19 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Impian dan Kekinian Lengkap Beserta Contoh

DESAIN RUMAH MINIMALIS 2 LANTAI – Dewasa ini rumah dengan desain minimalis semakin populer. Hal ini disebabkan karena kini banyak keluarga dan pengembang rumah yang sangat memimpikan rumah dengan konsep minimalis. Terdapat banyak keuntungan dari pembangunan rumah dengan desain minimalis ini.

Diantaranya adalah desain rumah yang terlihat simple, tidak perlu memakan banyak lahan, tidak terlihat terlalu besar namun sangat berkelas serta nampak elegan. Dengan keuntungan yang dimiliki tersebut membuat desain minimalis ini banyak mata tidak bosan untuk meliriknya.

Sedangkan untuk masalah kebutuhan, banyak orang yang lebih menyukai desain rumah minimalis dengan dua lantai. Rumah minimalis dengan dua lantai ini juga memiliki beberapa kelebihan yaitu bisa menghemat lahan dan ukuran bangunan.

Sehingga yang awalnya desain rumahnya sangat minimalis, ukuran rumahnya bisa diperluas dengan cara menjadikannya dua lantai atau rumah bertingkat. Meskipun bila dibandingkan dengan membeli rumah minimalis satu lantai, desain rumah minimalis dua lantai ini membutuhkan biaya yang lebih mahal. Namun, hal ini sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Desain Rumah Minimalis Menjadi Idaman

Desain rumah minimalis bukan berarti desain rumah yang mana anggarannya lebih kecil jika dibandingkan dengan desain rumah pada umumnya. Untuk mewujudkan desain menarik dan unik dengan kesederhanaan, maka dibutuhkan analisis secara cermat yang tentu juga membutuhkan biaya yang lebih mahal, sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya. Namun, keuntungannya jangan diragukan lagi.

Kini, kebutuhan akan akomodasi yang tidak bisa terlewatkan yaitu memiliki desain rumah minimalis 2 lantai yang sederhana dan nyaman. Ketika kita belum mampu untuk mewujudkan sebuah rumah impian, terkadang membuat gambar rencana atau desain dulu lebih baik. Apalagi rumah menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Mungkin kini kita banyak menjumpai desain rumah minimalis kekinian yang mewah, luas dengan furnitur yang berkelas. Dan tentunya memiliki keindahan yang membuat siapa saja terkagum-kagum melihatnya. Tetapi, jika kini Anda hanya memiliki rumah mungil dan , jangan berkecil hati. Anda masih punya kesempatan untuk mendesain rumah menjadi minimalis dua lantai yang sederhana dengan sentuhan modern.

Kelebihan Desain Rumah Minimalis

Kunci utama desain rumah minimalis dua lantai yang sederhana dan simpel terletak pada cara Anda memaksimalkan tiap-tiap ruangan di dalam rumah. Jadi, tata ruang ini bisa membuat Anda nyaman dan betah berada di rumah. Hal utama yang sangat vital bagi seseorang ketika stres, jenuh, dan penat adalah dengan mengistirahatkan tubuh, terlebih saat pulang bekerja yaitu sebuah kenyamanan.

Desain rumah dengan tipe minimalis dua lantai ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan rumah minimalis satu lantai yaitu pada jumlah kamar. Maka dari itu, rencanakan dengan matang desain rumah minimalis dua lantai dan pertimbangkan kaidah-kaidah dasar desain minimalis. Tentunya tanpa harus menghilangkan suasana kenyamanan, nilai estetika, dan ciri khas Anda merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum merancang rumah idaman.

Contoh Desain Rumah Minimalis Terbaru

Setelah mengetahui ulasan mengenai kelebihan dan keuntungan dari desain rumah minimalis, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mengetahui contoh desain rumah minimalis. Kali ini penulis berbaik hati untuk memberikan ulasan mengenai contoh desain rumah minimalis terbaru. Yang mana contoh desain ini bisa menjadi inspirasi terbaik bagi Anda. langsung saja berikut desain rumah minimalis dua lantai sederhana…

1. Rumah Minimalis 2 Lantai (Tipe 36)

rumah minimalis 2 lantai tipe 36
pinterest.com

Rumah minimalis dua lantai tipe 36 memang memiliki ukuran rumah yang terbatas. Karena, rumah dengan desain sederhana ini dikhususkan untuk penghuni modern, namun tetap sederhana. Rumah minimalis 2 lantai (tipe 36) ini merupakan turunan produk dari rumah minimalis satu lantai (tipe 36) dengan lantai yang memiliki luas lantai utama 36 meter persegi.

Nah, untuk lantai dua ini bisa lebih bervariasi lagi, disesuaikan saja dengan kebutuhan pemilik rumah. Namun, umumnya lantai dua ini luasnya tidak seperti lantai dasar karena menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan mengenai bangunan gedung khususnya mengenai KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KLB (Koefisien Lantai Bangunan).

Baca Juga :  50 Desain Kamar Tidur yang Inspiratif dan Elegan, Beserta Gambarnya

Dewasa ini pertambahan jumlah anggota keluarga memang menjadi masalah yang besar khususnya di ibu kota. Nah, untuk mengatasinya rumah minimalis dua lantai dengan tipe 36 ini adalah solusinya. Dalam desain rumah dua lantai tipe 36 ini masih diperlukan pilihan layout ruang. Ya, meskipun terbatas pada ukurannya. Desain rumah dua lantai tipe 36 ini berfokus untuk mengeksplorasi material, warna, tekstur, serta tampilan eksterior maupun interior minimalis. Sehingga, rumah ini bisa menjadi hunian yang lebih modern namun tetap nyaman.

Jika dibandingkan dengan jenis rumah dua lantai yang lainnya, biaya desain rumah minimalis dua Lantai tipe 36 tidak terlalu mahal. Bisa dibilang bersahabat dengan kantong sehingga menjadikannya tipe dengan peminat terbanyak. Selain itu, rumah dengan desain ini juga sangat nyaman dan memberikan banyak ruang gerak bagi siapa saja yang menghuninya. Tipe ini juga memudahkan para pekerja bangunan karena membangunnya tidak terlalu rumit.

2. Rumah minimalis 2 lantai (tipe 45)

rumah minimalis 2 lantai tipe 45
pinterest.com

Desain rumah minimalis yang selanjutnya yaitu dua lantai tipe 45. Yang mana desain rumah yang satu ini hampir menyerupai dengan rumah tipe 36. Yang menjadi perbedaannya yaitu pada ukuran ruangan di mana tipe 45 lebih luas dan nyaman. Tipe rumah dua lantai tipe 45 ini juga merupakan turunan produk rumah minimalis satu lantai (tipe 45).

Perkembangan ini terlihat dari ukuran luas lantai utama menjadi 45 meter persegi, namun untuk lantai atas bisa bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Ide desain interior dan eksterior minimalis dibutuhkan untuk mempercantik bangunan rumah agar tampil lebih atraktif.

Selain itu, keuntungan dari rumah minimalis 2 Lantai tipe 45 yaitu harganya cukup terjangkau. Ya hampir mirip dengan biaya rumah dua lantai (tipe 36). Rumah tipe 45 saat ini menjadi salah satu tipe yang banyak digandrungi konsumen. Selain nyaman, rumah dengan desain ini juga mempunyai ruang yang lebih luas, jadi lebih lega saat aktivitas di rumah. Ciri khas utama rumah minimalis tipe ini adalah dalam hal desain. Di mana setiap sudut lantai kedua menjadi berfungsi meski areanya sangat terbatas. Desain tipe ini cocok untuk keluarga besar.

3. Rumah minimalis 2 lantai ukuran 6×9

rumah minimalis 2 lantai tipe 6 x 9
pesonarumah.com

Ternyata ada rumah minimalis yang ukurannya lebih besar dari tipe 36 dan tipe 45 yaitu desain rumah minimalis 2 lantai dengan ukuran 6×9. Sebelum membangun rumah dengan ukuran 6×9 ini, Anda harus tetap teliti dalam merencanakan layout ruang. Meskipun setiap ukuran ruang sedikit lebih lapang, namun ketelitian tersebut sangat dibutuhkan.

Anda juga perlu menggunakan trik membuat ruangan tanpa sekat atau pembatas agar ruangan bisa terkesan lebih lapang. Selain itu, menciptakan ruangan tanpa dinding ini juga bertujuan untuk penyamaran tampilan rumah minimalis Anda, supaya kesan sempit hilang.

4. Rumah minimalis 2 lantai 6×12

rumah minimalis 2 lantai tipe 6 x 12
sigiarchitect.com

Ada yang lebih besar lagi dari rumah minimalis ukuran 6×9 yaitu desain rumah minimalis 2 lantai dengan ukuran 6×12. Rumah dengan desain ini biasanya memiliki sedikit tambahan pada bagian belakang. Dalam desain rumah 2 lantai ukuran 6×12 ini Anda juga bisa menciptakan ruangan namun tanpa dinding pembatas. Tujuannya juga sama seperti pada desain rumah ukuran 6×9 yaitu sebagai kamuflase tampilan rumah Anda supaya terlihat luas.

5. Desain Rumah 2 Lantai Murah Casa Caja

rumah minimalis 2 lantai casa caja
s-ec.bstatic.com

Nama desain rumah ini memang terdengar aneh. Tahukah Anda bahwa rumah dua lantai Casa Caja ini merupakan rumah yang memanfaatkan material murah berupa batako beton dengan lantai beton tanpa keramik. Hal ini bertujuan untuk menekan biaya pembangunannya. Selain itu, bagian interior dan eksteriornya tidak dilapisi cat, sehingga permukaan material beton masih terlihat dan masih tampak cantik.

6. Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Beratap Rata

rumah minimalis 2 lantai beratap rata
pinterest.com

Desain rumah lantai dua beratap rata ini mengusung konsep minimalis terbuka. Pada bagian depan rumahnya terdapat dinding yang menutupi pintu dan jendela. Desain rumah dua lantai ini tidak mengaplikasikan atap curam pada umumnya, namun mengaplikasikan atap rata. Sehingga, desain rumah dua lantai minimalis terlihat tampak cantik meskipun berukuran kecil.

7. Desain Rumah 2 Lantai Promenade House

Promenade House
Kouichi Kimura Architects
Promenade House
Kouichi Kimura Architects
Promenade House
Kouichi Kimura Architects

Rumah lantai dua Promenade House memiliki desain rumah yang super slim. Awalnya, desain rumah ini karya dari arsitek Jepang Kouichi Kimura. Rumah ini memiliki lebar hanya 2,7 meter serta desain rumah 2 lantai ini memiliki panjang 27 meter. Berkat ruang vertikal dan memanfaatkan panjang tanah yang ada, kebutuhan ruang dalam rumah ini bisa tercukupi meskipun sempit.

8. Desain Rumah 2 Lantai Moore Park Residence

Moore Park Residence
domus.web.it

Mengaplikasikan konsep natural menjadi kelebihan dari rumah dua lantai Moore Park Residence. Selain itu, desain rumah dua lantai ini cukup mungil serta memiliki desain interior minimalis yang memanfaatkan elemen kayu. Rumah tampak besar dari dalam, karena jarak dari permukaan lantai ke langit-langit rumah cukup tinggi.

Baca Juga :  15+ Desain Payung Paling Kreatif dan Unik dari Seluruh Dunia [Khusus Buat Kamu]

9. Desain Rumah 2 Lantai Mungil Elegan

rumah minimalis 2 lantai mungil
desainrumahminimalis.web.id

Rumah 2 lantai bergaya minimalis modern dengan ukuran mungil ini sangat cocok dihuni oleh keluarga baru yang memiliki 2 orang anak. Meskipun ukuran rumah ini kecil, kesan elegan dan mewah, serta asri tetap timbul pada desain rumah ini. Hal ini dikarenakan pada rumah ini terdapat lingkungan pekarangan dan taman rumah yang hijau.

10. Tampil Unik dengan Bentuk Minimalis Persegi Panjang

rumah persegi panjang yang unik
vilssa.com

Rumah 2 lantai berbentuk persegi panjang ini sebenarnya memiliki 3 lantai. Namun, untuk lantai dasarnya digunakan sebagai garasi. Sehingga, yang dihuni hanya lantai dua dan tiga saja. Rumah dengan desain minimalis ini sangat cocok untuk dibangun di wilayah perkotaan yang sangat padat. Sehingga, lahan untuk memarkirkan mobil bisa diinisiasikan dengan membangun garasi seperti ini.

11. Rumah Perkotaan Rasa Cottage

rumah minimalis 2 lantai rasa cottage
sominerestaurant.com

Desain rumah dua lantai ini memiliki kesan pertama yaitu seperti rumah yang berbentuk seperti cottage di pinggir pantai. Karena, rumah ini memanfaatkan kaca untuk sisi depan rumah. Sehingga, intensitas cahaya yang masuk di siang hari bisa tercukupi. Sedangkan, untuk teras depan rumah bisa dijadikan sebagai tempat bersantai.

12. Klasik dan Elegan dengan Eksterior Berwarna Putih

rumah minimalis 2 lantai klasik berwarna putih
rumah.com

Bukan berarti desain rumah minimalis 2 lantai kekinian berukuran kecil ini tidak bisa tampak outstanding. Rumah dua lantai berukuran kecil ini dibalut dengan cat warna putih pada dinding bagian eksterior dan desain bangunan minimalis klasik, sehingga rumah Anda akan menarik sepasang mata yang melintas di depan rumah Anda.

13. Desain Rumah Minimalis Berbentuk Kubus Flat Top

rumah minimalis 2 lantai
pinterest.com

Seperti namanya, rumah dua lantai yang satu ini berbentuk seperti kubus dengan atap datar. Dengan bentuknya yang seperti ini, Anda bisa mendapatkan ruangan yang lebih luas. Dengan begitu, Anda bisa bisa menyisakan tanah untuk pekarangan atau teras belakang rumah.

14. Desain Rumah 2 Lantai dengan Ekstra Rooftop

rumah minimalis 2 lantai dengan roof top
instagram.com

Desain rumah dua lantai yang satu ini bagian atapnya dimanfaatkan sebagai rooftop yang bisa diakses melalui tangga sisi luar pada beranda lantai dua. Tempat bersantai atau menjemur pakaian ini bisa diletakkan pada ekstra ruang atap.

15. Tampil Outstanding dengan Elemen Kayu

rumah minimalis 2 lantai
citragran1.com

Dewasa ini, elemen kayu memang jarang digunakan sebagai material rumah. Dengan elemen kayu ini, Anda bisa membangun rumah minimalis dua lantai yang outstanding. Agar kesan naturalnya tidak hilang, aplikasikan warna-warna netral seperti putih atau krem.

16. Futuristik dan Modern

rumah minimalis 2 lantai
RumahKecilMinimalis.com

Desain rumah minimalis memiliki hal yang sangat menarik yaitu kesederhanaan dari desain sehingga menciptakan kesan futuristik dan modern. Pada bagian depan lantai dua terdapat elemen kaca yang mana bisa menciptakan kesan modern yang mewah.

17. Rumah Mungil Kodasema

rumah minimalis kodasema
Kodasema Architect

Rumah mungil Kodasema dengan desain rumah dua lantai ini diciptakan oleh firma arsitektur Kodasema. Yang mana rumah ini hanya seluas 25 m². Ruangan pada rumah ini berfungsi layaknya rumah biasa seperti dapur, ruang tamu, kamar mandi, dan juga tempat tidur. Pada bagian lantai satu, terdapat ruang tamu yang terhubung langsung dengan dapur dan kamar mandi. Sedangkan untuk di lantai dua terdapat satu tempat tidur yang bisa dihuni oleh dua orang.

18. Desain Rumah Back To The Nature

 

rumah minimalis alexscottporter
alexscottporter.com
rumah minimalis alexscottporter
alexscottporter.com
rumah minimalis alexscottporter
alexscottporter.com
rumah minimalis alexscottporter
alexscottporter.com
rumah minimalis alexscottporter
alexscottporter.com

Rumah minimalis dua lantai yang satu ini dirancang dan dibangun pertama kali oleh Alex Scott Porter rumah dengan desain 2 lantai ini memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber listrik. Pada rumah ini terdapat baterai penyimpanan daya yang bisa berfungsi paling tidak satu minggu untuk memenuhi kebutuhan listrik yang ada di rumah. Rumah dua lantai ini bagian dalamnya mengusung konsep minimalis dimana dinding sengaja tidak dicat, bertujuan untuk mengekspos warna material kayu.

Pada lantai satu, terdapat dapur yang menyatu dengan ruang keluarga. Pada bagian belakang rumah ada sebuah beranda kecil yang langsung pemandangan sekitar. Desain rumah dua lantai ini memiliki lantai dua yang berbentuk balkon dan terdapat kamar tidur yang langsung bisa melihat ke ruang keluarga.

19. Desain Rumah 2 Lantai Seperti Kabin Liburan

19. Desain Rumah 2 Lantai Seperti Kabin Liburan
youtube.com

Desain rumah minimalis dua lantai yang terakhir ini memiliki desain seperti kabin. Sehingga, rumah ini akan tampak unik di perkotaan. Apalagi rumah ini pada dinding luar memanfaatkan material kayu yang dilapisi dengan cat warna merah. Sedangkan untuk interiornya sendiri mengekspos warna material kayu, sehingga rumah ini sangat cocok sebagai tempat beristirahat rasa liburan.

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai desain rumah minimalis 2 lantai kekinian secara lengkap serta contoh-contohnya. Rekomendasi contoh desain rumah minimalis 2 lantai kekinian ini adalah desain-desain dengan peminat terbanyak. Dalam memilih desain rumah minimalis, pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan jangan lupa sesuaikan juga dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.