salah satunya adalah menjadi tempat perkembangbiakan secara alami yang terjadi melalui proses penyerbukan.

Fungsi bunga yang lainnya adalah sebagai sebuah daya pikat serangga yang dapat membantu dalam proses penyerbukan. Hal ini dapat kita dasari dengan banyaknya bunga yang memiliki warna dan bentuk yang cerah. Setiap bunga memiliki perbedaan anda dapat membedakannya dengan mencium baunya.

Bukan hanya dapat dibedakan dari baunya saja, tetapi juga dapat dibedakan dari suhu bunga tersebut. Perlu anda ketahui bunga adalah sebuah perpanjangan dari sebuah tunas batang dimana struktur, dan bentuk bunga disesuaikan dengan berdasarkan kepentingan tumbuhan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bunga adalah bagian yang paling penting sebuah tanaman. Dengan adanya bunga maka kita bisa mendeskripsikan bagian batang dan ranting dari suatu tanaman. Jika dijelaskan lebih detail bunga memiliki 2 fungsi yang diantaranya adalah:

Fungsi Biologis

Bunga memiliki sebuah siklus biologis yang saling memberikan kebutuhan yang penting untuk keseluruhan tanaman. Fungsi biologis ada banyak diantaranya adalah:

  • Berfungsi sebagai sebuah daya pikat untuk serangga, artinya adalah dengan adanya bunga dalam suatu tanaman maka secara langsung akan membantu proses penyerbukan. Proses ini sering dinamakan dengan perkembangbiakan dengan cara vegetatif.
  • Berfungsi sebagai sebuah tempat bertahan disaat kondisi yang kurang baik. Maksudnya adalah ada beberapa tanaman yang tidak dapat berkembang di tanah yang kering, disaat kondisi tersebut tanaman akan berusaha untuk menyesuaikan kondisi tersebut dengan cara membentuk bunga saat mengalami kekeringan.
  • Berfungsi untuk membantu tanaman dalam melakukan proses perkawinan dan dalam proses penyebukan melalui bunga tersebut.

Fungsi Nonbiologis

Fungsi ini artinya adalah dengan kehadiran bunga ini sangat bermanfaat untuk kelangsungan organisme tanaman yang ada di sekitarnya. Dan ada beberapa fungsi dari non biologis diantaranya adalah:

  • Berfungsi sebagai hiasan sebuah taman yang ada di halaman rumah. Bukan hanya dapat di taman tetapi juga dapat menjadi hiasan didalam rumah.
  • Berfungsi untuk penambah keindahan pada ruangan dalam rumah.
  • Dapat berfungsi sebagai pengusir serangga yang dapat mengganggu anda.
  • Sebagai nektar yang sangat dibutuhkan oleh serangga dan binatang yang lainnya. Semisal lebah, burung, dan kupu-kupu.
  • Sebagai pewangi sebuah ruangan yang dapat membuat suasana ruangan tersebut menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Sekian penjelasan dari kami tentang bagian-bagian bunga semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Satu pemikiran pada “9 Bagian-bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.