Trik-trik Mudah Menentukan Desain Rumah 3 Kamar Seperti Profesional

DESAIN RUMAH KAMAR Setiap orang tentu menginginkan bangunan hunian yang unik dan juga praktis. Oleh karena itu, semua harus didesain dengan cara yang proporsional. Dengan hunian yang proporsional, selain enak dipandang itu juga akan membuat penghuninya merasa nyaman. Bahkan saat ini banyak rumah yang sebenarnya sempit namun terasa luas. Ada juga yang luas namun terasa sempit.

Semua itu ditentukan berdasarkan trik mendesain rumah. Semakin ahli designer rumah, maka hasilnya akan semakin baik. Mendesain rumah sendiri bukanlah hal yang mudah. Harus belajar terlebih dahulu dengan baik. Salah satu desain rumah yang dibutuhkan adalah desain rumah 3 kamar. Untuk menghasilkan desain terbaik, dibutuhkkan trik dalam menentukan desain rumah tiga kamar.

Cara Mencari Model dan Desain Rumah 3 Kamar

Sebelum Anda mulai memetakan desain rumah 3 kamar, Ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Terlebih jika yang dibangun adalah rumah minimalis, hal ini membutuhkan kreasi dan juga pola pikir yang tajam. Sehingga, rumahnya akan semakin menarik dan nyaman. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang harus diperhatikan untuk desain rumah 3 kamar.

a. Jalan-jalan untuk Mendapatkan Inspirasi

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan desain rumah 3 kamar terbaik adalah dengan mencari inspirasi dengan cara berjalan-jalan. Anda bisa mengajak teman, sahabat atau yang lain untuk melihat-lihat referensi bangunan. Sehingga, nantinya bisa menghasilkan ide khusus untuk calon hunian Anda. Untuk tips ini dapat dilakukan dengan santai.

b. Cari Referensi di Media

Selain mencari inspirasi dari berjalan-jalan dan melihat bangunan langsung, Anda juga bisa mencari rujukan di media sosial. Ini akan lebih praktis dan mudah. Namun, pastikan desain di media yang Anda jadikan referensi adalah desain bangunan yang terbaru dan kekinian. Tujuannya agar hunian Anda tidak ketinggalan jaman dan terkesan kuno.

c. Kunjungi Ajang Pameran Properti

Selanjutnya, untuk mendapatkan desain rumah 3 kamar yang terbaik Anda bisa berkunjung ke pameran properti tertentu. Ini sangat penting dan Anda jangan ragu untuk melihat-lihat. Di dalamnya, dijamin Anda akan mendapatkan informasi khusus sekitar desain rumah yang dapat di jadikan sebagai rujukan. Selain itu, Anda pun juga bisa bertanya langsung ke pihak pameran.

d. Membuat Klipping

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, masih ada tips berikutnya yang harus diperhatikan saat akan menentukan desain rumah 3 kamar. Yaitu dengan membuat kliping. Caranya adalah dengan mengumpulkan beberapa referensi rumah yang menarik bagi Anda. Kemudian bagaimana Anda bisa menghasilkan perpaduan yang terbaik darinya.

e. Konsultasi dengan Ahlinya

Dan jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan orang yang sudah ahli atau setidaknya berpengalaman di bidangnya. Hal ini sangatlah penting sebagai masukan untuk Anda sehingga bisa mendapatkan desain yang terbaik. Dan manfaatkan kesempatan saat konsultasi tersebut untuk bertanya-tanya dan sebagainya mengenai desain rumah 3 kamar yang akan dibuat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Desain Rumah 3 Kamar

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Desain Rumah 3 Kamar
ricgallery.com

Desain rumah 3 kamar berbeda dengan desain rumah yang lain. Sehingga, semua komponen pokok ataupun penunjang yang terdapat di dalamnya harus benar-benar diperhatikan. Mulai dari kenyamanan, fasilitas, luas lahan dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa aspek penting yang wajib diperhatikan saat membuat desain rumah 3 kamar.

1. Perhatikan Aksesibilitas Tiap Kamar dan Fungsi Penunjangnya

Saat menentukan desain rumah 3 kamar, Anda harus mempertimbangkan soal kesediaan ruang untuk penunjangnya. Contoh penunjang yang dimaksud adalah kamar mandi dan sebagainya. Sehingga, sangat penting untuk memastikan di awal bahwa nantinya tiap kamar memiliki aksesibilitas yang terjamin. Hal ini akan membantu memudahkan penghuni tiap kamarnya.

Baca Juga :  50 Desain Kamar Tidur yang Inspiratif dan Elegan, Beserta Gambarnya

2. Utamakan Sisi Nyaman untuk Tiap Kamarnya

Selanjutnya, Anda wajib mengutamakan aspek kenyamanan pada masing-masing kamarnya. Ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para designer dimana ia dituntut untuk bisa menjadikan masing-masing kamar merasa nyaman. Contoh kecil yang perlu diperhatikan adalah memastikan masing-masing kamar memiliki sirkulasi udara yang baik sesuai kebutuhan.

3. Pastikan Pencahayaan Kamar dan Ruangan yang Lain Tercukupi

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat mendesain rumah 3 kamar adalah bagaimana kamar dan seluruh isi ruangan memiliki sisi pencahayaan yang baik. Hal ini disebabkan karena pencahayaan merupakan hal yang sangat penting dan kebutuhan dasar sehingga setiap penghuni ruangan atau tamu yang datang menjadi lebih nyaman.

4. Hindarkan Ruang Kamar dari Hal-Hal yang Dapat Mengganggu

Selain itu, ada juga hal yang harus diperhatikan untuk desain rumah 3 kamar, yaitu menghindarkan ruang kamar dari hal-hal yang dapat mengganggu. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak suara bising dan sebagainya yang dapat mengganggu istirahat, misalnya kamar yang terlalu dekat dengan dapur, jalanan, atau garasi rumah.

Tips yang Wajib Diperhatikan untuk Desain Rumah 3 Kamar

Tips yang Wajib Diperhatikan untuk Desain Rumah 3 Kamar
pinterest.com

Sebelum memilih desain rumah yang tepat, penting untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini. Sehingga, nantinya akan tepat desain yang diterapkan pada rumah 3 kamar Anda.

a. Perhatikan Gaya Rumah

Hal yang sangat berkaitan dengan desain rumah 3 kamar adalah gaya rumah yang diangkat. Mengingat ada banyak gaya rumah yang bisa dijadikan sebagai rujukan. Mulai dari gaya rumah klasik hingga modern. Dan ini sangat mempengaruhi desain serta tata letak ruangan.

b. Satu atau Dua Tingkat

Berikutnya, Anda juga harus menentukan di awal apakah akan membuat rumah dengan satu tingkat atau dua tingkat. Karena hal ini tentu menyebabkan model dan desain yang berbeda.

c. Banyaknya Kamar Mandi

Selain itu, banyaknya kamar mandi juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Karena hal ini akan berpengaruh kepada tiap kamar, misalnya apakah di setiap kamar akan diberi kamar mandi ataukah tidak dan sebagainya.

d. Fungsionalitas Ruangan

Yang tidak kalah penting adalah memperhatikan sisi fungsionalitas ruangan. Jangan sampai ruangan yang harusnya berdekatan, misalnya dapur dan juga ruang makan dipisahkan terlalu jauh. Hal ini akan membuat Anda kesulitan sendiri.

Contoh-contoh Desain Rumah 3 Kamar

1. Contoh Desain Rumah 3 Kamar yang Kekinian

Contoh Desain Rumah 3 Kamar yang Kekinian
Fimell.com

Untuk dapat memahami gambaran umum dari desain rumah 3 kamar yang terbaru, dibutuhkan gambaran desain yang tepat. Ada banyak jenis dan model rumah 3 kamar yang bisa dijadikan sebagai rujukan. Namun, penting untuk dipahami bahwa mendesain rumah dengan 3 kamar yang tepat dan proporsional bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan kejelian tersendiri.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah 3 kamar yang pas untuk dijadikan acuan sesuai dengan kondisi dan model bangunan yang ada.

2. Contoh Desain Rumah 3 Kamar Type 36

Contoh Desain Rumah 3 Kamar Type 36
awanshop.co

Contoh desain rumah 3 kamar yang pertama adalah rumah 3 kamar dengan type 36. Desain rumah ini untuk jenis bangunan yang lahannya tidak begitu luas. Oleh karena itu, menggunakan bangunan dengan type 36. Namun dengan penataan yang baik, akan dapat dibangun 3 kamar tidur di dalamnya. Selain itu, juga masih dilengkapi dengan berbagai ruang penunjang yang lain.

Adapun letak kamar antara satu dengan yang lain dipisahkan oleh beberapa sisi ruang. Artinya, kamarnya dibuat terpisah. Namun, desain rumah satu ini dilengkapi dengan banyak jendela yang memungkinkan pencahayaan menjadi semakin baik dan maksimal. Sedangkan ukuran dari tiap kamarnya dibuat relatif luas sehingga menghasilkan ruang yang lebih nyaman.

3. Contoh Desain Rumah 3 Kamar Ukuran 7 x 9

Contoh Desain Rumah 3 Kamar Ukuran 7 x 9
jornalagora.info

Berikutnya adalah contoh desain rumah 3 kamar dengan ukuran 7 x 9. Hunian ini memiliki ukuran yang cukup luas sehingga di dalamnya bisa diisi dengan berbagai ruangan. Untuk tata letak dari desain rumahnya, antara satu kamar tidur dengan kamar tidur yang lain dibuat berjajar dan berdekatan. Desain ini akan lebih menarik lagi jika antar ruangannya diberi karakter yang berbeda.

Ada sisi menarik dari desain rumah 3 kamar satu ini, yaitu tiap kamar tidurnya dilengkapi dengan teras. Sehingga, memungkinkan suasana menjadi semakin nyaman selama istirahat ataupun bersantai.

4. Contoh Desain Rumah 3 Kamar Kamar Tidur Utama dan Anak

4. Contoh Desain Rumah 3 Kamar Kamar Tidur Utama dan Anak
pinterest.com

Masih dengan contoh desain rumah 3 kamar yang bisa dijadikan sebagai referensi. Untuk contoh kali ini adalah desain rumah 3 kamar dengan rincian satu unit kamar tidur utama ditambah dengan 2 unit kamar tidur anak. Desain nya dibuat sedemikian rupa dengan ruang tamu yang memakan ukuran paling luas. Namun, tidak mengurangi kenyamanan desain di tiap kamarnya.

Adapun desain kamarnya dibuat berbeda antara anak dan kamar orang tua. Namun, antara satu dengan yang lain sama-sama dilengkapi dengan konsep dinding yang dibuat motif monokrom. Menariknya, desain rumah ini juga dilengkapi dengan ruang santai berisi taman mini di bagian belakang rumah samping ruang tamu. Dengan demikian, kenyamanan dari penghuni rumah akan semakin terjamin.

Baca Juga :  10 Desain Kamar Mandi Minimalis Untuk Rumah Idaman Anda Beserta Tips dan Contoh

5. Contoh Desain Rumah 3 Kamar dengan Gaya Zen

Contoh Desain Rumah 3 Kamar dengan Gaya Zen
mygriya.com

Selain beberapa contoh yang telah disebutkan di atas, ada lagi contoh desain rumah 3 kamar yang menggunakan gaya zen yang unik. Desain rumah ini dilengkapi dengan perpaduan warna bumi. Dinding pada desain rumah ini dilengkapi dengan cat berwarna putih. Artinya, Anda pun bisa memilih berbagai jenis furniture yang menarik dan tentu akan tetap nyambung dengan warna dindingnya.

Untuk tata letak kamarnya, dua di antaranya diletakkan sejajar dan berdampingan. Adapun untuk kamar yang satunya dibuat berseberang dari kamar yang dua. Untuk teras santai diletakkan di depan kamar utama atau kamar yang paling besar. Sementara ruang makan terletak di samping ruang tamu yang luas. Dan untuk dapur terletak di belakang ruang makan, tepatnya samping kamar mandi.

6. Contoh Desain Rumah 3 Kamar Light and Fun

desain rumah 3 kamar
sejasa.com

Contoh desain rumah 3 kamar satu in relatif berbeda dengan contoh desain yang lainnya. Dimana untuk rumah 3 kamar ini dilengkapi dengan perpaduan warna yang sangat lembut. Suasana yang diusung juga sangat cerah. Konsep bangunan rumah satu ini juga terbilang sangat unik. Dimana dilengkapi dengan hiasan taman yang sangat indah dan nyaman.

Untuk dua kamar yang utama letaknya berdampingan. Berbeda dengan kamar anak yang dibuat lebih luas. Tujuannya adalah agar anak semakin nyaman dan bisa tumbuh dengan baik. Selain itu, desain rumah ini juga dilengkapi dengan ruang keluarga yang relatif lebih besar sehingga anggota keluarga akan semakin nyaman saat santai.

7. Contoh Desain Rumah 3 Kamar Ukuran Kecil

Contoh Desain Rumah 3 Kamar Ukuran Kecil
renovasi-rumah.net

Untuk Anda yang kebetulan memiliki lahan yang kecil namun ingin mendesain rumah 3 kamar tidak perlu risau karena desain satu ini bisa dijadikan sebagai rujukan. Cara desainnya dapat diinisiasi dengan cara menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu. Seperti ruang keluarga, ruang makan dan juga dapur. Namun, dengan catatan ruangannya harus didesain agak besar.

Selain itu, untuk desain rumah 3 kamar ukuran kecil ini Anda juga tidak perlu memberikan fasilitas kamar mandi untuk tiap kamarnya. Desain kamar mandinya bisa dibuat terpisah antara kamar mandi dengan toilet sehingga memudahkan semua anggota keluarga. Tak lupa untuk bagian belakang rumah tetap dilengkapi dengan ruangan luar dengan kursi khusus.

8. Contoh Desain Rumah 3 Kamar dengan Eksterior Bata Merah Unik

Contoh Desain Rumah 3 Kamar dengan Eksterior Bata Merah Unik
pinterest.com

Untuk contoh berikutnya adalah contoh desain rumah 3 kamar yang dilengkapi dengan eksterior bata merah yang unik. Desain rumah ini dilengkapi dengan tiga buah kamar tidur yang ukurannya standard. Kemudian untuk halaman terasnya diberi meja panjang yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk BBQ dan lain sebagainya.

Sementara untuk pagar atau eksteriornya diberi hiasan bata merah yang akan memberikan kesan unik pada desain rumah 3 kamar ini. Untuk ruang tamu diletakkan berdekatan dengan ruang makan. Sementara dapurnya dibuat menjadi dua, satunya di ruang tengah samping ruang tamu dan satunya lagi diletakkan pada bagian belakang.

9. Contoh Desain Rumah 3 Kamar dengan Dua Anak

Contoh Desain Rumah 3 Kamar dengan Dua Anak
amazingarchitecture.net

Saat membangun rumah, pastikan memperhatikan anggota keluarga terlebih dahulu sebelum menentukan desain. Misalnya Anda memiliki dua orang anak, tentu saja membutuhkan kamar tidur setidaknya 3 buah. Hal ini untuk berjaga-jaga saat anak tersebut mulai menginjak dewasa. Untuk tata letak kamarnya satu kamar utama di sudut dan dua lagi di bagian ujung.

Antara kamar utama dengan kamar anak dipisahkan oleh ruang keluarga. Dan untuk dapur, ruang keluarga beserta ruang makan dibuat secara terpisah sehingga menjadikannya semakin nyaman dan mudah untuk dibersihkan. Desain rumah satu ini bisa dipakai untuk berbagai ukuran rumah. Asalkan penataannya pas dan sesuai, maka rumah akan tetap nyaman saat ditempati.

10. Contoh Desain Rumah 3 Kamar Minimalis 2 Teras

Contoh Desain Rumah 3 Kamar Minimalis 2 Teras
sobhome.com

 

Berikutnya adalah contoh untuk desain rumah minimalis 3 kamar dengan tambahan 2 teras. Desain ini sangat cocok dipadukan dengan warna bumi pada semua sisinya. Mulai dari pintu, jendela, lantai bahkan hingga bagian perabotan di dalamnya. Dan untuk semakin menghidupkan warna buminya, sangat cocok diberi tambahan dua teras pada bagian belakang rumah.

Untuk tata telak kamarnya sendiri dibuat berdekatan namun tidak sejajar. Sehingga, ada sekat tersendiri antara satu kamar dengan kamar lainnya. 3 kamar tersebut terdiri dari satu kamar utama dan dua kamar penunjang, Sementara untuk ruang tamunya sendiri dibuat satu tempat luas dengan ruang makan. Untuk sisi ini dibuat tanpa sekat. Ruang makannya didesain berdekatan dengan dapur.

Demikianlah beberapa trik mudah menentukan desain rumah 3 kamar yang dapat dijadikan sebagai rujukan. Dengan mengetahui desain rumah 3 kamar tersebut dengan baik, hunian impian Anda akan benar-benar dapat dibangun dengan nyaman dan mudah. Selain itu, suasananya juga akan semakin indah.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.