√12 Makanan Khas Maluku yang Menarik untuk Disantap

Maluku adalah sebuah provinsi yang terdiri dari beberapa pulau di bagian Selatan Indonesia. Walaupun terdiri dari beberapa gunung berapi dan luasnya lautan tidak membuat daerah ini sepi akan wisatawan. Salah satu kekayaan yang dimiliki dari daerah yang bertempat di Timur Indonesia adalah makanan atau kuliner khas Maluku.

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner yang unik, contohnya makanan khas Betawi yang sudah tentu keleezatannya berbeda dengan kuliner khas Maluku. Banyak hal yang bisa Anda nikmati jika berkunjung kesini. Mulai dari wisata alamnya, maupun kulinernya. Aspek kuliner memang menjadikan Maluku disebut surganya makanan.

Hal ini karena terdapat banyak makanan tradisional yang bisa dijumpai. Juga pastinya memiliki rasa yang lezat dan enak. Dan juga akan membuat siapapun yang berkunjung betah berlama-lama. Makanan apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Gohu Ikan

Gohu Ikan Kuliner Maluku
akurat.co

Jika jepang memiliki sashimi, maka Indonesia juga memiliki gohu ikan. Makanan ini merupakan makanan dari Maluku yang berbahan dasar  ikan mentah. Ikan yang digunakan pun seperti ikan cakalang dan dan tuna, karena banyak peminatnya. Membuat gohu ikan pun terbilang mudah, potong ikan menjadi seperti dadu, kemudian cuci dan lumuri dengan garam dan perasan lemon.

Bisa juga ditambahkan daun kemangi untuk menambah aroma lezat pada gohu ikan, diamkan beberapa saat supaya bumbu terserap oleh ikan. Selain itu bisa juga menggunakan irisan cabai bagi yang suka pedas. Lalu kemudian bumbu itu di tuang diatas ikan dan siap dihidangkan. Walaupun ikan yang digunakan masih mentah, tapi tidak ada aroma amis yang masih melekat pada ikan.

Ikan sudah layak dimakan ketika ikan disiramkan dengan minyak kelapa dan tumis cabe dan bawang merah. Rasa dari gohu ikan ini tergolong unik karena terdapat asam dan gurih di dalamnya. Selain itu juga teksturnya yang kenyal dan sedikit manis menambah lezat makanan ini. Gohu ikan biasanya sebagai pendamping untuk makanan nasi atau bubur sagu.

2. Ikan Kuah Pala Banda

ikan kuah pala banda Maluku
7terbaik.com

Di nomor dua makanan khas maluku yang memiliki cita rasa unik adalah ikan kuah pala banda. Makanan ini juga menjadi hidangan favorit banyak masyarakat di Maluku. Makanan ini berbahan dasar ikan segar, biasanya menggunakan ikan kerapu atau kakap. Dan buah pala sebagai bumbu dasar dalam pembuatan masakan ini. Rasa makanan ini juga tergolong unik karena terdiri dari beberapa rasa.

Namun, biasanya hanya rasa pedas dan asam yang ditonjolkan pada masakan ini. Dan menurut sejarah, biasanya makanan ini disajikan untuk para petinggi pada zaman Belanda dahulu. Makanan ini juga memiliki rasa yang segar dikarenakan adanya buah pala yang dicampurkan dalam kuahnya.

Makanan ini biasa disajikan dengan urap daun pepaya dan ikan cakalang tumbuk. Bisa juga dengan nasi hangat dan ulang-ulang. Ulang-ulang adalah campuran sayuran seperti wortel, mentimun, dan tauge yang diberi bumbu terasi, sedikit cuka, dan garam. Sesuai namanya, Anda dapat menemukan makanan ini di kepulauan Banda, Maluku Tengah.

3. Ikan Asar

ikan asar makanan khas maluku
commons.wikimedia.org

Selanjutnya makanan khas Maluku yang tidak kalah enaknya adalah ikan asar. Bahan dasarnya adalah ikan tongkol yang berukuran sedang sampai besar, biasa juga menggunakan ikan cakalang dan ikan ekor kuning. Kata asar merupakan sebutan lain untuk ikan yang dimatangkan dengan cara di asap.

Makanan ini biasa dibawa sebagai oleh – oleh jika seseorang berkunjung ke Maluku. Bahkan rasa lezat ikan asar telah dipuji masyarakat di dunia. Terbukti dengan banyaknya yang mengekspornya ke wilayah bagian Eropa dan Amerika.

Ikan ini memiliki kelebihan tahan lama sehingga aman jika disimpan dalam jangka waktu yang agak lama. Saking banyaknya penikmat kuliner khas Maluku ini, pemerintah pusat daerah sampai membuatkan sebuah pusat perbelanjaan yang khusus untuk ikan asar saja.

Ikan asar dijual dengan kondisi yang sudah matang. Namun banyak orang yang memasaknya lagi karena khawatir akan kuman dan bakteri di dalamnya.

Setelah dimasak, ikan asar disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal colo – colo khas Maluku. Sambal ini berbahan dasar cabe rawit, jeruk nipis, bawang putih, tomat dan beberapa bumbu lain. Sehingga memiliki rasa yang pedas dan segar.

4. Gatang Kenari

Gatang Kenari Makanan Khas Maluku
tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku rata-rata memang berbahan dasar dari hewan laut. Bahan dasar makanan ini adalah kepiting kenari berukuran besar. Kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu khas Maluku. Uniknya hewan ini dapat memetik dan mengupas buah kelapa untuk dimakan. Sehingga membuat dagingnya terasa gurih dan lezat.

Baca Juga :  Inilah! 10 Robot Tercanggih di Dunia yang Sudah Pernah Dibuat Umat Manusia

Bumbu yang biasa digunakan adalah kunyit, bawang, jahe, laos, kemiri, cabai dan santan. Namun, populasi dari kepiting ini sudah sedikit. Sehingga wajar apabila satu porsi gatang kenari dibandrol dengan harga yang tergolong tinggi, yaitu 350 ribu.

Namun Anda jangan khawatir, karena banyak restoran yang sudah mengurus perizinannya demi semua orang bisa mencicipi makanan ini.

Biasanya ikan ini enak disantap dengan nasi hangat dan juga bubur sagu khas Maluku. Tidak masalah juga jika ingin dimakan tanpa tambahan apapun.

Maluku selalu menyuguhkan berbagai lokasi wisata dan beraneka ragam kuliner. Supaya lebih dikenal semua orang dan wisatawan dapat mencicipi masakan-masakan enak khas Maluku yang tentunya memiliki rasa yang lezat.

5. Nasi Lapola

Nasi Lapola Makanan khas Maluku
instagram.com

Tidak hanya dari sagu, Maluku juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar beras. Nasi Lapola dibuat dengan cara mengukus beras putih bersama dengan kacang polo dan kelapa parut. Makanan ini memiliki rasa yang gurih, sehingga cocok disajikan dengan makanan khas maluku lainnya.

Contohnya bisa disajikan bersama kohu – kohu dan sambal colo – colo. Kohu – kohu merupakan sebuah olahan sayur dan ikan yang mirip seperti urap. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tongkol. Kemudian ditambahkan bumbu dan juga parutan kelapa yang rasanya tak kalah gurih.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana, yaitu masak besar seperti memasak nasi pada umumnya. Lalu campurkan dengan kacang tolo dan juga kacang merah.

Proses membuat Nasi Lapola sangatlah mudah. Beras dimasak seperti biasa, kemudian dicampur dengan kacang merah dan kacang tolo. Setelah tercampur merata, dikukus kembali dengan campuran parutan kelapa. Dalam proses memasaknya biasanya digunakan beras pulen agar bisa dengan mudah tercampur secara merata.

Karena rasanya yang gurih dan mudah dibuat, makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Maluku dan juga wisatawan. Sebagai tambahan bisa juga menambah irisan cabai bagi yang gemar makan makanan pedas.

6. Papeda

Makanan Khas Maluku, Papeda
thelanisy.com

Makanan ini juga tidak asing bagi sebagian besar orang yang ada di Indonesia. Sagu digunakan sebagai bahan dasar karena mudah ditemukan di Maluku dan harganya murah. Papeda sangat cocok disantap bersama masakan berkuah. Sebagai contoh ikan kuah kuning yang memiliki rasa gurih pada bagian ikan sampai ke bagian kuahnya.

Namun sayangnya, makanan ini sudah sulit dijumpai. Bahkan di daerahnya sendiri juga sudah jarang ditemukan penjualnya dan juga jarang dihidangkan sebagai makanan sehari-hari. Tidak hanya dengan masakan ikan, papeda juga cocok ditemani dengan sayur genimo yang berbahan dasar dari daun melinjo dan bung apepaya yang di tumis. Papeda juga masuk ke daftar kiliner bersejarah bagi masyarakat setempat.

Papeda juga memiliki kandungan yang bebas dari kolesterol dan lemak yang tinggi, disampaing menjadi warisan Indonesia. Dan papeda sendiri dipercaya sebagai makanan yang mampu mengatasi sakit di bagian hulu hati, kembung, mengurangi risiko gemuk, dan memperlancar bagian pencernaan. Pada saat memakannya  pun juga tidak menggunakan sendok, melainkan sumpit atau garpu kayu.

7. Kasbi Komplet

Kasbi Komplet Makanan Khas Maluku
twitter.com

Kasbi artinya adalah singkong atau ubi kayu. Namun selain dua bahan tersebut biasanya digunakan: ubi jalar, talas, pisang yang dimasak dengan cara direbus. Sedangkan kasbi komplet artinya kasbi yang disajikan atau dimakan dengan lauk-pauk.

Jadi, singkong rebus, keladi rebus, dan juga pisang rebus dihidangkan bersama dengan makanan tradisional Maluku lainnya. Diantaranya kohu-kohu, sayur jantung pisang, dan juga tumis kangkung daun pepaya. Anda juga boleh menikmatinya hanya dengan sambal colo-colo yang memiliki cita rasa asam dan pedas.

Cara membuatnya pun mudah, yaitu dengan cara merebus kasbi yang sudah dipotong dan dibersihkan. Lalu, campurkan juga santan dan tepung terigu supaya masakan ini terasa gurih. Jika menyukai rasa manis bisa menambahkan gula dan garam lalu masak sampai mendidih.

Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan selagi hangat. Kasbi komplet juga memiliki banyak peminat, baik warga lokal maupun wisatawan. Sehingga banyak warung di Maluku yang masih menjual dan menyediakan makanan ini.

8. Woku Komo-komo

Woku Komo Komo khas Maluku
bagi-in.com

Namanya mungkin terdengar aneh bagi sebagain orang, tapi tidak dengan rasanya. Woku komo-komo berbahan dasar sagu atau batang rimbua merupakan salah satu makanan pokok asal Maluku. Bisanya makanan ini di konsumsi sebagai makanan utama.

Selain pembuatannya yang mudah, bahan dasarnya pun cukup mudah ditemukan. Pertama, sagu direndam dalam air selama satu jam. Sembari menunggu, siapkan bumbu yang akan digunakan. Rempah yang digunakan untuk membuatnya antara lain bawang putih dan merah, merica, jahe, serai, dan santan.

Kemudian campurkan bumbu dengan isi badan ikan yang telah di tumis terlebih dahulu. Ketika menumisnya, biasanya isi badan ikan dipotong-potong dadu dahulu. Setelah sagu dan isi badan ikan telah siap, lalu semua bahan dicampurkan dan dibungkus dengan daun pisang. Terakhir adonan dan dibakar diatas api hingga matang.

Baca Juga :  Cara Membuat Fidget Spinner yang Mudah dan Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Fungsi daun pisang sendiri juga bisa menambah keawetan pada makanan yang terdapat di dalamnya. Rasa asli dari woku komo-komo adalah asin dan gurih, serta legit. Makanan ini juga memiliki aroma yang khas karena menggunakan rempah yang berkualitas baik.

9. Kohu-kohu

Kohu kohuMakanan Khas Maluku
cerita.picmix.it

Kohu-kohu mungkin tidak asing bagi sebagian orang. Hal ini karena di Maluku sendiri banyak yang menyediakannya, baik warung biasa atau restoran besar. Makanan ini berbahan dasar sayur-sayuran seperti tauge, kacang panjang, dan daun kemangi. Terdapat dua jenis kohu-kohu, yaitu dengan sayuran mentah dan direbus.

Sesuai dengan Namanya, kohu-kohu yang direbus dibuat dengan cara merebus sayurannya terlebih dahulu. Kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang sama, seperti bawang merah dan bawang putih, cabai dan jeruk nipis. Kohu-kohu rebus ini sangat cocok disajikan dengan makanan seperti kasbi rebus atau singkong rebus.

Bisa juga menambahkan daging ikan pada makanan ini, seperti ikan cakalang asap yang ditaburi irisan bawang merah di atasnya.

Penambahan perasan lemon pada makanan ini juga akan semakin membuatnya asam segar. Kohu-kohu merupakan menu wajib bagi sebagian warga di maluku. Sebab, selain menyehatkan bahan yang digunakan pun tidak sulit untuk ditemukan.

10. Sambal Colo-colo

sambal colo colo kuliner khas maluku
klikhotel.com

Sambal khas Maluku ini menjadi menu wajib jika sedang berkunjung ke Maluku. Sama seperti sambal terasi di jawa, sambal colo-colo juga merupakan menu wajib bagi sebagian warga Maluku. Tidak lain adalah membuat makanan yang kita makan juga menjadi lebih nikmat. Makanan ini mirip dengan dabu-dabu yang berasal dari Manado

Uniknya dari makanan ini adalah bisa dikreasikan sesuai selera. Biasanya makanan ini menggunakan perpaduan cabai rawit, cabai merah, dan tomat dengan perasan jeruk nipis. Untuk menambah rasa segar, biasanya menambahkan daun kemangi. Selain itu juga ada yang menambahkan dengan kecap asin sebagai pelengkap makanannya.

Menurut orang Maluku, sambal colo-colo biasa disajikan Bersama dengan ikan goreng atau bakar. Cara memakannya pun mudah, hanya tinggal mencelupkan lauk ke dalam sambal. Ikan asar pun juga terasa enak jika menggunakan sambal colo-colo. Rasa khas makanan ini adalah pedas. Juga terasa le dari sambal lain karena bahan yang digunakan tidak dihaluskan sehingga masih agak berbentuk.

11. Bubur Ne

Bubur Ne Kuliner Maluku
lofoodie.blogspot.co.id

Makanan khas Maluku lainnya yang patut untuk dicoba adalah bubur ne. Makanan ini berbahan dasar sagu yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil seperti telur katak. Makanan ini terasa semakin empuk karena dimasak dengan air santan yang kemudian dicampurkan dengan gula merah.

Membuat bubur ne ini pun tergolong mudah. Cuci kenari dan ubi merah yang sudah dipotong dadu dan sudah di kupas. Kemudian masak air bersama dengan gula pasir, pandan dan gula merah hingga larut dan kemudian saring. Kemudian dimasak lagi hingga matang dan kental, untuk sausnya sendiri pun juga harus matang dan kental beserta semua bahan.

Makanan ini bisa dihidangkan dengan tambahan es batu bagi yang suka dengan makanan dingin, menikmati selagi hangat pun tidak masalah. Uniknya makanan ini adalah biasa disajikan menggunakan gelas kopi sehingga menambah kesan artistiknya. Biasanya bubur ne dijadikan sebagai makanan menutup oleh sebagian besar warga Maluku.

12. Lapis Palaro

Lapis Palaro Maluku
resepmasakanindonesiaku.info

Dan makanan khas Maluku yang terakhir adalah lapis palaro. Makanan ini berbahan dasar daging sapi yang digoreng bersamaan dengan bumbu khas Maluku. Lapis palaro merupakan hidangan favorit keluarga Maluku karena biasa dihidangkan dan dimakan bersama keluarga.

Lapis palaro memiliki cita rasa yang pedas, karena penggunaan cabai yang dominan pada masakan ini. Lidah juga akan semakin dimanjakan dengan berbagai bumbu yang tentunya membuat makanan ini terasa lezat.

Bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, kencur, cabai merah, jahe dan tepung kanji. Dengan berbahan dasar daging sehingga mudah untuk menemukannya. Lapis palaro ini masih banyak yang menjualnya, baik warung pinggir jalan maupun restoran besar.

Cara membuatnya pun tergolong mudah, cukup dengan masukan daging dan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam satu wadah. Untuk saus kaldunya sendiri terbuat dari tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Makanan ini juga cocok untuk berbagai kalangan usia sehingga tidak ada batasan usia untuk mencicipi makanan ini.

Dengan mengetahui makanan khas Maluku ini tentu akan membuat wisatawan betah berlama-lama di Maluku. Selain menikmati indahnya wisata alam, bisa juga disempatkan untuk menikmati kuliner yang ada di Maluku. Baca juga artikel Makanan Tradisional Khas Indonesia.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.