12 Jenis Lovebird Tercantik di Dunia Beserta Gambar & Penjelasannya

Sudah sejak lama jika burung Beo atau Nuri, menjadi jenis burung yang paling diminati di Indonesia. Bahkan jumlah komunitas dari jenis burung ini semakin meningkat. Burung jenis ini terkenal dengan nama lovebird. Karena ciri khas yang dimiliki burung ini yaitu mempunyai perilaku saling menyayangi satu sama lain. Dari situlah awal mula nama dari burung cinta ini mulai dipakai dan terkenal di masyarakat.

Perlu untuk anda ketahui, bahwa jenis burung Beo atau Nuri ini, merupakan burung yang berhabitat asli di Afrika. Bahkan masih banyak sekali yang belum teridentifikasi jenisnya.

Secara bentuk dan cirinya, burung ini sangat mungil dengan ukurannya yang rata-rata tidak melebihi 20 cm. Warnanya juga beragam, ada yang berwarna gelap ataupun cerah. Sehingga sangat cocok untuk mengawinkan silang burung ini, untuk mendapatkan perpaduan warna yang unik.

Berikut ini 12 Jenis Lovebird Tercantik di Dunia dan Penjelasannya :

1. Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem
pinterest.com

Banyak sekali jenis lovebird yang bisa anda temui diluar sana. Namun tidak semua dari jenis burung tersebut akan anda sukai, terutama dari kriteria warna dan jenisnya.

Jenis lovebird yang satu ini berasal dari Barat Daya Afrika, dengan hobi unik yaitu tinggal di daerah gurun. Meskipun panas habitat asli dari burung ini mampu memberikan segalanya yang burung ini butuhkan, baik makanan maupun tempat tinggal.

Burung ini tinggal di Gurun bernama Nabib, dengan ciri khas tubuh yang sangat mungil dan terbilang sangat lucu untuk dipelihara. Burung ini ukurannya tidak akan melebihi dari 20 cm seperti pada jenis burung Lovebird pada umumnya. Ukuran tubuhnya hanya berkisar 17-18 cm, rata-rata panjang sayap 160 mm dan pada ekor 44-52 mm. Burung ini memiliki bulu berwarna hijau, pantat dan punggung berwarna biru.

2. Si Anggun Lovebird Fischer

Lovebird Fischer
Singing-Wings-Aviary.com

Pada abad ke-19 seorang penjelajah asal jerman bernama Gustav Fischer, tengah menjelajah ke suatu gunung. Pada perjalananya itu ia menemukan sebuah jenis burung dengan bulu yang sangat cantik dan mungil. Tepat pada saat itu juga burung ini dinamai dengan nama Fischer. Dengan ciri-cirinya yang kecil serta bulunya yang cantik, menambah keindahan burung ini, sehingga banyak dipelihara oleh masyarakat.

Jenis burung ini sangat cocok untuk dipelihara, bahkan anda bisa menganwinkannya dengan cara silang, dengan jenis burung lainnya. Berbulu dasar berwarna hijau cerah yang memikat mata dibagian dada, punggung, dan sayap. Untuk bagian atas kepalanya berwarna hijau Zaitun. Pada bagian paruhnya berwarna terang dengan merah cerah, juga leher berwarna kuning keemasan, dan ekor biru atau ungu.

3. Jenis Lovebird Pipi Hitam

Lovebird Kacamata Pipi Hitam
hobiburung.org

Seringkali dianggap sebagai ras Nyasa karena jenisnya yang monotypic, terkadang membuat beberapa orang merasa bingung untuk membedakannya. Untuk menemukan ras aslinya, seperti pada umumnya biasa ditemukan di Afrika, untuk jenis yang satu ini anda bisa menemukannya di Zamibia bagian Barat Daya, atau mungkin kini anda bisa temui di beberapa penjual yang menjualnya.

Jenis Lovebird pipi hitam ini memiliki ciri yang unik juga mungil, memiliki panjang rata-rata 14-15 cm membuat burung ini semakin lucu untuk dipelihara. Untuk warna dari bulunya, sebagian besar berwarna hijau, untuk bagian kepala belakang dan leher lebih condong berwarna cokelat, pada bagian depan burung ini berwarna cokelat kemerahan, dada atas berwarna oranye dan paruh merah, serta berkacamata putih.

Baca Juga :  Pengertian, Contoh, dan Penjelasan Piramida Makanan

4. Lovebird Abisinia

Lovebird Abisinia
hobiburung.org

Siapa yang tidak mengenal jenis lovebird Abisinia? Saat ini jenis burung ini menjadi yang terbesar diantara jenis lainnya. Ditandai dengan panjangnya yang tidak melebihi 16 atau 16,5 cm, anda bisa belajar untuk melihat ciri-cirinya yang khas, dengan sebagian besar bulunya yang berwarna hijau, dilengkapi dengan eksotisnya warna hitam di bagian sayap.

Untuk menemui ras aslinya anda bisa berpergian ke Ethiopia dan Eritrea, atau mungkin jika tidak bisa anda bisa mencari orang yang menjual jenis ini, meskipun memang sedikit sulit untuk ditemukan. Ciri khas lain berada pada burung jantannya yang memiliki dahi dan cicin di sekitar mata, dengan mata yang berwarna merah, dilengkapi dengan ekor yang berwarna hitam sebagai perpaduan warna yang pas.

5. Lovebird Muka Merah

Lovebird Muka Merah
thegorbalsla.com

Jenis lovebird asal Afrika ini tidak bisa dipungkiri, jika anda akan selalu gemas melihatnya, apalagi jika bulunya dirawat dengan baik. Dengan memiliki panjang tidak lebih dari 15 cm, membuatnya sangat lucu untuk dipegang dengan ukurannya yang kecil. Sebagian besar burung ini berwarna merah pada bagian wajah, dan oranye pada betinyanya yang melingkupi bagian atas paruh, dahi sampai kelopak mata.

Tentunya dengan warna tersebut sudah dapat dipastikan, bahwa jenis burung ini akan sangat indah untuk dipelihara bagi anda penyuka warna merah. Untuk warna pada bagian lainnya, dipenuhi dengan warna bulu hijau terang, juga kaki yang berwarna abu-abu, untuk paruh akan berwarna berwarna merah pucat pada betina, sedangkan merah terang pada jantannya.

6. Lovebird Jenis Madagaskar

Lovebird Madagaskar
burungmaster.com

Hampir semua jenis burung dari afrika memiliki ciri khasnya tersendiri, yang mampu untuk memikat anda untuk memilikinya. Lovebird dari Madagaskar memiliki ciri khas unik pada kepalanya yang berwarna abu-abu, tumbuh dengan panjang maksimal 13 cm mampu membuat burung ini menjadi yang terkecil pada spesiesnya, dengan berat 30-36 gram saja.

Untuk bulu jenis lovebird ini sebagian besar bulunya berwarna hijau, dilengkapi pada warna paruh dan kakinya yang abu-abu pucat. Akan tetapi ketika dewasa nanti sayap dan punggungnya akan berubah menjadi hijau gelap, untuk bagian kepala dan dada burung ini memiliki warna abu-abu pucat, yang menjadi perpaduan warna yang senada dengan warna pada bagian tubuh lainnya.

7. Lovebird Lutino

Lovebird Lutino Mata Merah
vidio.com

Jika anda ingin memiliki burung dengan kualitas terbaik, maka jenis lovebird yang satu ini bisa dijadikan sebagai referensi hewan pilihan. Perlu untuk anda ketahui jika burung ini merupakan jenis yang mahal, namun juga merupakan burung yang sangat aktif untuk dipelihara, dengan hasil mutasi genetik dari burung ras muka salem yang memiliki warna cerah namun juga anggun.

Panjang tubuhnya tidak akan melebihi 18 cm, namun secara keseluruhan tubuhnya berwarna kuning dengan wajah yang berwarna oranye kemerahan, karena hasil dari ras salem tersebut. Burung jenis ini akan sangat memikat ketika dipelihara, terutama dengan warna matanya yang bervariatif, dengan beberapa warna yang tidak jauh dari warna merah dan hitam.

8. Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)

lovebird kerah hitam Agapornis Swinderniana
hobiburung.org

Sebagian orang akan tertarik dengan burung yang memiliki beragam warna, sehingga memiliki ciri khasnya tersendiri untuk dipelihara. Untuk jenis yang satu ini biasa dikenal dengan nama ras Swindern, dengan tubuhnya yang mungil tidak akan melebihi 13-13,5 cm, terutama dengan warna dasarnya yang berwarna hijau, pada sebagian tubuhnya yang mungil tersebut.

Baca Juga :  7 Kapal Masa Depan yang Sedang Dibangun Umat Manusia

Warna pada lehernya berwarna cokelat, memiliki garis atau sering disebut sebagai pita yang membentuk kerah pada bagian belakang leher, dengan warna hitam yang khas. Warna yang sedikit cerah terdapat pada bagian tubuh lainnya, yang berwarna merah kecokelatan pada bagian dadanya, sedangkan untuk paruh berwarna abu kehitaman, dan iris matanya yang berwarna kuning cerah.

9. Jenis Lovebird Pastel

lovebird pastel
gellsy.com

Dengan memiliki ciri yang hampir mirip sekali dengan Lutino, apalagi jika anda menemukan jenis burung berwarna pastel kuning, maka akan hampir sama persis seperti burung Lutino. Perlu untuk anda ketahui bahwa burung yang satu ini, memiliki banyak sekali varian warna yang bisa anda jadikan pilihan, sebagai hewan peliharaan atau untuk dijual kembali.

Beberapa burung ini berjenis pastel hijau, kuning, biru, putih, biru kehijauan, dan ungu, dengan warna dominan rata-rata putih dan biru. Tentunya warna ini akan menjadi pilihan tersendiri untuk anda, namun untuk pastel kuning akan memiliki warna merah dan kuning pada tubuh, yang terkadang juga memiliki warna hijau, juga dilengkapi dengan kacamata putih.

10. Burung Lovebird Jenis Blorok

Lovebird Blorok Violet (Parblue)
hargaburung.id

Memelihara burung dengan hasil rekayasa genetika, terkadang memiliki keunikan yang berbeda dari burung lainnya, sehingga terkadang warnanya pun tergolong sedikit unik. Biasanya burung yang satu ini memiliki degradasi warna yang lebih dari satu, namun ada satu hal yang sangat unik dari burung ini, dengan degradasi warnanya yang tersusun tidak rata, namun tidak menghilangkan kesan keindahannya.

Dengan keunikannya tersebut, membuat burung ini menjadi semakin diminati oleh banyak orang, terutama setelah melewati proses rekayasa genetikanya. Untuk memiliki burung yang satu ini, anda akan memerlukan cukup uang karena harganya yang mahal, juga terbilang langka untuk ditemui dengan warna populer biru, violet, blue series, dan juga lutinom.

11. Jenis Burung Lovebird Albino

Lovebird Albino
wattabird.blogspot.com

Seperti pada namanya, burung yang satu ini memiliki kelainan pigmen pada kulitnya, yang membuat warna tubuhnya secara keseluruhan berwarna putih. Namun warna ini tidak mengurangi kepopuleran burung yang satu ini. Malah semakin banyak orang yang memelihara burung ini. Bahkan dengan warnanya yang seperti ini lovebird yang satu ini sangat laris dan banyak diminati di pasaran.

Jenis lovebird ini memiliki warna tubuh yang sama pada sayap, paruh, kaki, bahkan sampai pada kukunya. Terdapat dua variasi warna mata pada burung ini yaitu warna merah dan hitam.

Beberapa orang akan kesulitan untuk membedakan antara lovebird albino dengan pastel. Namun, Anda tidak perlu bingung. Karena pada burung lovebird pastel akan terdapat warna lain pada bulunya.

12. Australian Cinnamon Lovebird

Australian Cinnamon Lovebird
wattabird.blogspot.com

Banyak orang yang ingin memelihara jenis burung ini, dengan ciri khas warnanya yang sangat cerah yaitu pastel kuning. Warna yang dimilikinya hampir sama dengan jenis lovebird pastel, perbedaannya burung ini memiliki warna yang lebih soft dan juga kalem.

Warna cerah pada burung ini menambah kesan keunikan dari burung yang satu ini. Sehingga, walaupun tubuhnya terkesan mungil namun warnanya mencolok.

Tubuh burung  jenis ini berwarna kuning puyeh, dengan dada dan juga lehernya berwarna putih merupakan perpaduan yang sesuai. Beberapa diantara mereka memiliki punggung berwarna hijau tosca. Matanya yang berbentuk bulat dan hitam, dilengkapi warna paruh cerah berwarna oranye, yang membuat penampilannya semakin menarik.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.